Wisata Semarang: Ini 7 Destinasi Populer untuk Liburan

Di balik hiruk pikuk kotanya, Semarang ternyata memiliki begitu banyak destinasi wisata yang layak untuk didatangi. Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam hingga religi. Pokoknya lengkap! Lalu, di mana saja tempat-tempat wisata Semarang yang paling hits? Nah, berikut ini daftarnya.

1. Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu merupakan ikon wisata Semarang
Lawang Sewu menjadi salah satu spot foto di Semarang yang dapat dikunjungi pada siang maupun malam hari. Foto: Gmaps/Wihandono Yogo

Lawang Sewu terletak di Kawasan Tugu Muda Semarang. Di sekitarnya juga ada beberapa tempat wisata lain seperti Gereja Katedral dan Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Saat ini Lawang Sewu berfungsi sebagai destinasi wisata sejarah di Semarang dan spot foto yang menarik. Sedangkan bangunannya menjadi museum untuk menampilkan koleksi sejarah perkereta apian di Tanah Air.

Bagian yang paling menarik yaitu ruang bawah tanah Lawang Sewu yang disebut-sebut sebagai penjara bawah tanah dan tempat penyiksaan selama masa penjajahan. Namun beberapa tahun terakhir, ruang bawah tanah sudah tertutup untuk umum. Alasannya untuk keamanan dan menghindari bias sejarah.

Selengkapnya: LAWANG SEWU Tiket & Daya Tarik

2. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu destinasi wisata religi di Semarang
Bangunan dengan arsitektur khas Tiongkok ini menjadi salah satu destinasi wajib di Semarang. Foto: Gmaps/Daniyal Kautsar

Bangunan ini memiliki tujuh tingkat yang setiap tingkatnya mempunyai empat patung Dewi Kwan Im. Patung tersebut berdiri menghadap ke empat penjuru mata angin. Pagoda yang berdiri pada tahun 2005 ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang.

Bangunan berarsitektur khas Tiongkok ini bisa menjadi salah satu area foto yang cantik saat berlibur ke Semarang. Elemen-elemen pada bangunan, seperti keramik, tangga, kolam naga, ornamen, lampu naga, phoenix, air terjun naga hingga patung lilin pun didatangkan langsung dari Tiongkok.

Selengkapnya: Pagoda Avalokitesvara Semarang

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan sebuah kawasan cagar budaya peninggalan masa penjajahan
Di Kota Lama Semarang, wisatawan bisa berwisata sejarah menikmati bangunan-bangunan bernuansa Eropa peninggalan masa penjajahan. Foto: Gmaps/Nailil Chusna

Jika berwisata ke Kota Semarang, jangan lewatkan untuk mampir dulu ke Kota Lama Semarang. Kota Lama merupakan sebuah kawasan cagar budaya dengan gedung-gedung tua bersejarah peninggalan Hindia Belanda. Pada masa itu, kawasan ini menjadi pusat pemerintahan. Karena itu, gedung-gedung di kawasan ini sangat kental dengan nuansa Eropa.

Beberapa area yang ramai kunjungan wisatawan yaitu Taman Srigunting, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Gereja Blenduk, Rumah Akar Samping, Semarang Art Gallery dan banyak lainnya. Pengunjung bisa mengelilingi kawasan Kota Lama Semarang bersepeda atau berjalan kaki. Khusus pada malam hari saat akhir pekan, wisatawan bisa menikmati Car Free Night di sepanjang Jalan Letjen Suprapto.

Selengkapnya: 7 Area Terbaik WISATA KOTA TUA SEMARANG

4. Wisata Grand Maerakaca Semarang

Grand Maerakaca bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi di Semarang
Grand Maerakaca bisa dibilang adalah TMII-nya Jawa Tengah yang menyajikan replika rumah tradisional dari 30 kabupaten/kota di provinsi ini. Foto: Gmaps/Sri Kusasi

Grand Maerakaca bisa dibilang sebagai TMII-nya Jawa Tengah. Salah satu tempat wisata Semarang yang sebelumnya terkenal dengan nama Puri Maerakaca atau Puri Maerokoco. Wisatawan bisa langsung menuju ke Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, untuk mengunjunginya. Tempat ini memiliki lebih dari 30 replika rumah tradisional dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Selain itu juga menyajikan replika dan miniatur bangunan dari setiap daerah. Kemudian terdapat pula berbagai wahana edukatif. Anak-anak bisa melakukan kegiatan outbound atau kunjungan sekolah. Beberapa aktivitas untuk anak misalnya menjelajahi Jateng Science Center, outbound hingga berkebun.

Selengkapnya: GRAND MAERAKACA Tiket & Wahana

5. Wisata Watu Gunung Semarang

Watu Gunung merupakan wisata pemandian yang kental dengan nuansa tradisional Jawa
Pengunjung dapat berenang dengan ditemani hawa sejuk dan suasana yang kental dengan adat Jawa. Foto: Gmaps/agung budi Kususma

Watu Gunung merupakan sebuah pemandian yang kental dengan nuansa adat Jawa. Tempat ini beralamat di Jalan Srikandi Raya, No.1, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Terdapat 3 pilihan kolam renang bagi pengunjung, di mana kolam terdalam hanya sekitar 120 centimeter.

Bukan saja berenang, wisatawan juga dapat bersantai menaiki perahu mengelilingi danau Watu Gunung. Di sekitar kolam renang juga terdapat beberapa saung berkonsep tradisional Jawa. Suasana yang tenang dan sejuk sangat cocok dikunjungi saat merasa bosan dengan kebisingan perkotaan.

Selengkapnya: Watu Gunung Ungaran Tiket & Aktivitas

6. Curug Lawe Benowo

Curug Lawe Benowo merupakan wisata air terjun di Semarang
Selain air terjun, jika beruntung pengunjung bisa berjumpa dengan lutung yang menjadi ikon Curug Lawe Benowo. Foto: Gmaps-Backpacker Kawah Ijen

Saat berkunjung ke Kabupaten Semarang dan ingin menikmati wisata alamnya, bisa menuju Curug Lawe Benowo. Destinasi wisata air terjun ini berada di Kecamatan Ungaran Barat. Di kawasan ini terdapat 2 air terjun bernama Curug Lawe yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan Curug Benowo setinggi 40 meter.

Jika beruntung, wisatawan bisa bertemu dengan satwa-satwa liar, seperti lutung yang menjadi ikon tempat ini. Biasanya, lutung keluar dari sarangnya sekitar jam 06.00 dan 16.30. Di sini, terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Romantis yang membentang sepanjang 20-30 meter di atas saluran air.

Selengkapnya: Air Terjun Curug Lawe Benowo Tiket & Daya Tarik

7. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang merupakan pusat kuliner dan sejarah
Selain wisata religi, pengunjung juga bisa berwisata kuliner dan sejarah di kawasan Pecinan Semarang. Foto: Gmaps/Deta Widyananda

Tempat ini menjadi saksi sejarah pengepungan etnis Tioghoa oleh tentara Belanda pada ratusan tahun lalu. Namun kawasan ini sekarang menjelma menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota ini.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Pecinan Semarang adalah Klenteng Tay Kak Sie dan Rumah Kertas Ong Bing Hok. Selain itu, wisata kuliner di Pasar Semawis juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sebelum pulang, jangan lupa mampir dulu ke Makuta Jamu Cafe.

Bagikan Konten ke: