Beranda Tiket Wisata

SAVANA TIANYAR Tiket Gratis Panorama Ala Afrika September 2022

0
Harga Tiket Masuk Savana Tianyar : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Desa Tianyar, Kubu, Karangasem, Bali, Indonesia, 80853

Savana Tianyar belakangan populer di kalangan wisatawan. Tempat ini menjadi istimewa karena tidak banyak lokasi di Indonesia yang menawarkan pemandangan savana. Bahkan keindahan Savana Tianyar tak kalah dengan yang ada di Afrika. Namun demikian, tentu ada perbedaan yang di Karangasem ini dengan yang ada di Afrika.

Objek wisata ini memang belum terkelola secara profesional. Namun menawarkan banyak atraksi menarik. Kebanyakan yang datang untuk mengambil foto, karena pemandangannya yang memesona. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan piknik, berkemah, atau adu ketangkasan dengan mobil.

Harga Tiket Masuk Savana Tianyar Karangasem

Objek wisata ini belum terkelola secara profesional. Oleh karena itu, wisatawan tidak dikenakan tiket masuk untuk dapat menikmati objek wisata. Ditambah lagi, wisatawan juga tidak dikenakan tarif parkir.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Wisata PANTAI AMED Snorkeling Diving Harga Terjangkau

Jam Buka Savana Tianyar Karangasem

Objek wisata ini terbuka untuk umum sepanjang hari. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja, bahkan dapat berkemah. Meskipun pemandangan sekitar mirip savana di Afrika, namun tidak ada binatang liar buas. Sehingga aman bagi wisatawan untuk berwisata ataupun berkemah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Area Foto Unik Ala Afrika di Savana Tianyar

Pemandangan Indah Savana Tianyar dengan Latar Belakang Gunung Agung
Pemandangan Indah Savana Tianyar dengan Latar Belakang Gunung Agung. Foto: Gmap/leo kim

Bagi warga Bali, kawasan Tianyar mungkin sudah familier dan mungkin pun sudah pernah berkunjung. Namun bagi wisatawan, tempat ini merupakan daya tarik baru ketika berkunjung ke Bali. Keberadaannya menjadikan wisata di Bali tak hanya seputar pantai, gunung, danau, atau air terjun saja. Savana Tianyar seolah hadir untuk melengkapi keberagaman wisata alam yang ada di Bali.

Di sini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan padang rumput yang luas dan indah. Dari padang rumput tampak gagahnya Gunung Agung yang menjulang. Gunung Agung tampak begitu dekat, hingga tekstur dan guratan gunung tampak jelas. Tak heran, karena padang savana ini berada di kaki Gunung Agung.

Mirip seperti Afrika, itulah deskripsi singkat objek wisata ini. Ketika pertama kali datang, wisatawan akan berdecap kagum dengan luas dan indahnya padang rumput ini. Pepohonan hanya tumbuh di pinggir savana, tepatnya di depan kawasan gunung. Banyak yang datang untuk berfoto, bahkan tak jarang kegiatan foto pre-wedding berlangsung di sini.

Baca: MAHA GANGGA VALLEY Tiket & Daya Tarik

Dua Pemandangan Berbeda di Satu Tempat

Savana Tianyar saat Musim Hujan
Savana Tianyar saat Musim Hujan. Foto: Gmap/I Made Sudana

Savana Tianyar memiliki dua pemandangan berbeda dalam satu tempat. Hal ini dipengaruhi oleh musim yang terjadi di bulan tertentu. Jika ingin mendapatkan pemandangan rumput yang gersang, datanglah pada saat musim kemarau. Rerumputan kuning kecokelatan yang gersang ini justru memberi kesan dramatis tersendiri.

Sebaliknya, jika ingin mendapatkan pemandangan hijau rerumputan, datanglah pada saat musim hujan. Rumput akan menghampar luas dengan warna hijau segarnya. Seperti karpet yang terbentang di halaman luas.

Kedua pemandangan ini sama indahnya. Apalagi berpadu dengan pemandangan dari Gunung Agung yang gagah memesona. Jika sedang sepi, wisatawan akan mendapatkan hasil foto sempurna tanpa ada gangguan wisatawan lain.

Baca: Tirta Empul Wisata Pemandian Dalam Pura

Foto Estetik

Gagahnya Kuda yang sedang Merumput
Gagahnya Kuda yang sedang Merumput. Foto: Gmap/leo kim

Meskipun mirip dengan savana di Afrika, wisatawan tidak akan berjumpa dengan singa, hiena, rusa, atau zebra. Tidak ada hewan liar buas di meskipun kelestariannya masih terjaga. Wisatawan hanya dapat berjumpa dengan kawanan kuda dan sapi yang sedang merumput. Hewan ini merupakan peliharaan warga setempat.

Warga sengaja membawa peliharaan mereka ke savana untuk merumput dengan bebas. Uniknya lagi, hewan-hewan ini seolah tidak terganggu dengan keberadaan para wisatawan. Dan tetap santai merumput serta melakukan aktivitas mereka.

Keberadaan kuda dan sapi ini menjadi keuntungan bagi wisatawan. Karena wisatawan dapat berfoto dengan kawanan hewan-hewan ini. Para pemilik pun mempersilakan wisatawan yang ingin berfoto dengan peliharaan mereka. Tidak ada tarif, namun biasanya wisatawan akan memberi uang sukarela sebagai tanda terima kasih.

Berkemah di Savana Tianyar

Meskipun alamnya masih alami, objek wisata ini aman sebagai lokasi berkemah. Wisatawan dapat mempersiapkan segala kebutuhan berkemah sendiri. Karena tidak menyediakan persewaan kebutuhan perkemahan.

Dengan berkemah, menikmati berbagai suasana terasa lebih lengkap. Mulai dari merasakan hangatnya matahari yang terbit di pagi hari sembari sarapan. Kemudian berfoto dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Sedangkan di malam hari, dapat menyaksikan taburan bintang yang indah sambil barbeque party.

Biasanya yang berkemah akan memarkir kendaraannya di dekat tenda. Dan yang membawa mobil, selain menggunakan tenda, juga memasang tenda mobil. Supaya lebih teduh dan aman. Dan pastikan berkemah di kawasan yang tidak digunakan untuk merumput kuda ataupun sapi.

Baca: Pura Besakih Tiket & Atraksi

Piknik Seru di Padang Rumput

Piknik Seru di Savana Tianyar
Piknik Seru di Savana Tianyar. Foto: Gmap/Parta Mulyana

Jika tidak ingin berkemah bisa melakukan kegiatan berpiknik ria di kawasan savana. Hanya perlu mempersiapkan alas untuk duduk, serta makanan ataupun camilan. Wisatawan sudah bisa menikmati Savana Tianyar dengan tenang.

Disarankan untuk mencari tempat yang teduh di bawah pohon. Karena di siang hari, lokasi ini sangat panas. Apalagi saat musim kemarau. Sehingga sebaiknya carilah pohon yang teduh supaya lebih nyaman ketika berpiknik.

Berkendara Berkeliling Savana

Savana Tianyar dilengkapi dengan jalan beraspal yang sudah halus, meskipun tidak terlalu lebar. Wisatawan yang membawa mobil atau motor dapat berkeliling savana. Selain di jalanan, di kawasan padang rumput pun memungkinkan untuk dilalui kendaraan. Namun pastikan, jangan sampai menakuti kuda dan sapi yang sedang merumput.

Lokasi Savana Tianyar

Objek wisata ini berlokasi di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Berjarak kurang lebih 85 Kilometer dari Bali Selatan dengan waktu tempuh sekitar 2 Jam 21 Menit.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini