Beranda Tiket Wisata

SEMARANG ZOO: Tiket & Atraksi Oktober 2021

Semarang ZooHarga Tiket: Rp20.000-Rp30.000Jam Buka: 08.00 - 15.00No Telp: 081225566303Alamat: Jalan Raya Mangkang, Mangkang Kulon, Ngaliyan, Mlaten, Sumberejo, Kaliwungu, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50186

Semarang Zoo atau terkenal sebagai Kebun Binatang Mangkang, telah menjadi destinasi favorit wisatawan. Wisatawan asal Semarang dan sekitarnya kerap kali memadati tempat ini pada saat hari libur. Kebun binatang yang terletak di perbatasan Semarang dan Kendal ini memiliki berbagai koleksi satwa. Dimana, wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa, seperti burung, ular, gajah, dan lainnya.

Tidak hanya itu, tempat ini semakin menarik karena terdapat wahana permainan bagi anak-anak. Belakangan ini juga terdapat wahana offroad baru untuk segala usia. Kebun binatang ini sempat tutup sementara waktu karena adanya pandemi Covid-19. Namun kini telah kembali buka dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin.

Harga Tiket Masuk Semarang Zoo

Objek wisata ini menerapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Uniknya lagi, pembelian tiket di sini tidak langsung dengan petugas. Melainkan membeli dengan pembayaran non tunai, dan dapat mengambil tiket di vending machine. Untuk harga tiket ini sudah termasuk dengan wahana permainan di dalam kebun binatang.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk WeekdayRp20.000
Tiket Masuk WeekendRp25.000
Tiket Masuk Hari LiburRp30.000

Informasi penting sebelum berkunjung ke Semarang Zoo: 

  • Menunjukkan kartu vaksin bagi usia wajib vaksin ketika berkunjung.
  • Mematuhi protokol kesehatan ketika berkunjung.

Baca: 46 Destinasi Wisata Menarik di Semarang

Jam Buka Semarang Zoo

Objek wisata ini buka setiap harinya dari pagi hingga sore. Namun, jam operasional saat akhir pekan dan liburan lebih panjang dari hari biasa. Pengunjung dapat puas melihat aneka satwa dan bermain di wahana yang tersedia.

Jam Operasional
Hari biasa08:00 – 15:00 WIB
Akhir pekan dan hari libur08:00 – 16:00 WIB

Jelajah Edukasi di Semarang Zoo

Menyaksikan Rusa Totol Putih
Menyaksikan Rusa Totol Putih. Foto: Gmap/Hengky Nando

Wisata ke kebun binatang tentu tidak hanya menghibur, tapi memiliki nilai edukatif tersendiri. Inilah yang juga ditanamkan Semarang Zoo dalam menyediakan sarana hiburan berwisata. Di sini, terdapat berbagai macam hewan, mulai dari jenis burung, mamalia, primata, hingga jenis ikan. Setidaknya terdapat 281 koleksi satwa dari 51 spesies.

Di sini, wisatawan dapat melihat berbagai satwa di setiap areanya. Untuk mamalia yang berukuran besar, terdapat area khusus di alam terbuka. Seperti unta dan jerapah yang bertempat di area terbuka khusus dengan pagar besi melingkarinya. Untuk burung pelikan, juga memiliki tempat khusus di area yang memiliki kolam-kolam, sehingga burung dapat terbang melintasinya.

Selain satwa yang masih hidup, wisatawan juga dapat menyaksikan satwa-satwa yang sudah diawetkan di museum. Selain itu berwisata semakin asyik karena terdapat berbagai wahana permainan anak. Serta tak ketinggalan wahana permainan untuk orang dewasa.

Baca: SALOKA PARK Tiket & 7 Wahana Terseru

Berinteraksi Dengan Satwa

Berinteraksi dengan Naik Gajah
Berinteraksi dengan Naik Gajah. Foto: Gmap/Sri Bintoro

Selain melihat satwa, di dalam areanya wisatawan juga dapat berinteraksi langsung dengan satwa. Misalnya dengan menggendong bayi-bayi harimau sambil berfoto ria. Atau memegang ular yang sudah jinak dan mengalungkan pada leher sambil berfoto. Di area burung, wisatawan juga dapat berfoto dengan beberapa burung, sambil meletakkannya di tangan.

Jika ingin bersantai sambil berkeliling, menaiki gajah dapat menjadi pilihan. Wisatawan akan berkeliling di kandang gajah sambil duduk di atas punggung gajah. Goyangan setiap gajah melangkah menciptakan sensasi tersendiri.

Tidak perlu khawatir berinteraksi dengan hewan karena satwa di sini sudah jinak. Meskipun terdapat harimau yang terkesan buas, namun di sini harimaunya sudah juga sudah jinak dan terbiasa dengan wisatawan. Tentunya wisatawan juga harus dapat menjaga diri ketika dekat dengan para satwa ini. Yaitu dengan tidak membuat kegaduhan yang mengagetkan atau membuat stres para satwa.

Baca: Kota Lama Semarang Wisata Era Kolonial

Mengunjungi Museum Satwa

Satwa yang Diawetkan di Museum
Satwa yang Diawetkan di Museum. Foto: Gmap/Agus Susilo

Salah satu yang menarik di Kebun Binatang Semarang yaitu adanya museum satwa. Di sini, terdapat berbagai hewan yang diawetkan. Hewan-hewan ini berasal dari hewan di kebun binatang yang telah mati. Baik karena sakit ataupun karena usianya sudah tua.

Terdapat sekitar 30 hewan yang diawetkan di sini. Ada Macan Tutul, Rusa, Komodo, Elang, Lutung hingga Orangutan. Hewan-hewan ini ditempatkan pada display khusus. Dengan latar belakang berupa alam bebas sehingga seolah-olah berada di tempat aslinya.

Pihak kebun binatang tidak berambisi untuk menambah koleksi di museum ini. Sehingga hanya menambah ketika ada hewan yang mati saja. Karena jika dipaksakan, artinya banyak hewan yang mati. Dan hal ini tidak diinginkan oleh pihak kebun binatang.

Jelajah Alam dengan Mobil Jeep

Wahana yang satu ini adalah wahana baru yang sangat seru. Merupakan salah satu inovasi kebun binatang dengan menggandeng komunitas mobil Jeep. Wahana ini bernama My Trip Zoo Adventure. Pada kegiatan ini wisatawan akan berpetualang dengan naik mobil Jeep. Tidak hanya seru, wisata ini juga cukup menantang adrenalin.

Wisatawan akan menjelajah alam, melintasi sungai, dan melintasi hutan jati. Ditambah dengan melewati Sendang Kaliancar sambil berwisata kearifan lokal. Rencananya juga, pengelola akan menggandeng tempat wisata lain seperti Tinjomoyo, sehingga tracking akan semakin seru.

Untuk kegiatan ini wisatawan perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp450.000 per mobil. Sedangkan dalam satu mobil dapat terisi tiga hingga empat orang. Harga ini sudah termasuk tiket masuk Semarang Zoo dan berbagai wahana di dalamnya. Selain itu, wisatawan juga akan mendapatkan makanan di tempat tujuan.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Wahana Permainan di Semarang Zoo

Waterboom Anak-anak di Semarang Zoo
Waterboom Anak-anak di Semarang Zoo. Foto: Gmap/Dini Purwanti

Setelah puas menyaksikan dan berinteraksi dengan para satwa, tidak perlu terburu-buru pulang. Wisatawan dapat menikmati berbagai wahana yang tersedia di sini. Terdapat berbagai wahana baik untuk anak-anak juga orang dewasa.

Wahana populer untuk anak-anak antara lain outbond, flying fox, serta mini waterboom. Di sini, anak-anak dapat meluncur di seluncuran yang tidak terlalu tinggi, sehingga lebih aman. Dan tentunya anak-anak akan puas bermain di wahana Play Play Zoo.

Lokasi Semarang Zoo

Kebun Binatang ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berlokasi di perbatasan Semarang dan Kendal. Untuk mencapainya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Karena di depan kebun binatang merupakan Terminal Mangkang, sehingga dapat bisa juga menggunakan BRT.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 9

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini