SUMBER SIRAH Tiket Masuk & Daya Tarik Kolam Alami Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Sumber Sirah: Rp2.000 - Rp5.000
  • Jam Buka: 07.00 - 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Sukorejo, Kerkep, Gurah, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64181

Sumber Sirah Kediri merupakan destinasi rekreasi yang berupa kolam renang dengan berbagai wahana. Terdapat kolam renang dewasa serta kolam renang anak-anak. Uniknya kolam renangnya menjadi satu dengan sumber mata air. Sehingga airnya sangat alami serta menyegarkan tanpa zat kimia kaporit.

Selama berwisata di tempat ini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati wahana kolam renang. Terdapat pula taman beserta sentra kuliner yang akan melengkapi keseruan saat berlibur.

Tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Sumber Sirah pun kerap menjadi tempat menyelenggarakan berbagai acara baik perusahaan, grup atau komunitas.

Harga Tiket Masuk Sumber Sirah

Tarif masuk tempat wisata yang menarik ini relatif murah meriah. Sehingga tak akan menguras isi dompet pengunjung. Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu membayar retribusi parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Sumber Sirah
Tiket MasukRp5.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: Gronjong Wariti Kediri Tiket & Ragam Wahana Air

Jam Buka Sumber Sirah

Tempat wisata ini buka mulai pagi hingga sore. Sehingga wisatawan bisa cukup lama menikmati pemandian ataupun bermain. Wisatawan bisa bebas datang pada hari apa saja karena pemandian ini buka tiap hari.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Wisata Sumber Sirah

Hal menarik yang dimiliki Sumber Sirah ialah kolam pemandiannya merupakan sumber mata air alami. Di samping itu terdapat wahana bermain untuk pengunjung yang masih anak-anak.

Tempatnya terlihat seperti menyatu dengan alam sekitarnya. Berikut ini sejumlah hal menarik di pemandian Sumber Sirah.

Tempat Yang Asri dan Sejuk

Area Sumber Sirah yang asri
Area tepi kolam pemandian yang teduh. Foto: google maps/pinkQ Sebryena

Sumber Sirah tujuan pariwisata bertema alam yang menawan. Berlibur ke sini membuat wisatawan akan merasakan kedamaian. Karena suasananya yang tenang serta teduh. Banyak pepohonan rindang yang ikut andil menyejukkan suasana di area tersebut.

Alam sekitarnya sangat lestari. Letaknya di area terbuka hijau, dekat dengan area persawahan. Bahkan sumber airnya mampu mengirigasi 30 hektar sawah sekitarnya. Hebatnya lagi saat musim kemarau melanda pun, mata air di sini tidak mengering.

Baca: GUMUL PARADISE ISLAND Tiket & Wahana

Kolam Renang Dewasa Dan Anak

Kolam renang Sumber Sirah
Kolam renang yang luas dengan mata air alami. Foto: google maps/Almarwa Marwa

Di area wisata sudah tersedia kolam renang bagi wisatawan dewasa serta anak-anak. Pada kolam dewasa memanfaatkan sumber mata air yang ada di kawasan tersebut. Kolam cukup luas dan tidak terlalu dalam.

Sementara kolamnya tidak memiliki lantai keramik layaknya kolam renang pada umumnya. Melainkan masih mengusung konsep alami, yaitu kolam berlantai tanah.

Sementara itu, pada kolam anak-anaknya berdampingan dengan kolam dewasa. Kolam anak berlantai keramik berwarna biru serta memiliki air yang jernih.

Baca: AIR TERJUN DOLO Tiket & Daya Tarik

Air Yang Sejuk

Berwisata ke pemandian ini belum sempurna kalau belum merasakan kesejukan airnya. Wisatawan bisa melakukan aktivitas renang kolam serta merasakan segarnya air dari sumber alami. Kondisi airnya bahkan saat siang hari masih terasa dingin. Lalu ketika pagi atau sore hari akan semakin dingin lagi.

Sewa Ban Pelampung

Bagi yang mengajak anak-anak dan belum bisa berenang, dapat menyewa pelampung. Tarif penyewaan ban pelampung cukup murah hanya Rp5.000.

Pengunjung pun dapat bersantai dengan mengapung di atas ban pelampung tersebut. Selain itu pengunjung tidak dilarang jika ingin membawa pelampung sendiri dari rumah.

Snorkeling Air Tawar

Kolam alami yang berada di Sumber Sirah mempunyai keunikan. Yakni terdapat tanaman bawah air yang tumbuh subur. Tumbuhan kecil sejenis ganggang memiliki warna hijau. Tumbuh di dasar kolam yang berpasir hitam halus serta berbatu-batu kecil.

Selain tumbuhan bawah air, terdapat pula kehidupan ikan-ikan kecil yang lucu. Wisatawan bisa berenang bebas berdampingan dengan ikan-ikan kecil tersebut.

Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen berfoto dengan pemandangan bawah air yang mengesankan. Tempat ini juga memungkinkan pengunjung menyelam menyaksikan pemandangan seperti sedang snorkeling di air tawar.

Rumah Hobbit

Kolam renang anak dan rumah hobbit di Sumber Sirah Kediri
Kolam renang anak dan rumah hobbit. Google maps/Fernanda

Di pinggir kolam renang anak, terdapat wahana unik. Namanya adalah rumah hobbit yang merupakan replika rumah-rumahan kecil layaknya rumah liliput.

Rumah-rumahan tersebut memiliki tiga pintu lengkap dengan jendelanya, sementara atapnya menyatu dengan rumput. Rumah Hobbit bisa dimasuki oleh anak-anak serta bagus sebagai spot foto.

Sentra Kuliner

Sentra kuliner di Sumber Sirah
Sentra kuliner di sekitar area wisata. Foto: google maps/Navy Julianty

Bila berkunjung ke Sumber Sirah wisatawan akan menemukan beberapa pedagang. Para pedagang memanfaatkan area kosong di atas kolam renang.

Menu yang dijual beragam jenisnya seperti nasi pecel, lontong, opak, dan lain-lain. Ketika lapar setelah renang, pengunjung dapat langsung memesan makanan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di sumber sirah terbilang lengkap. Karena sudah ada tempat parkir memadai serta toilet yang juga berfungsi sebagai ruang ganti.

Selain itu ada loker dan gazebo sebagai tempat beristirahat. Kemudian keberadaan pedagang makanan akan memfasilitasi kebutuhan konsumsi para wisatawan.

Destinasi wisata ini di bawah pengelolaan dari BUMDES setempat. Ke depannya akan diupayakan pembangunan fasilitas lain yakni musala, serta lainnya.

Kini Sumber Sirah juga mengembangkan fasilitas outbound untuk sebagai tambahan wahana. Misalnya jembatan tali yang digantung dari satu pohon ke pohon lain.

Lokasi Sumber Sirah

Kolam pemandian alami ini berlokasi di Desa Sukorejo, Kerkep, Kec. Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64181. Dari Pusat Kota Kediri menuju ke lokasi pemandian berjarak 13,8 kilometer. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Ulasan Pembaca

4.6 - 28 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *