Beranda Tiket Wisata

Karacak Valley Kesegaran Perbukitan Hutan Pinus - Juni 2021

Karacak Valley Harga Tiket: Rp5.000 - Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Garut, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44113.

Menjadikan Garut sebagai destinasi wisata alam memang bukan pilihan yang keliru. Garut memiliki banyak keindahan alam yang belum banyak diketahui sebagai referensi tempat wisata. Salah satunya adalah Karacak Valley, kawasan perbukitan dengan hutan pinus yang populer di tengah wisatawan kalangan remaja.

Tempat wisata yang juga bumi perkemahan ini ternyata menawarkan pemandangan kota Garut yang menakjubkan dari atas bukit, terutama di malam hari.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Karacak Valley dibedakan untuk dewasa dan anak-anak. Tiket ini sudah termasuk biaya asuransi.

Harga Tiket Masuk
Tiket DewasaRp10.000
Tiket Anak-AnakRp5.000
Biaya Berkemah/orangRp15.000

Baca:DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Objek wisata dibuka dan bisa dikunjungi setiap hari. Meski ada jam buka yang diberlakukan, namkun tempat ini dijaga 24 jam bagi pengunjung yang berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Karacak Valley

Jalan setapak Karacak Valley
Pengunjung bisa hiking sambil mengeksplorasi hutan pinus Karacak Valley- Foto: Google Maps/Dian Imaduddin

Kawasan Karacak Valley terletak di perbukitan Kampung Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meski pengunjung harus menempuh jalan yang tidak terlalu baik kondisinya, namun lokasi sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Kawasan wisata yang terhitung baru ini memang menawarkan paket lengkap wisata alam bagi pengunjungnya, jadi tidak heran jika tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama anak-anak muda. Apa saja yang ditawarkan di Karacak Valley?

Perbukitan Hutan Pinus

area perbukitan keracak valley
Kawasan hutan pinus yang masih hijau dengan latar pegunungan mendambah keindahan tempat wisata ini. Foto: Google Maps/Zul Maimun Hambali

Sesuai namanya, Karacak Valley merupakan kawasan perbukitan. Tempat ini berada di ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut. Perbukitan ini dikelilingi oleh hutan pinus serta perkebunan kopi yang dikelola oleh warga sekitar. Dibukanya kawasan ini sebagai tempat wisata memang merupakan inisiatif warga yang menata kawasan ini sebagai perkebunan kopi dan hutan pinus.

Ya, kumpulan pohon pinus tinggi menjulang adalah ciri khas dari tempat wisata ini. Dari tempat parkir, pengunjung diajak untuk mengeksplorasi hutan dengan mengikuti jalan setapak. Jalanannya cenderung menanjak mengikuti kontur tanah di bukit pada umumnya. Sambil hiking, pengunjung akan dimanjakan dengan ademnya suasana hutan diiringi suara-suara alam seperti aliran sungai dan hewan atau serangga hutan.

Curug Kembar dan Curug Ngebul

Salah satu curug di Karacak Valley
Curug Ngebul yang berada dalam kawasan Karacak Valley- Foto: Google Maps/ Muhamad Rifqi Waldani

Setelah menyusuri jalan setapak, pengunjung akan tiba di sebuah pertigaan. Terdapat petunjuk arah untuk area berkemah dan lokasi curug. Jika ingin menuju ke curug, ikuti petunjuk dan bersiaplah berjalan sejauh kurang lebih 1 km dengan jalur menanjak. Tapi jangan khawatir, pengunjung bisa beristirahat di spot-spot istirahat yang sudah disediakan.

Curug pertama adalah Curug Kembar. Seperti namanya, curug ini merupakan dua air terjun yang mengalir dari sela bebatuan besar ke sebuah telaga kecil. Ukuran dan ketinggiannya tidak seberapa, namun pengunjung bisa bermain air di sini untuk sekadar melepas lelah. Disediakan juga balkon dan saung kecil untuk duduk dan menikmati pemandangan sekitar.

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Selainjutnya adalah Curug Ngebul yang jaraknya agak lebih jauh. Curug dengan ketinggian sekitar 10 meter ini juga berupa dua air terjun kecil. Tempat ini sering menjadi tujuan wisatawan menikmati sejuknya air dari Gunung Karacak. Rasa lelah setelah hiking dijamin hilang setelah tiba di sini.

Puncak Dogar

Pelangi di Puncak Dogar
Pemandangan dari Puncak Dogar, Karacak Valley- Foto: Google Maps/Zaenab Nurjanah

Puncak Dogar adalah spot lainnya yang diburu wisatawan yang berkunjung ke Karacak Valley. Puncak ini berupa area hijau terbuka yang memberikan pemandangan langsung ke arah Kota Garut. Lokasinya tak jauh dari area berkemah. Di pagi dan siang hari, pengunjung bisa melihat dengan jelas Kota Garut  dari atas tanpa penghalang apapun di bawah langit biru cerah.

Jika berkemah, maka pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan di malam hari. Kota Garut akan dihiasi oleh lampu-lampu alias citylights yang indah ketika dinikmati dari atas bukit. Sambil dikelilingi hutan pinus, suasana alam akan membuat badan dan pikiran menjadi tenang.

Camping dan Selfie

berkemah di antara hutan pinus
Kegiatan berkemah bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke obyek wisata ini. Foto: Google Maps/Rima Lestari

Penyuka kegiatan berkemah bisa memasukkan Karacak Valley dalam bucket list tempat berkemah yang mereka. Kawasan ini menyediakan area berkemah yang nyaman di tengah pohon-pohon pinus tinggi menjulang. Pengunjung juga bisa memasang hammock dan bersantai sambil menikmati angin sejuk yang berhembus.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen terbaik di sini. Pengunjung bisa berfoto di tengah hutan atau di Puncak Dogar dengan berlatarkan Kota Garut di kejauhan. Selain itu, terdapat taman yang sengaja ditata sedemikian rupa sebagai spot foto menarik. Perlu diingat bahwa Karacak Valley merupakan kawasan alam yang dilindungi, jadi tetap jaga kebersihan dan pohon-pohon yang ada, ya.

Fasilitas Karacak Valley

Fasilitas di sini terbilang cukup memadai, mulai dari area parkir, mushola, toilet, serta kios-kios makanan. Tersedia area berkemah bagi pengunjung yang ingin bermalam. Jangan khawatir jika tidak membawa perlengkapan berkemah karena di sini disediakan jasa sewa tenda dan hammock.

Lokasi Karacak Valley

Karacak Valley terletak di Kampung Pakuwon, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lembah ini berada di Gunung Karacak, daerah perbatasan Garut dengan Tasikmalaya. Lokasinya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi roda 2, roda 4, atau bus kecil.

Namun, akses jalan sekitar 1 Km sebelum pintu masuk masih berupa tanah merah dan belum diaspal. Di sini pengunjung harus berhati-hati agar kendaraan tidak tergelincir. Kondisi tanah akan berlumpur ketika sudah diguyur hujan. Biasanya akan ada warga dan petani sekitar yang membantu mendorong jika kendaraan wisatawan mengalami selip.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,33 | 3 Pembaca