Dermaga Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi,Brebes,Brebes,Jawa Tengah,Indonesia,52219.

Berbicara mengenai Brebes pasti tidak bisa lepas dari produk andalannya Telor Asin Brebes. Selain memiliki makanan yang sudah sangat populer dan digemari rupanya ada lokasi wisata seperti mutiara di daerah yang satu ini. Namanya adalah Hutan Mangrove Brebes Pandansari.

Lokasi ini sebenarnya menjadi lokasi ekowisata ‘secara tidak sengaja’. Berawal dari terjangan abrasi pada tahun 1990. Warga Desa Pandansari kemudian berusaha melakukan operasi penyelamatan pantai dengan menanam pohon mangrove untuk mencegah hal yang sama terulang kembali.

Harga Tiket Hutan Mangrove Brebes Pandansari

Wisatawan yang ingin menjelajah kawasan hutan mengrove ini akan dikenakan biaya tiket. Pengunjung perlu membayar uang tiket sebesar Rp20.000 dan Rp25.000 untuk hari libur. Harga tersebut sudah naik sejak tahun 2016 yang mulanya Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pandansari
Hari BiasaRp20.000
Akhir PekanRp25.000

Baca: BROWN CANYON Semarang Tiket & 4 Aktivitas Top

Jam Operasional Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Pengunjung bebas untuk menjelajah tanpa ada batasan waktu. Daerah ekowisata ini buka dari pagi hari hingga sore hari. Karena tidak ada batasan waktu untuk berkunjung. Hanya saja tidak disarankan untuk menginap karena tidak ada sarana seperti listrik yang tersedia.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Wisata di Hutan Mangrove Pandansari

Petunjuk Arah Hutan Mangrove Pandansari Brebes
Petunjuk Arah Hutan Mangrove Brebes Pandansari – Foto:Google.maps/Ika Puspita

Pengunjung yang ingin menjelajah kawasan ekowisata ini, mungkin memerlukan waktu seharian karena cukup luas. Selain itu wahana yang disediakan cukup banyak, apalagi untuk menambah wawasan.

Dari wahana wisata ke wahana yang lain pengunjung akan terus melihat berbagai slogan. Berisi ajakan untuk menjaga dan mencintai lingkungan sekitar. Usaha dari warga sekitar ditambah kerjasama dari pemerintah setempat ini tidak heran jika kawasan wisata ini menerima penghargaan Kalpataru. Penghargaannya diberikan pada tahun 2017 oleh Presiden Indonesia.

1. Trekking Hutan Mangrove Brebes Pandansari

Wahana ini merupakan wahana favorit dan menjadi andalan di Hutan Mangrove Brebes Pandansari. Sudah banyak pengunjung yang puas setelah mengunjungi kawasan ini pasca melakukan trekking di hutan Mangrove. Setelah naik kapal menuju kesini, pengunjung dapat menikmati suasana hutan yang asri.

Dermaga Hutan Mangrove Pandansari Brebes
Dermaga Hutan Mangrove Pandansari Brebes – Foto:Google.maps/Ihda Maulida

Bukan hanya memiliki suasana yang asri, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas trekking yang nyaman. Tidak seperti daerah wisata alam yang memerlukan begitu banyak usaha untuk mencapainya. Disini pengunjung cukup melewati jalanan kayu yang nyaman. Ditambah sesekali ada hewan-hewan yang muncul ketika berjalan.

Pengunjung akan merasakan wisata edukasi yang sesungguhnya ketika memasuki kawasan hutan. Di pinggir-pinggir jalur trekking banyak slogan dan papan-papan edukasi yang berisi informasi tentang tanaman bakau. Bukan hanya berisi informasi semata, tetapi papan slogan tersebut juga berisi ajakan untuk merawat dan mencintai lingkungan.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & 6 Aktivitas Seru

2. Taman Kupu-Kupu

Sebagai wisata edukasi yang sedang berkembang. Di lokasi pariwisata ini pun sedang dikembangkan Taman Kupu-Kupu. Walaupun tidak terlalu besar karena lokasi ini memang merupakan kawasan Hutan mangrove.

3. Taman Burung

Selain, sedang dikembangankan wahana edukasi Taman kupu-kupu. Di kawasan ini pun sedang dikembangkan taman burung untuk para pengunjung. Jadi semakin betah untuk berlama-lama disini.

Selain itu burung bangau habitat asli hutan bakau juga sering hinggap di sekitar hutan. Pengunjung bisa melihat dan mengabadikan spesies burung ini.

4. Konservasi Kepiting Soka

Hutan mangrove merupakan habitat dari berbagai jenis binatang dan salah satunya adalah kepiting. Sebagai habitat aslinya, maka dikembangkan juga wahana untuk konservasi kepiting soka di daerah ini.

Pengunjung selain bisa bertemu kepiting ketika menyusuri mengelilingi hutan bakau. Juga bisa mendapatkan edukasi mengenai hewan yang satu ini.

5. Spot Foto

jembatan pink ikonik hutan mangrove brebes pandansari
Jembatan pink yang membelah hutan bakau menajadi salah satu ikon spot ikonik kawasan wisata mangrove ini. foto: google maps/katamso katamso

Hutan Mangrove Pandansari Brebes memang utamanya menawarkan wisata alam. Mengelilingi hijaunya hutan bakau menjadi aktivitas yang paling banyak dilakukan.

Bagi pencinta foto-foto salah satu tempat foto ikonik adalah jembatan pink. Selain jalur trekking yang terbuat dari kayu-kayu yang ditutupi rimbunnya tamanan bakau.

Fasilitas Hutan Bakau Brebes

Sama seperti kawasan wisata lainnya pengunjung mendapatkan akses fasiltas. Mulai dari lahan parkir, mushola, kamar kecil hingga warung untuk jajan dan makan juga tersedia di area hutan mangrove. Tetapi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tidak disediakan fasilitas penginapan.

Selain menikmati fasilitas-fasilitas wisata edukasi yang tersedia. Pengunjung juga dimanjakan dengan adanya fasilitas menara dan jembatan panjang. Fasilitas ini sudah dibangun sejak tahun 2016 lalu.

Lokasi Hutan Mangrove Brebes Pandansari

Memiliki akses jalan yang cukup mudah, untuk wisatawan yang sudah tertarik untuk berkunjung tinggal datang ke Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52219.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here