Beranda Tiket Wisata

Grand Maerakaca Taman Mini Jateng Tiket & Wahana - Desember 2019

Tgl. Update:Jumat, November 22, 2019
Grand Maerokoco Harga Tiket: Rp10.0000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari,Semarang Barat,Semarang,Jawa Tengah,Indonesia,50114.

Masyarakat Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing dengan nama “Puri Maerokoco”. Taman wisata ini merupakan “Taman Mini” versi Jawa Tengah yang menyajikan replika dan miniatur bangunan khas dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Saat ini, Puri Maerakaca sudah berganti nama menjadi Grand Maerakaca. Dengan wahana yang lebih bervariasi, taman rekreasi ini menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Tiket Masuk

Untuk menikmati beragam fasilitas dan miniatur bangunan di Grand Maerakaca, pengunjung dikenakan biaya tiket yang terjangkau. Tiket ini belum termasuk biaya wahana permainan di dalamnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Wahana air & kereta miniRp5.000 per 15 menit

Baca: 7 Taman Rekreasi Paling Seru Di Semarang

Jam Operasional

Taman wisata ini terbuka untuk umum dari pagi hingga sore. Tempat ini dibuka sampai malam ketika ada acara-acara tertentu.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 18.00 WIB

Ragam Aktivitas di Grand Maerakaca

Grand Maerakaca
Grand Maerakaca atau Puri Maerakaca merupakan taman mini versi Jawa Tengah – Foto: Google Maps/Tata PaNda

Grand Maerakaca merupakan taman mini Jawa Tengah yang berada di bagian barat laut Kota Semarang, Jawa Tengah. Taman yang dikelola oleh Yayasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah ini sebelumnya dikenal dengan nama Puri Maerakaca atau Puri Maerokoco dalam logat bahasa lokal.

Dengan predikat “taman mini Jawa Tengah”, Grand Maerakaca menyajikan lebih dari 30 bangunan rumah tradisional dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Selain itu, terdapat replika serta miniatur bangunan landmark tiap-tiap daerah. Tidak hanya miniatur bangunan, Grand Maerakaca juga menawarkan wahana hiburan menarik lainnya yang bisa dinikmati berbagai kalangan usia.

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & 7 Wahana Terseru

Tur Jawa Tengah Mini

Anjungan Blora
Anjungan Blora dengan rumah tradisional dan patung penjual sate – Foto: Google Maps/Agung Ferrianto

Tidak perlu waktu dan biaya besar jika ingin berkeliling Jawa Tengah. Grand Maerakaca memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk “mengunjungi” tiap kabupaten dan kota yang berada di Jawa Tengah.

Setiap daerah memiliki anjungannya masing-masing, lengkap dengan rumah tradisional dan replika bangunan bersejarah. Anjungan ini juga disertai dengan patung-patung yang menggambarkan budaya dan adat-istiadat setiap daerah.

Lihat saja Anjungan Kabupaten Cilacap yang diisi oleh rumah tradisional serta replika objek wisata Benteng Pendemnya. Pengunjung juga akan menemukan replika Menara Masjid Kudus yang bersejarah itu di Anjungan Kudus. Sementara itu, Anjungan Jepara dihiasi oleh furnitur dan ukiran khas Jepara yang indah.

Baca: PRPP Semarang Tiket & Anjungan

Setiap bangunan rumah menunjukkan kekhasannya masing-masing. Hal ini bisa dilihat dari ornamen, bentuk atap, ukiran, dan furnitur yang dimilikinya. Pengunjung juga akan mengenal nilai budaya dan ciri khas tiap daerah.

Misalnya, Anjungan Rembang yang dilengkapi perahu untuk menggambarkan Rembang sebagai Kota Nelayan. Atau, Sragen yang dikenal karena penemuan fosilnya di Sangiran sehingga anjungannya dihiasi oleh patung gajah purba.

Replika Fungsional

anjungan kabupaten demak di Grand Maerakaca
Anjungan dan berbagai kabupaten di Jawa Tengah bisa dilihat di taman rekreasi ini. Foto: Google Maps/RideR SFU

Selain rumah tradisional, Grand Maerakaca juga menyajikan beragam miniatur bangunan bersejarah yang ada di Jawa Tengah. Pengunjung bisa menemukan miniatur Candi Sewu hingga Candi Borobudur di sini. Ada juga miniatur Tugu Muda yang menjadi landmark Kota Semarang.

Uniknya, ada beberapa bangunan dan miniatur yang juga berfungsi sebagai fasilitas umum. Tengok fasilitas toilet yang merupakan bagian dari rumah adat di Anjungan Kudus. Begitu juga dengan replika Masjid Demak yang berfungsi sebagai mushola umum. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya melihat eksteriornya, tetapi juga mendapatkan pengalaman dari interiornya.

Aktivitas Edukasi dan Gathering

Area permainan anak
Terdapat wahana edukasi dan permainan yang cocok untuk anak-anak di Grand Maerakaca – Foto: Google Maps/Andika Fitriana

Grand Maerakaca juga dilengkapi dengan beragam wahana dan aktivitas yang bersifat edukatif. Objek wisata ini bisa dijadikan lokasi kegiatan kunjungan sekolah atau outbond. Wahana dan aktivitas edukatif ini meliputi Jateng Science Center, arena outbond, dan kegiatan berkebun serta menangkap ikan. Di sini juga memiliki area bermain untuk anak-anak.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Semarang Tiket & Spot Selfie

Bagi yang ingin mencari lokasi gathering untuk reuni, Grand Maerakaca juga menawarkan paket khusus. Peserta bisa memilih lokasi dari puluhan anjungan yang tersedia. Paket gathering ini tentunya memberikan pengalaman keakraban di lokasi yang unik dan tidak biasa.

Santai Sambil Selfie

Jalur Trekking Mangrove
Keberadaan Trekking Mangrove adalah salah satu daya tarik Grand Maerakaca – Foto: Google Maps/Dewi Lestari

Setiap sudut ditaman wisata ini adalah spot yang menarik untuk berfoto. Sambil berkeliling, sempatkan untuk berfoto di setiap anjungannya. Rumah tradisional dan replika bangunan adalah pilihan favorit pengunjung untuk mengabadikan momen kunjungan mereka kemari. Selain itu, terdapat spot-spot foto lainnya yang bisa dieksplorasi di sini, seperti wahana Spectamata Foto 3D.

Fasilitas Trekking Mangrove juga salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Pengunjung akan berjalan menyusuri hutan mangrove dengan jalur yang sudah ditentukan. Jalur ini berada di atas danau yang mengelilingi kawasan Grand Maerakaca. Trekking ini juga salah satu spot favorit untuk berfoto karena pemandangannya yang asri.

Baca: Kampoeng Kopi Banaran Tiket & Ragam Aktivitas

Di sisi lain danau, terdapat area kafe dan warung makan. Kafe unik yang berlokasi di sepanjang jembatan di atas danau ini juga cocok untuk bersantai sambil menunggu pemandangan matahari terbenam. Pengunjung juga bisa menghilangkan rasa lapar dengan menikmati kuliner di warung-warung terapung yang memberikan panorama danau dan hutan mangrove.

Bermain Wahana Air

wahana bebek-bebekan di Grand Maerakaca
Wahana permainan air bebek-bebekan atau sepeda air bisa digunakan untuk berkeliling danau di taman wisata ini. Foto: Google Maps/ana masriah

Kawasan Grand Maerakaca memang menyenangkan jika dikelilingi dengan berjalan kaki. Namun, tersedia juga wahana transportasi yang bisa dipilih pengunjung. Melalui wahana air seperti perahu dan sepeda air, pengunjung bisa mengelilingi danau yang merupakan miniatur Laut Jawa. Sementara kereta mini adalah pilihan yang tepat untuk berkeliling menikmati setiap anjungan yang ada.

Fasilitas Grand Maerakaca

Taman rekreasi ini adalah destinasi wisata keluarga dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Terdapat fasilitas umum standar seperti masjid, toilet, tempat sampah, area khusus merokok, serta kafe dan warung makan. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan pos informasi dan pos keamanan.

Lokasi Grand Maerakaca

Taman Rekreasi ini terletak di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 5 km dari Tugu Muda Semarang. Pengunjung bisa menjangkau objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum, salah satunya Bus Trans Semarang tujuan PRPP.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi laman resmi PRPP Grand Maerakaca di http://prppjawatengah.com . Laman ini menyediakan kontak yang bisa dihubungi serta informasi acara terbaru di Grand Maerakaca.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here