Beranda Destinasi Pilihan

Wisata Kuningan : 7 Destinasi Wajib

0

Mendapat anugerah keindahan alam yang menakjubkan, daerah Kuningan memiliki suasana kawasan yang nyaman. Kuningan juga menyimpan kekayaan jejak historis yang menjadi daya tarik wisata yang unik. Baik itu sejak jaman prasejarah, era Hindu-Buddha, syiar Islam, hingga masa pasca kemerdekaan Indonesia. Menelusuri pesona Kuningan, berikut 7 destinasi Keren Wisata Kuningan yang dapat menjadi pilihan wisatawan:

1. Wisata Cibulan

Obyek Wisata Cibulan menyajikan wisata air dengan berbagai kolam renang yang bervariasi. Di dalamnya terdapat kolam renang dewasa, kolam anak hingga kolam ikan dan terapi ikan. Resmi berdiri sejak 1939, Obyek Wisata Cibulan sangat populer di kalangan masyarakat Kuningan pada khususnya.

Dua kolam di dalamnya memiliki kedalaman 60 sentimeter hingga dua meter. Masing-masing¬† dengan ukuran 35×15 meter dan 45×15 meter. Kolam-kolam tersebut juga dilengkapi dengan seluncur yang menambah keseruan wisatawan bermain air. Selain berenang, lokasi ini menawarkan pula terapi ikan pada salah satu kolam khusus.

Wisatawan juga dapat memberi makan ikan pada kolam lainnya yang berisi ikan-ikan yang jinak. Berada di Desa Maniskidul, masyarakatnya memiliki mitos mengenai ikan-ikan di wisata Cibulan. Jumlah ikan di dalamnya dipercaya tidak berkurang ataupun bertambah meskipun ada larangan untuk mengambil. Selain itu di sudut barat pemandian terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan.

Pada akhir pekan dan hari libur, destinasi ini selalu padat oleh kunjungan wisatawan. Wahana air lainnya juga tersedia di sini seperti perahu dan sepeda air. Lokasi ini juga memiliki banyak spot foto menarik yang tersebar sejak pintu masuk. Kawasannya juga diperindah dengan ornamen-ornamen seperti patung ikan, payung warna-warni dan bunga-bunga indah.

2. Telaga Biru Cicerem

Bersantai di tepi Telaga Biru Cicerem Kuningan berair kebiruan.
Bersantai di tepi Telaga Biru Cicerem Kuningan berair kebiruan. Foto: Instagram/heyimega

Wisata Telaga Biru Cicerem menawarkan suasana asri sebuah danau dengan air yang jernih kebiruan. Begitu jernihnya, wisatawan bahkan dapat melihat bebatuan dan ikan-ikan yang berenang di dalam perairannya.

Berkeliling pepohonan rindang, telaga di Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan ini terasa teduh. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Ceremai membuat kawasannya asri dan masih alami.

Warna biru air telaga berpadu dengan hijau pepohonan di sekelilingnya dan ratusan ikan berwarna-warni. Perpaduan ini menjadi daya tarik wisatawan sebagai latar untuk mengabadikan momen liburan. Berfoto di spot ini, wisatawan harus antre untuk berpose pada ayunan di atas permukaan airnya.

Lokasi ini juga memiliki banyak spot foto lainnya dengan latar suasana alami di sekitarnya. Wisatawan dapat bersantai naik perahu hingga memberi ikan yang ada di danau.

3. Curug Putri Palutungan

suasana di Curug putri Palutungan
Berenang atau sekedar menikmati suasana tenang di sekitar air terjun Curug Palutungan Kuningan.

Curug Putri Palutungan memiliki daya tarik air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Berada di kaki Gunung Ceremai, lokasinya berada di tengah kawasan hutan pinus. Areanya asri dengan udara yang bersih dan segar serta kabut yang kadang turun.

Nama Curug Putri Palutungan terkait mitos air terjun sebagai tempat mandi para dewi khayangan. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun cukup lebar untuk berenang. Walaupun arus aliran air terjun cukup deras, namun permukaan kolam terlihat sangat tenang. Ditambah dengan bingkai bebatuan yang terbentuk indah berundak-undak dengan anak tangga pada alirannya.

Wisatawan dapat bersantai pada area sekitar air terjun menikmati suara kicau burung dan hembusan anginnya. Kawasan wisata ini juga memiliki bumi perkemahan yang berjarak sekitar satu kilometer dari air terjun. Di areanya pun banyak spot-spot foto menarik, saung-saung makan, bahkan juga ada Rumah Terbalik.

Area air terjun merupakan jalur lintas pendakian Gunung Ceremai, lokasinya sering digunakan untuk beristirahat bagi para pendaki. Kawasan air terjun juga cocok sebagai tempat acara pelantikan organisasi maupun pelatihan kepemimpinan. Selain itu tersedia juga lokasi untuk olahraga tembak.

4. Sangkan Resort Aqua Park

Sangkan Resort Aqua Park Kuningan memiliki aneka wahana air yang fantastis.
Sangkan Resort Aqua Park Kuningan memiliki aneka wahana air yang fantastis. Foto: GMap/Imam Wahyudi

Sangkan Resort Aqua Park menjadi salah satu destinasi wisata air favorit di Kuningan. Lokasinya memiliki waterpark dengan beragam wahana air, wahana outbond, restoran, dan penginapan. Pemandangannya asri dengan latar kemegahan Gunung Ceremai.

Taman airnya memiliki lebih dari 20 seluncur air yang bervariasi bentuk dan ketinggiannya. Sebuah kolam renang berukuran besar di tengah area menjadi sentra utamanya. Kolam Ombak dan Boomerang Slide menjadi wahana favorit wisatawan karena menantang adrenalin.

Saung dan gazebo di sekitar kolam menjadi tempat bagi wisatawan untuk santai dan beristirahat. Cocok sebagai tujuan bersama keluarga, areanya memiliki kebun binatang dan patung-patung berbagai hewan.

Di samping taman air, wisatawan juga bisa mencoba wahana outbond seperti paintball. Seperti namanya, Sangkan Resort Aqua Park juga memiliki penginapan berupa hotel dan resor.

5. Curug Landung

Curahan arus Curug Landung Kuningan memiliki ketinggian setinggi 30 meter.
Curahan arus Curug Landung Kuningan memiliki ketinggian setinggi 30 meter. Foto: Instagram/flavia_fuina

Curug Landung menyajikan wisata alam air terjun yang ketinggian curahan alirannya mencapai ketinggian setidaknya 30 meter. Air terjunnya berpagar tebing dan rimbunnya pepohonan hijau. Hal ini membuat kawasannya terasa teduh dengan hembusan angin dari curahan air terjun.

Menuju air terjun, jalurnya sudah tertata baik dengan anak tangga yang juga ramah anak. Di sepanjang jalurnya, wisatawan disuguhkan dengan suasana alami yang asri. Dekat dengan lokasi air terjun, sebuah jembatan warna cukup menarik perhatian wisatawan. Banyak pula dijumpai spot-spot foto unik berlatar keindahan alamnya.

Destinasi wisata alam di Cisantana, Kabupaten Kuningan ini menyediakan pula berbagai wahana seru. Salah satu yang menjadi favorit yaitu wahana Sepeda Terbang dengan roda tunggal di ketinggian. Ada pula Balon Udara, Gardu Pandang, Sarang Burung, Ayunan Terbang, Rumah Hobbit, hingga Tower Bambu.

6. Sukageuri View

Menikmati suasana dan suguhan panorama ketinggi Sukageuri View.
Menikmati suasana dan suguhan panorama ketinggi Sukageuri View. Foto: GMap/Muhamad Ari Yusniandar

Sukageuri View menjadi salah satu destinasi yang favorit wisatawan pecinta suasana alam. Berada di ketinggian, lokasi ini merupakan bagian dari lereng Gunung Ceremai. Dari ketinggian lokasinya, wisatawan akan disuguhkan panorama pegunungan dan hamparan pedesaan asri. Angin segar khas dataran tinggi bertiup sejuk dengan suhu yang cenderung dingin. Suasana yang terasa pun tenang, jauh dari hiruk-pikuk dan kepadatan aktivitas rutin.

Destinasi ini menyediakan gardu pandang sebagai salah satu titik untuk menikmati lanskap alam. Di malam hari, terlihat gemerlap lampu-lampu kota yang menyala di kejauhan.

Sukageuri View memiliki beberapa instalasi seni yang disediakan sebagai tempat berfoto bagi wisatawan. Latarnya tentu saja keindahan pemandangan alam dari ketinggian yang memukau.

Selain itu di sini juga menjadi lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda dengan fasilitas yang mendukung. Pada saat pagi hari, wisatawan akan disuguhi indahnya momen matahari terbit.

Salah satu spotnya merupakan lokasi untuk olahraga panahan bagi wisatawan. Di sisi lainnya terdapat beberapa kolam renang berseluncur dengan kedalaman yang bervariasi. Di sini, wisatawan bisa pula mencicipi cita rasa kopi asli Kuningan.

7. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perjanjian Linggarjati memiliki suasana yang tenang dengan hawa khas pegunungan yang sejuk.
Gedung Perjanjian Linggarjati memiliki suasana yang tenang dengan hawa khas pegunungan yang sejuk. Foto: GMap/Arnel Arnellis

Berlokasi di Linggarjati, Gedung Perundingan Linggarjati merupakan salah satu situs bersejarah di Kabupaten Kuningan. Dikelola oleh pemerintah, kawasannya luas dengan bangunan yang terawat dengan baik. Kompleks gedungnya teduh dengan kawasan asri lengkap dengan pepohonan berlatar pegunungan. Suasananya tenang, cocok untuk relaksasi pikiran bagi wisatawan.

Perjanjian Linggarjati merupakan diplomasi antara pihak Indonesia dengan Belanda dengan Inggris sebagai mediator. Masing-masing perwakilan duduk sebagai bangsa yang setara untuk kemerdekaan Indonesia tanpa pertumpahan darah dan senjata. Deretan kursi dan replika perlengkapanya disusun sesuai catatan sejarah pertemuan tahun 1946 tersebut.

Memasuki bangunannya, wisatawan akan ditemani pemandu yang akan memberikan penjelasan tentang isi ruangan. Menjelajah setiap sudutnya, kita diberikan gambaran suasana ketika Perundingan Linggarjati berlangsung. Kamar-kamar yang digunakan oleh beberapa delegasi pun dilabeli dengan baik. Sejumlah foto sebagai dokumentasi Perundingan Linggarjati berderet menghiasi dinding.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini