Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Kendal Wisata Murah Beragam Aktivitas Seru – Januari 2023

0
Alun-alun Kendal Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -. Alamat : Karanggeneng, Pegulon, Kendal, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51313.

Alun-alun Kendal merupakan ruang terbuka hijau yang ada di Kabupaten Kendal. Bentuknya berupa lapangan berukuran setidaknya 5.000 m2 yang dipenuhi rerumputan hijau. Sayangnya tidak semua permukaan tanahnya tertutup rumput. Ada sebagian yang masih berupa tanah berpasir.

Namun areanya cukup teduh dengan pepohonan hijau yang mengelilingi taman. Menariknya lagi lokasi alun-alun berdekatan dengan beberapa bangunan penting di Kabupaten Kendal. Misalnya Masjid Agung Kendal, Taman Garuda, dan Kantor Bupati.

Harga Tiket Alun-alun Kendal

Sama seperti wisata alun-alun pada umumnya. Kawasan ini tidak membebankan biaya tiket masuk kepada pengunjung. Siapa pun bisa berkunjung ke sana secara gratis.

Harga Tiket & Wahana
Tiket masuk Gratis
Wahana Permainan sekitar alun-alun Rp10.000

Baca: PANTAI CAHAYA Tiket Murah Banyak Wahana

Jam Buka

Alun-alun Kendal buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Biasanya kawasan ini ramai pada saat akhir pekan dan tanggal merah. Untuk jam operasionalnya tidak ada batasan waktu. Karena dalam sehari pihak pengelola membukanya selama 24 jam penuh.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Daya Tarik Wisata Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal memiliki daya tarik yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung. Di sekitar taman terdapat masjid yang terkenal bernama Masjid Agung Kendal. Lalu ada pula Taman Garuda yang terasa asri dengan pepohonan dan tanaman hijau. Sementara di dalam Alun-alun terdapat wahana permainan dan wisata kuliner khas Nusantara.

Masjid Agung Kendal

Suasana Masjid Agung Kendal saat malam hari.
Keunikan Masjid Agung Kendal terletak pada 16 tiang penyangganya yang merupakan warisan Wali Joko. Foto : Googlemap/Lalas journey

Kabupaten Kendal terkenal akan bangunan masjidnya yang berusia ratusan tahun. Namanya adalah Masjid Agung Kendal yang dibangun oleh Raden Suweryo atau Wali Joko. Awal berdirinya sekitar abad ke 15 pada masa Kesultanan Demak. Lokasinya berada di Jalan Raya Barat dekat kantor Bupati Kendal depan alun-alun.

Masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi. Namun masih ada beberapa bagian yang tidak berubah. Yaitu 16 tiang penyangga yang merupakan warisan Wali Joko. Selain itu ada juga mimbar, jendela, kusen, daun pintu, dan maksurah.

Dulunya bentuk bangunan Masjid Agung masih sederhana dan beratapkan kayu tipis. Namun sekarang berdiri gagah dengan hiasan kubah emas pada bagian atapnya. Dan tepat di depan masjid ada  menara  hijau besar yang sangat tinggi. Jika  dilihat dari kejauhan desainnya mirip Masjid Agung di Kota Demak.

Baca: KEBUN TEH MEDINI Kendal: Tiket & Pesona Hijau Perbukitan

Taman Garuda

Taman Garuda di Alun-alun Kendal.
Taman Garuda mempunyai ikon patung Garuda yang besar dan memiliki corak berwarna emas. Foto : Googlemap/Kurniawan Bayu Wicaksono

Selain Masjid Agung Kendal, Alun-alun juga memiliki Taman Garuda sebagai daya tariknya. Meskipun sebenarnya lokasi taman tidak jadi satu dengan Alun-alun. Melainkan ada di bagian luar dan posisinya saling berhadapan. Jika ingin pergi ke taman wisatawan harus menyeberang jalan raya terlebih dahulu.

Keberadaan Taman Garuda sendiri berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus daerah resapan air. Suasana di dalamnya begitu asri karena banyak tumbuh pepohonan rindang dan tanaman hijau. Tak lupa tersedia pula meja dan bangku taman. Wisatawan pun bisa bersantai dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Perkiraan luas Taman Garuda kurang lebih sekitar 1500 meter persegi. Meski tidak terlalu luas, tetapi kawasan ini setiap Minggu pagi selalu ramai pengunjung. Khususnya dari pengguna jalan raya yang berhenti sejenak untuk beristirahat. Di kawasan ini pula sudah tersedia area bermain anak-anak.

Baca: CURUG SEWU Kendal : Tiket & Ragam Aktivitas

Wahana Permainan

permainan mobil-mobilan anak di Alun-alun Kendal.
Permainan mobil-mobilan anak di Alun-alun kendal. Foto: Google Maps/Ania Maharanidll

Daya tarik lainnya dari Alun-alun Kendal yaitu wahana permainan anak-anak. Di sekitar alun-alun terdapat berbagai macam wahana permainan seru. Di antaranya ada kereta mini, kolam pemancingan, komidi putar, mobil-mobilan dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menikmatinya pengunjung harus membayar tiket permainan. Sebab semua wahana tersebut dikelola oleh  perorangan. Tenang saja, harga tiketnya cukup terjangkau dan tidak menguras isi kantong.

Wisata Kuliner

Keramaian tempat makan di Alun-alun Kendal.
Alun-alun Kendal mempunyai ragam wisata kuliner khas Nusantara seperti soto, sate ayam, bubur, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Jony edward

Tidak hanya menyuguhkan wahana permainan yang beragam. Alun-alun Kendal juga memiliki wisata kuliner yang cukup lengkap. Kebanyakan penjualnya adalah pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan raya. Menu yang ditawarkan rata-rata makanan khas Indonesia.

Salah satu makanan yang paling terkenal adalah jajanan pasar bernama Awul. Bahan dasarnya berupa singkong parut yang bercampur gula merah. Teksturnya pun sangat lembut saat menyentuh lidah. Lainnya lagi ada jajanan Wajik, Andil-andil, dan Gemblong.

Dan untuk makanan beratnya ada beberapa yang sangat unik. Misalnya sate kelinci dan pecel semanggi dengan lauknya sate keong. Memang tergolong cukup ekstrem, tetapi ada sebagian masyarakat yang menyukai kedua makanan tersebut. Jika kurang suka wisatawan bisa mencoba  soto, bubur ayam, dan sate ayam.

Baca: Pantai Indah Kemangi Kendal Tiket & Ragam Wahana

Fasilitas Alun-alun Kendal

Fasilitas umum di wisata Alun-alun Kendal sudah cukup memadai. Di sini tersedia area parkir yang luas mampu menampung kendaraan motor atau mobil dalam jumlah banyak. Tidak ketinggalan pula ada toilet, masjid, dan tempat makan. Uniknya tempat makan di alun-alun menggunakan tempat duduk lesehan beralaskan tikar.

Lokasi Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal beralamatkan di Karanggeneng, Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berhadapan langsung dengan Taman Garuda.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini