Beranda Tiket Wisata

Patung Semar Tiket Gratis Pemandangan Gunung Lawu – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Patung Semar : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Dusun Gedangan, Desa Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57791

Gunung Lawu sejak dahulu terkenal memiliki beragam keindahan di lerengnya. Berbagai obyek wisata alam menarik tersebar di segala penjuru gunung ini. Di bagian barat tepatnya di Kabupaten Karanganyar ada satu wisata yang menarik yaitu Patung Semar.

Objek wisata ini menawarkan taman dengan pemandangan khas daerah perbukitan yang hijau dan asri. Meski baru beberapa tahun dikelola menjadi obyek wisata, namun tempat ini langsung mampu menarik perhatian wisatawan. letaknya yang strategis dan terlihat mencolok dari jalan raya membuatnya mudah ditemukan.

Patung Semar berada di tepi jalan utama menuju ke kawasan wisata Tawangmangu. Sesuai namanya, ciri khas taman ini adalah patung semar berukuran raksasa. Patung tersebut berdiri di sebuah perbukitan dengan latar belakang Gunung Lawu.

Di sekitar area taman wisatawan bisa melihat pemandangan hamparan sawah dan perkebunan khas kaki gunung. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat taman ini cocok untuk rekreasi atau sekedar bersantai bersama keluarga.

Harga Tiket Patung Semar

Taman ini bisa menjadi rekomendasi wisata murah yang ada di Karanganyar. Untuk menikmati  keindahan dari taman ini tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar untuk parkir kendaraan saja. Meskipun gratis areanya tetap menawarkan beragam spot yang menarik.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket Gratis
Parkir
Motor Rp3.000
Mobil Rp5.000

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Jam Buka Patung Semar

Taman ini buka setiap hari dan tidak ada jam operasional yang tersedia. Sehingga wisatawan bisa datang kapan saja ke tempat ini. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di waktu siang atau sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Tempat Wisata Yang Awalnya area Semedi

taman yang indah dan asri
Pesona taman dengan hamparan bunga warna-warni di area sekitar patung. Foto: Gmaps/Hapsari Ageng

Usut punya usut ternyata bangunan patung semar ini sudah ada sejak tahun 1986. Awalnya patung itu adalah miliki pribadi dan dibangun oleh orang kaya yang tinggal di daerah tersebut. Setiap bulan, kerabat dari pemilik patung tersebut datang untuk bersemadi. Kegiatan itu biasanya pada saat malam hari di dalam patung semar yang memiliki luas sekitar enam meter persegi. Singkatnya patung tersebut akhirnya dijual di tahun 2018 dan kemudian dikembangkan menjadi sebuah taman wisata.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Tawangmangu di lereng Gunung Lawu pasti akan melewati taman ini. Dari jalan raya patung tersebut sangat terlihat jelas berdiri di sebuah perbukitan. karena itulah tempat ini kerap dijadikan spot istirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju wisata yang ada di lereng Lawu. Berbagai hal menarik bisa ditemukan di taman ini. Selain Patung Semar raksasa ada juga kolam hingga taman bunga warna-warni.

Baca: Sakura Hills Tawangmangu Harga Tiket & Wahana Ala Jepang

Bersantai Menikmati Suasana taman

taman dengan kolam yang cantik di sekitar patung semar
Wisatawan dapat bersantai di tepi kolam sembari menikmati semlir angin yang sejuk di taman wisata ini. Foto: Gmaps/pay ae

Terletak di area perbukitan membuat taman ini sangat cocok untuk bersantai. Penataan tempat yang rapi dengan keindahan alam di sekitarnya menjadi perpaduan yang sangat memanjakan. Ditambah dengan udara sejuk khas pedesaan sangat terasa di tempat ini. Wisatawan bisa duduk di rerumputan dekat dengan kolam. Meski tidak terlalu besar namun suasana di area kolam tersebut sangat syahdu.

Bunga warna-warni, pohon palem dan juga bebatuan membuat siapa saja betah berlama-lama di taman ini. Di sekitar area kolam wisatawan juga bisa melihat bebek-bebek yang sedang berenang. Hal ini memberikan nuansa seperti layaknya di sebuah negeri dongeng.

Baca: LAWU PARK Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Berkeliling di Area Taman

Taman patung semar berlatar pemandangan gunung lawu
Letaknya yang di perbukitan membuat pemandangan sekitar taman sangat indah. Wisatawan bisa berkeliling menikmati setiap keindahannya. Foto: Gmaps/De Essy Rose

Taman ini juga sangat cocok bagi wisatawan yang suka jalan-jalan. Memiliki luas setidaknya 1,5 hektar taman ini menyimpan hal menarik di setiap sudutnya. Pemandangan sawah, perkebunan sayur, perbukitan hingga Gunung Lawu menjadi pesona yang bisa terlihat dari sini.

Kemudian di salah satu sudut taman ada sebuah bangunan pendopo. Dari pendopo tersebut wisatawan bisa melihat dengan jelas pemandangan alam di sekitarnya. Area tersebut juga sangat teduh dengan pepohonan di sekelilingnya.

 Baca: RUMAH ATSIRI Tawangmangu Tiket & Daya Tarik Memikat

Naik Ke Patung Semar

Patung raksasa dengan pemandangan indah di sekitarnya
Wisatawan bisa naik ke bagian perut patung semar untuk menikmati pemandangan indah area perbukitan. Foto: Gmaps/Dhamien 59

Pesona utama dari taman ini tentu saja adalah Patung Semar raksasa yang begitu gagah. Menariknya ternyata wisatawan bisa masuk ke dalam patung. Di dalam patung ada sebuah ruangan yang dulunya berguna untuk semadi atau ritual.

Wisatawan juga bisa naik ke atas patung semar tepatnya di bagian perut. Di area perut terdapat sebuah lubang. Dari lubang tersebut wisatawan bisa melihat pemandangan alam di sekitarnya yang begitu cantik. Bisa dibilang patung tersebut juga bisa berguna untuk gardu pandang.

Nikmati Sunset di Patung Semar

Ketika sore hari dan langit sedang cerah jangan buru-buru untuk beranjak. Sebab Patung Semar ini menjadi spot untuk menikmati cantiknya panorama senja. Suasana romantis akan tercipta kala langit jingga mulai menunjukkan sinarnya.

Momen-momen tersebut sangat cocok dinikmati bersama orang-orang tersayang. Bagi pecinta fotografi, momen sunset di Patung Semar sangat pas untuk menciptakan foto yang indah.

Fasilitas di Patung Semar

Meski gratis namun fasilitas yang ada di taman ini cukup memadai. di taman ini tersedia area parkir, toilet, pendopo hingga tempat sampah. Tidak ada penjual makanan di tempat ini jadi disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Lokasi Patung Semar

Objek wisata ini beralamat di Desa Gedangan, Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada persis di pinggir jalan raya. Dari pusat kota Karanganyar menuju Patung Semar berjarak sekitar 12km saja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 21

Berikan Rating