Salah satu pilihan tempat wisata di Klaten bisa mengunjungi Hutan Kota Gergunung. Taman kota yang tidak saja berfungsi sebagai paru-paru kota tetapi juga area rekreasi. Taman rekreasi ini juga terkenal juga sebagai Taman 1000 Pelangi.

Sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga pada saat berkunjung ke Klaten. Terdapat beragam pilihan aktivitas dan wahana. Ada tempat untuk berfoto serta beragam permainan untuk anak yang bisa dipilih dan dipergunakan.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Gergunung

Untuk memasuki area taman tidak dikenakan biaya tiket atau gratis. Namun untuk bermain berbagai wahana ada yang gratis maupun berbayar. Namun harga sewa juga cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Gergunung Klaten
Tiket MasukGratis
WahanaGratis – Rp15.000

Baca: Umbul Ponggok Klaten Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Taman rekreasi ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka 24 jam, namun untuk wahana penyewaan tidak buka 24 jam.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas Wisata Di Hutan Kota Gergunung

Beragam aktivitas bisa dilakukan di taman rekreasi. Terutama bagi anak-anak, banyak wahana permianan yang bisa dicoba. Sedangkan untuk orang dewasa bisa bersantai dan berpiknik di sekitar area taman. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Wahana Permainan Anak

wahana permainan anak
Beragam wahana permainan anak-anak terdapat di taman wisata ini baik yang gratis maupun berbayar. Foto: Google Maps/dEdE F Tarigan

Di taman ini terdapat beragam wahana permainan anak. Mulai dari komidi putar, skuter, kereta mini serta wahana lain. Berikut beberapa wahana yang bisa dimainkan.

Komidi Putar: Di Hutan Kota Gergunung anak-anak bisa bermain komidi putar. Pengunjung hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang ditentukan penyewa. Setelah itu, anak-anak bisa menaiki permainan tersebut hingga beberapa putaran.

Bermain skuter: Pengunjung bisa mencoba untuk berkeliling menggunakan skutter. Untuk menaikinya, pengunjung harus membayar sewa terlebih dahulu. Agar lebih nyaman saat digunakan, tinggi stang skutter bisa disesuaikan dengan tinggi badan.

Baca: Bukit Cinta Watu Prahu Tiket & Spot Foto

Rumah Balon: Anak-anak bisa bermain di rumah balon yang ada di Hutan Kota Gergunung. Di rumah balon ini, anak-anak bisa berlarian dan bertemu dengan baru. Anak-anak juga bisa melatih motorik dengan bergerak aktif di rumah balon.

Bermain Seluncuran: Anak-anak bisa bermain seluncuran saat ke Taman 1000 Pelangi. Seluncuran di hutan kota ini agak berbeda karena ada di gundukan tanah. Tangga seluncuran dibuat terususun rapi dan berundak serta diberi warna warni.

Papan seluncuran dipasang dari atas gundukan hingga ke bawah gundukan. Dengan tinggi seluncuran yang tidak terlalu tinggi, membuat anak-anak bisa bermain lebih aman. Apalagi di sekitar waana adalah tanah berumput yang tidak terlalu keras. Namun untuk batita, sebaiknya didampingi karena tidak ada besi di kanan kiri papan untuk pengaman.

Kereta Mini: Anak-anak juga bisa menaiki kereta mini di Hutan Kota Gergunung. Pengunjung terlebih dahulu harus membayar tiket untuk naik kereta api. Setelah itu, anak-anak bisa menaiki kereta api sambil menikmati pemandangan hutan kota di malam hari.

Spot Foto Menarik

miniatur candi
Di Taman ini juga terdapat berbagai miniatur yang cocok dijadikan latar foto: Google Maps/Athar Shaqeel

Terdapat beberapa titik khusus yang cocok untuk dijadikan latar berfoto. Salah satunya di kandang merpati yang warna-warni dan dibuat berundak. Foto di tempat ini akan lebih indah jika diambil saat pagi hari. Kombinasi warna-warni kandang merpati dan kemuning sinar matahari pagi memberikan kesan lebih eksotis.

Baca: Tirtonirmolo Waterpark Klaten Tiket & Wahana

Selain itu, di sini juga terdapat 8 mininatur megah untuk latar berfoto. Miniatur tersebut juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan untuk mengenal Klaten lebih dekat. Miniatur tersebut yaitu Candi Sojiwan, Cerobong Asap Pabrik Gula Gondang, Menara Apem, pengecoran logam Ceper. Selain itu juga ada miniatur wayang kulit, padi Delanggu, ikan nila Polanharjo dan miniatur gerabah Bayat.

Woodball

Terdapat permainan baru di Hutan Kota Gergunung yaitu woodball. Pengunjung bisa mencoba woodball di tanah berumput yang ada di Taman 1000 Pelangi. Permainan ini bisa dilakukan oleh siapa saya asal menggunakan peralatan woodball. Peralatan yang diperlukan adalah mallet (stik khusus) dan bola kayu berdiameter ¾ inchi.

Memberi Makan Merpati

kandang merpati hutan kota gergunung klaten
Kandang merpati ini bisa dikatakan salah satu ikon Hutan Kota Gergunung. Memiliki bentuk dan desain unik. Foto: Google Maps/Zeny Maisyah

Di tengah kolam yang ada di Hutan Kota Gergunung terdapat kandang merpati yang ditata dengan apik. Kandang merpati ini diberi warna yang berbeda sehingga terlihat menarik. Terdapat banyak merpati yang tinggal di kandang tersebut.

Pengunjung tidak hanya bisa berfoto dengan latar kandang merpati namun juga memberi makan merpati. Untuk pakannya, pengunjung bisa membeli pakan merpati secara langsung di hutan kota. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama anak saat datang ke Taman !000 Pelangi.

Wahana Playgorund: Agar anak tidak bosan, anak-anak bisa bermain di playground. Playground ini di bangun di area dari semen. Selain seluncuran, di area ini juga terdapat ayunan dan terowongan untuk anak bermain.

Berolahraga

Pengunjung bisa jogging dan jalan santai di area taman. Terdapat lintasan yang terbuat dari bebatuan halus yang disusun. Pengunjung bisa berolahraga tanpa menggunakan alas kaki.

Berjalan di jalur lintasan batu tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memperlancar peredaran darah. Agar hasilnya lebih maksimal, bisa dilakukan rutin minimal 2 kali seminggu selama 1 jam.

Selain itu, pengunjung juga bisa bersepeda di sekitar area taman. Jalur bersepeda bisa mengelilingi hutan kota ataupun di jalur lintasan bebatuan yang dibangun. Pesepeda harus berhati-hati karena jalur tersebut juga dipergunakan untuk berjalan santai dan jogging.

Fasilitas

Pengunjung taman wisata ini bisa menikmatifasilitas seperti mushola dan tempat parkir. Selain itu, juga terdapat toilet umum yang bisa dipergunakan. Di sekitar Hutan Kota Gergunung juga terdapat beragam warung untuk memesan makanan ataupun minuman.

Lokasi Hutan Kota Gergunung

Taman 1000 Pelangi ini berada di Gergunung. Tepatnya berada di Jl. Ki Ageng Gribig, Gergunung, Klaten Utara, Kabupaten Klaten.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,33 / 3 pembaca