Beranda New Post

PANTAI PASIR PANJANG: Tiket & 20 Aktivitas Seru - Januari 2021

Pantai Pasir Panjang
Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau,Singkawang Selatan,Singkawang,Kalimantan Barat,Indonesia,79163.

Pantai Pasir Panjang menjadi ikon wisata dari kota Singkawang, Kalimantan Barat. Destinasi ini menjadi favorit wisatawan karena berjarak cukup dekat dari pusat kota. Sajian pemandangan laut dan pesisirnya tersaji indah dan menawan.

Pasir Pantai Panjang juga menyediakan berbagai fasilitas dan sarana wisata yang lengkap. Objek wisata ini berada dalam komplek wisata terpadu Taman Pasir Panjang Indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Panjang

Harga tiket masuk
Senin – JumatRp20.000
Sabtu, Minggu dan hari liburRp25.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Singkawang

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Serunya Berbagai Aktivitas di Pantai Pasir Panjang

Hanya berjarak 30 menit perjalanan dari pusat kota membuat pantai ini menjadi favorit wisatawan. Kawasan pantai ini dikembangkan menjadi komplek wisata terpadu Taman Pasir Panjang Indah. Disebut sebagai taman, destinasi ini menawarkan banyak pilihan hiburan dan aktivitas menarik bagi wisatawan.

Menyusuri Pantai Berpasir

Area tepi pantai berpasir putih
Menyusuri garis pantai berpasir putih – Foto : GoogleMaps/Nur Indah Permatasari

Kawasan wisata tepi laut ini disebut Pantai Pasir Panjang karena memiliki pesisir yang memanjang. Hamparan pasir putihnya yang cantik membentang hingga sepanjang tiga kilometer.

Barisan pepohonan kelapa yang menari saat diterpa angin laut menghiasi kawasan pesisirnya. Menyusuri bentangan pepasirnya, wisatawan dapat merasakan lembutnya pasir pantai halus di sela-sela jari kaki.

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Bersantai di Gazebo

Gazebo dan pondokan tepi pantai
gazebo dan pondok-pondok wisata menjadi tempat wisatawan bersantai – Foto : GoogleMaps/Bobby Lafatra

Pantai Pasir Panjang menjadi destinasi wisata keluarga untuk bersantai menikmati waktu liburan bersama. Terdapat banyak pondok-pondok gazebo sebagai tempat wisatawan untuk beristirahat dan duduk berkumpul bersama. Dari shelter pondok wisata tersebut, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan laut dengan perpaduan alam pesisirnya.

Sajian panorama menawan terasa menyegarkan tubuh maupun pikiran. Hembusan udaranya yang sejuk bertiup semilir dari arah laut turut memberi efek relaksasi.

Menikmati Sajian Panorama Laut

Pemandangan tepi pantai dan laut berlatar gunung
Pantai Pasir Panjang Singkawang Kalimantan Barat – Foto : GoogleMaps/Yuniar Pratiwi

Dari kawasan pantai, wisatawan disuguhi luasnya pemandangan laut lepas tanpa sekat. Ikon pariwisata Singkawang ini menyajikan panorama birunya laut serasi dengan latar kaki langit cerah. Beberapa kapal nelayan lokal pun terlihat melintas lalu-lalang di perairan laut sekitar pantai.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Di seberang perairan lautnya, wisatawan dapat melihat samar-samar beberapa pulau yang membias hijau. Dipagari perairan Laut Natuna, terlihat Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan.

Berenang

Wisatawan bermain di pantai tepi laut
Berenang di tepi pantai salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di pantai ini- Foto : GoogleMaps/albertus renold

Gelombang ombak di perairan tepi pantainya tergolong relatif tenang.  Air lautnya yang jernih dan bersih juga mendukung wisatawan untuk melakukan aktivitas berenang.

Wisatawan juga dapat melengkapi diri dengan pelampung saat bermain air di wilayah perairan dangkalnya. Berbalut ban melingkari tubuh, para wisatawan begitu antusias menunggu terjangan ombak yang bersahutan. Datangnya ombak pun memecah keceriaan wisatawan dan anak-anak yang turut bermain bersama keluarga.

Baca: PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata Menarik

Bagi wisatawan yang tak terbiasa berenang di perairan laut dapat mencobanya di area pesisir. Area pantai juga menyediakan kolam renang yang banyak diminati wisatawan.

Bersantai di Tepi Pantai

Bersantai di tepi pantai
Menikmati ketenangan suasana pantai – Foto : Instagram/stellaegie

Pantai Pasir Panjang menyajikan kawasan yang tenang dan jauh dari kebisingan. Menikmati waktu di pantai, wisatawan akan ditemani suasana damai yang cocok untuk relaksasi pikiran. Suara deburan ombak dan semilir angin laut memberi rasa nyaman untuk melepas lelah.

Olahraga Pantai

Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir pantai yang terbentang luas dan bersih. Hal ini membuat kawasan ini nyaman digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga. Wisatawan dapat bermain voli pantai maupun sepakbola pantai berkelompok bersama rekan dan keluarga.

Beradu Kecepatan Main Gokart

Sirkuit balap di kawasan pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Sarana olah raga bermotor seperti track/sirkuit ini banyak digemari terutama kalangan wisatawan muda.

Wisatawan dapat menyalurkan bakat untuk memacu kecepatan dalam road race maupun grass track. Mengendarai wahana gokart, wisatawan diajak untuk memacu adrenalin bersaing dan berlomba dalam lintasan pacu.

Naik Speed Boat Keliling Pantai

Keseruan berwisata juga didukung dengan berbagai wahana olahraga air. Di sini, wisatawan dapat menyewa speedboat, perahu motor, maupun sepeda air. Wisatawan dapat mencoba sensasi pengalaman mengelilingi perairan sekitar pantai di atas wahana yang melaju.

Bermain Banana Boat di Pantai Pasir Panjang

Wahana Banana Boat merupakan pilihan penantang adrenalin lainnya yang ada di pantai ini. Wisatawan dapat mengelilingi pantai bersama rekan maupun keluarga dengan naik wahana air ini.

Berkelompok sekitar lima orang, wisatawan akan diajak melawan ombak dengan ditarik speed boat berkecepatan tinggi. Wisatawan juga harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh ke permukaan laut. Saat terjatuh dari banana boat, wisatawan justru akan merasakan keseruan yang menambah kegembiraan berlibur.

Bermain Pasir Pantai

wisatawan bermain pasir di tepi pantai pasir panjang
Bermain pasir bersama anak-anak di tepi pantai – Foto : GoogleMaps/Farras dan Bagas FnB

Menjadi destinasi wisata keluarga membuat Pasir Pantai Panjang banyak dikunjungi bersama dengan anak-anak. Kawasan ini pada dasarnya memang digemari wisatawan dari semua kalangan usia.

Mengajak anak-anak bermain, tersedia area yang dibuat khusus untuk bermain anak. Area ini dilengkapi dengan berbagai permainan yang membuat anak-anak dapat menikmati waktu berlibur bersama. Selain itu, anak-anak juga dapat bermain membuat istana pasir di bibir pantai.

Objek Fotografi Memikat

Pemandangan laut pantai pasir panjang berwarna hijau toska kebiruan
Jembatan yang menjorok ke laut ini menjadi spot favorit wisatawan – Foto : Instagram/ardygus589

Berbagai sudut Pantai Pasir Panjang menyajikan keindahan dengan latar alam laut dan pesisirnya. Wisatawan dapat menemukan berbagai spot foto yang instagramable untuk  mengabadikan momen liburan.

Salah satu lokasi favorit untuk berfoto yaitu sebuah jembatan yang menjorok ke laut. Jembatan ini menjadi tempat bagi wisatawan untuk menikmati suguhan panorama Pantai Pasir Panjang.

Wisata Budaya

Berada tak jauh dari area pantai, wisatawan dapat melihat kampung nelayan. Lokasi ini menjadi tempat di mana wisatawan dapat melihat bagaimana kehidupan para nelayan. Mereka tinggal dekat dengan tepi laut karena kebanyakan warga lokal tersebut menjadi penangkap ikan.

Bertandang ke kampung nelayan, wisatawan akan melihat banyak ikan hasil dari nelayan yang melaut. Wisatawan juga dapat membeli hasil laut yang masih segar tersebut langsung dari para nelayan.

Berburu Oleh-oleh

Wisatawan tak perlu khawatir mencari buah tangan sebelum meninggalkan pantai. Berbagai olahan hasil laut tersedia baik yang segar maupun hasil olahan. Yang banyak diminati salah satunya ikan yang diasinkan karena lebih awet dan tahan lama.

Cinderamata khas panai lainnya pun dapat ditemukan di area sekitar pantai. Wisatawan juga dapat membeli berbagai kalung, gelang, hingga gantungan kunci dengan desain menarik.

Santap Kuliner

Menemani wisatawan untuk menikmati suasana pantai, banyak menu pilihan yang dapat dipilih. Beberapa restoran, café maupun warung–warung kecil menjajakan aneka hidangan yang memanjakan lidah wisatawan. Wisatawan dapat mencoba beragam sajian kuliner dan menjajal makanan khas dari Singkawang.

Memancing

Memancing di sekitar pantai pasir panjang
Memancing di Pantai Pasir Panjang Singkawang yang kaya akan berbagai jenis ikan – Foto : GoogleMaps/Dwi Akhmal Maulana

Pantai Pasir Panjang dengan gelombang ombaknya menjadi rumah bagi banyak jenis ikan. Wisatawan yang hobi memangcing dapat menyalurkan aktivitas kesukaannya di sini.

Salah satu lokasi untuk melempar umpan ke lautan adalah pada bagian ujung jembatan pantai. Sambil menunggu joran ditarik pemangsa dari dalam perairan, wisatawan dapat menikmati panorama pantai.

Menikmati Roman Sunset Dari Tepi Pantai Pasir Panjang

Menikmati matahari terbenam dari tepi pantai pasir panjang
Semburat langit senja dari tepi pantai- Foto : GoogleMaps/Blanc Invinite

Momen sunset di Pantai Pasir Panjang yang indah mengundang kedatangan banyak wisatawan di sore hari. Terbenamnya matahari di balik gugusan pulau berbukit dekat kawasan pantai menyajikan pemandangan yang eksotis.Wisatawan dapat menikmatinya dari bibir pantai atau dari pondok-pondok wisata yang banyak terdapat di pantai.

Menginap Di Sekitar Pantai Pasir Panjang

Terdapat banyak tempat penginapan seperti hotel, resort, maupun cottage di sekitar kawasan. Menginap di area Pantai Pasir Panjang, wisatawan dapat menikmati suasana tepi laut malam hari. Ramainya kawasan wisata ini menggambarkan keindahan pemandangan yang tak luput dengan lelapnya mentari.

Berkemah di Pantai Pasir Panjang

Wisatawan pecinta alam bebas dapat bermalam dengan mendirikan tenda untuk beristirahat. Pantai Pasir Panjang memiliki area Bumi Perkemahan yang dapat dimanfaatkan untuk berkemah. Bermalam dengan tenda memberikan suasana alami yang lebih dekat untuk dinikmati wisatawan.

Menyaksikan Kemeriahan Festival

Pantai Pasir Panjang acapkali menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai gelaran event. Salah satunya kemeriahan budaya Tionghoa yang dapat disaksikan wisatawan jelang Cap Go Meh.

Searah dengan pemandangan matahari terbenam, terlihat naga yang ‘dilepas’ ke laut. Naga tiruan yang biasa mengiringi permainan barongsai tersebut terlihat terombang-ambing gelombang laut China Selatan. Selama lebih dari sepekan, naga tersebut diletakkan dengan jangkar untuk mengantisipasi terjangan ombak .

Fasilitas

Pengelola pantai menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Area pusat kuliner, penginapan, arena bermain, berbagai wahana melengkapi sarana wisata tepi laut ini. Pusat informasi pariwisata, pondok wisata, kolam renang, fasilitas bilas, hingga toko suvenir juga tersedia.

Lokasi Pantai Pasir Panjang

Wisata tepi laut ini berada di jalan Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163. Untuk mencapai destinasi ini, rute yang ditempuh terbilang cukup mudah. Jaraknya dari pusat kota Singkawang hanya sekitar 17 kilometer atau berkisar 20 menit. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah Pontianak, perlu menempuh sekitar 142 kilometer perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini