Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog : Rp15.000 - Rp20.000Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793

Air Terjun Jumog merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sini, wisatawan dapat menikmati indahnya air terjun yang sekelilingnya berupa bukit dengan pepohonan asri. Selain itu tersedia pula arena permainan dan kolam renang anak-anak, rumah makan, dan panggung hiburan.

Obyek wisata alam di lereng Gunung Lawu ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Lokasinya strategis karena hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Karanganyar. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan uniknya keindahan wisata alam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini pengunjung akan perlu menyiapkan biaya tiket. Namun tenang saja, harga tiket masuk bisa dikatakan cukup murah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog
Tiket Masuk Hari Biasa Rp15.000
Tiket Masuk Sabtu, Minggu & Hari Libur Rp20.000

Baca: Grojongan Sewu Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Air Terjun Jumog

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata air terjun ini setiap hari. Objek wisata air terjun sudah buka dari pagi hingga sore hari

Waktu Operasional
Jam Buka 08.00 – 16.00

Ragam Aktivitas Wisata

Air Terjun Jumog menyajikan keasrian alami air terjun dengan aneka fasilitas pendukung wisata. Sementara jumlah wisatawan yang datang saat masa libur panjang dapat mencapai ratusan orang. Sedangkan waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata ini adalah ketika hari masih pagi saat air terjun baru buka.

Trekking Menuju Air Terjun

jalan satai menuju air terjun jumog
Jalur trekking menuju Air Terjun dibuat nyaman dan mudah bagi wisatawan – Madang Mol

Akses dari pintu masuk menuju ke lokasi Air Terjun Jumog tidaklah sulit. Wisatawan hanya perlu trekking sekitar 400 meter menyusuri jalur yang sudah tersedia. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati sekitar 116 anak tangga.

Selama perjalanan menyusuri jalur tersebut, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau. Wisatawan seolah berjalan di lembah antara dua bukit dengan rimbunan yang masih asri. Pada saat perjalanan akan terlihat juga pemandangan sekitar lereng Gunung Lawu yang asri.

Begitu sampai di air terjun, akan langsung terasa hawa dingin dan sejuk khas pegunungan. Terlihat juga sungai muara air terjun dan jembatan penghubung antara dua sisi jalur trekking.

Baca: Berbagai Tempat Wisata Seru di Karanganyar

Menikmati Keasrian Area Kawasan Air Terjun

aliran air tejun dengan ketinggian 30 meter
Wisata Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang bersisian dengan ketinggian sekitar 30 meter – Google Maps/joeluluk

Keindahan lanskap alam kawasan wisata air terjun ini bernuansa hijau asri dan sejuk. Pepohonan rindang serta tumbuhan paku yang tumbuh di sekitar areanya membuat udara terasa segar.

Panoramanya bertambah apik dengan hadirnya punden berundak dari bebatuan alam. Suara percikan air terjun berpadu dengan merdunya kicau burung yang hidup di kawasan tersebut. Karena keindahannya, banyak wisatawan memberinya julukan sebagai The Lost Paradise atau surga yang hilang.

Aliran Air Terjun Jumog sangat deras sehingga membuat wisatawan yang  berdiri di dekatnya bisa basah. Derasnya curahan air terjun mengalir ke sungai kecil yang ada di bagian depannya. Sungai ini memiliki jembatan yang memungkinkan wisatawan berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya.

Baca: Beberapa Tempat Wisata di Tawangmangu Sayang Untuk Dilewatkan

Bermain Air dan Berenang

berenang di kejernihan air terjun jumog karang anyer
Bermain air dan berenang di jernih dan sejuknya aliran Air Terjun – Google Maps/andhikayes

Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang bersisian dengan ketinggian sekitar 30 meter. Curahannya mengalirkan air yang jernih dan hempasan air berupa butiran embun. Di bawahnya terdapat aliran sungai dengan air yang dingin dan jernih untuk bermain air.

Limpahan air yang terasa menyejukkan ini bersumber langsung dari pegunungan. Wisatawan yang ingin menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun baiknya membawa pakaian ganti. Terutama untuk mengantisipasi jika terpeleset saat berjalan melewati bebatuan di sungainya.

Pada saat wisatawan yang datang belum terlalu ramai, suasana alami kawasan ini begitu kental terasa. Terlebih saat cuaca cerah, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata di air terjun ini. Sedangkan jika hujan turun sangat lebat, kawasan wisata ini akan ditutup untuk alasan keselamatan.

Baca: Lawu Park Tawangmangu Tiket Masuk & Aktivitas

Kolam Renang Anak Air Terjun Jumog

kolam renang anak di sekitar air terjun
Kolam Renang Anak di kawasan wisata ini sangat cocok untuk wisatawan terutama bersama keluarga dan anak-anak -Foto: Google Maps/ Ir FX Maruwah

Melewati pintu masuk area Air Terjun Jumog, terdapat sebuah wahana kolam renang anak. Kolam ini sangat cocok terutama untuk wisatawan bersama keluarga dan anak-anak. Kola renang anak ini dilengkapi juga dengan peluncuran yang menambah keseruan aktivitas renang.

Berburu Foto

spot foto menawan berlatar aliran sungai dan jembatan
Jembatan yang berada tepat di depan Air Terjun menjadi salah satu spot favorit wisatawan – Foto: Google Maps/ariesieass

Wisatawan dapat mengabadikan indahnya pemandangan Air Terjun Jumog dan sekelilingnya dengan berfoto. Bagi pencinta fotografi, teknik Long Exposure akan sangat tepat untuk mendapat lanskap air terjun dengan aliran yang lembut. Pada saat cuaca cerah, warna air terjun dan tanaman hijau di sekitarnya akan semakin cemerlang.

Sebuah jembatan yang berada tepat di depan air terjun menjadi tempat favorit untuk berfoto. Dari sudut ini, latar air terjun terlihat sangat jelas dan indah pada hasil gambar. Bagi yang tidak ingin basa terkena percikan air terjun dapat berfoto dari jarak yang aman.

Baca: De Tjolomadoe Karanganyar Tiket Masuk & Zona Wisata

Tradisi Padusan

Menjelang bulan Ramadhan, terdapat tradisi mandi untuk pembersihan diri yang dikenal sebagai ‘Padusan’. Pada momen ini banyak wisatawan datang untuk melakukan ritual tradisional tersebut di Air Terjun Jumog.

Fasilitas

Untuk mendukung kenyamanan tersedia fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Seperti toilet dan kamar ganti juga sudah tersedia.

Agak ke atas di sisi kanan air terjun terdapat area tempat makan wisatawan. Sajian kuliner khas setempat seperti Sate Kelinci dihidangkan dengan suasana unik. Wisatawan dapat menikmati makanan di tempat makan berupa meja dan tikar di tepi aliran sungai.

Lokasi Air Terjun Jumog

Wisata alam air terjun ini berada di jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini