Beranda Tiket Wisata

Curug Landung Wisata Alam Kekinian - November 2020

Curug Landung
Harga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000 Jam Buka: No. Telepon: - Alamat: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana,Cigugur,Kuningan,Jawa Barat,Indonesia,45552.

Kuningan ternyata memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari kota-kota lainnya di Jawa Barat. Curug Landung adalah salah satu kawasan wisata yang baru dibuka pada awal tahun 2016. Tempat wisata yang menyedot banyak wisatawan datang Kuningan.

Kawasan wisata ini memadukan keindahan air terjun tertinggi di Kuningan dengan kreativitas spot-spot foto yang tersedia. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekaligus mengoleksi selfie unik sepuasnya dalam satu lokasi wisata.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dewasa maupun anak-anak dikenakan biaya yang sama. Tiket ini tidak termasuk tiket masuk kawasan Jurang Landung dan biaya foto di spot-spot tertentu.

Harga Tiket Masuk Curug Landung
Biaya Parkir Rp5.000
Tiket Masuk Curug Landung/per orangRp10.000
Tiket Masuk Jurang Landung/ per orangRp20.000
Permadani TerbangRp10.000
Sepeda GantungRp10.000
Foto + Video DroneRp20.000
Landung Sky BikeRp25.000

Baca: 6 Tempat Wisata Paling Oke Di Kuningan

Jam Operasional

Curug Landung dibuka setiap hari dengan jam tertentu. Kawasan wisata ini sangat ramai saat akhir pekan atau masa liburan.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Landung

Curug Landung
Curug Landung memiliki ketinggian 30 meter – Foto: Google Maps/Faruq Mujaddid al-Farisi

Curug Landung merupakan air terjun di kaki Gunung Ciremai selatan. Curug ini terbentuk oleh aliran air sungai Curug Putri yang sudah populer sebagai bagian dari objek wisata Palutungan. Kawasan wisata ini ternyata tidak hanya diburu karena air terjunnya. Di sini, pengunjung memiliki kesempatan berfoto bersama alam sekaligus spot-spot foto unik, mulai dari permadani hingga ayunan terbang.

Curug Landung

Pengunjung duduk-duduk di sekitar curug
Batu-batu di sekitar Curug Landung yang bisa digunakan istirahat atau piknik – Foto: Google Maps/Cahaya terang tv

Nama Curug Landung sendiri memiliki arti “Air terjun tinggi”. Sesuai namanya, air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Kuningan dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Airnya masih alami, jernih, dan sejuk. Curug ini berada di tebing yang dikelilingi beragam vegetasi liar.

Lokasinya yang berada dasar tebing curam membutuhkan sedikit usaha untuk bisa dicapai. Dari area parkir, pengunjung harus menuruni sekitar 300 anak tangga beton. Rasa lelah akan terbayar setelah tiba dan melihat langsung keindahan air terjun ini.

Baca: Curug Putri Palutungan Tiket & Aktivitas

Curug Landung mengalir menuju sebuah telaga dan sungai yang tenang. Sungai ini dihiasi bebatuan besar yang bertebaran. Beberapa batu sengaja disusun secara rapi serta diwarnai agar lebih menarik dan cocok menjadi tempat berfoto.

Wahana foto di sekitar air terjun
Beragam wahana foto warna-warni yang unik di sekitar curug. Foto: Google Maps/Fadhil Mumtaz

Ada pula jembatan aneka bentuk dan spot-spot foto yang sengaja dibuat untuk melengkapi pemandangan Curug Landung, seperti sangkar burung dan papan selancar yang dibuat seolah mengambang di atas sungai.

Pengunjung boleh bermain air di sekitar air terjun atau di sungai. Jika tidak ingin basah-basahan, cukup nikmati keindahan alam dengan duduk-duduk di batu-batu yang ada di sekitar curug. Tidak jarang pengunjung sengaja menggelar tikar dan menyantap perbekalan di dekat curug.

Jurang Landung

pengunjung berfoto di ayunan maut Jurang Landung
Beragam spot foto menantang tersedia di Jurang Landung – Foto: Google Maps/desy yanti cobena

Jurang Landung awalnya merupakan area berfoto yang dinamakan Gardu Action. Seiring dengan bertambahnya jenis wahana dan spot foto, Gardu Action kemudian menjadi Jurang Landung. Seperti namanya, Jurang Landung adalah area tebing di pinggiran Curug Landung. Pengunjung bisa melihat pemandangan air terjun secara penuh dari sini.

Ketika masuk Jurang Landung, pengunjung akan langsung disambut dengan jalan setapak yang dihias terowongan dengan aneka ragam ornamen berwarna-warni. Di sepanjang jalan ini tersedia banyak spot foto yang menarik seperti sumur buatan, balon udara, hingga sarang burung.

Baca: Sangkan Resort Aqua Park Kuningan Tiket & Wahana

Wahana yang paling menjadi incaran adalah ayunan dan meja menggantung. Pengunjung akan dibawa berayun di ketinggian sambil duduk di ayunan atau duduk di meja piknik. Jika ingin mendapatkan hasil foto dengan pemandangan yang lebih mantap, pengunjung bisa menggunakan jasa foto atau video menggunakan drone dengan merogoh kocek tambahan.

Landung Sky Bike

Pengunjung mencoba wahana Landung Sky Bike
Landng Sky Bike, salah satu wahana menantang yang patut dicoba – Foto; Google Maps/dzaky art

Jurang Landung tidak hanya dipenuhi oleh spot foto. Di sini juga tersedia area permainan dengan bermacam-macam wahana. Tersedia bianglala mini hingga kora-kora yang bisa dicoba oleh pengunjung berbagai kalangan usia.

Wahana yang baru saja diluncurkan dan menarik banyak perhatian adalah Landung Sky Bike. Wahana berbentuk melingkar yang dikayuh ini menyerupai Sky Bike yang sudah ada di Taman Selecta Batu, Malang. Pengunjung akan merasakan sensasi mengayuh sepeda berbentuk unik di ketinggian sambil melihat pemandangan Kuningan di kejauhan.

Terrace Landung

Spot foto di Terrace Landung
Terrace Landung adalah area perkemahan berbentuk undakan-undakan – Foto: Google Maps/Burhan Shoboer

Di atas tebing di pinggiran Curug Landung, terdapat area berkemah yang baru saja dibuka pertengahan tahun 2019 ini. Terrace Landung adalah lahan mati yang disulap menjadi warung kopi, area foto, dan tempat berkemah di lahan berupa undakan-undakan. Tempat yang berada di ketinggian ini sering dikunjungi untuk berkemah maupun sekadar menikmati kopi dan udara segar.

Baca: KEBUN RAYA KUNINGAN Tiket & Daya Tarik Wisata

Fasilitas Curug Landung

Objek wisata ini sudah dilengkapi lahan parkir, toilet, mushola, kios-kios makanan, serta gazebo aneka bentuk dan ukuran untuk beristirahat. Fasilitas wisata di sini di antaranya air terjun, wahana permainan, area berkemah, serta area foto dengan jasa foto menggunakan kamera drone.

Lokasi Curug Landung

Objek wisata air terjun ini berada di Kuningan, tepatnya di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Pintu masuknya terletak tepat di samping gerbang Destinasi Wisata Palutungan. Curug Landung berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Kuningan dengan waktu tempuh 20-30 menit.

Berada di kawasan wisata Cigugur, akses jalan sudah sangat baik dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Angkutan umum yang melewati kawasan ini adalah angkot jurusan Palutungan. Untuk info dan reservasi kunjungi Instagram @curug.landung .

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini