Menikmati kesejukan daerah pegunungan di Gunung Lawu tidak perlu harus mendaki. Agrowisata Amanah Tawangmangu adalah tempat wisata bertemakan pertanian dan peternakan yang terletak di kaki gunung lawu. Berwisata di sini, tidak hanya menikmati keindahan alam, tapi juga sambil belajar.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Solo, yaitu sekitar 34 km. Jalan yang dilalui sudah halus, sehingga mudah ditempuh dengan kendaraan. Di sepanjang perjalanan, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah Gunung Lawu dan perkebunan sayur.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Amanah

Banyaknya wahana yang dapat dinikmati, tiket masuknya pun cukup mahal, meskipun masih terjangkau. Namun, harga tersebut sepadan dengan apa yang akan didapatkan oleh pengunjung. Wisata alam dan wisata edukasi yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Amanah
Tiket MasukRp100.000
Biaya ParkirRp15.000

Baca: Taman Balekambang Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Jam Operasional Agrowisata Amanah

Pengunjung dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Namun, ada juga opsi waktu kedatangan pada pukul 8 pagi sampai 6 petang.

Jam Buka
Senin – Minggu07.00 – 17.00 WIB

Berbagai Aktivitas di Agrowisata Amanah

Pemandangan Indah di Agrowisata Amanah
Pemandangan Indah di Agrowisata Amanah. Foto: Gmap/boombayah blackpink

Agrowisata Amanah sudah berdiri sejak tahun 2004 lalu. Tempat ini dibuat untuk menghadirkan wisata keluarga yang sejuk dan menyenangkan. Lokasinya sangat strategis, berada di kaki Gunung Lawu yang perkasa.

Berada di kaki Gunung Lawu, membuat objek wisata ini berhawa sejuk. Pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan saat bermain di luar ruangan. Ditambah lagi, pemandangan hutan, gunung, serta perkebunan yang menyejukkan mata.

Objek wisata ini memanfaatkan alam sekitar. Tak heran, wahana permainan yang disediakan pun seputar alam. Seperti kolam ikan, sawah, kebun sayur, dan tak lupa peternakan.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Wahana Ketangkasan

area bermain wahana ketangkasan
Area bermain ketangkasan untuk anak-anak dengan berbagai jenis permainan.

Pengunjung dapat menikmati serunya wahana permainan ketangkasan Agrowisata Amanah ini. Ada berbagai wahana yang memacu adrenalin dan sangat menantang.

Diantaranya ada ATV, Flying fox, jembatan ogal agil, wall climbing, dan lainnya. Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai keamanan. Karena wahana di sini sudah dilengkapi dengan pengaman yang baik.

Lokasi wahana permainan ini menyatu dengan alam. Seperti saat mencoba wahana jembatan ogal agil, pengunjung dapat menyentuh dahan pohon di sebelahnya. Pemandangan di sekitar pun masih sangat asri dan alami.

Baca: De Tjolomadoe Surakarta Tiket & Zona Wisata

Agrowisata Perkebunan, Pertanian, dan Peternakan

kegiatan agrowisata berkebun di amanah agrowisata
Salah satu aktivitas wisata di Amanah Agrowisata yaitu wisatawan bisa langsung terlibat dalam kegiatan pertanian atau peternakan. Google Maps/destiani desti

Di sini menyediakan kebun buah dan sayuran organik. Pengunjung pun dapat melihat proses pengolahan, perawatan, hingga pemanenan. Hasil dari kebun digunakan untuk bahan makanan restoran, dapat juga dipanen oleh pengunjung.

Di area peternakan, pengunjung akan diajari cara beternak yang baik. Hewan yang dipelihara untuk ternak yaitu kambing, kuda, sapi, kelinci, bebek, dan ayam. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan, dan serunya juga dapat berkuda berkeliling kebun.

Selain itu, ada juga perikanan yang airnya berasal dari anak sungai Gunung Lawu. Berbagai jenis ikan yang dibudidayakan yaitu kakap, nila, gurame, dan tombro. Ada juga ikan hias yang dipelihara, seperti ikan koi.

Baca: Cemoro Kandang Tiket & Pesona Alam

Area Outbound untuk Anak hingga Dewasa

Di sini terdapat area outbound yang dipisah berdasarkan usia. Ada Kidbond, yang diperuntukkan bagi anak usia TK sampai SD. Materinya berupa kegiatan agrikultur, petualangan di desa, serta ketangkasan.

Selanjutnya ada Teenbond yang diperuntukkan bagi anak usia SMP sampai SMA. Kegiatan di sini berupa kegiatan mencari jejak. Dimana dibentuk tiap kelompok dan ditugaskan untuk mengumpulkan sampah sesuai dengan peta rute petualangan.

Ada juga Outing Dewasa yang diperuntukkan bagi pengunjung yang sudah dewasa. Dan yang lebih seru, terdapat Outbound Parenting. Dimana orang tua dan anak dapat berkolaborasi bermain outbound bersama.

Wahana Kolam Renang Agrowisata Amanah

Kolam Renang Agrowisata Amanah
Kolam Renang Agrowisata Amanah. Foto: Gmap/DenbagusTeguHD

Di tempat wisata ini juga memiliki kolam renang. Tentunya, air di kolam ini dingin karena merupakan air pegunungan. Pengunjung dapat berenang puas di kolam yang tidak terlalu dalam ini.

Sayangnya, kolam renang tidak dilengkapi dengan permainan seperti waterboom. Meski begitu, pengunjung tetap dapat bersenang – senang di kolam yang jernih ini.

Fasilitas Agrowisata Amanah

Di sini menyediakan paket wisata bagi pengunjung, sudah termasuk wahana permainan dan makanan. Fasilitas lainnya yaitu restoran dengan berbagai menu masakan, dan homestay bagi pengunjung yang menginap. Dan produk unggulan, yaitu terdapat bakery dengan proses pembuatan roti langsung di bakery.

Lokasi dan Kontak Agrowisata Amanah

Beralamat di Jalan Raya Tawangmangu KM.34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar. Pengunjung dapat menghubungi nomor telepon 0271-690-1055, 0271-698-0006, atau 0813-2920-6869. Dan dapat juga menghubungi bakery di nomor 0821-3437-1484, atau 0813-2920-6869.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.