Beranda Tiket Wisata

MUSEUM BAHARI Tiket Murah & Koleksi Kemaritiman - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Museum Bahari : Rp2.000Jam Buka: 08.30 WIB - 15.30 WIBNo Telp: 062274376691Alamat: Jl. R. E. Martadinata No.69 , Wirobrajan, Kabupaten Bantul,, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55182

Tak hanya wisata alam dan budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya pesona wisata lainnya. Mendapat sebagai kota pendidikan, membuat DIY tak heran jika terdapat beberapa wisata museum. Salah satunya adalah Museum Bahari yang ada di daerah Bantul. Sesuai namanya, di museum ini wisatawan bisa mempelajari tentang kelautan di Indonesia.

Punya julukan sebagai negara bahari, Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah kelautannya. Maka dari itu penting untuk belajar banyak tentang hal tersebut. Di dalam museum ini wisatawan bisa melihat aneka koleksi mulai dari kapal perang, senjata meriam dan kelengkapan lainnya. Yang unik adalah fakta bahwa dulunya bangunan museum ini merupakan rumah pribadi.

Harga Tiket Museum Bahari

Setiap wisatawan yang akan berkunjung ke museum ini akan perlu membayar biaya tiket masuk. Harga tiketnya sangat murah meriah. Sehingga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam sudah bisa melihat beragam koleksi museum sepuasnya. Tempat ini bisa jadi alternatif wisata murah di Bantul.

Harga Tiket Masuk Museum Bahari
Tiket MasukRp2.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Pantai CEMARA SEWU Bantul Tiket & Aktivitas

Jam Buka Museum Bahari

Sebelum berkunjung ke museum ini penting untuk mengetahui jam operasionalnya. Hal itu karena dalam satu minggu tempat wisata ini libur sehari. Jam bukanya tidak terlalu panjang. Jadi waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara pagi atau siang hari agar bisa berlama-lama. Sementara jika ingin datang rombongan maka harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu.

Jam Buka
Selasa-Minggu (Senin tutup)08.30 WIB – 15.30 WIB

Sejarah Singkat Museum Bahari

Ruang koleksi dengan beraneka barang yang dipamerkan
Suasana di dalam museum cukup berbeda karena dulunya merupakan rumah pribadi. Foto: Gmaps/DCitra Igustina

Buka sejak tahun 2009, ada fakta menarik dari berdirinya museum ini. Ternyata dulunya bangunan museum adalah rumah pribadi milik seorang anggota TNI. Beliau adalah Laksamana Madya TNI bernama Yosafat Didik Heru Purnomo. Tak heran ketika masuk ke dalam museum arsitekturnya cukup berbeda dengan museum kebanyakan. Yosafat Didik menghibahkan rumahnya sebagai museum karena kecintaannya terhadap kelautan.

Dengan berdirinya museum ini Yosafat Didik punya harapan agar generasi muda Indonesia tidak lupa dengan nenek moyangnya. Di museum ini pengujung bisa belajar banyak mengenai sejarah kemaritiman di nusantara. Koleksinya pun sangat lengkap yang terbagi dalam beberapa ruangan 2 lantai. Di samping itu tempat ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Hanya berjarak sekitar 2 Km saja dari titik nol kilometer Yogyakarta.

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Beragam Koleksi di Museum Bahari

Ruang koleksi Museum Bahari
Beragam koleksi yang berhubungan dengan angkatan laut sangat lengkap dan tertata rapi. Foto: Gmaps/D’Citra Agustina

Bangunan museum ini memiliki 2 lantai yang terdiri dari 4 ruang utama. Untuk ruang koleksi sendiri ada 2 yaitu di lantai satu dan dua. Beragam hal menarik bisa terlihat di ruang koleksi museum ini. Wisatawan dapat melihat segala peralatan TNI angkatan laut dari dekat.

Koleksinya meliputi senjata meriam, bom laut, hingga miniatur berbagai jenis kapal perang. Selain itu ada juga torpedo, ranjau laut, radar, sonar, kompas magnet, GPS, liferalt, teropong, sextant, kemudi kapal juga radio telekomunikasi.

Setiap koleksi terdapat keterangan mulai dari nama dan sejarah singkatnya. Dengan begitu wisatawan bisa benar-benar tahu banyak tentang barang yang mereka lihat. Beragam koleksi ini sebagian besar merupakan milik pribadi dari Laksamana Madya TNI Yosafat Didik. Namun beberapa juga kontribusi dari banyak pihak.

Baca: Galaxy Waterpark Tiket & Wahana

Masuk Ke Dalam Tiruan Kapal Perang

Replika ruang kemudi kapal
Di museum ini terdapat replika ruang kemudi kapal dengan detail sangat mirip dengan aslinya. Foto: Gmaps/Fajar Dwi Yulianto

Di dalam museum ini juga ada tiruan kapal perang. Wisatawan bisa masuk ke dalam dan menikmati berbagai hal menarik. Tidak semua ruangan ada di dalamnya, hanya ruang kemudi saja. Namun sangat detail dan semirip mungkin dengan aslinya. Kemudi kapal, kompas, berbagai tombol hingga ornamen di dalamnya sangat mirip. Sehingga bisa merasakan sensasi seperti benar-benar berada di dalam sebuah kapal perang.

Di area tiruan kapal perang juga ada senjata besar yang dipakai oleh tentara angkatan laut Indonesia. Melihat ukurannya wisatawan bisa membayangkan bagaimana dahsyatnya daya ledak senjata tersebut. Hal itu juga menunjukkan bagaimana kuatnya sistem pertahanan dari negara.

Baca: KEBUN BUAH MANGUNAN Tiket & Aktivitas

Melihat Film di Ruang Audio Visual

Bergerak ke lantai dua ada ruang audio visual untuk pemutaran film. Bagi yang berminat bisa masuk dan melihat film yang ada di dalam. Yang akan diputar adalah film dokumentasi TNI angkatan laut Indonesia dari masa ke masa.

Dengan melihat dokumenter tersebut wisatawan bisa merasakan langsung bagaimana kerasnya perjuangan para TNI menjaga lautan Indonesia. Untuk menikmati film di ruang audio visual tidak akan dikenai biaya tambahan.

Baca: HUTAN PINUS MANGUNAN YOGYA Tiket & Aktivitas

Oleh-Oleh Khas TNI di Ruang Souvenir

Koleksi korek api ala angkatan laut
Wisatawan bisa membeli aneka cinderamata khas angkatan laut di ruang souvenir. Foto: Gmaps/Dita

Setelah puas berkeliling di ruang koleksi dan audio visual, selanjutnya ada ruang suvenir. Sesuai namanya ruang tersebut menyediakan beragam suvenir yang berhubungan dengan TNI angkatan laut. Aneka pernak-pernik menarik bisa didapatkan di tempat ini. salah satunya adalah seragam marinir untuk anak maupun dewasa.

Wisatawan juga bisa menemukan aneka pajangan menarik. Terdapat miniatur kapal hingga pesawat terbang yang bisa dibawa pulang. Dan yang paling sering dibeli oleh wisatawan adalah ransum. Itu adalah makanan kaleng yang mudah disiapkan dan biasa dibawa oleh tentara dalam medan perang. Tentu menarik mencicipi rasa dari makanan para Tentara Nasional Indonesia.

Baca: HUTAN PINUS PENGGER Tiket & Aktivitas

Fasilitas Museum Bahari Bantul

Tempat wisata edukasi ini juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang. Tersedia area parkir luas dan toilet. Di depan area museum terdapat banyak warung kuliner untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lokasi Museum Bahari Bantul

Wisata museum ini beralamat di Jl. R. E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Kabupaten Bantul. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota. Museum ini hanya berjarak sekitar 2 Km dari titik nol kilometer Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan wisata lain di Jogja seperti Malioboro, Keraton Jogja dan Kampung Wisata Taman Sari.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini