Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN PENGANTIN Tiket & Ragam Spot Selfie - April 2021

Air Terjun Pengantin Harga Tiket: Rp7.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sabrang, RT.03/RW.01, Besek, Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia, 63263.

Kabupaten Ngawi adalah daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dikaruniai kekayaan alam yang berlimpah. Tidak heran jika objek wisata populer di daerah ini kebanyakan merupakan objek wisata alam. Air Terjun Pengantin atau yang biasa disebut ATP adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di sana.

Nama Air Terjun Pengantin bagi sebagian orang Indonesia mungkin mengacu pada salah satu judul film horor lokal. Jauh dari nuansa horor, air terjun ini justru penuh dengan kesan romantis. Perpaduan sepasang air terjun yang cantik dengan suasana alam yang asri menjadikan tempat ini layak jadi tujuan wisata jika berlibur ke Ngawi.

Tiket Masuk Air Terjun Pengantin

Tiket masuk ke kawasan wisata Air Terjun berlaku satu harga untuk semua kalangan. Dengan satu tiket saja, pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp7.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: Kebun Teh Jamus Ngawi Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi pada akhir pekan dan masa liburan.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin
Air Terjun Pengantin adalah destinasi wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur – mamasmoe fanani

Baca: Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan Tiket & Aktivitas

Air Terjun Pengantin adalah salah satu objek wisata alam terpopuler di Kabupaten Ngawi. Air terjun ini terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dari pusat Kota Ngawi, lokasinya berjarak kurang lebih 37 kilometer saja.

Kawasan ini merupakan bagian dari rangkaian air terjun yang tersebar di lereng dan kaki Gunung Lawu. Air terjun ini terbentuk dari sebuah aliran sungai yang terbagi dua dan bertemu kembali menjadi satu sungai. Kenampakan alam yang terkesan romantis ini kemudian jadi daya tarik utama objek wisata tersebut.

Suasana Pedesaan

Tangga menuruni lembah
Jalan setapak berupa anak tangga yang nyaman menuju lokasi air terjun di bawah lembah – Foto: Google Maps/watiex sudarwati

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Untuk menuju lokasi objek wisata ini, belum ada pilihan angkutan umum yang bisa digunakan. Pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Aksesnya melalui jalan perkampungan yang tidak terlalu lebar, sehingga akan sedikit sulit jika ingin datang dengan rombongan menggunakan kendaraan besar seperti bus.

Ada beberapa rute yang bisa dipilih. Semuanya akan membawa wisatawan melintasi jalan pedesaan yang asri. Sepanjang jalan, mata akan dimanjakan oleh segarnya hamparan hijau sawah dan lereng gunung yang masih alami. Udara yang bersih dan menyegarkan menjadikan air terjun ini cocok menjadi tujuan untuk rute perjalanan menggunakan sepeda.

Ramah dan Kekinian Dengan Spot Selfie

Pojok Gembok Tresno
Pojok Gembok Tresno tempat mengaitkan gembok bagi para pengunjung yang datang berpasangan – Foto: Google Maps/Rifqi Bahtiar

Baca: Coban Rais Tiket & Ragam Wahana

Dari area parkir, wisatawan harus menyusuri anak tangga menuruni lembah. Adanya tangga ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan agar pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa dan lansia, bisa melewatinya. Jarak dari area parkir hingga air terjun sekitar 10 menit berjalan kaki.

Di sepanjang jalan, terdapat beberapa spot dan ornamen yang sengaja dibuat untuk tempat berfoto. Terowongan dari tanaman rambat, lengkung bunga, hingga anjungan kapal bambu yang langsung menghadap ke arah air terjun ada di sini. Selain mempercantik area wisata, pengunjung memiliki banyak pilihan tempat untuk mengabadikan kunjungan kemari.

Di sekitar air terjun, ada spot bernama ‘Gembok Tresno’. Spot berupa potongan pagar kawat ini merupakan spot favorit bagi wisatawan yang datang berpasangan. Di sini, pengunjung dapat menggantungkan gembok sebagai simbol kasih sayang, selaras dengan tema Air Terjun Pengantin.

Romantisme Gunung Lawu

Sepasang air terjun
Air Terjun Pengantin terdiri dari air terjun Putri dan Kakung yang melambangkan perempuan dan lelaki sebagai sejoli – Foto: Google Maps/agus merdeko

Baca: Pesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Pengantin adalah sepasang air terjun yang mengalir di tebing setinggi kurang lebih 12 meter. Berasal dari mata air Gunung Lawu, air yang mengalir masih sangat bersih dan jernih. Keduanya diapit dan dikelilingi lumut serta tumbuhan liar.

Air terjun di sebelah kanan, disebut juga Air Terjun Kakung, dianggap melambangkan laki-laki. Ini karena debit air yang mengalir lebih banyak, memberi kesan tegas layaknya pria. Sementara tak jauh di sebelahnya adalah Air Terjun Putri dengan debit air yang lebih sedikit. Hal ini menyimbolkan tingkah laku wanita yang lembut.

Di bawah masing-masing air terjun, terdapat telaga kecil yang bisa dijadikan tempat bermain air. Pengunjung juga bisa bermain di bawah tempat jatuhan air karena aliran airnya tergolong aman. Di sekitar telaga, batu-batu cadas berukuran sedang hingga besar berserakan.

Pembawa Kelanggengan

Anjungan swafoto romantis
Anjungan foto yang dibuat dengan tema romantis dan menghadap langsung ke air terjun – Foto: Google Maps/meijoko santoso

Alasan lain air terjun ini menarik wisatawan sejoli adalah karena kisah dan mitos yang menyelimutinya sejak dulu. Air dari air terjun ini dipercaya dapat mendatangkan kelanggengan dan keharmonisan bagi pasangan. Terlepas benar atau tidaknya, akan sayang sekali jika datang kemari dan tidak menikmati kesegaran airnya dengan berendam atau bermain air, kan?

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini sudah lengkap dan cukup memadai. Area parkirnya luas, jalan setapaknya aman dan nyaman, serta terdapat toilet dan kamar mandi di sekitar air terjun. Warung makanan pun dapat dengan mudah ditemukan di sini. Spot-spot foto Instagrammable juga tersedia secara cuma-cuma.

Lokasi Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin alias ATP terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Memasuki Ngawi, arahkan kendaraan ke Kecamatan Jogorogo melintasi jalan raya Ngrambe – Jogorogo. Patokannya adalah pertigaan SDN Hargomulyo 2. Cukup ikuti petunjuk jalan hingga tiba ke area parkir.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,00 | 2 Pembaca