Beranda Tiket Wisata

Kota Lama Semarang Wisata Era Kolonial - Desember 2019

Tgl. Update:Selasa, November 19, 2019
Kota Lama Semarang Harga Tiket: Gratis - Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Letjen Suprapto,Kota Lama Semarang,Semarang,Jawa Tengah,Indonesia,50174.

Indonesia masih menyimpan banyak jejak peninggalan kolonial dalam beragam bentuk. Salah satu peninggalan yang masih bisa dinikmati hingga saat ini adalah kawasan Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah.

Kota Lama yang saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan Semarang adalah bekas kawasan yang dikembangkan oleh Belanda pada abad ke-17. Berwisata mengelilingi Kota Lama akan membawa wisatawan merasakan suasana masa kolonial yang kental.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan tidak dikenai biaya sepeserpun.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Sewa sepedaRp15.000 per 1 jam
Sewa skuterRp15.000 per 15 menit

Baca: 30+ Tempat Wisata Di Semarang Pilihan

Jam Operasional

Kota Lama Semarang dibuka untuk umum selama 24 jam. Tidak ada jam buka atau jam tutup yang diberlakukan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Kota Lama Semarang

Suasana jalanan di Kota Lama
Kota Lama Semarang menawarkan suasana era kolonial di tengah Semarang – Foto: Google Maps/Kevin Ong

Sejak dulu, Semarang memang sudah bersinar sebagai kota pelabuhan yang ramai dengan aktivitas dagang serta memiliki hasil perkebunan melimpah. Sejak jatuh ke tangan Pemerintah Hindia Belanda, kawasan Kota ini dibangun dengan cita rasa Eropa.

Hingga kini, peninggalan berupa bangunan masih berfungsi dan dipertahankan menjadi daya tarik wisata Semarang. Ada banyak landmark serta aktivitas yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung kemari, mulai dari tur sejarah hingga berfoto bersama barang-barang antik.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Tiket & Spot Selfie

Taman Srigunting

Taman Srigunting kota lama semarang
Taman Srigunting yang berada di pusat Kota Lama – Foto: Google Maps/Suswanto Java

Wisatawan bisa memulai eksplorasi dari Taman Srigunting yang berada di pusat kawasan wisata ini. Pada zaman dulu, taman ini sebenarnya merupakan area pemakaman umum. Setelah dipindahkan, area ini kemudian menjadi lapangan tempat berlatih bagi para tentara. Itulah kenapa awalnya taman ini bernama “Parade Plein”.

Taman Srigunting seringkali menjadi titik kumpul bagi wisatawan yang mengikuti tur sejarah. Sebagai area terbuka, taman ini juga merupakan tempat beristirahat atau kumpul komunitas. Wisatawan bisa bersantai di bawah pohon rindang sambil menikmati suasana sekitar dan menonton penampilan pemusik lokal di hari cerah.

Baca: SALOKA PARK Tiket & 7 Wahana Terseru

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk kota lama semarang
Gereja Blenduk adalah landmark Kota Lama Semarang – Foto: Google Maps/Wihandono Yogo

Di samping Taman Srigunting, terdapat bangunan yang menjadi landmark atau ciri khas kawasan wisata ini, yaitu Gereja Blenduk. Gereja yang dibangun pada tahun 1753 ini awalnya dibuat dalam bentuk rumah joglo. Gereja tertua di Jawa Tengah ini kemudian direnovasi hingga menjadi seperti sekarang ini. Bentuk atap kubahnya yang cembung atau mblenduk merupakan asal-usul nama gereja tersebut.

Baca: Gereja Blenduk Tiket & Daya Tarik

Tur Sejarah

suasana Kota Lama
Wisatawan bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi Kota Lama – Foto: Google Maps/Wihandono Yogo

Bagi para pecinta wisata sejarah, tersedia berbagai pilihan untuk menikmati kawasan Kota Lama. Selain berjalan kaki, wisatawan juga bisa menyewa sepeda atau skuter. Kedua transportasi ini disediakan di dekat Taman Srigunting. Penyewaannya bisa dilakukan melalui aplikasi Gowes atau langsung dibantu oleh petugas.

Lebih dari 50 bangunan dengan gaya arsitektur Eropa kuno bisa dinikmati di sini. Jangan takut untuk mengeksplorasi setiap jalan dan gang yang ada. Banyak bangunan serta sudut-sudut tersembunyi yang memiliki cerita sendiri, dan pastinya bisa dijadikan spot foto menarik. Tidak heran jika di sini sering menjadi lokasi pemotretan pre-wedding atau majalah.

Baca: LAWANG SEWU Tiket & Pesona Arsitektur Kolonial

Jika ingin mengetahui seluk-beluk sejarah Kota Lama lebih dalam, menyewa jasa tour guide atau pemandu wisata bisa jadi pilihan. Wisatawan akan diajak mempelajari cerita sejarah di balik fungsi bangunan hingga ornamen-ornamen kecil di sudut jalan. Dengan merogoh kocek tertentu, pemandu akan menjelaskan suasana kawasan ini pada masa kolonial.

Berburu Koleksi Antik

barang antik di Pasar Klitikan
Pasar Klitikan, tujuan para kolektor barang antik – Foto: Google Maps/Alfi Nur Aini

Kota Lama Semarang juga identik dengan keberadaan pasar barang-barang antik. Pasar barang antik di kawasan ini awalnya hanya berupa tenda-tenda di sisi Taman Srigunting. Seiring berjalannya waktu, pasar ini mulai kebanjiran pembeli dari kalangan wisatawan. Selanjutnya, pasar barang antik direlokasi ke bangunan yang sekarang menjadi Pasar Klitikan.

Pasar Klitikan seringkali menjadi sasaran para kolektor barang antik. Koleksinya mencakup barang-barang kecil seperti piring dan uang kuno hingga motor bebek jadul alias bekjul yang masih mulus. Bukan kolektor? Tenang, pasar ini juga cocok sebagai tempat berburu swafoto yang unik, lho!

Mengunjungi Galeri

Galeri Semarang
Semarang Contemporary Art Gallery yang menyimpan koleksi seni gaya kontemporer – Foto: Google Maps/aarwita sari

Kota Lama Semarang juga menjadi destinasi bagi para penyuka dunia seni. Tak jauh dari Gereja Blenduk, terdapat Galeri Seni Kontemporer Semarang atau Galsem. Galeri ini menempati bangunan tua yang direnovasi dengan gaya modern di sana-sini. Sesuai namanya, Galsem memiliki koleksi seni kontemporer yang unik dan seringkali menjadi lahan berburu foto yang menarik.

Baca: Old City 3D Museum Semarang Tiket & Spot Foto

Tempat lainnya adalah Old City 3D Art Museum dan DMZ 3D Museum. Kedua tempat ini sangat tepat bagi para penyuka swafoto. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan beragam lukisan tiga dimensi dengan sudut dan pose tertentu sehingga menghasilkan hasil foto yang unik dan menarik.

Fasilitas Kota Lama

Setelah mengalami revitalisasi, kawasan wisata ini semakin nyaman karena dilengkapi fasilitas umum yang memadai. Toilet umum, mushola, tempat sampah, hingga kondisi jalan yang baik kini dimiliki oleh kawasan wisata ini. Terdapat beragam restoran dan kafe, museum, pasar antik, taman, hingga fasilitas hiburan seperti museum tiga dimensi. Kota Lama juga memiliki layanan tur berbayar dan penyewaan sepeda untuk berkeliling.

Lokasi Kota Lama Semarang

Destinasi wisata ini adalah kawasan yang berada di wilayah Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kawasan ini bisa dicapai dengan menggunakan angkutan kota jurusan Kota Lama. Jika menggunakan kereta api, turun di Stasiun Tawang akan mempermudah akses menuju tempat wisata ini dengan berjalan kaki.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here