WATU GUNUNG Tiket, Pesona & Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Watu Gunung: Rp25.000 - Rp30.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 087828390114
  • Alamat: Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50519

Objek wisata alam memang sangat cocok dikunjungi terutama pada saat akhir pekan. Apalagi jika lokasi objek wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Seperti objek wisata Watu Gunung yang ada di Ungaran Kota Semarang.

Berkunjung ke wisata alam dapat membuat pikiran menjadi segar. Terlebih, objek wisata ini menawarkan wisata alam dan air yang menawan. Berpadu dengan nuansa adat Jawa yang khas.

Dulunya, kawasan Watu Gunung ini bukanlah suatu objek wisata. Hanya tanah yang ditumbuhi pohon pala dan cengkeh yang lebat. Sayangnya, kawasan tersebut gersang dan susah mendapatkan air.

Kemudian, di tahun 2004 sang pemilik berinisiatif untuk mendirikan Villa pribadi. Dan lama kelamaan, berdirilah objek wisata yang terbuka untuk umum. Namun tetap mempertahankan bangunan joglo sebagai ciri khasnya.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata alam ini tidak mematok harga tiket masuk yang tinggi bagi wisatawan dan tentunya sangat terjangkau. Harga tiket masuk Watu Gunung hanya Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp30.000 pada saat akhir pekan.

Baca: Eling Bening Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka

Wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini di semua hari, Senin hingga Minggu. Waktu buka objek wisata ini pun sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Pesona Indahnya Alam

kolam renang dikelilingi taman hijau watu gunung
Objek Wisata Watu Gunung. Foto: Gmap/Reno G. Putra

Di perjalanan menuju lokasi, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang memukau. Meski beberapa jalur cukup terjal dan berliku, namun pemandangan tidak pernah mengecewakan. Di kanan kiri jalan, pengunjung dapat menikmati nuansa pedesaan hijau yang menenteramkan.

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan pepohonan hijau tumbuh mengelilingi kawasan wisata. Melihat hijaunya pepohonan ini, akan mengalihkan penat dan meruntuhkan beban pekerjaan harian. Sehingga kembali segar dan membuat suasana hati semakin senang.

Suara gemericik air mewarna suasana di objek wisata. Pengunjung pun dapat melihat kolam air nan jernih berwarna kebiruan. Ditambah dengan danau buatan yang membuat objek wisata ini tampak lebih asri.

Baca: The Fountain Ungaran Tiket Masuk & Wahana

Nuansa Khas di Watu Gunung Ungaran

nuansa khas jawa dengan bangunan joglo
Bangunan Joglo di Pinggir Kolam. Foto: Gmap/jp asmoro

Watu Gunung menawarkan wisata alam dengan nuansa khas Jawa. Hal ini dapat terlihat dari beberapa bangunan joglo yang ada di objek wisata. Bangunan joglo ini terdapat dekorasi cantik pernak-pernik etnik wayang.

Melihatnya mengingatkan akan nuansa Jawa pedesaan pada masa lalu yang kini cukup sulit menemukannya. Apalagi, bangunan joglo ini berdiri di setiap sudut objek wisata seluas 3,5 hektar ini. Terdapat 5 bangunan joglo yang berdiri di kawasan tersebut. Dengan empat bangunan permanen yang salah satunya berfungsi sebagai kantor.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Tiket Masuk & Spot Selfie

Keunikan Bangunan Joglo di Wisata Watu Gunung

Bangunan joglo yang ada di sini bukan hanya sekedar bangunan. Sang pemilik juga memberikan nama unik untuk setiap bangunannya. Seperti rumah etnik Jawa Bali yang bernama Progo.

Kantor utama bernama Griyo Pholo, ada juga Rumah Panggung Walang Kekek. Kemudian yang dinamai Wono Sekar, Kemuning, Kodok Ngorek. Lebih unik lagi bernama Jeng Yuyu, serta Nyi Rumpung.

Menikmati Gemericik Air yang Menenangkan

kolam renang dikelilingi taman
Wisatawan sedang menikmati segarnya air kolam. Foto: Gmap/mas beek

Di belakang Joglo Progo, pengunjung dapat mendengar gemercik air. Air yang melintasi bebatuan yang tersusun indah layaknya lintasan air. Sehingga menambah indah panorama alam yang ada di sini.

Jernihnya air di taman wisata ini menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil. Pengunjung akan dimanjakan dengan tingkah mereka, berenang kesana kemari dengan riangnya.

Danau Buatan yang Asri

Danau buatan di watu gunung ungaran
Indahnya Danau yang yang sekelilingnya berupa pondok Joglo. Foto: Gmap/Ardi Pramudika

Di tengah – tengah lokasi wisata, terdapat danau buatan yang cukup luas. Luasnya sekitar 60 meter dengan kedalaman 2 meter. Keberadaan danau ini menambah keasrian suasana area sekitar.

Pengunjung dapat bersantai dengan duduk di atas batu kali. Menikmati pemandangan dan sejuknya udara, sembari mengabadikan momen dengan berfoto. Suasana semakin meriah tatkala burung-burung berkicau dengan merdunya.

Fasilitas

Tempat wisata ini menawarkan gedung maupun area outdoor yang dapat disewa oleh pengunjung. Pengunjung dapat menyewa gedung dengan kapasitas 50-70 orang. Bisa juga menyewa tempat outdoor untuk menggelar acara garden party.

Lokasi

Objek wisata ini berlokasi di Lerep Satu, Lerep, Ungaran, Kabupaten Semarang. Dari pusat Kota Semarang, hanya memakan waktu yang tidak terlalu lama. Yaitu sekitar 45 menit, dengan jarak tempuh 30 km.

Ulasan Pembaca

4.4 - 53 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

6 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak Watu Gunung Ungaran melalui telepon atau Whatsapp ke nomor yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

  2. Untuk sewa tempat acara 30 orang harga berapa ya? Ada layanan kateringnya juga ga?

  3. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pengelola melalui telepon ke nomor 0857 2773 8739. Terima Kasih

  4. Di watu gunung pelayanan kantin pesan nasi goreng sama teh panas ajh nunggu ny laaaammaaaaa buanggggeeettttt🤦 keburu kelaparan dan kehausan. Gitu kok bawa makan aja ga boleh 😠
    Cukup aja deh besok-besok ga lagi.