Beranda Tiket Wisata

Wisata KOTA TUA Jakarta Ini 5 Aktivitas Terbaik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kota Tua Jakarta : GratisJam Buka: 06.00 - 22.00No. Telepon: -Alamat: Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1 RT.7/RW.7 Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11110

Kota Tua Jakarta merupakan wisata bersejarah bekas pemerintah kolonial Belanda. Lokasinya sendiri berada di pusat kota dan sangat mudah untuk dijangkau. Meskipun sudah mengalami revitalisasi namun suasana tempo dulu masih begitu terasa. Dari dulu sampai sekarang destinasi ini selalu menjadi primadona warga ibu kota.

Setiap harinya wisata kota tua tak pernah sepi pengunjung. Pada waktu pagi maupun malam hari keramaian senantiasa  menemani. Bukan hanya wisatawan lokal  yang kagum akan keindahannya. Bahkan turis asing pun terpukau ketika melihat deretan bangunan kuno berjejer rapi.

Harga Tiket Masuk Wisata Kota Tua Jakarta

Kalau mau mencari destinasi murah meriah maka kota tua  adalah pilihan terbaik. Karena pemerintah DKI Jakarta tidak mengenakan tiket masuk ke lokasi wisata ini. Warga lokal maupun luar Jakarta bebas menjelajah sudut kota secara gratis. Tetapi jika masuk ke salah satu objek wisata sekitar kota tua akan dikenai biaya tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Kota Tua Jakarta
Pelabuhan Sunda Kelapa Rp2.500
Museum Fatahillah Rp2.000
Museum Seni Rp1.000
Biaya Parkir Motor Rp5.000
Biaya Parkir Mobil Rp10.000

Baca: 8 Aktivitas Wisata di SENAYAN PARK SPARK

Jam Buka Kota Tua Jakarta

Kawasan wisata satu ini tidak mempunyai jam operasional tertentu layaknya tempat wisata. Bisa dibilang pemerintah membukanya untuk umum selama 24 jam nonstop. Tanpa batasan hari atau pun jam. Sementara untuk museum di sekitarnya mempunyai jam operasional. Waktu paling pas buat berkunjung kesini adalah sore hari.

Museum Hari Jam
Museum Bank Indonesia Senin – Jumat 08.00 – 15.30 WIB
Sabtu- Minggu 08.00 – 16.00 WIB
Museum Bank Mandiri Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB
Museum Sejarah Jakarta Senin – Minggu 09.00 – 15.00 WIB
Museum Seni Rupa dan Keramik Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB
Museum Wayang Selasa – Jumat 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu – Minggu 09.00 –  20.00 WIB
Museum Bahari Selasa – Minggu 09.00 – 15.00 WIB

Aktivitas Menarik Di Kota Tua Jakarta

Ternyata setelah dilakukan revitalisasi besar-besaran kota tua  kian bagus saja. Bahkan jauh lebih baik ketimbang kondisi sebelumnya. Hal ini akan membuat pengunjung semakin betah dan nyaman selama berekreasi. Tak ketinggalan juga ada berbagai macam aktivitas seru yang siap memanjakan wisatawan.

1. Hunting Foto Bersama Teman-teman

foto bersama ondel-ondel
Wisatawan berfoto di tengah ondel-ondel. Foto : Googlemap/natagaris

Jika mengunjungi kota tua jangan lupa berburu foto.
Banyak sekali bangunan unik yang bisa menjadi latar belakang foto. Sebagian besar konsepnya bergaya arsitektur zaman Belanda. Perlu untuk diketahui, bahwasanya bangunan tersebut sudah ada sejak tahun 1600-an. Kemegahannya membuat siapa pun takjub dan ingin langsung mengambil gambarnya.

Salah satu  tempat yang sering menjadi spot foto yaitu Museum Fatahillah. Bentuknya yang khas mampu memikat hati setiap pengunjung untuk berfoto di depannya. Ada juga Museum Bank Indonesia dan Kali Besar yang tak kalah uniknya.

Baca: Wisata KOTA TUA Jakarta Tiket Masuk dan Zona Wisata

2. Berolahraga Di Sekitar Kota Tua

olahraga di sekitar kota tua Jakarta
Sekumpulan orang tengah joging bersama-sama di Kota Tua Jakarta. Foto : Googlemap/M.Fatkhu Rizqi

Selain berburu foto, pengunjung kota tua juga bisa melakukan aktivitas olahraga. Misalnya jalan kaki atau joging mengitari sudut kota. Mulailah dari Gedung Mandiri lalu belok menuju Taman Fatahillah. Berikutnya mengarah ke kali besar kemudian lanjutkan joging ke Jalan Cengkeh.

Selanjutnya bisa menuju ke Stasiun Jakarta Kota dan belok ke Jalan Lada. Di mana wilayah tersebut sudah menjadi kawasan bebas asap motor.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Tiket & 9 Atraksi Unik

3. Nongkrong Seru dan Belanja Suvenir Khas Jakarta

Setelah puas berkeliling kota tua, jangan lupa membeli oleh-oleh. Salah satu toko yang menyediakan suvenir yaitu Mula Kota Tua Jakarta. Di sini banyak sekali menjual barang-barang khas ibu kota. Misalnya saja kaos Jakarta, topi, gelang hingga tas.

Selesai berbelanja sempatkan waktu  untuk nongkrong di Cafe Batavia. Sebuah tempat makan yang mengusung konsep gaya Eropa kuno. Makan di sini itu serasa kembali ke zaman kolonial tempo dulu. Sayangnya harga makanannya memang tidak bisa dikatakan murah.

Kalau ingin yang murah wisatawan bisa berkunjung ke Batavia Kantin. Lokasinya tidak  jauh dari museum wayang. Harganya pun masih relatif terjangkau. Daftar menunya ada bakso, pecel, dan yang paling favorit itu Mi ayam.

Baca: MOJA MUSEUM Tiket & Spot Foto Kreatif

4. Bersepeda di Sekitar Kota Tua Jakarta

bersepeda di Kota Tua Jakarta
Satu keluarga sedang asyik naik sepeda berkeliling Kota Tua Jakarta. Foto : Googlemap/Sapto Himawan

Banyak perubahan terjadi di kota tua setelah pemerintah melakukan revitalisasi. Sejauh ini kawasannya ramah bagi para pesepeda. Karena tepat di depan museum mandiri ada dua jalur khusus sepeda. Dan satu lagi ada di Jalan Lada dekatnya Taman Fatahillah.

Jika mau berkeliling tidak perlu membawa sepeda sendiri. Pengunjung bisa menyewa sepeda di sekitar kawasan. Durasi waktunya memang hannya 30 menit saja. Namun cukuplah buat menjelajahi kota tua yang areanya tidak terlalu luas.

Baca: KIDZANIA Jakarta Tiket & 12 Wahana Atraktif

5. Mengunjungi Wahana Museum Kuno

Aktivitas lainnya yang tak kalah seru yaitu mengunjungi wahana museum kuno. Jaraknya pun cukup dekat dan bisa ditempuh dalam waktu lima menit saja. Apalagi sekarang lokasinya sangat nyaman untuk para pejalan kaki. Khususnya di sekitar Jalan Lada.

Setidaknya ada beberapa museum yang bisa dikunjungi wisatawan. Misalnya Museum Bahari, Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, dan masih banyak lagi. Pada saat memasukinya petugas akan mengenakan tiket masuk. Jadi bersiaplah menyiapkan uang tunai pecahan dua atau lima ribuan.

Sarana Dan Prasarana Kota Tua

Fasilitas yang tersedia di Kota Tua Jakarta sendiri bisa dibilang  cukup memadai. Ketimbang yang dulu memang kualitasnya lebih baik sekarang. Berikut beberapa sarana dan prasarana yang ada di kota tua.

  • Food court
  • Spot foto
  • Museum kuno
  • Area parkir
  • Toilet
  • Musala
  • Taman bermain
  • Tempat penyewaan sepeda.

Lokasi Kota Tua Jakarta

Menempuh perjalanan menuju kota tua tidak terlalu melelahkan. Wisatawan bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan umum. Lokasinya tepat berada di Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini