Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Kota Bogor Tiket Gratis Beragam Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Bogor : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jalan Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16121

Alun-alun Kota Bogor salah satu kawasan bersejarah yang kini menjadi ruang terbuka untuk umum. Lokasinya berada di tengah kota yang sekelilingnya bangunan bersejarah. Di antaranya ada Stasiun Bogor dan Masjid Agung, di mana masjid tersebut masih dalam tahap pembangunan. Alun-alun Bogor dulu terkenal dengan nama Taman Wilhelmina, Taman Topi, dan Taman Ade Irma.

Dulunya, Stasiun Bogor dan Taman Wilhelmina menyatu, namun kemudian terpisah selama kurang lebih satu abad. Dan kini telah kembali terintegrasi dengan nama Alun-alun Kota Bogor. Wajah Alun-alun Kota Bogor kini lebih modern, meskipun tidak meninggalkan gaya kolonialnya. Kini, areanya menjadi wisata baru, yang menyediakan berbagai fasilitas umum dan wahana yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Bogor

Objek wisata ini dapat diakses tanpa dipungut biaya. Bahkan, fasilitas umum yang tersedia pun dapat digunakan dengan gratis oleh semua warga.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: TAMAN SAFARI Bogor & 7 Atraksi Seru

Jam Buka Alun-alun Kota Bogor

Objek wisata ini dapat diakses kapan saja. Berkenaan dengan adanya pandemi covid 19, mungkin akan ditutup sebelum larut. Dan dijaga oleh para ranger park yang sudah disediakan oleh pemerintah kota. Supaya wisatawan tetap dapat menerapkan protokol kesehatan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Daya Tarik Keindahan Alun-alun Kota Bogor

Hijaunya Alun-alun Kota Bogor
Hijaunya Alun-alun Kota Bogor. Foto: Gmap/Evan Aufar Riawan

Alun-alun Kota Bogor menjadi daya tarik baru di tengah-tengah Kota Bogor. Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1,7 hektar, dan dikelilingi dengan bangunan bersejarah. Desainnya sendiri begitu unik, mengusung konsep ruang terbuka di negara Eropa. Lengkap dengan berbagai fasilitas umum bagi pengunjungnya.

Dari kejauhan, kawasan alun-alun ini tampak begitu asri. Terdapat beberapa pohon berukuran besar yang meneduhkan suasana sekitar. Ditambah dengan hijaunya permukaan tanahnya dengan rerumputan hijau, yang sesekali berseling jalan setapak. Serta area taman-taman bunga yang tertata dengan rapi dan sangat cantik.

Objek wisata ini terbagi menjadi empat zona, yaitu ada Zona Botani sebagai tempat relaksasi. Ada juga Zona Olahraga, dengan fasilitas jogging track dan peralatan fitnes. Kemudian terdapat Zona Plaza yang menjadi lokasi kegiatan edukasi dan kesenian. Serta Zona Religi, yang terintegrasi langsung dengan Masjid Agung.

Wisata Terdekat: KEBUN RAYA Bogor Tiket, Fasilitas & Aktivitas

Suasana Taman Asri

Berjalan Santai di Kawasan Alun-alun
Berjalan Santai di Kawasan Alun-alun. Foto: Gmap/Raynardthan Pontoh

Alun-alun Kota Bogor dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin bersantai di tengah kota. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan hijaunya pepohonan dan tanaman yang tertata rapi. Sembari menyaksikan orang-orang yang lalu lalang di jalur pejalan kaki. Meskipun di tengah kota, udara di kawasan ini terbilang sejuk.

Wisatawan juga dapat menjadikan objek wisata ini sebagai tempat nongkrong bersama. Ada bangku-bangku yang telah tersedia untuk sekedar bersantai. Beberapa orang tua sering kali membawa anak-anak mereka di alun-alun ini. Ada yang sembari mendorong stroller, melatih anak berjalan, atau berlarian bersama sang anak.

Baca: JUNGLE WATERPARK Bogor Tiket & Wahana

Fasilitas Olahraga di Tengah Kota

Jika ingin berolahraga dengan suasana yang seru tanpa mengeluarkan biaya, alun-alun solusinya. Di sini, tersedia jogging track dengan desain mirip arena lari Olimpiade. Bahkan, wisatawan dapat adu cepat berlari dengan teman atau saudara di lintasan ini. Tentunya karena standarnya sudah disesuaikan, berlari di lintasan ini tentu sangat nyaman.

Jika ingin mencoba fitnes, bisa menuju ke arena fitness outdoor. Di sini tersedia beberapa alat kebugaran yang sesuai dengan keinginan pengunjung. Tak hanya itu, ada juga area kosong yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan olahraga lain. Misalnya olahraga badminton, sepatu roda, lompat tali, atau olahraga lainnya.

Kawasan yang masuk dalam Zona Olahraga ini juga memiliki area permainan anak. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir anak-anaknya akan bosan ketika berada di sini. Karena terdapat banyak wahana permainan yang dapat digunakan dengan bebas.

Baca: WATER KINGDOM Mekarsari Tiket & Wahana

Pertunjukan Kesenian di Zona Plaza

Olahraga Seru di Zona Olahraga
Olahraga Seru di Zona Olahraga. Foto: Gmap/Muhammad Surya

Daya tarik lain yang menjadikan Alun-alun Kota Bogor ini unik adalah keberadaan fasilitas amfiteater. Amfiteater ini menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin unjuk gigi dalam pertunjukan seni. Selain menghibur, zona ini juga dapat menjadi sarana edukasi bagi pengunjung. Dan tentunya, sebagai langkah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Biasanya, dari kalangan komunitas banyak yang berkumpul di zona ini. Saling bertukar pengalaman, ataupun berbagi keterampilan mereka masing-masing.

Baca: MARCOPOLO WATERPARK Bogor Tiket & Wahana

Mengunjungi Zona Religi

Di Zona Religi, alun-alun terkoneksi langsung dengan Masjid Agung. Yang mana saat ini Masjid Agung masih dalam tahap pembangunan, yang diperkirakan akan segera rampung. Selain itu, di sini wisatawan juga dapat melihat Taman Asmaul Husna. Dengan berhias nama-nama Allah SWT.

Wisata Kuliner dan Belanja

Kuliner Malam di sekitar Alun-alun
Kuliner Malam di sekitar Alun-alun. Foto: Gmap/Sigit Febrianto

Berjarak kurang lebih 450 meter di selatan alun-alun, terdapat sebuah jembatan merah. Di jembatan ini, biasanya banyak penjual makanan kaki lima. Wisatawan dapat menjelajah berbagai jajanan yang harganya sangat bersahabat. Ada sate, doclang, martabak, kupat tahu, bakso, dan banyak lagi.

Selain itu, wisatawan juga dapat berbelanja di pasar yang tak jauh dari lokasi alun-alun. Di antaranya ada Perumda Pasar Pakuan Jaya, Pasar Kebon Kembang Blok F Trade Center, dan Pasar Devris.

Baca: LEMBAH TEPUS Bogor tiket & pesona air terjun bertingkat

Fasilitas di Alun-alun Kota Bogor

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang terbilang lengkap. Mulai dari adanya masjid, bangku taman, dan wifi. Bahkan, dilengkapi juga dengan Tourist Information Center, bagi wisatawan yang tengah berada di Bogor.

Lokasi Alun-alun Kota Bogor

Taman kota ini beralamat di Jalan Kapten Muslihat, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini