Beranda Tiket Wisata

SITU JATIJAJAR Depok Tiket & Wahana September 2022

0
Harga Tiket Masuk Situ Jatijajar : Gratis - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Jatijajar, Tapos, Depok, Jawa Barat , Indonesia, 16457

Situ Jatijajar Depok menyajikan keindahan danau alami berpagar rimbunnya pepohonan hijau. Dengan udara sejuk dan teduh. Tidak hanya itu terdapat sebuah hutan kecil jati putih di dalamnya. Sementara area jalan tertutup rerumputan dengan beberapa bagian yang sudah terdapat pedestrian.

Selama berada di sini beragam aktivitas bisa dilakukan terutama wisata air. Kawasannya yang teduh dan nyaman membuat betah untuk berlama-lama. Apalagi berdampingan dengan destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi setelah pulang dari Situ.

Harga Tiket Masuk Situ Jatijajar

Wisatawan yang datang tidak perlu membayar tiket. Hanya perlu membayar wahana permainan.

Harga Tiket Masuk Situ jatijajar
Setiap HariGratis
Tiket Fasilitas
Sewa perahuRp15.000

Baca: Godong Ijo Sawangan Tiket & Aktivitas

Jam Buka Situ Jatijajar

Situ Jatijajar buka setiap hari. Tidak ada batasan waktu berkunjung ke tempat ini. Biasanya tempat ini ramai saat akhir pekan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas Di Situ Jatijajar

Situ Jatijajar bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Kota Depok. Meskipun minim fasilitas namun masih banyak aktivitas menarik. Berikut beberapa di antaranya:

Bersantai Di Pinggir Danau

Pengunjung duduk di pinggir danau untuk menikmati pemandangan Situ Jatijajar. Foto: Instagram/@situjatijajar

Situ Jatijajar menyajikan pemandangan khas sebuah danau. Dengan luas danau sekitar 6,5 hektar ini membentang indah dengan air kehijauan. Ditambah dengan deretan pepohonan mengelilingi danau membentuk hutan kecil. Kemudian ada pula pohon kelapa dan rerumputan tumbuh di beberapa spot menjadikan tempat ini cocok sebagai tujuan bersantai.

Selain itu pemandangan langit pun tidak kalah indah. Gambaran awan di langit biru terlihat indah di cuaca cerah. Saat sore hari, langit di danau menampilkan pemandangan langit senja yang kemerah-merahan. Terlihat memukau hingga tidak cukup digambarkan dengan kata-kata. Di sini juga tampak pemandangan gunung jika dilihat dari spot bingkai kupu-kupu.

Mengingat banyaknya pepohonan mengelilingi area membuat udara di danau ini terasa teduh. Ditambah dengan hembusan angin yang segar bersantai pun terasa lebih sempurna. Sambil bersantai bisa sembari menikmati berbagai kuliner yang ada di sekitar danau.

Baca: 7 Kolam Renang Depok Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Menyatu Bersama Alam Dengan Berkemah

Situ Jatijajar memiliki area untuk berkemah. Area ini berupa hutan kecil dengan tanaman dan pepohonan yang menjulang tinggi. Bahkan di hutan ini tumbuh jenis pohon jati putih. Bagian depan hutan terdapat spot cukup luas dengan kontur tanah rata. Ditumbuhi rerumputan di atasnya sehingga cocok digunakan untuk mendirikan tenda.

Area ini memang cocok untuk acara camping, baik sendiri, keluarga maupun bersama rombongan. Apalagi lokasinya menghadap langsung dengan luasnya danau. Air di danau ini bisa digunakan untuk mandi atau memancing. Untuk sumber air bersih, alangkah lebih baik membawa sendiri untuk bekal saat menginap.

Tidak ada penyewaan tenda maupun penerangan di spot untuk berkemah. Pengunjung bisa membawa peralatan berkemah seperti tenda dan lampu serta sumber bekal untuk menginap. Acara menginap di sini tentunya akan merasakan perasaan bisa menyatukan diri dengan alam yang indah. Apalagi suasana danau masih alami dan asri.

Baca: PONDOK ZIDANE Depok Tiket & Wahana

Berkeliling Danau Dengan Bebek Air

Wahana air di situ jatijajar
Bermain beber air mengelilingi Situ Jatijajar. Foto: Gmaps/Herianto Aritra

Wahana bebek air identik dengan wisata air. Situ Jatijajar memiliki fasilitas wisata air dengan menggunakan bebek air. Wahana ini satu-satunya wahana yang ada di tempat ini. Bermain bebek air pengunjung bisa berkeliling menikmati luasnya danau.

Tidak hanya bebek air, ada juga penyewaan jenis transportasi lainnya. Transportasi tersebut seperti speed boat, perahu naga, kano, hingga perahu karet. Wahana ini ada yang dikendarai secara pribadi dan ada juga memakai sopir.

Baca: Kolam Renang PUTRI DUYUNG Depok Tiket & Wahana

Memancing Di Danau Hijau Yang Indah

Situ Jatijajar menawarkan lokasi pemancingan gratis. Terdapat kolam khusus pemancingan yang menjadi habitat ikan nila, ikan bawal, ikan gabus, ikan kerapu air payau, ikan lele dan masih banyak lagi. Selain memancing, lokasi ini sering digunakan untuk menjala udang.

Pengunjung yang akan memancing bisa membawa peralatan pancing sendiri. Bagi yang tidak ingin repot bisa langsung membeli di tempat. Terdapat kios yang menjual alat-alat pancing yang cukup lengkap. Kegiatan memancing akan sangat menyenangkan. Apalagi udara di danau ini sejuk dan segar.

Baca: DKANDANG DEPOK Tiket & Aktivitas

Berolahraga

Berolahraga di Situ Jatijajar
Anak kecil bersepeda di jalan setapak di dalam hutan Situ jatijajar. Foto: Gmaps/ Didik N

Bagi yang suka berolahraga bisa mengunjungi kawasan Situ Jatijajar. Kawasan ini ramai yang berolahraga pada saat pagi hari atau sore hari. Terdapat area untuk olahraga ringan yang berada di area hutan kecil samping danau.

Area ini berupa jalan setapak yang biasanya digunakan untuk berolahraga di dalam hutan, baik itu bersepeda, jogging maupun jalan santai. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk hutan dekat dengan tepi danau. Jalurnya sudah nyaman dengan beralas paving mengelilingi hutan dengan pohon-pohon jati putih yang tumbuh lebat.

Kemudian di pinggir danau pun juga bisa menjadi spot untuk olahraga. Masyarakat bisa berolahraga mengelilingi danau di jalur pedestrian. Berolahraga di sini sekaligus bisa menikmati pemandangan danau hijau dan langit biru yang memukau.

Mengabadikan Momen Indah Saat Ke Danau

Pengunjung berfoto di salah satu spot foto dengan background pemandangan danau Situ Jatijajar. Foto: Gmaps/ Ozi Maulana Insan

Bagi pecinta fotografi, Situ Jatijajar bisa menjadi pilihan tujuan wisata foto. Di sekitar danau menyediakan spot foto berupa gazebo di tengah kolam dan bingkai kupu-kupu di pinggir danau. Bahkan tanpa adanya wahana foto pun, area danau tetap terlihat cantik. Hijaunya air danau, rindangnya pepohonan hingga kombinasi langit sangat cantik jika tertangkap kamera.

Tempat Wisata Yang Dekat Dengan Lokasi

Petilasan Raden Panji Winayasa di dekat Situ Jatijajar. Foto: Instagram/@situjatijajar

Di sekitar kawasan terdapat tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Setelah berkunjung ke Situ, bisa mampir ke Balai Pembibitan tanaman. Di tempat tersebut ada banyak bibit-bibit tanaman yang tumbuh di area terbuka dengan media berbentuk persegi panjang.

Selanjutnya, cobalah mampir untuk berwisata religi. Di lokasi Situ Jatijajar terdapat petilasan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam. Petilasan tersebut milik Raden Panji Wanayasa yang berada di samping Mushollah Al Karomah. Tempat ini sering menjadi tempat ziarah pengunjung yang datang ke Situ Jatijajar.

Alamat Situ Jatijajar

Danau wisata ini berada di salah satu desa di Depok yang menjadi desa wisata. Lokasi tepatnya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16457. Situ ini dekat dengan Jalan Raya Bogor dan Terminal Jatijajar sehingga akses menuju ke lokasi sangat mudah.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini