Tempat wisata dengan spot foto keren dan kekinian seringkali ditujukan untuk anak muda. Hal ini terkadang membuat wisata seperti ini menjadi kurang ramah untuk pengunjung keluarga. Namun tidak dengan Bukit Sekipan Tawangmangu, wisata ini cocok dikunjungi keluarga maupun kaum muda.

Selain spot foto keren, tempat wisata di perbukitan  Tawangmangu Karanganyar ini menawarkan beragam permainan. Itulah sebabnya tempat ini juga cocok untuk anak-anak dan keluarga. Miniatur dunia di bukit sekipan menjadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung.

Harga Tiket Bukit Sekipan Tawangmangu

Untuk bisa bermain dan merasakan beragam wahana di sini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan memang tidak bisa dikatakan murah tapi dengan berbagai wahana sangat layak untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu
Tiket RegulerRp50.000
Tiket TerusanRp100.000
Tiket BNS Taman LampionRp50.000

Khusus periode liburan dan lebaran HTM Periode 1 Juni – 16 Juni 2019. Harga Tiket Reguler: Rp60.000, Tiket Terusan: Rp110.000, Tiket BNS Taman Lampion: Rp60.000.

Taman Lampion hanya dibuka pada hari Sabtu di malam hari.

Baca: GROJONGAN Sewu Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Jam Buka Bukit Sekipan Tawangmangu

Pegunjung bisa datang ke tempat wisata ini mulai pagi hari. Untuk jam buka reguler mulai Senin-Minggu 08.00 pagi sampai pukul 6 sore. Sedangkan untuk hari Sabtu bisa berkunjung pada malam hari untuk menikmati taman lampion

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB
Khusus Taman Lampion BNS – Sabtu18.00 – 22.00 WIB

Aktvitas & Wahana di Bukit Sekipan Tawangmangu

Berbagai wahana bisa dimainkan di sini. Mulai dari wahana yang cocok untuk anak-anak. Sampai wahana yang bisa dimainkan oleh orang dewasa. Berikut beberapa diantaranya:

1. Miniatur Landmark Dunia

Telah disinggung di atas bahwa miniatur dunia merupakan salah satu tempat favorit pengunjung. Hal itu memang benar, karena di sini pengunjung bisa melihat ikon-ikon dunia. Sebut saja Menara Kembar Petronas Malaysia, Kincir Angin Belanda, hingga Mumi Mesir.

Miniatur dunia di Bukit Sekipan Tawangmangu
Miniatur dunia di Bukit Sekipan. Foto: instagram/bukitsekipan

Tak ketinggalan dari Italia juga ditampilkan Koloseum dan Menara Miring Pisa. Ada juga Menara Eiffel Paris dan miniatur Taj Mahal yang berasal dari India. Dengan adanya miniatur dunia ini membuat pengunjung berasa keliling dunia hanya dalam sehari.

2. Miniatur Kapal Titanic di Bukit Sekipan Tawangmangu

Selain beberapa miniatur dunia, ada juga miniatur kapal titanic di bukit ini. Miniatur kapal titanic letaknya berdekatan dengan miniatur dunia, terutama Menara Eifel Paris. Dari miniatur kapal titanic, pengunjung bisa melihat berbagai wahana bukit sekipan dari atas.

Selain melihat pemandangan, di bagian atas juga ada hiasan dan properti untuk berfoto. Ada beberapa ruangan di miniatur kapal titanic yang benar-benar didesain sangat mirip. Desainnya yang begitu mirip membuat sensasi berada di dalam kapal begitu terasa.

Trus yang menarik lagi tuh ada jembatan yang terbuat dari kayu dan tali, jadi goyang-goyang gitu. Ada juga yang dibuat dari jirigen air dan kayu, berasa kayak benteng Takeshi gitu.

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

3. Jembatan Goyang Seru

Di dekat miniatur-miniatur tersebut, baik kapal titanic maupun dunia, terdapat jembatan goyang. Jembatan goyang ini ada yang terbuat dari kayu ataupun jerigen. Jadi ketika melewatinya harus hati-hati dan berpegangan pada tali biar tidak tercebur.

4. Tempatnya Para Hantu

Tentu yang dimaksud di sini merupakan hantu-hantuan. Memang terlihat cukup seram, karena boneka yang dibuat sedemikian rupa agar mirip hantu. Jenis hantunya pun bermacam-macam, ada hantu lokal, ada juga hantu dari luar.

Hantu-hantu tersebut tak hanya berdiri lantas terlihat menakuti. Tapi hantu-hantunya juga pada duduk bareng di meja layaknya ngobrol bareng. Hal ini tentu unik, pengunjung bisa berfoto seolah ngobrol dengan hantu-hantu itu.

Berfoto dengan hantu
Berfoto dengan hantu Bukit Sekipan. Foto: instagram.bukitsekipan

5. Spot Foto Rumah Adat

Di dekat “para hantu” di atas, ada spot foto yang tak boleh ditinggalkan. Spot foto ini merupakan salah satu rumah adat di Indonesia. Terdapat beberapa honai yang merupakan rumah adat khas Papua dengan ornamen khasnya.

Honai di Bukit Sekipan
Honai di Bukit Sekipan. Foto: instagram/bukitsekipan

6. Naik Mini Coaster Lucu

Wahana ini termasuk wahana baru di bukit sekipan. Mini coaster berbentuk ulat hijau yang lucu akan mengajak berputar-putar memacu adrenalin. Wahana ini dapat dinikmati dengan membeli tiket terusan seharga Rp. 100.000.

7. Studio Foto Lengkap

Memasuki bukit sekipan, pengunjung akan menemui sebuah studio foto yang lain dari biasanya. Studio foto ini menyediakan kostum dan properti dengan berbagai tema. Beberapa tema di studio foto ini adalah Jepang, China, Adat Jawa, Korea.

Jadi ketika pengunjung memilih suasana Jepang, pengunjung akan berpakaian kimono. Tak ketinggalan juga katana dengan berlatar belakang bunga sakura. Jika memilih tema China, pengunjung akan berfoto dengan ornamen-ornamen merah khas oriental.

Lain lagi dengan tema adat jawa. Di tema ini, pengunjung akan berpakaian baju lurik khas jawa dengan sentuhan batik. Pengunjung juga bisa menggunakan properti yang mewakili budaya jawa, salah satunya adalah membatik.

Berfoto dengan tema adat jawa di Bukit Sekipan
Berfoto dengan tema adat jawa di Bukit Sekipan. Foto: instagram/bukitsekipan

8. Berfoto Dengan Presiden RI di Bukit Sekipan

Selain berfoto dengan berbagai wahana unik, pengunjung juga bisa berfoto dengan presiden RI. Tentu saja bukan presiden RI asli, melainkan dalam bentuk replika. Replika presidennya pun lengkap, mulai dari Bapak Ir. Soekarno hingga Bapak Ir. Joko Widodo.

9. Paket Outbound Seru

Bukit sekipan juga menyediakan wahana outbound yang sudah dipaket. Biaya outbound sebesar Rp. 150.000 per orang, sudah termasuk tiket masuk Rp. 50.000. Selain itu juga mendapatkan makan 2 kali, di pagi dan siang hari.

Fasilitas di Bukit Sekipan Tawangmangu

Sebagai liburan keluarga yang lengkap, bukit sekipan menyediakan tempat menginap dengan tema seru. Ada tema small room, villa, cottage Jepang hingga titanic room. Tempat makan di sini cukup lengkap, ada juga mushola dan toilet bersih.

Lokasi dan Kontan Bukit Sekipan Tawangmangu

Bukit sekipan berdekatan dengan wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu. Alamat lengkapnya Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792. Untuk reservasi dan info lengkapnya bisa menghubungi manajemen Bukit Sekipan di 0813 2922 8910.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.