Beranda Tiket Wisata

ALUN-ALUN TEGAL Tiket & Ragam Pesona September 2021

Alun-alun Kota TegalHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Pancasila, Mangkukusuman, Tegal Timur, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52131

Alun-Alun Tegal adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Tegal. Berbagai kalangan usia biasanya memadati kawasan ini pada malam hari. Tempat ini juga menjadi tujuan bagi sebagian wisatawan.

Di sinilah bisa terasa suasana Kota Tegal yang dinamis. Sarana publik ini baru saja mendapatkan renovasi yang cukup mencolok. Lapangan hijau yang polos disulap menjadi ruang terbuka bagi masyarakat. Terdapat banyak pilihan aktivitas rekreasi yang tersedia di sini.

Tiket Masuk Alun-Alun Tegal

Pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun untuk berwisata di Alun-Alun Tegal. Sebagaimana lazimnya alun-alun kota, tempat ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Karenanya, alun-alun ini sangat layak menjadi tujuan wisata bagi yang sedang berhemat.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca Juga: 9 Tempat  Wisata Terbaik di Tegal

Jam Buka

Alun-Alun Tegal selalu buka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Lokasinya memang dibuat terbuka dari berbagai sisi. Kawasan ini bahkan akan semakin ramai ketika malam menjelang. Alun-alun ini memang sepi di siang hari karena cuaca yang terik.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Alun-Alun Tegal

Kota Tegal adalah kota di pesisir barat laut Jawa Tengah. Kota ini berkembang dari desa kecil dengan tanah yang subur pada abad ke-16. Meski telah menjadi salah satu kota modern, Tegal tetap menghadirkan pesona kearifan lokal. Termasuk pada bidang pariwisatanya yang menyajikan beragam hal menarik. 

Berlokasi di kawasan pesisir membuat Tegal cuacanya memang cenderung panas. Selain pagi hari, udara sejuk biasanya hanya bisa didapatkan menjelang malam hari. Sehingga, kota ini seringkali ramai meskipun hari semakin larut. Pemandangan ini biasanya terlihat di ruang terbuka seperti Alun-Alun Tegal.

Alun-Alun Tegal berada di jajaran alun-alun kota dengan lahan yang luas. Berada di pusat kota, alun-alun ini juga jadi pusat berbagai aktivitas masyarakat. Tempat ini bisa jadi tujuan singgah sejenak bagi wisatawan Tegal. Di sini, dapat dijumpai berbagai sisi menarik dari Kota Tegal.

Baca Juga: Pemandian Air Panas Guci Tegal: Tiket & Wahana

Renovasi Modern

Pemandangan alun-alun di malam hari
Kota Tegal yang didominasi cuaca panas memang lebih nyaman dinikmati ketika malam tiba, begitu juga kawasan alun-alun yang selalu ramai pada malam hari – Foto: Google Maps/Wong Tegal

Alun-Alun Tegal baru saja menjalani sejumlah renovasi. Kegiatan ini cukup sukses mengubah wajah alun-alun yang polos menjadi lebih berwarna. Lahan alun-alun yang awalnya hanya tanah lapang, kini sudah lebih ‘berdandan’. Lahan seluas 4.817 meter persegi ini berkonsep menjadi lebih ramah publik.

Sarana jalur pedestrian yang sudah ada sebelumnya diperbaiki dan diperluas. Pengunjung alun-alun juga dapat memanfaatkannya sebagai jogging track. Perbedaan mencolok terlihat dari adanya flying deck. Seperti jalan layang, fasilitas ini membawa jalur pedestrian naik sekitar 2 meter dari permukaan tanah. Flying deck ini bisa jadi spot berfoto yang menarik. Dari sini, pemandangan alun-alun bisa terlihat dengan lebih leluasa.

Di bagian tengah, terdapat taman yang tertata rapi berbentuk melingkar mengelilingi air mancur. Air mancur ini muncul langsung dari beberapa titik di tanah. Di sekitarnya, dipasang lapisan rumput sintetis yang nyaman. Ini akan jadi spot favorit terutama bagi anak-anak yang suka bermain air.

Suasana Malam di Alun-alun Tegal

Odong-odong dengan lampu hias yang ceria
Banyak pilihan aktivitas rekreasi yang bisa dinikmati di sekitar alun-alun, salah satunya mengitari kawasan alun-alun dengan menaiki odong-odong gemerlap ini – Foto: Google Maps/Angga Subastiyan

Siang hari yang terik membuat Kota Tegal lebih ramai ketika malam tiba. Banyak warga yang lebih memilih rekreasi di malam hari karena udara yang sejuk. Pusat keramaian pun biasanya tidak jauh dari sekitar kawasan alun-alun.

Kawasan Alun-Alun Tegal pun selalu ramai oleh berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat yang nongkrong hingga wisatawan yang berburu kuliner. Suasana semakin meriah karena tata pencahayaan yang terpancar melalui air mancur. Fasilitas ini menyuguhkan pertunjukan air sekaligus cahaya yang berpadu dengan musik.

Urusan kuliner, alun-alun bisa jadi jagonya. Di sekitar kawasan terdapat banyak aneka jenis kuliner. PKL, kios, warung makan, dan restoran tersebar di sini. Wisatawan tinggal mencari sesuai selera, entah itu makanan kekinian atau kuliner khas Tegal.

Alun-alun juga jadi tujuan rekreasi keluarga yang menyenangkan. Ada banyak wahana odong-odong berupa mobil modifikasi. Mobil-mobil ini berhiaskan lampu warna-warni yang cantik. Anak-anak tentu senang jika diajak berkeliling dengan mengendarai wahana meriah ini.

Baca Juga: RITA PARK Tegal Tiket & Wahana

Masjid Agung Tegal

Masjid Agung Tegal di malam hari
Alun-alun secara tidak langsung merupakan bagian dari Masjid Agung Tegal yang berada di seberangnya – Foto: Google Maps/kepleh ary

Pengunjung alun-alun tidak hanya datang untuk rekreasi. Ada juga yang tujuannya menyambangi Masjid Agung Tegal. Masjid besar ini terletak di sisi utara. Bangunannya yang megah tampak bersinergi dengan alun-alun di seberangnya.

Masjid Agung Tegal merupakan salah satu rumah ibadah dengan nilai sejarah yang tinggi. Sejak berdiri tahun 1825, masjid ini sempat beberapa mengalami renovasi arsitektural. Selain menjadi tempat beribadah umat muslim, masjid ini juga jadi ikon bersejarah Kota Tegal.

Baca Juga: Gerbang Mas Bahari Waterpark Tiket & Wahana

Bangunan Kolonial Unik

Gedung SCS
Di Tegal juga terdapat sejumlah bangunan peninggalan kolonial yang masih terawat hingga saat ini, seperti Gedung SCS dan Menara Waterleiding – Foto: Google Maps/Arif Faiq

Tak jauh dari lokasi alun-alun, ada beberapa spot wisata lainnya yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Kota ini memang berisi sejumlah bangunan bersejarah di banyak sudutnya. 

Salah satu yang populer sebagai ‘Malioboro-nya Tegal’ adalah kawasan Gedung SCS. Gedung ini juga berdekatan dengan lokasi Menara Waterleiding. Area sekitar dua bangunan historis ini terdapat bangku-bangku taman. Banyak pengunjung yang biasa menghabiskan waktu santai sore hari di sini.

Fasilitas Alun-Alun Tegal

Fasilitas yang tersedia di Alun-Alun Tegal di antaranya jalur pedestrian atau jogging track.  Sejak revitalisasi, alun-alun ini memang masih dalam proses melengkapi sarana-prasarananya. Urusan perut, banyak PKL dan warung makan di sekitar alun-alun yang siap melayani.

Lokasi Alun-Alun Tegal

Alun-Alun ini terletak di ujung Jalan Pancasila, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Lokasinya hanya 800 meter dari Stasiun Tegal atau sekitar 10 menit berjalan kaki. Sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini