Beranda Tiket Wisata

PURA LUHUR BATUKARU Tiket & Daya Tarik - November 2020

Pura Luhur Batukaru
Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Penatahan - Wongayagede, Wongaya Gede,Penebel,Tabanan,Bali,Indonesia,85125.

Pura Luhur Batukaru adalah sebuah pura yang terletak di lereng Gunung Batukaru, Bali. Nama pura ini diambil dari nama Gunung Batukaru, tempat lokasinya berada.

Pura ini merupakan salah satu pura Sad Kahyangan (tempat pemujaan seluruh umat Hindu). Destinasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 833 mdpl. Dikelilingi hutan lebat, membuat lingkungan pura ini berhawa sejuk dan segar khas udara pegunungan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pura Batukaru
Tiket Rp. 15.000

Baca: 10 Tempat Wisata Pilihan Di Tabanan

Jam Buka

 Jam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Aktivitas Wisata di Pura Luhur Batukaru

Bangunan Pura Luhur Batukaru Tabanan Bali bergaya arsitektur khas Bali dengn luas sekitar 2600 m2 - Anne CH Postma
Bangunan Pura Luhur Batukaru bergaya arsitektur khas Bali dengan luas sekitar 2600 m2 – Foto: GoogleMaps/Anne CH Postma

Wisata Pura Luhur Batukara di Tabanan, Bali ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Beragam daya tarik objek wisata ini menjadi alasannya.

Baca: Pura ULUN DANU Keindahan Berbalut Kesejukan

Pura Luhur Batukaru berada di dataran tinggi dengan udara sejuk khas pegunungan. Tempat peribadatan ini juga merupakan destinasi wisata religi bagi masyarakat Hindu Bali. Selain itu, keramah-tamahan penduduk lokal terhadap wisatawan pun turut menjadi daya dukung wisata.

Menjelajahi Arsitektur Khas Pura

Pura Luhur Batukaru diperkirakan dibangun pada abad ke-11 oleh Mpu Kuturan. Bangunan objek wisata ini juga merupakan sebuah Pura Padma Bhuwana. Yaitu salah satu dari sembilan pura yang terdapat di sembilan penjuru Pulau Bali.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Struktur dan lay out bangunan Pura Luhur Batukaru bergaya arsitektur khas Bali. Pura yang menghadap ke Tenggara ini luasnya sekitar 2600 mtermasuk laba pura. Dengan jalan desa di sisi selatan, kompleks pura ini dikelilingi oleh hutan lindung.

Menikmati Panorama dengan Hawa Sejuk

pemandangan area perbukitan sekitar pura luhur batukaru
Kemegahan bangunan Pura Luhur Batukaru berlatarkan pegunungan hijau dan hutan lindung yang asri nampak mempesona – Foto: Instagram/lencafojtkova

Pura Luhur Batukaru terletak pada ketinggian sekitar 833 mdpl di lereng Gunung Batukaru. Berada di ketinggian sisi selatan kaki gunung, terkadang pura ini diselimuti kabut khas pegunungan.

Area pura dikelilingi hutan lindung pada keempat arah mata anginnya. Wisatawan akan mendapati lingkungan pura yang berhawa sejuk dan segarnya udara pegunungan. Sungguh sebuah pengalaman relaksasi tubuh dan pikiran yang menyegarkan.

Baca: Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan

Wisata Pura Luhur Batukaru menyajikan pesona lanskap alam yang sangat indah. Pemandangan alam yang menghijau menyuguhkan suasana asri dan alami. Berlatarkan gunung tinggi, kemegahan pura ini menghadirkan suasana magis bagi para wisatawan.

Swafoto

gerbang pura yang biasa digunakan sebagai spot foto oleh wisatawan
Memasuki gerbang masuk, spot gapura Pura merupakan titik favorit wisatawan untuk berfoto – Foto: Instagram/frompalermototheworld

Dengan ciri khas arsitektur bangunannya, Pura Luhur memberikan latar yang indah dan eksotis. Mulai dari pelataran, wisatawan dapat mulai mengabadikan momen liburannya. Kemegahan bangunan pura berlatarkan pegunungan hijau dan hutan lindung yang asri nampak mempesona.

Memasuki gerbang masuk, spot gapura merupakan titik favorit wisatawan untuk berfoto. Bagian dalam kompleks pura pun tak luput memberikan latar yang sarat nilai religius. Hampir setiap sudutnya memberikan keindahan tersendiri pada setiap gambar yang dihasilkan.

Baca: Kebun Raya Bali Tiket & Ragam Koleksi Tanaman

Wisata Religi

Pura Luhur Batukaru merupakan sebuah tempat suci untuk bersembahyang umat Hindu. Wisatawan harus memakai baju adat Bali di tempat yang disucikan masyarakat Hindu Bali ini. Wanita hamil, sedang haid, anak yang belum tanggal gigi tidak diperkenankan memasuki area pura.

Beberapa aturan dan pantangan di Pura Luhur Batukaru Tabanan Bali - ariputri_photo
Beberapa aturan dan pantangan di Pura Luhur Batukaru – Foto: Instagram/ariputri_photo

Pura Luhur Batukau sering digunakan untuk meditasi memperoleh kedamaian rohani dan keseimbangan hidup. Di sinilah tempat para pertapa (Wanaprastin) bertapa untuk mencari kedamaian hidupnya. Selain itu juga sebagai tempat bagi pemimpin (Ida Cokorde Tabanan) membangun tatanan hidup bermasyarakat.

Bagi wisatawan yang ingin beribadah di pura ini dianjurkan untuk beribadah di Jero Taksu. Tujuannya untuk memohon agar proses ibadah tak menemui kendala apapun.

Artefak Kuno di Pura Luhur Batukaru

Sejarah Pura Luhur Batukaru tertulis di sejumlah babad, lontar, serta sumber sastra suci lainnya. Perkiraan waktu berdirinya pura ini juga merujuk pada sumber-sumber tak tertulis. Seperti keberadaan arca, candi, dan patung-patung kuno yang ditemukan di area pura.

Baca: Danau Beratan Bedugul Tiket & Daya Tarik

Mencermati berbagai temuan dan peninggalan, diperkirakan pembangunan pura ini dilakukan pada abad XI. Dari kitab Babad Buleleng, tahun 1605 terjadi pengrusakan oleh Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, Raja Buleleng. Kemudian pada 1959 dan 1977 pura ini mendapat perbaikan sehingga bentuknya seperti sekarang.

Wisatawan akan menemukan beberapa artefak kuno tersebar di halaman depan Pura. Artefak tersebut berupa Menhir dan Palinggih Kampuh (batu berukir atau berbentuk). Menelusuri sejarah pura, wisatawan juga akan mempelajari artefak-artefak yang berasal dari zaman Megalitikum tersebut.

Upacara Keagamaan Di Pura Luhur Batukaru

pemeluk agama hindu sedang bersembahyang di pura
Pura yang masih digunakan sebagai tempat untuk bersembahyang dan melangsungkan upacara keagamaan bagi umat Hindu – Foto: Instagram/jufernandezzzz

Wisatawan dapat melihat proses upacara keagamaan pada hari-hari tertentu. Biasanya pada saat Pujawali, ‘pamedek’ datang untuk mengikuti upacara yang berlangsung meriah sekaligus khidmat. Tidak hanya dari daerah Bali, tapi dari Jawa, Lampung, dan Lombok juga ikut tangkil.

Wisatawan dapat menemui hal unik ketika melihat pelaksanaan proses upacara di pura. Upacara keagamaan tidak pernah dipimpin oleh pendeta, melainkan oleh Jero Kabayan (seorang pemangku).

Prosesi melasti upacara keagamaan akan melintasi 18 desa adat dengan jarak tempuh 90 km. Umat Hindu yang mengikuti upacara akan melalui jalur tersebut dengan berjalan kaki. Hal ini menjadi bagian menarik dari kunjungan wisatawan ke sini.

Fasilitas

Pihak pengelola objek wisata telah menyediakan beberapa fasilitas untuk wisatawan. Seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, toilet, dan tempat untuk wisatawan beristirahat.

Toko cinderamata unik dan rumah makan dengan beragam menu pun tersedia. Bagi wisatawan yang ingin bermalam juga tersedia penginapan, salah satunya adalah hotel.

Lokasi Wisata Pura Luhur Batukaru

Objek Wisata Pura berjarak sekitar 46 km dari kota Denpasar. Lokasinya berada di bagian barat Pulau Bali, sisi selatan lereng Gunung Batukaru. Tepatnya di Jl. Penatahan – Wongayagede, Wongaya Gede, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 85125.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini