Dalam bahasa sunda, curug berarti air terjun. Dengan begitu, Curug Putri Palutungan berarti Air Terjun Putri Palutungan. Berlokasi di Kuningan, sebelum tiba di curug ini pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah.

Sesampainya di air terjun, pemandangan indahnya lebih banyak dan tak kalah seru. Curug Putri Palutungan merupakan air terjun dengan ketinggian 20 meter. Desiran angin disela percikan air  akan membawa pengunjung pada ketenangan hati.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan curug putri Palutungan, tiketnya sangat terjangkau. Cukup dengan Rp15.000 sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun ini.

Harga Tiket Curug Putri Palutungan
Tiket MasukRp15.000

Baca: Sangkan Resort Aquapark Kuningan Tiket & Wahana Seru

Jam Buka Curug Putri Palutungan

Pengunjung bisa datang ke air terjun ini hari apa saja. Karena kawasan wisata air terjun selalu buka setiap hari dari pagi sampai sore.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.30 WIB

Beragam Aktivitas di Curug Putri Palutungan

Tempat wisata ini dinamakan curug putri konon jika dilihat dari jauh, berbentuk seorang putri memakai gaun. Yang lebih menarik, seringkali muncul pelangi sehabis hujan di bagian puncaknya.

Selain keindahan alam, beragam kegiatan bisa dilakukan di sini. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menikmati Pesona Keindahan Alam

Pemandangan Curug Putri Palutungan
Keindahan alam kawasan Curug Palutungan menjadi daya tarik utama obyek wisata ini. Foto: Google Maps/Tonny Hidayat P

Pesona alami curug ini memancarkan keindahan yang tak berkesudahan. Beningnya air asli pegunungan mengalir deras dan tertampung dalam sebuah kolam alami. Dari kolam tersebut mengalir lagi melewati bebatuan dan menuju kolam alami lainnya.

Adem banget rasanya melihat aktivitas alam seperti ini. Di kolam alami tersebut, pengunjung bisa berendam, mandi atau sekedar bermain air. Sisi dari ujung kolam terhubung dengan sebuah jembatan yang cocok dijadikan tempat berfoto.

Jika ingin lebih meresapi pemandangan, pengunjung bisa menggelar tikar di dekat air terjun. Nikmati suasana asrinya air terjun bersama keluarga. Layaknya piknik, pengunjung juga bisa menikmati bekal makanan yang telah disiapkan.

2. Merasakan Jernihnya Air Curug Putri Palutungan

Mandi di air terjun putri palutungan
Mandi di Air Terjun dan merasakan kesejukannya tentu tidak boleh dilewatkan. Foto: Google Maps/Anne Amelia

Air terjun dari curug putri ini sangat terkenal dengan kejernihan dan kebersihannya. Hal ini pernah dibuktikan oleh pengunjung yang mengambil air langsung dari mata airnya. Sampai sekarang air tersebut masih tetap jernih seperti baru dan tanpa berlumut.

3. Aman Untuk Anak-anak

Biarpun terjunnya air cukup deras, namun luasnya kolam membuat kawasan ini terasa tenang. Bentuk tanah di kolam juga berundak-undak, mulai dari yang dalam hingga dangkal. Kontur ini aman untuk anak-anak jika ingin mengajak bermain air di kolam.

4. Kegiatan Gathering di Kawasan Curug

Sebagai wisata alam yang luas, kawasan ini juga cocok dijadikan sebagai tempat gathering. Untuk gathering biasanya diadakan oleh karyawan perusahaan. Sembari gathering, bisa juga melakukan outbound di kawasan ini.

5. Berkemah di Curug Putri Palutungan

kemah di curug putri palutungan
kemah di curug putri palutungan. Foto: google maps/Curug putri palutungan

Untuk anak sekolah, mahasiswa ataupun pecinta alam, biasanya memanfaatkan kawasan ini untuk berkemah. Tiket sebesar Rp. 15.000 yang dibayarkan di awal, sudah termasuk tiket masuk bumi perkemahan. Jika tidak membawa tenda, ada persewaan tenda dengan biaya Rp. 100.000 per malamnya.

6. Bermain ATV

Untuk meramaikan suasana di obyek wisata ini, terdapat persewaan motor ATV. Pengunjung bisa menyewanya dan membawa berkeliling kawasan ini. Tentu akan menjadi hal yang seru berkeliling kawasan yang sejuk menggunakan motor ATV.

7. Bersantai di Jejeran Hammock

bersantai di Hammock
Bersantai di Hammock sekitar kawasan wisata sambil menikmati rindangnya pepohonan. Foto: Google Maps/Moehamad Nasir

Kawasan dengan pepohonan rindang merupakan tempat yang cocok untuk bersantai di atas hammock. Di area wisata ini, tersedia persewaan hammock bagi para pengunjung. Bersantai di hammock akan memberikan sensasi tersendiri, apalagi jika berada di paling atas.

Jangan lupa untuk selfie ketika sudah berada di atas hammock. Pastikan gaya selfinya yang wajar, terlebih jika berada di hammock paling atas. Hasil selfie di atas hammock seringkali menjadi hits di kalangan netizen.

8. Berfoto di Tebing yang Menakjubkan

Selain selfie di atas hammock, kawasan ini juga menyediakan spot foto keren lainnya. Pengunjung bisa berfoto pada sebuah tebing di area wisata ini. Untuk bisa berfoto di tebing, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 20.000.

Meski harus membayar lagi untuk bisa berfoto di tebing, namun hasilnya akan setimpal. Dengan berfoto di tebing, akan membuat pengunjung benar-benar menyatu dengan alam.

Fasilitas di Curug Putri Palutungan

Meski berada di kawasan bumi perkemahan, fasilitas di curug putri ini cukup lengkap. Tak perlu khawatir jika ingin membuang air, karena toilet di sini sudah memadai. Selain itu juga terdapat mushola dan saung-saung untuk makan.

Kontak dan Lokasi Curug Putri Palutungan

Berencana berwisata ke sini, air terjun ini berada di Kabupaten Kuningan. Tepatnya di Alamat Cisantana RT.07 / RW.03, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,75 / 12 pembaca