Bali menyajikan beragam tempat wisata, berlibur dan beristirahat sejenak dari rutinitas. Salah satunya yaitu di Air Panas Penatahan, Tabanan, Bali. Tempat ini berada jauh dari kota sehingga memberikan suasana sejuk dan damai bagi pengunjungnya.

Tempat yang berada di tepi sungai Ho atau Yeh Ho ini, disebut juga dengan Taman Kupu-Kupu. Saat musim kemarau, pengunjung bisa melihat bebatuan besar di sungai Ho. Suara gemercik air sungai yang tidak terlalu deras akan menambah kesan nyaman saat berendam.

Harga Tiket Masuk Air Panas Penatahan Tabanan

Berencana berendam di air hangat yang menyegarkan ini tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan membayar Rp20.000 sudah bisa menikmati kolam rendam air panas.

Harga Tiket Masuk Air Panas Penatahan Tabanan
Kolam Umum Rp25.000
Kolam Private Rp60.000
Jacuzi Rp100.000

Baca: Bali Safari Marine Park Tiket & Atraksi Satwa

Jam Buka Air Panas Penatahan Tabanan

Di tempat yang menggunakan air bersuhu 38-40oC ini, sudah ada sejak 1993.  Setiap hari, Pemandian Air Panas Penatahan (Yeh Panes Penatahan) dibuka pukul 07.00-20.00 WITA.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 – 20.00 WITA

Daya Tarik

Daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tentu ingin merakan kesegaran kolam air panasnya. Selain itu dari kolam pemandian ini pengunjung bisa menikmati keindahan aliran sungai dan suasana sekitar yang asri.

1. Kolam Rendam Air Panas & Dingin

Kolam Umum Atas dan Bawah di Air Panas Panatahan
Kolam Umum Atas dan Bawah di Air Panas Penatahan. foto: googlemap/VERDIER Loïc

Di Tempat Pemandian Air Panas ini memiliki 2 kolam renang umum. Kolam tersebut terbagi berdasarkan air yang digunakan, yaitu panas dan dingin. Selain itu terdapat total 8 kolam privat, masing-masing empat, di area  atas dan bawah. Kolam renang tersebut, bisa digunakan pengunjung sesuai kebutuhan.

Di bagian sudut kolam, ada pancuran air panas yang bisa membantu merilekskan tubuh. Sedangkan, di kolam renang pribadi, terdapat meja khusus untuk menyimpan barang para pengunjung. Setelah berenang ataupun berendam, pengunjung bisa membasuh tubuh dengan shower.

Untuk kolam di bagian atas, disekat menggunakan bilik bambu. Sedangkan yang berada di bagian bawah, menggunakan tembok sebagai sekat tanpa adanya atap.

Baca: BALI ZOO Gianyar Tiket dan 7 Aktivitas Seru

2. Berendam Di Kolam Air Panas

berendam di kolam air panas
Berendam di kolam air panas sambil menikmati keasrian alam. Foto: Insatagram/gunggekmirah16

Pengunjung bisa memilih tempat untuk berendam. Misalnya jika pengunjung mengajak anaknya, bisa memilih kolam umum yang memiliki kedalaman sekitar 80 cm. Di kolam umum ini, suhu air tidak terlalu panas sehingga pas untuk anak.

Sedangkan jika untuk orang dewasa bisa menggunakan kolam di bagian atas untuk berendam. Kolam untuk berendam ini memiliki kedalaman 115-180 meter dengan air biasa. Ada nilai plus jika berendam di kolam atas. Yaitu, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan sekitar seperti pemandangan sungai Ho.

Pengunjung bisa juga berendam di kolam privat, misalnya dengan pasangan. Baik untuk berendam di kolam umum atau kolam private, dikenakan biaya per orangnya.

Baca: BALI TREETOP Adventure Tiket & 4 Wahana Seru

3. Spa

Pada dasarnya, tempat yang menyediakan pemandian air panas ini adalah penginapan. Sehingga tidak heran jika disediakan pula spa air panas. Fasilitas tersebut merupakan fasilitas baru yang dibangun. Tempat spa air panas tersebut bisa menampung sekitar 58 orang.

4. Panorama di Area Air Panas Penatahan

Pemandangan Sekitar Air Panas Panatahan
Pemandangan Sekitar Air Panas Penatahan. foto: googlemap/Ze luis

Salah satu yang membuat Pemandian Air Panas Penatahan ini terkenal adalah suasananya. Pengunjung tidak hanya bisa mendengar suara alam dari gemericik air namun juga hijaunya pemandangan. Di sekitar tempat wisata ini dikelilingi hutan dan sawah yang masih asri. Sehingga akan memberikan suasana damai untuk para pengunjungnya.

5. Mitos Penyembuh Penyakit

Air Yeh Panes Penatahan berasal dari beragam sumber mata air. Salah satunya adalah dari Pura Yeh Panes yang ada di dalam area pemandian. Disebabkan air Yeh Panes Penatahan dari beragam sumber mata air, diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Penyakit tersebut diantaranya adalah penyakit kulit dan rematik.

Kolam yang berada di bawah pohon beringin ini memiliki gelembung dari dalam air. Karena mengandung belerang, akibatnya air kolam menjadi tidak jernih. Sehingga warna kolam menjadi perpaduan warna kuning, hijau dan coklat. Air tersebut kemudian disaring dan disalurkan ke tiap kolam pemandian lewat pipa.

Karena hal tersebut, air di kolam pemandian Penatahan bisa menyembuhkan penyakit. Namun, penyakit tidak bisa langsung sembuh. Pengunjung harus rutin perendam agar manfaat belerang pada kolam bisa maksimal.

6. Penginapan

penanda di depan kawasan pemandian
penanda di depan kawasan Air Panas Penatahan. foto: googlemap/Harry –

Bagi pengunjung luar kota ataupun mancanegara disediakan penginapan untuk menginap. Pengunjung bisa langsung ke bagian resepsionis untuk memesan kamar yang diinginkan. Bagian resepsionis berada di sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Salah satu jenis kamar di penginapan memungkinkan pengunjung menikmati suasa asri dari balkon. Di bagian dalam kamar sudah dilengkapi dengan sofa dan televisi. Selain itu, tempat tidur jenis king size dilengkapi dengan kelambu sehingga cocok untuk pasangan.

Fasilitas Umum

Selain tempat mandi dan ganti, Pemandian Yeh Panes juga menyediakan gazebo dan restoran. Di gazebo, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan asri di sekeliling. Sedangkan jika lapar, pengunjung bisa memilih memakan masakan asia atau barat.

Lokasi Air Panas Penatahan

Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Penatahan, Penebel, Tabanan, Bali. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di Pemandian Yeh Panes. Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Denpasar untuk sampai ke sini.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,25 / 24 pembaca