Berbicara mengenai air terjun, langsung terbesit tentang untaian air berjatuhan dengan suara khas. Meski suaranya begitu bergemuruh, namun ajaibnya, suara tersebut justru menenangkan. Itulah yang akan dirasakan pengunjung ketika sampai di Grojongan Sewu Tawangmangu Karanganyar.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu, membuat kawasan ini begitu sejuk. Hutan yang mengelilingi kawasan ini membuat pemandangan begitu asri. Suasana seperti ini tentu sangat mendukung relaksasi kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Dalam bahasa jawa, grojogan berarti air terjun, sedangkan sewu berarti seribu. Disebut Grojongan Sewu karena saking banyaknya air yang berjatuhan, dan tidak bisa dihitung. Ada pula masyarakat yang beranggapan, perekonomian meningkat beribu-ribu kali karena grojogan tersebut.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojongan Sewu

Ada 2 jenis tiket masuk di Grojongan Sewu. Yang pertama untuk wisatawan domestik Rp15.000/orang dan wisatawan asing Rp160.000/orang.

Harga Tiket Masuk  Grojongan Sewu
Wisatawan DomestikRp18.500
International TouristRp160.000

Baca: UMBUL PONGGOK Kolam Alami Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kawasan Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi sampai sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 17.00 WIB

Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di tempat wisata ini. Utamanya memang aktivitas yang terkait dengan alam dan lingkungan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Wisata Konservasi Hutan

Air terjun Grojongan Sewu termasuk tempat wisata alam konservasi. Oleh karenanya flora dilindungi dengan baik di sini. Beberapa diantaranya pinus, kemlandingan gunung, beringin, gondang hingga puspa.

Sedangkan fauna yang paling banyak ditemukan adalah monyet ekor panjang, tupai dan burung. Sebagai wisata alam konservasi, satwa di sini dibiarkan liar. Pengelola melindunginya dengan membiarkan satwa-satwa berkembang biak secara alami.

Monyet liar di sekitar kawasan wisata
Monyet liar di sekitar kawasan hutan wisata. Foto: Google Maps/Nur Rosyid Fahmi

2. Interaksi Langsung Dengan Monyet Liar

Bagi pengunjung yang suka satwa, Grojongan Sewu merupakan tempat yang pas untuk dikunjungi. Monyet ekor panjang yang dilindungi di sini seringkali muncul di sekitar pengunjung. Sehigga pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan monyet-monyet tersebut.

Interaksi di sini tak lantas langsung memegang dan berswafoto. Namun lebih ke say hello saja dari jarak yang cukup dekat. Karena jika terlalu dekat, monyet bisa mengambil barang bawaan pengunjung.

Baca: UMBUL SEWU Pengging Tiket & 6 Aktivitas Seru

3. Menikmati Kesegaran Air Terjun

Air terjun grojogan sewu
Air terjun grojogan sewu. Foto: Google Maps/Dimanche Tangcity biker

Namanya daerah pegunungan, pasti udaranya sejuk tak berpolusi. Apalagi ada air terjun di daerah tersebut, pasti tambah segar. Namun di sini pengunjung dilarang mandi langsung di bawah air terjun.

Larangan tersebut cukup beralasan, karena derasnya air terjun. Dikhawatirkan ada benda keras jatuh dan menimpa pengunjung yang berada tepat di bawahnya. Pengunjung bisa merasakan kesegaran air terjun melalui sungai yang mengalir di bawahnya.

4. Berkuda di Taman Wisata Grojongan Sewu

Jika pengunjung merasa berat dalam meniti tangga masuk, ada alternatif lain. Persewaan kuda dipersiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Berkuda menuju Grojogan sewu
Selain kawasan hutan dan air tejun, pengunjung juga bisa mencoba aktivitas berkuda di sini. Foto: Google Maps/Andreas Victor Hery Pratama

5. Wahana Outbound di Taman Wisata Grojongan Sewu

Tinggi air terjun yang mencapai 81 meter, membuat kawasan sekitarnya cocok untuk outbound. Salah satu outbound seru di sini adalah flying fox. Hanya dengan membayar Rp. 11.000, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi berseluncur di atas sungai.

Rafting juga menjadi wahana outbound yang patut dicoba. Hanya saja wahana rafting di sini cuma pada hari tertentu. Sehingga kadang ada, kadang juga tidak ada.

6. Wisata Kuliner Sate Kelinci

Puas mencoba aneka kegiatan, kini saatnya melepas lelah sambil makan. Berbagai masakan tersedia di area rekreasi ini. Namun ada satu masakan yang menjadi ikon di kawasan ini, yaitu sate kelinci.

Serat lembut dari daging kelinci sangat nikmat dipadukan dengan sambal kacang. Ditambah irisan cabe dan bawang merah, semakin melengkapi nikmatnya sate kelinci di sini.

Agar lebih kenyang, sate kelinci juga dipadukan dengan sumber karbohidrat. Jika biasanya nasi dijadikan sumber karbohidrat, di tempat ini nasi diganti dengan lontong.

Fasilitas di Grojongan Sewu

Selain air terjun, ada fasilitas yang juga berhubungan dengan air, yaitu kolam renang. Warung makan juga banyak tersedia di sini. Ada juga toilet, mushola dan gazebo untuk istirahat sejenak hingga penginapan.

Kolam renang di area wisata grojongan sewu
Selain mandi air terjun ternyata di kawasan wisata ini juga ada kolam renang. Foto: Google Maps/IWAN-MUCHTAROM

Lokasi Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini dapat dicapai dari 2 arah, yakni Solo atau Madiun. Dari Solo sekitar 45 km arah timur, dari Madiun 75 km barat daya. Lokasinya berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,74 / 43 pembaca