hutan pinus pal 16 dekat tangkuban perahu
Hutan Pinus Pal 16 Tempat wisata di lembang yang berlokasi tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. foto: googlemap/Kusnadi Doanx

Cikole Bandung memang terkenal dengan banyaknya wisata alam mempesona. Namun, di antara banyaknya pilihan itu, ada satu tempat tersembunyi. Ya, Hutan Pinus Cikole Pal 16. Lain dengan wisata sekelilingnya, tempat ini terkenal murah dengan pemandangan tak kalah mempesona.

Harga Tiket Hutan Pinus Cikole Pal 16

Datang dan beraktivitas di hutan pinus ini tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Harga tiket Hutan Pinus Pal 16 bisa didapat dengan harga yang relatif murah.

Harga Tiket Hutan Pinus Cikole Pal 16
TiketRp7.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: Bandung Treetop Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini mulai pagi hari. Jam Buka Hutan Pinus Pal 16 mulai pukul 07.00 pagi.

Jam Buka Hutan Pinus Pal 16
Setiap Hari07.00 – 18.00 WIB

Dekat dengan Wisata Tangkuban Perahu

hutan pinus pal 16 dekat tangkuban perahu
Hutan Pinus Pal 16 Tempat wisata di lembang yang berlokasi tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. foto: googlemap/Kusnadi Doanx

Hutan Pinus Cikole Pal 16 berada sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu. Pal 16 terletak di sebelah kanan jalan dari Lembang menuju Subang. Mulanya, tempat ini dijadikan rest area dan parkir kendaraan. Tanah yang datar dan udaranya yang sejuk, cocok untuk mendinginkan mesin kendaraan.

Namun seiring waktu, dengan pemandangan alam menakjubkan, orang pun ramai-ramai mengunjungi tempat ini. Pal 16 menjadi kawasan tujuan wisata dengan nuansa hutan pinus yang asri. Dengan biaya masuk tak lebih dari 10 ribu, pengunjung dapat menikmati tempat ini sepuasnya.

Baca: Grafika Cikole Lembang Tiket & 5 Aktivitas Menarik

Bersantai di Atas Hammock

Bersantai di Hammock
Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di hutan pinus cikole ini adalah bersantai di hammock. foto: googlemap/Hendra Habibie

Sekadar bersantai dengan piknik dan duduk-duduk saja menjadi pilihan yang tak kalah seru. Semilir angin yang berhembus ke wajah sungguh sangat menyegarkan. Jika ingin yang lebih istimewa, Pal 16 menyediakan hammock untuk disewakan.

Pengunjung pun bisa menyusun hammock bertingkat . Akan sangat asyik dilakukan bersama kawan-kawan atau keluarga. Bergantung dan bersantai di antara pohon pinus menjadi momen yang menyenangkan dan berharga. Wah, seru sekali ya!

Outbond dan Kemping di Hutan Pinus Cikole Lembang

Kemah di hutan pinus pal 16
Berkemah di hutan pinus memang beda terutama dengan tersedianya berbagai fasilitas. foto: googlemap/Kemping di Hutan Pinus – AKHMAD NUR AMINUDIN AMINUDIN

Hutan Pinus Cikole Pal 16 pun kerap dijadikan sebagai lokasi pelatihan dasar kepemimpinan. Area yang luas cocok untuk membangun tenda, outbound, dan aktivitas kelompok. Tak heran jika banyak sekolah dan komunitas melaksanakannya di sini. Hidup langsung di alam memupuk para pesertanya untuk hidup lebih mandiri.

Tapi jika ingin camping bersama keluarga, bisa juga . Memasak bersama dan menyalakan api unggun di malam keakraban akan menjadi momen spesial. Benar-benar menyegarkan pikiran dan hubungan pun semakin harmonis.

Spot Foto Menawan

spot foto hutan pinus
Tidak hanya kegiatan outdoor, di tempat wisata lembang yang satu ini pengunjung juga tersedia spot-spot foto yang menarik. foto: googlemap/Anang Susila

Tentu tak lengkap jika jalan-jalan tanpa mengabadikan momen. Ada sejumlah tempat ciamik yang bisa dijadikan tempat berfoto. Misalnya, ada sarang burung besar, atau semacam beranda berbentuk hati di tepi tubir. Titik-titik ini jadi tempat favorit karena pemandangan alam di belakangnya yang menakjubkan.

Ada pula area bernama ‘selfie dect’, di mana pengunjung bebas berfoto di titik yang disediakan. Di sini, ada backdrop alami dari kayu, saung-saung, juga properti berbentuk minions lucu. Pokoknya, berfoto di sini, pengunjung tak akan cepat bosan karena begitu banyak pilihan!

Melihat Rimbun Hutan dari Atas Jembatan Panjang

Di Pal 16, ada sebuah jembatan merah yang cukup panjang. Jembatan ini dipakai untuk melintasi area berikutnya. Tapi dari atas sini, pengunjung pun bisa sejenak melihat lebatnya hutan pinus. Meski bergoyang-goyang, jembatan ini aman. Tapi hati-hati agar tak terpeleset.

Jajan dengan Suasana Unik dan Asyik

cafe & jajanan
Tidak membawa bekal tidak jadi masalah. Karena banyak ditemui penjual makanan dan cafe di hutan pinus ini. foto: googlemap/Sam Muji

Jangan takut kelaparan di Pal 16. Sebab, ada warung-warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan. Uniknya, terdapat meja dan kursi pengunjung yang dibuat alami dari pepohonan pinus. Pengunjung pun bisa semakin menikmati suasana hutan pinus di sini.

Jika ingin makan di tempat yang tertutup, Pal 16 menyediakan tempat serupa rumah makan. Tiang-tiangnya di sangga dengan tembok berhias anyaman bambu, sehingga kental nuansa tradisional. Dan tentu, ada banyak menu yang bisa dipilih. Lezat, dan mengenyangkan!

Lokasi Wisata Hutan Pinus Cikole

Tempat ini terletak di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Lembang, Bandung Barat 40391. Tunggu apa lagi, ajak keluarga nikmati alam di Hutan Pinus Cikole Pal 16!

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 2 pembaca
Loading...