Beranda Tiket Wisata

BUKIT PARALAYANG Kemuning Tiket & Bentang Alam Spektakuler September 2021

Bukit Paralayang KemuningHarga Tiket: Rp3.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Segorogunung, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57793

Bukit Paralayang Kemuning merupakan salah satu destinasi wisata olahraga terbang layang. Olahraga yang terbilang ekstrim bagi sebagian orang. Namun, dapat menjadi olahraga yang seru bagi pecinta olahraga ekstrim. Tempat ini berada di daerah perkebunan teh Kemuning yang memiliki keindahan bentang alam perbukitan.

Wisatawan akan diajak melayang melintasi hijaunya kebun teh di Kemuning. Udara yang sejuk akan langsung menerpa ketika wisatawan terbang dengan paralayang. Tidak hanya itu, berbagai aktivitas juga dapat tersedia. Mulai dari menyaksikan indahnya pemandangan, berkemah, hingga berfoto berlatar perbukitan hijau berselimut tanaman teh.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Kemuning

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat terjangkau. Namun, wisatawan harus menyiapkan kocek yang cukup dalam jika ingin mencoba paralayang.

Harga Tiket Masuk
Retribusi jalanRp3.000
Biaya camping/orangRp15.000
ParalayangRp300.000 – Rp400.000

Baca: 16 Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga malam hari. Khusus bagi wisatawan yang berkemah, dapat menikmati selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap hari05:00-22:00 WIB
Jam camping setiap hari24 jam

Pemandangan Indah di Kawasan Bukit Paralayang

para pemain paralayang di atas bukit perkebunan teh kemuning
Para pemain paralayang terbang di atas perbukitan hijau kebun teh. Foto: Google Maps/ Muhammad Ulinnuha

Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Sejauh mata memandang, hamparan hijau tersaji bak permadani yang indah. Ditambah dengan rerumputan, pepohonan, serta kebun teh yang hijau begitu menyejukkan mata. Apalagi, berpadu dengan birunya langit dan putihnya gumpalan awan yang indah.

Objek wisata ini berada di ketinggian 1.300 mdpl. Tentunya, udara yang ada di sini sangatlah sejuk. Sesekali, angin menerpa membawa kesejukan yang tiada tara. Namun, wisatawan juga perlu mengenakan pakaian hangat supaya tidak kedinginan di atas sini.

Pemandangan pemain paralayang yang sedang terbang tandem menjadi hiburan tersendiri. Melihat paralayang berwarna-warni, terbang menghiasi ketinggian tempat ini. Terlihat dari kejauhan, seperti burung yang terbang melintasi angkasa. Indah, sejuk, damai, menjadi perpaduan yang tepat ketika mengunjungi tempat ini.

Baca: KEBUN TEH KEMUNING Karanganyar Tiket & Ragam Aktivitas

Terbang Melayang dengan Paralayang

wisatawan bersiap terbang paralayang
Wisatawan sedang bersiap melakukan terbang paralayang. Foto: Google Maps/Stwn-Angrh

Paralayang memang olahraga yang belum terlalu banyak penggemar terutama bagi wisatawan umum. Pasalnya, olahraga ini terbilang ekstrim dan tidak mudah. Pemain harus bisa terbang menggunakan paralayang dari ketinggian bukit. Angin dan arah angin sangat menentukan terbangnya parasut.

Wisatawan mesti memiliki kemampuan untuk mengemudikan parasut dan mengendalikan parasut di tengah kencangnya angin. Mulai dari ketika akan terbang, wisatawan harus berlari menuruni bukit sambil menerbangkan parasut. Cukup sulit apalagi jika angin yang menghembus tidak beraturan dan kecepatannya pun terlalu tinggi. Begitu juga jika anginnya sangat pelan, tentu akan sulit menerbangkan parasut.

Saat akan turun pun, harus dapat mengatur laju parasut supaya berhasil mendarat. Karena jika salah posisi dan gagal mendarat, bisa mengakibatkan resiko cedera. Olahraga ini terbilang ekstrim, karena pemain akan diajak terbang di ketinggian puluhan meter. Namun sesuai dengan pemandangan yang akan didapat yaitu hamparan hijau perbukitan di bawahnya.

Baca: TENGGIR PARK Karanganyar Tiket & Wahana

Melawan Rasa Takut Ketinggian

Terbang Bersama Instruktur Paralayang
Terbang Bersama Instruktur Paralayang. Foto: Gmap/fendi cmx

Bagi yang belum mahir melakukan paralayang namun ingin merasakan, jangan khawatir. Karena di tempat ini, terdapat instruktur yang siap menemani wisatawan untuk melayang. Biayanya untuk melayang selama 10 – 20 menit yaitu sekitar Rp 300.000-Rp 400.000. Wisatawan nantinya akan terbang tandem bersama instruktur.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbit

Indahnya Langit Keemasan di Pagi Hari
Indahnya Langit Keemasan di Pagi Hari. Foto: Gmap/Lepeners

Wisatawan bisa datang pada saat pagi buta untuk menyambut indahnya matahari terbit. Di sini, pemandangan matahari terbitnya begitu memukau. Karena berada di ketinggian, sebelum matahari terbit, kabut akan menyelimuti. Kemudian, perlahan sinar matahari akan menyapu kabut dan mengganti warna langit menjadi kuning keemasan.

Selanjutnya pengunjung dapat mengabadikan moment matahari terbit ini dengan berfoto. Yang terpenting, kamera sudah di set sehingga ketika matahari terbit, sudah siap untuk berfoto. Karena momen matahari terbit ini tidaklah lama.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Ragam Aktivitas

Menyaksikan Matahari Terbenam di sisi Barat Bukit

Selain dapat menyaksikan matahari terbit, objek wisata ini juga menawarkan pemandangan indah matahari terbenam. Dari sisi barat bukit, wisatawan dapat menanti matahari kembali ke peraduan. Sama halnya dengan matahari terbit, momen ini tidaklah lama. Ada baiknya kamera sudah di set sehingga ketika pemandangan indah matahari terbenam tampil, sudah siap berfoto.

Sedangkan di sisi barat ini wisatawan akan menyaksikan matahari yang mulai meredup. Bentuknya yang bulat sempurna mulai tampak dengan indah. Warna oranye memenuhi bulatan di matahari. Ditambah dengan langit sekitar yang biru telah berganti dengan warna oranye.

Beberapa pengunjung tampak berfoto dengan gaya unik berlatar matahari. Ada yang seolah memegang matahari, atau menjadikan matahari sebagai objek yang lain. Bermain siluet juga menjadi gaya favorit lain wisatawan. Sehingga hasil foto tampak begitu artistik.

Baca: CANDI CETHO Tiket & 5 Daya Tarik Memukau

Berkemah di Bukit Paralayang

Tenda para Wisatawan yang Berkemah di Bukit Paralayang
Tenda para Wisatawan yang Berkemah di Bukit Paralayang. Foto: Gmap/Dcahyo

Wisatawan yang ingin menikmati wisata malam, dapat mencoba berkemah di bukit ini. Di sini, terdapat camping ground dengan harga terjangkau. Yaitu hanya Rp 10.000/orang, dengan peralatan kemah sendiri.

Pada saat malam hari, wisatawan dapat menyaksikan gemerlapnya lampu-lampu perkotaan di bawah area perbukitan. Terutama Kota Solo dan Karanganyar tampak bersinar seperti bintang-bintang dari bukit. Tampak sunyi dari bukit, namun bersinar begitu terang.

Jika cuaca sedang bagus, tak hanya lampu perkotaan yang bersinar. Wisatawan juga dapat menyaksikan indahnya gemerlap bintang di langit. Indahnya langit malam bertabur bintang jarang bisa dinikmati dari daerah perkotaan. Oleh karena itulah, pemandangan indah ini sayang jika terlewat begitu saja.

Baca: Telaga Madirda Karanganyar Wisata Danau Lereng Gunung Lawu

Fasilitas

Objek wisata ini telah memiliki berbagai fasilitas umum. Diantaranya toilet serta warung makan. Namun, warung makan di atas sini hanya buka hingga malam saja. Sehingga jika ingin berkemah, wisatawan tetap harus mempersiapkan perbekalan sendiri.

Lokasi Bukit Paralayang Kemuning Karanganyar

Objek wisata ini berlokasi di Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasinya berjarak sekitar 21 Kilometer dari Kota Karanganyar. Membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit berkendara.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini