Beranda Citra Raya World Of Wonder

UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas - Juni 2021

Umbul Sidomukti Harga Tiket: Rp5.000-Rp75.000 Jam Buka: 09.00-20.00 WIB No. Telepon: (0298) 713 7009-10 Alamat: Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661.

Umbul Sidomukti wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Destinasi wisata yang berada di kawasan Bandungan ini memiliki hawa yang dingin dan udara yang segar. Dengan kompleks area wisata yang memiliki luas sekitar 32 hektar serta berada pada ketinggian 1.200 mdpl.

Pesona utama destinasi wisata ini terletak pada kolam renang dari mata air alami yang airnya dingin dan segar. Di sini wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas diantaranya berenang, dan outbond sambil menikmati pemandangan alam. Selain itu kawasan wisata ini juga menyediakan penginapan, camping ground, dan fasilitas gathering di dalam areanya.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Wisatawan yang datang ke sini tidak perlu khawatir dengan biaya tiket. Karena Harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah. Hanya dengan beberapa ribu pengunjung sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata kaki Gunung Ungaran ini.

Harga Tiket Masuk
Jenis TiketHarga
Tiket Masuk Umbul SidomuktiRp5.000
WahanaRp15.000 – Rp75.000
Tiket BerenangRp20.000
Umbul Sidomukti Standard Room Weekday & WeekendRp575.000 – Rp725.000
Umbul Sidomukti Superior Room Weekday & WeekendRp685.000 – Rp825.000
Umbul Sidomukti Deluxe Room Weekday & WeekendRp750.000 – Rp925.000
Umbul Sidomukti Family Room Weekday & WeekendRp1.250.000 – Rp1.700.000

Umbul Sidomukti tidak mewajibkan wisatawan yang datang untuk membawa surat rapid test.

Baca: Candi Gedong Songo Semarang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Umbul Sidomukti

Waktu operasional
Jam Operasional Wisata09.00-20.00

Aktivitas dan Wahana di Umbul Sidomukti

Kolam renang alami umbul sidomukti
Kolam renang alami umbul Sidomukti Semarang. Foto: Google Maps/ emilya suryantina

Lokasi wisatanya berada di kaki Gunung Ungaran. Sebagian besar area menempati tepi lembah yang curam serta jurang. Namun inilah keunggulannya pemandangan punggung gunung kerap menjadi latar foto. Pemandangan alam yang indah ini menjadikan Umbul menjadi favorit wisatawan.

Selain pemandangan, Umbul Sidomukti menawarkan kolam renang alami dengan berbagai wahana seru. Mengusung konsep wisata keluarga dengan moto REAL (Recreation, Education, Adventure and Leisure). Kawasan wisata ini setidaknya telah lengkap dengan wahana outbond, Taman Renang Alam, café dan penginapan.

Baca: Umbul Manten Klaten Tiket & Aktivitas

Dengan ketersediaan fasilitas tersebut maka wisatawan yang datang pun berasal dari hampir semua kalangan. Pada hari biasa, rata-rata kunjungan mencapai 500 wisatawan. Sedangkan pada akhir pekan, jumlah ini melonjak menjadi hampir 1.500 orang.

Menikmati Keindahan Pemandangan dari Ketinggian

panorama pegunungan di umbul sidomukti
Keindahan panorama alam dari ketinggian 1200 mdpl. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Area Umbul Sidomukti terapit oleh dua lembah dengan pemandangan hijau yang asri. Selama di sini, wisatawan akan merasakan suasana tenang, jauh dari keriuhan hiruk-pikuk perkotaan. Melihat pemandangan dari ketinggian akan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

Masih di area ini, wisatawan dapat menyaksikan hamparan kawasan Ambarawa dan panorama sembilan puncak pegunungan. Yaitu puncak Gunung Ungaran, Merbabu, Andong, Telomoyo, Muria, dan juga Gunung Lawu. Dari sini wisatawan juga dapat melihat Rawa Pening, dan dua bukit kembar Cemanggal.

Baca: Eling Bening Ambarawa Tiket & Aktivitas

Selain itu ketika pagi hari, wisatawan dapat menikmati menunggu indahnya momen matahari terbit. Momen romantis pada saat langit merona dengan matahari tenggelam tepat di depan kolam renang. Sedangkan di malam hari, wisatawan dapat melihat gemerlapnya lampu kota dari atas ketinggian.

Berenang di Taman Renang Alam

kolam renang infinity dari mata air alami
Kolam renang dengan pemandangan infinity berada di tepi lereng dan diapit jurang pada kedua sisinya. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Berbeda dari kebanyakan wisata pegunungan, di taman rekreasi ini tersedia kolam renang. Penggemar olahraga ini menjuluki renang di kolam alami ini bagai berenang di atas awan. Kolam renang terletak di tepi lereng sehingga wisatawan dapat menyaksikan awan berarak serta hamparan lembah.

Kolam renang di sini menyediakan setidaknya 4 kolam renang alami bertingkat. Dengan kedalaman berbeda sehingga memungkinkan wisatawan dewasa maupun anak-anak dapat berenang di kolam alami. Kolam terdalam berada di bagian atas dengan kedalaman sekitar 1,5 meter hingga yang terdangkal berada di bagian bawah khusus untuk anak-anak.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Tiket & Spot Selfie

Hal lain yang cukup unik dari kolam renang ini adalah airnya. Air kolamnya berasal dari mata air pegunungan yang alami. Sehingga airnya tampak jernih dan menyegarkan. Belum lagi posisi kolam yang langsung menghadap punggung Gunung Ungaran yang menyajikan pemandangan hijau. Jadi sambil menyegarkan diri di kolam sekalian bisa menikmati indahnya pegunungan.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

menikmati kopi dengan keindahan alam di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang
Nikmatnya minum kopi ditemani panorama alam di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang.
Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa café yang menawarkan pemandangan alam mempesona. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak berbekal makanan. Karena pengunjung dapat memesan berbagai menu makanan dan minuman. Serta sambil menyantap aneka menu hidangan istimewa sesekali bisa melempar pandangan ke arah pegunungan.

Salah satu café yang sering ramai pengunjung di kawasan wisata ini adalah Pondok Kopi. Di sini, wisatawan selain merasakan nikmatnya minum kopi juga akan terpuaskan dengan panorama alam yang sangat indah. Sedangkan menu kopi yang tersedia pun beragam, seperti espresso based coffee, black coffee, manual brew, hingga traditional coffee.

Letak cafe ini memang cukup strategis. Berada tak jauh dari area kolam renang berjarak hanya sekitar 700 meter saja dan dekat dengan penginapan. Jadi bagi pengunjung yang lelah bermain di kolam bisa bersantai di cafe Pondok Kopi sambil menikmati sejuknya udara Gunung Ungaran.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

Selain cafe Pondok Kopi di sini juga terdapat Pondok Lesehan yang merupakan salah satu café dengan banyak sajian menu istimewa. Aneka ragam hidangan tersedia bagi wisatawan di tempat ini. Mulai dari menu makanan seafood seperti ikan, udang dan cumi hingga menu tradisional seperti sop, dll. Sedangkan suasananya juga tak kalah epik dibanding cafe Pondok Kopi.

Flying Fox

wahana flying fox di Umbul Sidomukti
Meluncur melewati dua lembah dengan wahana Flying Fox. Foto : umbul.sidomukti

Kemudian bagi yang suka kegiatan penuh tantangan bisa ikut bermain Flying Fox. Dengan panjang lintasan setidaknya 110 meter berada di ketinggian 70 meter. Wahana ini menawarkan dua pilihan track, marine bridge di lembah atau rapeling menuruni lembah sisi kolam.

Sementara lintasannya menyeberang antara lereng bukit satu ke bukit lain. Wisatawan akan bergantung pada dua utas tali pengaman dan helm di kepala. Keamanan wahana outbond ini sangat terjamin karena ada instruktur yang siaga memasangkan alat pengamannya.

Paralayang Tandem

Selanjutnya di sini juga terdapat wahana yang mendapat animo tinggi dari wisatawan Umbul Sidomukti yaitu Paralayang Tandem. Dengan lama durasi mengudara mulai dari 15 menit hingga setengah jam. Wisatawan akan terbang dari ketinggian 1.700 mdpl kemudian turun di lapangan sepak bola Sidomukti. Lalu kembali ke lokasi awal menggunakan fasilitas kendaraan pengelola obyek wisata ini.

Tidak perlu khawatir untuk keamanannya karena Tim ahli wahana ini adalah anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang. Sehingga segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan matang. Kesempatan ini tentu tak boleh terlewat karena selain merasakan terbang layang di ketinggian juga bisa menikmati keseluruhan panorama sekitar Umbul Sidomukti.

ATV

Wahana ATV
Wahana ATV mengelilingi area sekitar taman wisatag. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Alternatif wahana luar ruang lainnya adalah mengelilingi lokasi Desa Wisata Sidomukti dengan ber-offroad ria. Wisatawan dapat melintasi berbagai perkebunan yang ada di sekitar menggunakan ATV. Wahana ini dapat dikendarai dengan rute menantang yang ada di kompleks taman wisata alam.

Little Ranch

wahana berkuda di little ranch
Berkeliling kebun sayur dan menikmati alam dengan berkuda bersama keluarga di Little Ranch. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Sedangkan di Little Ranch, wisatawan yang membawa keluarga dan anak-anak dapat berkenalan dengan berbagai hewan. Mulai dari Kelinci, Rusa, Kambing Merino hingga Kambing Etawa.

Beberapa permainan juga tersedia seperti Panahan dan Air Airsoftgun. Selain itu ada juga kegiatan berkuda mengelilingi kebun sayur yang berada di sekitar objek wisata.

Gua Tirta Mulya

Sementara bagi yang suka menjelajah berkunjung ke Goa Tirta Mulya merupakan pilihan tepat. Terletak di sekitar kawasan wisata yang berjarak kurang lebih 1 Km. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan atau berjalan kaki sekitar 20 menit.

Gua ini konon digunakan masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran. Bentuk gua-nya unik memiliki panjang setidaknya 100 meter.

Fasilitas Penginapan di Resort Umbul Sidomukti

Kawasan wisata kaki Gunung Ungaran ini sudah lengkap dengan 2 pilihan penginapan. Yaitu dengan mendirikan tenda atau menginap di villa dan homestay nyaman dengan fasilitas memadai. Dengan menginap, wisatawan dapat menikmati indahnya malam dengan gemerlap kota Semarang dari ketinggian.

Camping Ground

area camping ground
Berkemah di Camping Ground memberikan sensasi menginap di alam bebas.
Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Untuk menikmati sajian wisata di tempat ini lebih lama, wisatawan dapat mencoba aktivitas berkemah. Di kompleks wisata alam ini tersedia camping ground untuk menikmati keindahan alam bebas.

Villa Pondok Panorama

Villa Pondok Panorama Umbul Sidomukti dengan keindahan alam pegunungan
Villa Pondok Panorama menjadi tempat menginap dengan suguhan suasana alam Gunung Ungaran di ketinggan 1300 mdpl. Foto : Instagram/umbul.sidomukti

Pondok Panorama Villa memiliki suasana asri dengan masing-masing vilanya memiliki dua kamar. Vila ini memiliki pemandangan langsung ke panorama lima gunung. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang pertemuan, pendopo, hingga fasilitas karaoke.

Pondok Wisata Villa

Pondok Wisata adalah salah satu villa yang dapat disinggahi ketika berwisata ke sini. Penginapan ini merupakan resort dengan kapasitas besar, cocok digunakan terutama untuk keluarga maupun rombongan.

Family Room merupakan penginapan yang langsung menyajikan hamparan pemandangan Gunung Ungaran di sisi selatan. Udaranya sejuk relatif dingin khas pegunungan. Wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise menyambut saat pagi hari dari penginapan ini.

Kontak dan Lokasi Umbul Sidomukti

Wisata alam pegunungan di Semarang ini berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan. Yaitu di Jl. Umbul Sidomukti Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661, Telp. 0298 713700910.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,55 | 20 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini