Beranda Tiket Wisata

CURUG PENGANTIN Tegal Tiket & Pesona Alam - Desember 2020

Air Terjun Pengantin
Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Ladang,Hutan, Guci,Bumijawa,Tegal,Jawa Tengah,Indonesia,52466.

Berwisata di Kabupaten Tegal, tentu tidak boleh melupakan wisata alamnya. Nama Tegal sangat terkenal karena banyaknya tempat makan dengan nama “Warung Tegal” yang begitu khas. Bertebaran di mana – mana dengan gaya khas penjualnya yang menggunakan logat bahasa Jawa ngapak. Namun siapa sangka, Tegal memiliki wisata indah bernama Curug Pengantin.

Nama air terjun ini dalam bahasa Jawa disebut “Curug Penganten”. Dinamakan demikian karena air terjun ini berdampingan layaknya sepasang pengantin. Alam yang masih sangat asri menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk melepas penat. Sehingga tepat dijadikan tujuan wisata kala liburan singkat tiba.

Harga Tiket Masuk Curug Pengantin

Objek wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat. Dimana, masyarakat hanya memasang tarif parkir saja. Yang mana tarif tersebut sudah termasuk tiket masuk menuju air terjun.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk parkirRp 3.000

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Tegal

Jam Operasional

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional khusus. Pengunjung dapat datang kapan saja. Namun, pengelola dan warga sekitar menyarankan untuk tidak mengunjungi di atas pukul 16.00 WIB. Dan bagi yang sudah berkunjung, segeralah pulang sebelum pukul 16.00 WIB.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 16.00 WIB

Pesona Keindahan Curug Pengantin

Curug Pengantin Tegal
Curug Pengantin Tegal. Foto: Gmap/fityan fathurahman

Di sebuah tebing batuan setinggi kurang lebih 10 meter, mengalir dua buah air terjun yang indah. Alirannya begitu deras dan jernih, sehingga tampak hanya putih pekat air yang turun ke kolam. Inilah Curug Pengantin, dua buah air terjun yang mengalir berdampingan. Layaknya sepasang pengantin yang tengah duduk di pelaminan.

Seperti tebing yang menjadi latar mengalirnya, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter. Meskipun tingginya sama, namun dua air terjun ini memiliki tipe yang berbeda. Dimana salah satu air terjun alirannya begitu deras memancar ke kolam hingga sekitarnya. Sementara air terjun yang satunya alirannya tidak terlalu deras, mengalir lurus menuruni tebing menuju kolam.

Baca: Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kolam air tidak terlalu dalam, namun pengunjung dilarang berenang atau bermain air di sini. Karena aliran air terjun begitu deras, dan banyaknya batuan sehingga rawan menenggelamkan. Sebagai gantinya, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan kesegaran air terjun yang begitu memukau. Yang bahkan cipratannya dapat dinikmati dari jarak beberapa meter di depannya.

Alam Indah Curug Pengantin

Pemandangan Alam Indah di Curug Pengantin
Pemandangan Alam Indah di Curug Pengantin. Foto: Gmap/brandof brother

Curug Pengantin tidak hanya menyajikan keindahan dan keunikan air terjun saja. Tapi, panorama sekitarnya juga sangat menawan dan sayang dilewatkan begitu saja. Lokasinya yang masuk ke dalam hutan menjadikan suasananya begitu asri. Pengunjung dapat merasakan kesejukan dan keasrian hutan dengan suara derasnya aliran air terjun sebagai musiknya.

Di dinding – dinding air terjun merupakan bebatuan alam yang tampak berwarna hitam. Di permukaan dinding telah ditumbuhi tanaman rambat dan semak yang cukup tebal. Hingga permukaannya tampak penuh dengan tanaman dan hanya sedikit tampak bebatuan. Menambah kesan asri semakin melekat di objek wisata ini.

Baca: Guci Hot Water Boom Tegal Tiket & Wahana

Pepohonan rindang di sekitarnya turut membuat kawasan semakin teduh. Tak heran, karena tempat ini belum banyak diubah meskipun telah dijadikan objek wisata.

Berfoto dengan Berlatar Air Terjun Pengantin

Aliran Deras Curug Pengantin
Aliran Deras Curug Pengantin. Foto: Gmap/santoso

Berfoto di air terjun menjadi ritual yang wajib jika berkunjung ke objek wisata ini. Dua buah air terjun yang berjajar ini dapat menjadi objek foto yang tepat. Apalagi di depannya terdapat kolam dengan batuan hitam yang menyembul. Tidak hanya satu atau dua, namun banyak seolah bertaburan di atasnya.

Air yang mengalir di kolam dan mengalir melalui celah batuan begitu jernih. Tampak sangat segar disaksikan dari permukaannya. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di kolam ini meskipun tidak dalam. Karena aliran air terjun begitu deras, sehingga mengkhawatirkan dan dapat menghanyutkan siapapun di atasnya.

Baca: RITA PARK Tegal Tiket & Wahana

Pengunjung pun tidak boleh terlalu dekat dengan aliran air terjun. Sehingga, lokasi berfoto hanya dapat dilakukan dari jarak kurang lebih 20 meter dari air terjun. Dimana, di jarak ini masih terdapat batuan yang dapat dijadikan tempat untuk berfoto. Dan lokasi ini terbilang aman karena jaraknya tidak terlalu dekat dengan air terjun.

Jalur Trekking Menantang dengan Pemandangan Indah

Sawah yang akan Dilalui Pengunjung saat Trekking
Sawah yang akan Dilalui Pengunjung saat Trekking. Foto: Gmap/Maz Pandji

Untuk menuju Curug Pengantin tidaklah mudah. Pengunjung harus melakukan trekking dengan jarak kurang lebih 500 meter. Yang mana, medannya tidaklah mulus, banyak rintangan yang harus dilalui. Namun, semua jerih payah tersebut akan terbayar ketika pengunjung menginjakkan kaki di kawasan air terjun.

Pengunjung akan melewati areal persawahan yang begitu indah. Sawah yang menghampar luas, hijau, dengan mayoritas tanaman padi itu sangat memikat hati. Apalagi, sistem sawah di sini menggunakan sistem terasering. Sehingga tampak lebih indah, bahkan cocok dijadikan spot foto.

Baca: Gerbang Mas Bahari Waterpark Tiket & Wahana

Pengunjung juga dapat menyaksikan aktivitas para petani yang tengah bekerja di sawah. Jangan ragu untuk menyapa karena para petani ini sangatlah ramah. Setelah itu, pengunjung akan menyeberangi sungai yang arusnya cukup deras. Pengunjung harus berhati – hati menyeberanginya karena di sini tidak ada alat pengaman apapun.

Fasilitas di Curug Pengantin

Objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga belum banyak fasilitas umum. Yang perlu diperhatikan, taatilah peraturan yang telah ditetapkan oleh warga sekitar. Dimana tidak boleh berenang di kolam, tidak boleh berkunjung lebih dari pukul 16.00 WIB. Dan yang terpenting, dilarang berbuat asusila di tempat ini.

Lokasi Curug Pengantin

Objek wisata ini berlokasi di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Berjarak 40 Kilometer dari pusat kota tegal lokasinya berada di kaki Gunung Slamet. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1 Jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini