Pemandian Cibulan Kuningan Jawa Barat
Harga Tiket: Rp20.000 - Rp22.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Maniskidul,Jalaksana,Kuningan,Jawa Barat,Indonesia,45554.

Ada sensasi baru jika datang ke kawasan Objek Wisata Cibulan Kuningan, yaitu berenang bersama ikan dewa. Ikan dewa sendiri merupakan ikan endemic yang disakralkan oleh masyarakat Kuningan. Bahkan konon katanya, ikan dewa sendiri diyakini sebagai titisan dari Raja Pajajaran yaitu Prabu SIliwangi.

Objek Wisata ini menurut Didi Sutardi selaku Dirut tempat ini, sudah ada sejak 1850.  Tempat ini menjadi habitat tertua dari ikan dewa. Walaupun begitu, wisatawan tetap aman untuk berenang di kolam wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Cibulan Kuningan

Wisatawan yang berkunjung ke taman rekreasi ini akan dikenakan biaya tiket. Namun, tenang saja harga tiket masuk yang dibebankan bisa dibilang masih cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Cibulan Kuningan
Jenis TiketAnakDewasa
Tiket New NormalRp20.000Rp22.000
Hari BiasaRp15.000Rp17.000
Akhir PekanRp18.000Rp20.000
Musim LiburanRp20.000Rp22.000

 

Baca: Sangkan Resort Aqua Park Kuningan Tiket & Wahana

Jam Buka Objek Wisata Cibulan Kuningan

Wisatawan bisa datang setiap hari ke taman wisata ini mulai dari pagi hingga sore hari. Datang lebih pagi jika ingin merasakan suasana yang lebih sepi.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB

Daya Tarik Objek Wisata Cibulan Kuningan

Pengunjung yang berwisata ke sini tidak hanya bisa berenang dengan ikan dewa tetapi juga banyak aktivitas lain. Seperti Flying fox, sepeda air, memberi makan ikan dll. Berikut beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini.

1. Berenang dan Dicium Ikan Dewa

berenang bersama ikan dewa
Berenang besama ikan dewa bisa dilakukan di Objek wisata cibulan kuningan. Foto: Instagram/Pesonakuningan

Ikan dewa memiliki bentuk yang aneh dengan postur panjang yang mirip ikan arwana. Akan tetapi, ikan yang umumnya punya panjang 60 cm ini, punya sisik besar dengan kepala ikan mas. Ikan ini berada di 3 kolam yang berbeda. Yaitu di kolam dengan kedalaman 1,5 m, 2 m dan 2,8 meter.

Pengunjung yang datang ke Objek Wisata Cibulan bisa berenang dengan ikan jinak ini di kolam tertentu. Selain berenang, pengunjung juga bisa dicium langsung oleh ikan dewa. Nantinya ikan tersebut dipegang langsung oleh petugas sebelum menciumkannya ke pengunjung.

2. Memberi Makan Ikan Dewa

Jika takut berenang dengan ikan dewa, pengunjung bisa memberinya makan. Akan tetapi, tidak sembarang pakan bisa diberikan. Ikan tersebut hanya boleh diberi makan apel merah yang merupakan kesukaan dari ikan dewa.

Baca: Curug Putri Palutungan Kuningan Tiket & 7 Aktivitas Alam

3. Sumur Tujuh

Di salah satu sisi kolam terdapat tempat yang tidak kalah disakralkan. Tempat yang disebut sebagai Sumur Tujuh ini memiliki 7 mata air dan menjadi sumur yg terpisah. Sumur ini juga merupakan situs petilasan dari Prabu Siliwangi.

Konon katanya, ketujuh sumur tersebut mempunyai khasiat masing-masing. Sehingga banyak pengunjung yang ke tempat ini untuk mencoba.

4. Bermain Sepeda Air

wahana sepeda air bebek-bebekan
Bersantai di danau menggunakan sepeda air atau bebek-bebekan. Foto: Google Maps/Ronny Armeilla

Jika ingin bermain sepeda, tidak hanya bisa menggunakan sepeda gantung namun juga sepeda air. Wahana ini berbentuk angsa dan bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa. Pengunjung bisa menaiki untuk berkeliling kolam.

Ada juga sepeda air yang terbuat dari sepeda asli. Untuk bisa digerakkan, sepeda ini harus dikayuh. Namun, sepeda ini hanya bisa digunakan oleh 1 orang saja.

5. Terapi Ikan

Di area wisata ini juga terdapat ikan dari Jepang yang biasanya untuk terapi. Ikan yang ditempatkan di tempat khusus ini akan membantu membersihkan sel kulit mati. Setelah membayar biaya untuk fasilitas ini, pengunjung bisa memasukkan kakinya untuk terapi.

6. Wahana Water Park Objek Wisata Cibulan Kuningan

wahana kolam dan peluncuran water park objek wisata cibulan kuningan
Kolam renang lengkap dengan permainan water park seperti peluncuran dan ember tumpah. Foto: Google Maps/Edi Kurniadi

Agar pengunjung semakin seru saat berenang, saat ini sudah ada seluncuran. Seluncuran yang langsung meluncur ke kolam ini bisa dipergunakan pengunjung terutama anak-anak. Selain itu, pengunjung bisa juga melompat ke kolam dari papan di tempat yang sudah disediakan.

Selain seluncuran terdapat juga ember tumpah. Ember tersebut akan diisi air hingga penuh. Kemudian akan tumpah dan membasahi pengunjung yang berada di kolam. Tepatnya berada di arah air ember jatuh.

Objek Wisata Cibulan Kuningan juga menawarkan cara bermain basket yang unik. Ring basket berada di salah satu sisi kolam. Untuk bermain, pengunjung bisa bertanding dan memasukkan bola ke dalam ring tersebut.

7. Olahraga Memanah

Di salah satu sudut, kawasan wisata |Objek Wisata Cibulan, terdapat tempat untuk memanah. Tepatnya di sebelah belakang kolam. Setelah membayar biaya yang sudah ditentukan, pengunjung akan diberi 10 anak panah. Nantinya pengunjung bisa mencoba memanah dengan tepat ke titik/area yang terpasang.

8. Flying Fox dan Sepeda Gantung

wahana sepeda gantung objek wisata cibulan kuningan
Sepeda melintasi kawasan kolam-kolam di objek wisata cibulan kuningan. Foto: Google Maps/Silvia Ramadhina

Mulai dari tahun 2010, Objek Wisata Cibulan Kuningan terus dibangun. Salah satu wahana yang dibangun adalah sepeda gantung dan flying fox. Wahana tersebut cocok untuk pengunjung yang suka aktivitas yang memacu adrenalin.

Pengunjung bisa menaiki wahana tersebut dengan membayar tiket naik. Baik flying fox ataupun sepeda gantung hanya bisa dipergunakan oleh 1 orang per wahana. Untuk flying fox, pengunjung akan meluncur dari dari ketinggian 7 meter. Sedangkan untuk sepeda gantung, pengunjung harus menggenjot agar sepeda berjalan hingga ke ujung.

9. Bermain Kereta Api

Di salah satu sudut kawasan Objek Wisata Cibulan, anak-anak bisa naik kereta api mini. Kereta api di samping kolam ini memiliki lintasan yang tidak terlalu panjang. Sehingga bisa menjadi pilihan untuk orang tua saat hendak menyuapi anak atau saat anak menangis.

Fasilitas Objek Wisata Cibulan Kuningan

Selain tempat parkir, pengelola Objek Wisata Cibulan sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Beberapa diantaranya adalah kamar mandi, tempat bilas, tempat makan. Pengunjung bisa memilih makan di tempat lesehan agar lebih nyaman terutama setelah berenang. Di tempat ini juga sudah menyediakan mushola sehingga lebih mudah untuk beribadah.

Lokasi Objek Wisata Cibulan Kuningan

Objek Wisata Cibulan berada di desa Maniskidul, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Tempat wisata ini bisa dituju sekitar 10 menitan dari pusat kota Kuningan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini