Beranda Tiket Wisata

PANTAI TIRANG Tiket Murah Suasananya Tenang September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Tirang : Rp5.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50182

Berbicara mengenai Semarang, mungkin pantai bukan wisata andalannya. Meski demikian, Semarang tetap memiliki pantai eksotis bernama Pantai Tirang. Salah satu pantai pilihan untuk melepas penat bagi warga Semarang dan sekitarnya. Lokasinya yang mudah dijangkau serta keaslian tempatnya menjadi alasan utamanya.

Di sini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Di antaranya berjalan di atas pasir pantainya yang lembut, sembari menikmati tenangnya ombak pantai. Menyaksikan indahnya matahari terbenam dan keunikan pesawat yang sedang mendarat dan lepas landas. Memancing, berfoto, serta menikmati kuliner, juga dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tirang

Objek wisata ini dapat dikunjungi dengan biaya masuk yang terjangkau. Wisatawan juga perlu menyiapkan biaya untuk parkir seusai dengan kendaraan. Sementara areanya sendiri baru bisa diakses menggunakan motor, mobil, atau kendaraan yang lebih kecil. Karena jalanan belum bisa dilalui mini bus, bus, atau kendaraan besar lainnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: DUSUN SEMILIR Tiket, Jam Buka & 5 Wahana Terbaik

Jam Buka Pantai Tirang

Objek wisata ini dapat dinikmati setiap saat. Umumnya, wisatawan datang di pagi hingga sore hari. Sementara malam hari tidak ada wisatawan yang berkunjung. Pagi dan sore adalah waktu yang tepat, karena sinar matahari tidak terlalu terasa terik.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Suasana Tenang Pantai Tirang

Pantai Tirang dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu ketika penat dengan suasana kota. Jaraknya dekat hanya memakan waktu selama 30 menit dari pusat Kota Semarang. Suasana pantai yang tenang dapat membantu menenangkan hati dan pikiran. Begitu sampai di pantai pemandangan yang sangat eksotis siap menyambut.

Hamparan pasir berwarna hitam yang luas dan begitu halus. Meskipun bukan pasir putih, namun pasir ini begitu halus dan nyaman di tapak kaki. Apalagi tidak banyak batuan karang yang menghalangi, sehingga bebas berjalan tanpa alas kaki. Di beberapa titik juga terdapat pohon cemara dan ketapang, yang cukup menjadi peneduh pantai ini.

Air lautnya pun tampak jernih, meskipun tidak tampak bergradasi seperti pantai pasir putih lainnya. Ombaknya yang tenang cukup aman jika ingin bermain di kawasan perairannya. Deburan ombak yang tenang menjadi musik syahdu di pantai ini. Ditambah dengan sejuknya semilir angin yang menemani.

Baca: SALOKA PARK Harga Tiket & 7 Wahana Seru

Menikmati Pagi di Pantai Tirang

Pemandangan Matahari Indah dari Pantai Tirang
Pemandangan Matahari Indah dari Pantai Tirang. Foto: Gmap/Jamal Abdu

Suasana pagi di Pantai Tirang memang menenteramkan. Udara pagi yang masih sejuk membuat wisatawan betah berlama-lama. Saat pagi, wisatawan bisa sembari olahraga pagi seperti jogging di tepian pantai. Pasir yang cukup padat membuat lari menggunakan sepatu terbilang lebih mudah.

Susur pantai sembari menyaksikan lautan dengan deburan ombaknya yang tenang. Belum banyak aktivitas yang dilakukan di sekitar area pantai. Pantai ini memang buka 24 jam, namun sebaiknya jika ingin datang pagi, mulailah pukul 6 pagi. Karena pantai yang sangat sepi jika lebih pagi.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Ragam Aktivitas

Bermain Pasir dan Mengumpulkan Kerang

Sejauh ini kawasan sekitar pantai belum banyak memiliki wahana permainan air. Sebagai gantinya, wisatawan dapat bermain pasir di tepian pantai dengan nyaman. Pasir hitam dengan tekstur lebih padat dapat digunakan untuk bermain istana pasir. Membangun istana pasir dengan tekstur pasir ini tentu lebih mudah.

Anak-anak dapat berkreasi dengan bermain istana pasir. Tak hanya itu, di kawasan pasir ini juga banyak berserakan cangkang kerang. Wisatawan dapat mengumpulkan kerang untuk menambah keseruan bermain istana pasir. Atau boleh juga membawanya pulang untuk dijadikan karya seni.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

Menikmati Sore dengan Pemandangan Pesawat yang Unik

Pemandangan Pesawat Landing dari Pantai Tirang
Pemandangan Pesawat Landing dari Pantai Tirang

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati Pantai Tirang. Matahari yang sudah tidak terik terasa lebih nyaman dan bebas memilih duduk tanpa atap. Bahkan, tak sedikit yang langsung duduk di tepian pantai. Menghadap laut lepas yang luas tanpa halangan batuan karang.

Senja tiba, matahari yang terik perlahan mulai meredupkan sinarnya. Hingga tampak bulatan sempurnanya yang berwarna jingga. Siluet kapal dan perahu dari kejauhan tampak kecil dan berwarna hitam. Gelombang laut pun tampak tenang mengantar pulangnya matahari ke peraduan.

Pemandangan unik yang tak banyak terjadi di pantai lain adalah pesawat yang mendarat maupun lepas landas. Tak heran, karena pantai ini dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang yang lama. Wisatawan bisa dengan jelas menyaksikan pesawat terbang di atas pantai. Tak sedikit juga yang menjadikan momen ini untuk mengambil gambar.

Baca: GUNUNG TELOMOYO: Tiket & Ragam Aktivitas

Memancing Seru di Pantai Tirang

Spot Memancing Favorit di Pantai Tirang
Spot Memancing Favorit di Pantai Tirang. Foto: Gmap/Gets Hotel Semarang

Tak hanya tempat menghabiskan waktu, Pantai Tirang juga sering menjadi tujuan memancing. Bahkan, tak sedikit yang datang hanya untuk memancing. Spot memancing favorit yaitu di sebuah anjungan yang tak jauh dari bibir pantai. Sebuah bangunan dari beton yang menjorok jauh ke lautan.

Pemancing biasanya akan duduk sembari menanti umpannya diraih ikan. Pantai ini menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan laut. Ada ikan Mujair, Rusah, Kakap Putih, Sembilan, Ikedokan, hingga ikan Belanak.

Tak hanya ikan liar, masyarakat sekitar juga menjadikan lautan pantai ini sebagai penangkaran. Yaitu penangkaran udang dan ikan Bandeng, yang tentu tidak boleh sembarangan dipancing. Wisatawan dapat melihat penangkaran ini dari kejauhan. Karena bangunannya khas, yaitu terbuat dari kayu dengan bangunan semi permanen.

Baca: GUNUNG UNGARAN: Tiket & 4 Jalur Pendakian

Menyusuri Kawasan Mangrove

Kawasan Mangrove di Pantai Tirang
Kawasan Mangrove di Pantai Tirang. Foto: Gmap/Karsetya agus setiawan

Jika berkesempatan untuk menyewa perahu, sempatkan berkeliling di kawasan hutan bakaunya. Kawasan dengan rimbunnya pohon mangrove dapat disusuri dengan perahu kecil. Kawasan ini menjadi habitat dari berbagai jenis hewan, mulai dari ikan hingga burung.

Fasilitas Pantai Tirang

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan toilet dan kamar bilas. Sehingga setelah bermain di pantai, wisatawan dapat membersihkan diri. Tak hanya itu, sudah ada juga deretan warung yang menjual berbagai makanan. Mulai dari makanan berat, snack, serta minuman.

Lokasi Pantai Tirang Semarang

Wisata pantai ini berlokasi di Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berjarak hanya 13 Kilometer dari pusat kota Semarang dan hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendara.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 31

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini