Bandung Treetop Adventure Park
Bandung Treetop Adventure Park wisata andrenalin di Bandung

Pada tahun 2006, Treetop Adventure Park mulai melebarkan sayap ke daerah Asia Pasifik di Selandia Baru, Australia, Jepang, Singapura, dan Bali. Akhirnya sampailah ke Bandung pada tahun 2010 yang diberi nama Bandung Treetop Adventure Park.

Treetop Adventure Park sendiri merupakan kawasan wisata yang dibangun pertama kali di daerah French Alps, Perancis pada tahun 1995. Kemudian berkembang menjadi lebih banyak di berbagai area wisata. Tidak kurang dari 350 lokasi di seluruh dunia tersebar hingga ke Inggris, Spanyol, Italia, Swiss dan Kanada.

Di sini, wisatawan akan mendapatkan pengalaman menantang yang mengharuskan wisatawan meluncur dari satu pohon ke pohon lainnya menggunakan katrol. Kegiatan itu biasa disebut dengan flying fox, yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter dengan panjang 160 meter.

Setiap arena tantangan memilki tingkat kesulitan yang bertahap. Wahana ini dibuat tak hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak juga bisa menikmatinya dengan ketinggian 2 hingga 20 meter. Selebihnya, setiap arena akan dibatasi usia maupun tinggi badan peserta.

Dari segi keamanan, pengunjung tidak perlu merasa khawatir. Bandung Treetop Adventure Park menggunakan peralatan dengan standar Eropa serta pemandu profesioanl. Sebelum memulai wahana, pemandu akan memberikan instruksi keselamatan. Bagaimana cara kerja wahana, cara menggunakan peralatan, dan memberikan arahan keselamatan yang harus dipatuhi oleh wisatawan.

Seluruh platform pada arena, dipasang menggunakan sistem komprehensif dan inovatif guna melindungi pohon dari kerusakan. Sistem ini memiliki keamanan tinggi yang melindungi kabel wahana agar tidak membuat batang pohon terkikis sehingga terpotong. Kecanggihannya juga meliputi agar pohon tak mudah tumbang demi tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Harga Tiket Bandung Treetop Adventure Park

Tiket Bandung Treetop Adventure Park
DewasaRp200.000
AnakRp140.000
Paket Keluarga (2 Dewasa, 2 anak)Rp540.000

Bagi wisatawan domestik dewasa, diharuskan membayar tiket Bandung Treetop Adventure Park sebesar Rp200.000 per orang. Untuk anak-anak dikenakan tiket masuk Rp140.000 per anak. Paket keluarga yang beranggotakan 2 orang dewasa dan 2 orang anak akan dikenakan tiket masuk lebih hemat Rp540.000.

Sedangkan untuk team building akan dikenakan biaya Rp 100.000. Bagi wisatawan asing dewasa akan dikenakan biaya sebesar USD 22 per orang dan anak-anak sebesar USD 16 per anak. Untuk team building sebesar USD 12.

Harga tiket Bandung Treetop sudah termasuk:

  • Bermain 150 menit akses ke semua 8 tingkat sirkuit (88 tantangan, 24 flying fox).
  • Peralatan keselamatan Standar keselamatan Eropa (EN 15567-1) dikendalikan oleh manajemen Perancis
  • Didukung dan dipandu oleh instruktur profesional
  • Asuransi (untuk usia sampai 65 tahun) dan Air Mineral

Jam Operasional Bandung Treetop Adventure Park

Jam Buka Bandung Treetop Adventure Park
Setiap Hari08.00 – 16.00 WIB

Bandung Treetop Adventure Park beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu pada pukul 08.00 sampai 16.30 WIB. Termasuk pada hari libur nasional.

Wahana & Aktivitas Bandung Treetop Adventure Park

Destinasi wisata ini memiliki wahana yang dapat memacu adrenalin wisatawan dengan tahapan yang berbeda. Ada pun wahana yang dibagi menjadi beberapa arena tergantung dari usia hingga tinggi minimal wisatawan.

Sirkuit Kuning

Sirkuit kuning merupakan arena wahana yang paling mudah dilalui. Sirkuit ini diperuntukkan bagi wisatawan dengan usia minimal empat tahun hingga dewasa. Tinggi wahana permainan ini hanya 2 meter diatas tanah.

Sirkuit Hijau

Dilanjutkan dengan sirkuit hijau yang merupakan wahana dengan ketinggian hingga 5 meter. Untuk melangkah ke tahapan ini, diharuskan yang memiliki tinggi badan 130 cm atau didampingi dengan pemandu.

Sirkuit Biru

Permainan lain di Bandung Treetop Adventure Park ada di sirkuit biru, dengan tingkat kesulitan melebihi sebelumnya yaitu berupa tantangan berayun dan flying fox yang memiliki ketinggian hingga 8 meter dengan syarat tinggi perserta 130 meter. Jika wisatawan siap untuk melangkah pada tahapan selanjutnya maka tingkat kesulitan semakin bertambah.

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana di Berbagai Studio

Sirkuit Oranye

Selanjutnya terdapat oranye sirkuit yang mengharuskan peserta memiliki tinggi minimal 150 cm atau didampingi oleh pemandu profesional. Wahana ini merupakan flying fox yang memiliki jalur lebiih panjang lebih dari 16 meter.

Sirkuit Merah

Kemudian ada sirkuit merah yang memiliki wahana lebih sulit dari arena sebelumnya. Ketinggian tarzan jump dan flying fox yang disuguhkan pada sirkuit ini adalah 8 meter dengan panjang 100 meter.

Sirkuit Hitam

Terakhir, ada sirkuit hitam yang merupakan arena pemacu adrenalin yang paling menantang bagi peserta. Wisatawan perlu mempersiapkan keberanian dan kekuatan fisik untuk dapat melalui tahapan ini. Ketinggian wahana flying fox ini mencapai 20 meter dan panjang yang mencapai  hingga 135 meter. Oleh karena itu, wisata ini tak disarankan bagi penderita yang takut dengan ketinggian.

Fasilitas Bandung Treetop Adventure Park

Di sini, wisatawan dapat mengikuti program outbound untuk menggelar acara company outing, team building, dan promotional event. Bahkan juga dapat menyediakan tempat bagi siapa pun yang hendak merayakan hari ulang tahun.

Ada pun bagi para pengunjung dari rombongan sekolah yang biasa mengadakan aktivitas ekstrakulikuler atau event lainnya. Wisatawan juga dijamin dengan adanya asuransi yang melindungi dari kegiatan pemacu adrenalin yang terdapat di Bandung Treetop Adventure Park.

Angkutan Umum Bandung Treetop Adventure Park

Jika pengunjung hendak menyambangi lokasi wisata ini menggunakan moda transportasi umum, maka naiklah angkutan menuju Terminal Ledeng. Dari Terminal Ledeng, disambung dengan angkutan dengan rute Lembang-Cikole, dan turun di lokasi tersebut. Namun sedikit informasi untuk angkutan dengan jurusan Lembang-Cikole tidak memiliki jumlah unit yang banyak.

Baca: Rabbit Town Bandung: Tiket, Wahana & Aktivitas Menarik

Lokasi dan Kontak Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park terletak di Cikole Jaya Giri Resort, Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Nomor telepom yang dapat dihubungi untuk suatu kepentingan yaitu (022) 82780672. Atau dapat melalui faksimile ke nomor (022) 82780673.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,42 - 31 Pembaca
Loading...