Wana Wisata Situ Mustika Harga Tiket: Rp20.000 - Rp50.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Karangpanimbal, Purwaharja,Banjar,Jawa Barat,Indonesia,46332.

Sudah waktunya objek wisata di seluruh Indonesia dibenahi sehingga menarik minat wisatawan. Seperti Wana Wisata Situ Mustika Banjar, di Jawa Barat. Objek wisata danau ini sempat ditinggalkan karena kurangnya perawatan.

Namun, di tahun 2018 ini mulai dibenahi sehingga kembali menarik minat wisatawan. Penataan yang mulai dibenahi dan taman dirapikan. Wahana baru serta spot foto mulai ditambah mengikuti perkembangan zaman. Sekarang situ ini menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Situ Mustika Banjar

Untuk mengunjungi objek wisata ini dikenakan biaya yang murah. Karena ada beberapa wisata dalam wana wisata ini, diberlakukan juga tiket terusan.

Tiket Masuk Situ Mustika
Hari biasaRp5.000
Akhir pekan dan hari liburRp7.500
Tiket Masuk Wana Wisata Taman Anggrek
Hari biasaRp15.000
Akhir pekan dan hari liburRp20.000
Tiket Terusan Wana Wisata Kampung Militer, Kampung Seni, Kampung Satwa, Taman Anggrek, Wahana Air, Istana Balon.
Setiap hariRp 50.000

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Jam Operasional Situ Mustika

Objek wisata ini buka setiap hari, dengan jam buka yang sama. Baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

Jam Buka
Setiap hari08.00 – 17.00 WIB

Ragam Aktivitas Wisata Di Situ Mustika

area taman rekreasi yang sejuk asri
Area sekitar taman yang ditumbuhi pohon pinus membuat kawasan wisata memiliki udara yang sejuk. Foto: Google Maps/Fast tech

Situ Mustika dulu sempat menjadi tempat favorit, namun karena kurangnya perawatan, sehingga ditinggalkan. Semula pun hanya sebuah danau yang dikelilingi hutan pinus milik Perhutani. Ketika musim kemarau, tempat ini semakin kurang menarik, dan air danau yang cenderung kering.

Tidak ingin kondisinya semakin parah, masyarakat setempat mulai berinisiatif. Mereka kemudian bekerjasama dengan Perhutani untuk merevitalisasi tempat ini. Sehingga mulailah dirawat dan diperbaiki lagi menjadi objek wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Dibuatlah taman dengan bunga warna – warni yang indah. Ditambah lagi, beberapa spot foto yang dibuat begitu instagramable. Hingga saat ini, objek wisata masih dalam pembangunan, namun pengunjung sudah memadati setiap harinya.

Baca: TEEJAY Waterpark Tiket & Berbagai Wahana Air Menantang

Pengunjung yang datang ke sini selain disambut dengan alam yang asri juga berbagai aktivitas seru. Menikmati kesejukan dan ketenangan danau, atau sekadar bermain bebek-bebekan berkeliling danau bisa dilakukan. Tidak ketinggalan bagi penyuka swafoto banyak spot selfie yang bisa dijadikan latar foto cantik. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

Menikmati Keindahan Panorama Situ Mustika

Situ Mustika. Foto: Gmap/benny rachmansyah

Hamparan danau luas akan menyambut pengunjung begitu menginjakkan kaki di kawasan Situ Mustika. Air yang jernih berpadu dengan hijaunya tumbuhan sehingga membuatnya tampak sangat asri. Pepohonan tumbuh di tepian danau, yang membuat bayangannya terpantul dalam air.

Berjalan – jalan di sini juga begitu menyenangkan, karena lingkungannya yang teduh. Apalagi, sudah dibuat taman dengan bunga hias yang menawan. Ditambah jalan setapak yang sudah tertata dengan rapi, membuat pengunjung nyaman berjalan di sini.

Baca: Tempat Wisata di Tasikmalaya Pilihan

Menghabiskan waktu di sini seharian tampaknya tidak cukup untuk menyusuri keindahan objek wisata ini. Pasalnya, kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 8,5 hektar. Yang terdiri dari 3,5 hektar danau, dan 5 hektarnya berupa daratan.

Menyusuri Danau dan Pulau Kecil di Tengahnya

Jembatan Menuju Pulau Kecil. Foto: Gmap/fadil fauzi

Udara di sini masih sangat sejuk, karena dikelilingi oleh hutan lindung. Keindahan alam begitu terasa, tatkala menyaksikan berbagai tanaman yang ada di sini. Apalagi, pengunjung tidak hanya bisa menyusuri tepian danau, tapi juga di tengah danau.

Bukan dengan perahu atau kendaraan air, melainkan hanya dengan berjalan kaki. Yaitu dengan mengunjungi pulau kecil yang ada di tengah danau. Pengunjung dapat mencapainya dengan melewati jembatan gantung dari kayu.

Di tengah pulau, tersedia gazebo yang dapat digunakan untuk tempat berkumpul. Tentu akan ada sensasi yang unik dan berbeda ketika duduk santai di pulau tersebut. Menyaksikan hamparan danau yang begitu luas dan bersih.

Berkeliling Danau Dengan Perahu Bebek

perahu dayung bebek-bebekan
Bagi wisatawan yang ingin bersantai mengelilingi danau bisa mencoba perahu dayung bebek-bebekan ini. Foto: Google Maps/ Ali Fathurohman

Bagi yang ingin bersantai di tengah danau bisa menyewa perahu dayung atau bebek-bebekan. Wahana yang bisa ditumpangi 2-3 orang ini bisa digunakan untuk berkeliling di sekitar situ. Pengunjung cukup mengayuh sendiri perahu ke spot-spot danau yang dianggap manrik.

Harga sewa untuk sekali bermain perahu dayung bebekan ini juga cukup terjangkau. Jika tidak ingin membayar berbagai wahana, pengunjung bisa membeli tiket terusan sehingga bermain wahana tidak lagi dikenakan biaya.

Spot Selfie

wahana foto kereta kuda di wana wisata situ mustika
Kereta kuda yang cukup unik salah satu tempat foto favorit pengunjung. Foto: Google Maps/Yusuf Maulana

Salah satu wahana yang paling menonjol dikembangkan di taman rekreasi ini adalah spot selfi. Beragam ornamen-ornamen baru terus ditambah pengelola aga tempat semakin menarik. Spot selfi seperti kereta kuda, taman-taman yang rapi, koridor dari tanaman, taman bunga, anjungan pohon, mobil jeep, dan masih banyak lagi.

Kawasan taman rekreasi yang sejuk dan rapi sendiri sebenarnya sangat menggoda untuk dijadikan latar foto. Dengan latar rerumputan hijau membentang di sekitar danau.

Taman Anggrek di Wana Wisata Situ Mustika

kebun bunga anggrek di wana wisata situ mustika banjar
Berbagai macam Anggrek di Taman Anggrek. Foto: Gmap/syukrika ratna sunda

Hadirnya Taman Anggrek di Situ Mustika menambah daya tarik bagi wisatawan. Di taman ini, terdapat ratusan anggrek dari puluhan jenis anggrek yang ada di Indonesia. Pengunjung dapat menikmati taman anggrek ini dengan berfoto.

Tak heran jika objek wisata ini mengklaim dirinya sebagai objek wisata edukasi. Karena, di sini pengunjung dapat belajar mengenai berbagai macam tanaman anggrek. Bahkan mungkin ada beberapa anggrek yang sangat asing dan jarang dilihat pengunjung.

Selain menikmati keindahan anggrek dengan berjalan di taman, pengunjung juga dapat menikmatinya dengan cara lain. Yaitu dengan melihat dari ketinggian, dimana terdapat rumah pohon yang dapat dinaiki. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan hamparan luas taman anggrek.

Lokasi Situ Mustika Banjar

Objek wisata ini berada di Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis karena berada tidak jauh dari jalan nasional Banjar – Jawa Tengah.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here