Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN SIPISO PISO Tiket & Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso Piso : Rp5.000 - Rp7.500Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Pengambaten, Merek, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22173

Air Terjun Sipiso Piso salah satu destinasi wisata alam yang tidak boleh terlewat ketika berada di Sumatra Utara. Terletak di ketinggian 1.860 Mdpl, air terjunnya sendiri memiliki tinggi 120 meter. Karena ketinggiannya Air Terjun Sipiso Piso berada di urutan ke-6 dari 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan pegunungan serta Danau Toba dari kejauhan.

Air terjun ini berasal dari aliran sungai Pajanabolon. Lalu, aliran airnya akan melewati daerah pemukiman dan bermuara di Danau Toba. Untuk bisa melihat air terjun dari dekat, pengunjung harus melalui jalan setapak yang menanjak. Namun tenang saja jalan setapak sudah terpasang sekitar 500 anak tangga. Karena kondisi jalan yang menanjak maka siapkan stamina yang baik sebelum berwisata ke sini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sipiso Piso

Untuk masuk ke area air terjun pengunjung akan perlu membayar biaya tiket masuk. Biaya lain yang perlu dipersiapkan yaitu untuk membeli makanan, suvenir, dan jasa cetak foto dari fotografer wisata. Bagi yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya untuk parkir.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk dewasaRp7.500
Tiket masuk anak-anakRp5.000
ParkirRp5.000
Foto dengan fotograferRp5.000-Rp20.000

Baca: AIR TERJUN SIKULIKAP Tiket & Daya Tarik

Jam Baca Air Terjun Sipiso Piso

Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso
Bentang alam sekitar air terjun dengan bukit hijau dan pegunungan. Foto: Google Map/Yuli Susanti

Air Terjun Sipiso Piso adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di Sumatra Utara. Masyarakat setempat menamai dengan Sipiso Piso karena air terjun ini dari kejauhan memiliki bentuk seperti besi pisau. Selain itu, derasnya air terjun ini membuatnya seperti sedang menyayat udara. Air terjun ini termasuk ke dalam kriteria plunge karena airnya mengucur deras dan berbentuk vertikal.

Letak air terjun berada di bibir kaldera Danau Toba dan dikelilingi pegunungan serta kawasan pedesaan. Berada di ketinggian 1.860 Mdpl membuat suasana di sekitar air terjun terasa dingin dan sejuk. Jika berada kawasan atas air terjun maka akan melihat pemandangan secara keseluruhan. Di kejauhan bisa terlihat Danau Toba, Pulau Samosir, dan hamparan Tanah Karo yang indah.

Baca: DANAU LAU KAWAR Tiket & Aktivitas

Jalur Menantang Sampai ke Air Terjun

Akses menanjak menuju ke air terjun
Untuk bisa melihat air terjun dari dekat, pengunjung harus melalui jalan yang menanjak dan melewati sekitar 500 anak tangga. Foto: Google Map/Dedi Suwandi

Karena letaknya yang berada di ketinggian, pengunjung harus melewati jalur yang menantang. Untuk sampai ke sini harus mendaki bukit kemudian berjalan ke dasar air terjun. Meski menanjak, pengelola membangun jalan setapak dengan sekitar 500 anak tangga. Jika ingin berwisata ke sini, pengunjung harus mempersiapkan stamina tubuh yang baik.

Dari pintu masuk jaraknya kurang lebih 40 menit sampai 1 jam berjalan kaki. Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya persiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Lalu, jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Jika ingin melihat pemandangan lebih luas lagi, pengunjung bisa mendaki lagi ke bagian atas air terjun.

Baca: GUNUNG SIBAYAK Info Wisata & Pendakian

Gardu Pandang dengan Dua Pemandangan

Pemandangan Danau Toba
Dari gardu pandang akan terlihat pemandangan Danau Toba yang menawan. Foto: Google Map/LeeChin Lim

Selain naik ke bagian atas air terjun, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan di sekitar air terjun melalui gardu pandang. Uniknya, gardu pandang ini memiliki 2 pemandangan alam sekaligus. Yaitu melihat kemegahan Air Terjun Sipiso Piso dan Danau Toba yang menawan. Selain itu, luasnya hamparan pohon serta pedesaan di sekitarnya juga bisa terlihat jelas.

Pemandangan akan semakin terlihat indah saat cuaca sedang cerah dan tidak berkabut. Perpaduan warna langit yang biru dengan beberapa gumpalan awan membuat panorama terlihat lebih berwarna. Selain melihat pemandangan, pengunjung bisa memotret dan berfoto di gardu pandang. Menjadikan air terjun sekaligus Danau Toba sebagai latar belakang berfoto tentu sangat dramatis.

Baca: BUKIT GAJAH BOBOK Tiket & Aktivitas

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sipiso Piso

Pengunjung yang difoto oleh fotografer
Salah satu aktivitas menarik yaitu berfoto dengan menggunakan jasa fotografer lapangan. Foto: Google Map/Erwan Adhi

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan jika berwisata ke Air Terjun Sipiso Piso, salah satunya yaitu difoto oleh fotografer. Terdapat fotografer yang berlalu lalang di sekitar area wisata. Pengunjung tidak perlu membayar jasa fotonya, namun cukup membeli hasil foto yang sudah dipotret.

Terdapat 2 jenis hasil foto yang bisa dibeli, yaitu dalam bentuk softcopy atau yang sudah dicetak. Selain berfoto, aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu melihat matahari terbenam dari gardu pandang atau bagian atas air terjun. Kegiatan lain yang bisa dilakukan dan tak kalah serunya adalah berkemah di camping ground yang tersedia. Sebelum pulang, pengunjung bisa membeli suvenir dan oleh oleh yang dijual di kios yang ada di area parkir.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan dan berfoto. Bagi yang membawa kendaraan, tersedia tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, di sekitar tempat parkir terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan suvenir. Fasilitas lainnya yang ada di sini yaitu toilet, musala, gazebo, dan akses jalan untuk menanjak.

Lokasi Air Terjun Sipiso Piso

Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Untuk menuju ke air terjun pengunjung harus menempuh perjalanan selama 4 jam berkendara dari pusat Kota Medan. Belum ada angkutan umum untuk sampai ke lokasi.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 17

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini