Beranda Tempat Wisata

Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap 2021

Tempat Wisata Di Bandung menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas menarik. Kota yang berjuluk ‘Kota Kembang’ ini memang punya beragam pesona. Bentang alam, kuliner, hingga wisata belanjanya selalu jadi incaran.

Berwisata ke Kota Bandung tidak cukup berkunjung hanya ke satu tempat. Ada beragam alternatif wisata yang tersedia di sini, dari yang murah-meriah hingga mewah. Mau menghabiskan akhir pekan atau liburan panjang? Bandung selalu punya jawabannya.

Berikut 49 Tempat Wisata di Bandung pilihan terbaik untuk liburan. 

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung pilihan tempat wisata di bandung bertemakan indoor
Trans Studio Bandung adalah taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia – Foto: Google Maps / Oni Budipramono

Nama Trans Studio mungkin sudah tidak asing di telinga penggemar wisata. Mulai beroperasi pada tahun 2011, Trans Studio menghadirkan one-stop entertainment spot bagi warga Bandung. Tempat rekreasi ini berada di Jalan Gatot Subroto Kota Bandung. Kawasannya terdiri dari shopping mall, hotel, dan taman hiburan.

Taman hiburan Trans Studio Bandung merupakan salah satu indoor theme park terbesar setidaknya di Indonesia. Taman ini terbagi menjadi 3 zona permainan. Zona tersebut adalah Studio Central, Magic Corner, dan Lost City. Seluruh wahana bisa dinikmati dengan tiket terusan seharga 180.000 – 280.000 rupiah.

Studio Central mengusung tema Hollywood dan merupakan zona dengan wahana atraksi terbanyak. Di sini pengunjung bisa mencoba sejumlah wahana yang menantang. Beberapa di antaranya yaitu Racing Coaster, Giant Swing, dan Indosat Galaxy Vertigo.

Selanjutnya di Zona Magic Corner menyajikan berbagai atraksi bertema fantasi. Pengunjung dapat memasuki Dunia Lain dan menyaksikan Special Effect Action Show. Sementara Zona Lost City menawarkan wahana dengan konsep petualangan. Rasakan pengalaman berpetualang yang mendebarkan di Kong Climb dan Jelajah. 

Baca: TRANS STUDIO Bandung Tiket & 11 Wahana Seru

2. Kebun Binatang Bandung

Harimau di Kebun Binatang Bandung
Banyak dan beragamnya satwa di Kebun Binatang Bandung salah satu alasan taman satwa ini tak pernah sepi – Foto: Google Maps/Richard Sagala

Kebun Binatang Bandung adalah taman satwa pertama yang ada di kota Paris van Java ini. Tempat wisata di Bandung yang satu ini berada di Jalan Kebun Binatang, Lebak Siliwangi. Letaknya tidak jauh dari kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Lokasinya yang strategis membuat Kebun Binatang tidak pernah sepi pengunjung.

Taman satwa ini bisa jadi alternatif untuk rekreasi keluarga, terutama untuk anak-anak. Anak-anak akan mendapat edukasi fauna secara langsung. Beberapa wahana juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan aneka satwa. Koleksi satwanya banyak serta dari berbagai daerah.

Di lahan seluas kurang-lebih 14 hektare, pengunjung dapat melihat berbagai jenis satwa. Beberapa di antaranya merupakan satwa dilindungi seperti gajah dan harimau Sumatera. Ada juga beruang madu, beragam reptil, burung, dan lain-lain.

Selain melihat tingkah hewan, pengunjung juga dapat menyaksikan atraksi satwa pintar. Ada beberapa hewan yang bisa ditunggangi seperti gajah dan kuda. Tersedia pula sejumlah wahana rekreasi untuk semua kalangan. Wahana tersebut di antaranya perahu, flying fox, dan area bermain anak-anak.

Lebih Lengkap: KEBUN BINATANG BANDUNG Tiket & Berbagai Atraksi Satwa

3. Alun-Alun Bandung

Alun-Alun Bandung tempat wisata di Bandung yang murah
Suasana Alun-Alun Bandung di malam hari – Foto: Google Maps/Fenta Fijayanto

Alun-Alun Bandung hadir sebagai salah satu opsi tempat wisata di Bandung dengan harga terjangkau. Salah satu landmark kota ini bahkan tidak menetapkan biaya tiket sama sekali. Lokasinya terletak di pusat kota, tepatnya di antara Jalan Asia-Afrika dan Jalan Dalem Kaum. Wisatawan bisa mencapainya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Revitalisasi Alun-Alun Bandung menjadi titik awal tren peremajaan fasilitas kota serupa. Kawasan ini mempercantik diri dengan berbagai fasilitas yang memanjakan warga kota maupun wisatawan. Lapangan rumputnya berlapis rumput sintetis. Sementara area sekeliling lapangan terlihat indah dengan taman yang nyaman dan cantik.

Pengunjung dapat bermain maupun beristirahat dengan leluasa di sini. Tidak perlu membayar, cukup melepas alas kaki dan menjaga kebersihan. Biasanya, lapangan ini jadi tempat untuk berkumpul berbagai komunitas. Anak-anak juga bisa bebas berlarian dan bermain bola karet di sini. 

Di sekitar alun-alun juga banyak spot wisata yang tak kalah menarik. Salah satunya Masjid Raya Bandung dan Jalan Asia-Afrika. Selain tempat beribadah, Masjid Raya juga memiliki menara yang terbuka. Wisatawan dapat melihat panorama Bandung sejauh 360 derajat dari sini. 

Sementara itu, Jalan Asia-Afrika selalu padat dengan beragam atraksi dan acara menarik. Banyak ornamen bersejarah yang ada di sepanjang jalan. Jangan lupa berfoto dengan para cosplayer yang sering ‘nongkrong’ di sana.

Selengkapnya: Alun-Alun Bandung: 5 Daya Tarik Wisata

4. Punclut Bandung

mini golf Punclut tempat wisata di Bandung dengan panorama perbukitan
Area wahana golf mini dengan pemandangan Kota Bandung dari Punclut – Foto: Google Maps/thedungdungpret

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit adalah salah satu spot wisata panorama Bandung. Kawasan ini berjarak sekitar 30-45 menit saja dari pusat kota. Beragam spot wisata menarik hingga kekinian tersedia di sini. Sehingga, Punclut sangat cocok sebagai tempat menikmati akhir pekan yang singkat.

Kawasan Punclut menyajikan panorama Kota Bandung dari ketinggian. Udaranya yang sejuk membuatnya nyaman menjadi tempat nongkrong berlama-lama. Karenanya, terdapat berbagai kafe maupun tempat rekreasi di sepanjang jalan. Setiap spot menawarkan konsep yang berbeda-beda. 

Sejauh ini ada sejumlah kafe yang beroperasi di kawasan Punclut. Jika ingin nongkrong sambil santai, Lereng Anteng dan De BlankOn bisa jadi pilihan. Pengunjung bisa memilih tempat duduk yang nyaman sambil menikmati panorama perbukitan. Bagi penyuka selfie, Dago Bakery Punclut dan Tafso Barn punya banyak spot unik untuk berfoto.

Ingin makan di bawah gemerlap ‘bintang-bintang’? Kunjungi Cakrawala Sparkling Nature Restaurant yang memiliki desain eksterior unik. Ingin rekreasi bersama seluruh anggota keluarga? Kunjungi D’Dieuland yang menawarkan wahana-wahana seru dan asyik.

Lebih Lengkap: Punclut Bandung: Tiket & Ragam Aktivitas Kuliner

5. Bukit Moko

Acara kembang api di bukit moko dermaga bintang
Acara kembang api di bukit moko dermaga bintang

Bukit Moko merupakan salah satu tempat wisata di Bandung terbaik untuk menyaksikan panorama Kota Kembang dari ketinggian. Wisata alam ini terletak di kawasan dataran tinggi Cimenyan, Kota Bandung. Tiket masuknya sangat terjangkau dan lokasinya cukup mudah untuk dicapai.

Destinasi wisata ini menjadi favorit untuk menyaksikan sunset maupun sunrise, terutama bagi anak muda. Area Puncak Bintangnya memiliki sebuah dermaga untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas. Saat cuaca cerah, pemandangan matahari terbit maupun terbenam terlihat jelas dari sini. Kawasan ini bahkan bisa lebih ramai saat malam hari.

Di samping itu, Bukit Moko juga terbuka untuk kegiatan trekking dan camping. Area hutan pinusnya memiliki jalan setapak yang nyaman untuk jalan santai. Wisatawan yang ingin camping bisa membawa tenda sendiri atau menyewanya. Nikmati romantisnya pemandangan gemerlap lampu kota dari bukit ini.

Baca: Bukit Moko Bandung Tiket & Ragam Aktivitas Seru

6. Jalan Braga

Lukisan di Jalan Braga salah satu tempat wisata di Bandung yang punya sejarah
Menikmati suasana Bandung tempo dulu di Jalan Braga – Foto: Google Maps/Agus Abi Kamal

Wisata sejarah jadi lebih menyenangkan jika berkunjung ke Jalan Braga. Jalan bersejarah ini merupakan tempat asyik untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Berada tak jauh dari Alun-Alun Bandung, Jalan Braga tak pernah sepi kunjungan wisatawan. 

Jalan yang sudah ada sejak zaman kolonial ini memang istimewa. Sepanjang jalannya berderet bangunan bergaya Eropa yang sudah berumur. Memang hampir semua bangunannya sudah mengalami peremajaan. Kini, bangunan-bangunan tersebut berfungsi sebagai kafe, restoran, maupun toko pernak-pernik.

Jalan sepanjang 1 kilometer ini selalu diburu untuk lokasi foto karena suasananya yang unik. Jalan Braga bisa membuat wisatawan merasakan sedikit nuansa Bandung di zaman kolonial. Berkeliling bangunan dengan arsitektur yang menyimpan berbagai kisahnya masing-masing.

Jalan Braga juga ramai oleh para penjual lukisan di sepanjang jalan. Ada juga galeri seni dan beragam toko souvenir khas Indonesia. Di samping itu, jalan ini juga pusat berbagai acara budaya dan kesenian. Sudah tidak aneh jika melihat wisatawan mancanegara berseliweran di sekitar sini. 

Selengkapnya: JALAN BRAGA : 4 Aktivitas Menarik

7. Ranca Upas Ciwidey

Tempat wisata di Bandung yang menawarkan berinteraksi dengan Rusa di Ranca Upas Ciwidey
Bermain dengan para rusa lucu di Ranca Upas Ciwidey – FOto: Google Maps/Indra Susandi

Jika Bandung Barat punya kawasan Lembang, Bandung Selatan memiliki Ranca Upas. Kawasan ini merupakan area wisata di dataran tinggi yang menawan. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan KM 11. Meski cukup jauh dari pusat kota, namun Ranca Upas lokasinya cukup mudah terjangkau melalui jalan tol Soreang.

Di Kawasan Ranca Upas terdapat berbagai tempat wisata alam yang cocok untuk keluarga. Hampir semua tempat wisata di sini masih memiliki lingkungan yang alami. Udaranya masih sejuk dengan serangkaian fasilitas yang nyaman. Ranca Upas bisa menjadi referensi liburan keluarga.

Lahannya yang luas menyediakan area berkemah yang nyaman. Area ini juga memiliki fasilitas outbond dengan beragam pilihan wahana. Suasana alamnya yang asri membuat Ranca Upas cocok untuk berburu foto. Baik sunrise maupun sunset sama indahnya di sini.

Keseruan lainnya di Ranca Upas adalah adanya waterpark dan penangkaran rusa. Waterparknya memiliki kolam air panas yang asik untuk berendam. Dapatkan juga pengalaman berinteraksi dengan rusa di penangkaran Ranca Upas. Pengunjung bisa memberi makan para rusa dengan wortel yang bisa dibeli di tempat. 

Baca: RANCA UPAS Bandung Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

8. Little Seoul

little seoul bandung chingu cafe
Wisata kuliner ala korea di little seoul Bandung yang berada di Chingu Cafe. Foto: Instagram/chingucafe

Wisatawan Bandung yang menggemari budaya pop Korea Selatan dapat memuaskan hasratnya di Little Seoul. Little Seoul merupakan kafe dengan konsep Kota Seoul kekinian. Di dalamnya, pengunjung dapat mencicipi kuliner sekaligus ‘cuci mata’.

Kafe ini sebenarnya terdapat di beberapa titik di Kota Bandung. Ada di Jalan Sawunggaling, Jalan Purwakarta Antapani, dan Jalan Gegerkalong Hilir. Lokasi pertama berada satu kawasan dengan Chingu Cafe dan Chagiya BBQ di Jalan Sawunggaling. 

Little Seoul menghadirkan suasana ala drama Korea melalui desain interior maupun eksteriornya. Begitu melangkahkan kaki kemari, pengunjung akan terpesona dengan interior warna-warni yang menarik. Setiap sudut mulai dari tempat duduk hingga dindingnya bisa jadi spot foto unik. 

Menu khas Korea Selatan yang tersedia pun variatif. Ada makanan berat seperti kimbap, ramyeon, dan budaejigae yang mengenyangkan. Untuk makan besar, ada menu BBQ yang bisa dimasak bersama-sama. Menu minumannya menggunakan nama-nama grup K-Pop seperti BTS, EXO, Apink, dan sebagainya.

Ada pula ragam street food seperti corn dog, tteokbokki, dan hotteok yang praktis. Uniknya, street food ini dijual khusus di gerai yang ada di sepanjang replika Dongdaemun Street. Selain wisata kuliner, pengunjung juga mendapatkan pengalaman berjalan-jalan di kawasan populer Seoul tersebut.

Lebih Lengkap: Little Seoul Chingu Café Wisata Ala Korea

9. Kampung Korea

suasana malam di kampung korea lembang bandung
Keindahan kampung korea semakin lengkap dengan bangunan-bangunan dan ornamen khas korea serta bunga-bunga . Foto: Google Maps/SaAyaNa waee

Jika ingin menikmati suasana budaya Korea Selatan, coba datang ke Kampung Korea. Objek wisata yang terhitung baru ini menghadirkan ‘secuil’ replika Negeri Ginseng. Kampung Korea ini bisa dicapai dari Jalan Banteng, Kota Bandung. Bisa juga melalui gerbang Kiara Artha di Jalan Kiaracondong.

Sejak pintu masuk, gerbang dengan gaya arsitektur tradisional Korea Selatan siap menyambut. Barisan pohon Mugunghwa artifisial menghiasi jalan masuknya. Pengunjung bak menginjakkan kaki dalam sebuah taman istana Korea Selatan. Jembatan kayu dan bangunan dengan fasad bergaya tradisional mengelilingi area ini.

Dekorasinya yang menarik memang mengundang untuk dijadikan lokasi berfoto. Untuk memaksimalkan pengalaman ala Korea ini, pengunjung bisa menyewa hanbok. Jasa fotografer ahli juga tersedia jika ingin mendapatkan foto yang berkualitas.

Setelah puas berkeliling, jangan lupa cicipi ragam kuliner khas Korea Selatan. Pengunjung bisa menemukan gerai jajanan, ramyeon, hingga kopi madu bercita rasa unik. Pada hari-hari tertentu, berlangsung berbagai kegiatan oleh komunitas pecinta Korea, Hansamo. Pengunjung bisa turut berpartisipasi belajar bahasa hingga tari tradisional di sini.

Selengkapnya: KAMPUNG KOREA BANDUNG Tiket & Ragam Daya Tarik

10. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya tempat wisata di Bandung yang menawarkan udara sejuk pegunungan
The Lodge Maribaya adalah salah satu pelopor destinasi wisata selfie dengan panorama alam – Foto: Google Maps/fify s

Berawal dari villa pribadi, The Lodge Maribaya kini jadi destinasi wisata favorit di Lembang. Objek wisata ini menempati lahan luas di kawasan patahan Lembang. Lokasinya langsung menghadap ke lembah Lembang nan hijau dan memukau. Tempat ini bisa jadi alternatif berlibur di Bandung bagi wisatawan penikmat suasana alam. 

The Lodge Maribaya berada di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasannya terdiri dari beberapa fasilitas rekreasi berkualitas. Fasilitas tersebut yaitu fun rides, camp & village, dan restaurant. Wisatawan dapat bermalam di penginapan yang nyaman, mencoba rekreasi menantang, dan wisata kuliner. 

Fasilitas penginapannya berupa glamping dan villa yang terbalut suasana asri. Ada tiga pilihan restoran yaitu Dapur Hawu, Omah Bambu, dan Cafe Pines. Semua menu di Dapur Hawu dimasak di tungku dengan kayu bakar. Sementara Omah Bambu menyajikan menu prasmanan khas Sunda.

Fun Rides terdiri dari sejumlah wahana seru sekaligus spot foto. Ada Zip Bike atau sepeda gantung, beberapa macam ayunan ekstrem, hingga gantole. Tersedia aneka spot foto unik seperti Sky Tree, Hot Air Balloon, Glass Deck, dan sebagainya. Semua wahana ini kebanyakan berada di ketinggian hingga 40 meter, lho.  

Selengkapnya: THE LODGE MARIBAYA Tiket & Ragam Aktivitas Seru

11. Caringin Tilu

Caringin Tilu tempat wisata di Bandung yang menjadi incaran fotografer
Menyalurkan hobi fotografi di Caringin Tilu – Foto: Google Maps/Deka Vivedru

Caringin Tilu adalah nama kawasan tempat Bukit Moko berada. Bertempat di Desa Cimenyan Bandung, kawasan wisata ini menawarkan wisata alam yang terjangkau. Caringin Tilu sudah populer sejak dulu sebagai tempat wisata berbagai kalangan. Tempat ini biasanya jadi tujuan lokasi perayaan tahun baru.

Caringin Tilu juga terkenal dengan sebutan ‘Cartil’ oleh warga lokal. Cartil memiliki beberapa spot wisata sederhana yang menyajikan pemandangan memesona. Salah satu yang paling populer adalah Bukit Moko. Di sini, terdapat Puncak Bintang tempat menikmati panorama Bandung dari ketinggian.

Di kawasan Caringin Tilu juga banyak terdapat tempat makan lesehan. Warung-warung makan ini biasanya menyajikan menu tradisional Sunda seperti nasi timbel. Kebanyakan warung menyajikan menu khas Sunda. Wisatawan dapat menikmati kuliner khas berteman udara dingin Cartil di sini.

Pada perayaan tahun baru, Cartil selalu ramai wisatawan. Ini karena lokasinya yang berada di ketinggian. Ratusan kembang api dari Kota Bandung dapat terlihat dari kawasan ini. Wisatawan bisa menghabiskan pergantian tahun bersama kerabat sambil menikmati jagung bakar di sini.  

Baca: Caringin Tilu Keindahan Bukit Hijau Yang Memesona

12. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey tempat wisata di Bandung dengan keunikan kabut alami
Wisata alam ke Kawah Putih yang eksotis – Foto: Google Maps/Jay Idoan Sihotang

Sebagai kota yang berpagar pegunungan, Bandung punya beberapa destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM 11. Kawah Putih merupakan danau alami hasil letusan Gunung Patuha di zaman dahulu. Danau yang mengandung belerang ini memiliki bentang alam yang tak biasa.

Kawah Putih berada di ketinggian hingga 2.430 mdpl. Suhu areanya berkisar 15-22 derajat celcius. Karena dinginnya, kawasan ini juga seringkali berselimut kabut. Pengunjung bisa merasakan sensasi kabut tebal saat kunjungan pagi atau sore hari.

Ciri khas objek wisata ini adalah keindahan warna danaunya. Kawah Putih yang mengandung belerang ini menampilkan warna putih kehijauan yang cantik. Selain itu, terdapat area hutan cantigi yang bisa menjadi lokasi trekking. Kecantikan kawasan ini membuatnya sering sebagai lokasi syuting maupun pemotretan khusus.

Baca: KAWAH PUTIH Ciwidey Tiket & Daya Tarik

13. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas tempat wisata di Bandung yang cocok untuk edukasi anak-anak
Bermain sambil belajar di Taman Lalu Lintas Bandung – Foto: Google Maps/Parsidi

Taman Lalu Lintas adalah taman rekreasi anak-anak yang sudah lama hadir di Bandung. Taman ini bertempat di Jalan Belitung No. 1, cukup dekat dengan pusat kota. Nama resminya adalah Taman Ade Irma Suryani. 

Mengusung konsep edukasi lalu lintas terutama untuk anak-anak. Di sini, pengunjung akan tersaji aneka media edukasi yang berkaitan. Mulai dari dekorasi taman hingga wahananya mengusung tema lalu lintas. Ini bisa terlihat dari banyaknya rambu-rambu lalu lintas yang bertebaran di seluruh area taman.

Di sini, anak-anak bisa melakukan simulasi berlalu lintas melalui wahana bersepeda. Ada juga wahana kereta api yang berkeliling taman. Fasilitas lainnya yaitu kolam renang, arena bermain, dan panggung teater terbuka. Belajar tertib berlalu lintas jadi lebih asyik karena sambil berwisata di taman ini. 

Lebih lengkap: Taman Lalu Lintas Bandung Tiket & Aktivitas

14. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda tempat wisata di Bandung dengan kesegaran area hutan kota
Wisata alam sekaligus sejarah di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda – Foto: Google Maps/Z_Fitriani

Bandung juga punya hutan kota yang menjadi salah satu tempat wisata unggulan. Adalah Taman Hutan Raya Djuanda, atau terkenal juga dengan sebutan Tahura Djuanda. Hutan konservasi ini menempati lahan seluas 590 hektare di kawasan Dago Pakar hingga Maribaya. Tahura berada di Jalan Ir. H. Djuanda No. 99, Dago Pakar. 

Tahura Djuanda merupakan hutan konservasi dengan lebih dari 2500 jenis tanaman. Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas di spot-spot wisatanya. Beberapa di antaranya yaitu hiking, trekking, dan camping. Tahura juga memiliki spot-spot foto yang cantik dengan pemandangan alamnya.

Ada sejumlah curug sebagai tujuan trekking dan hiking di kawasan ini. Curug tersebut yaitu Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay. Pengunjung juga bisa trekking di area Tebing Keraton. Panorama dari ketinggian tebing ini akan membuat mata terpukau. 

Di Tahura juga terdapat Gua Belanda dan Goa Jepang yang bersejarah. Keduanya merupakan lokasi tur wisata sejarah yang mencekam sekaligus menawan. Ada juga Museum Ir. H. Djuanda sebagai bukti penghormatan terhadap sosok tokoh pahlawan nasional tersebut.

Baca: TAMAN HUTAN RAYA DJUANDA Tiket & Aktivitas

15. Dago Dream Park

Dago Dream Park Tempat wisata di Bandung dengan spot foto rumah terbalik
Beragam spot foto menarik tersedia di Dago Dream Park – Foto: Google Maps/Meri Yanto 09

Wujudkan sebagian mimpi dengan berwisata ke Dago Dream Park! Taman rekreasi dan wisata selfie ini berada di Jalan Dago Giri KM 2,2 kawasan Lembang. Puluhan wahana dan spot foto yang seru siap menyambut wisatawan di sini. Taman ini adalah salah satu opsi terbaik untuk menghabiskan libur di Kota Bandung.

Spot-spot foto kreatif tersedia di taman seluas 11,9 hektare ini. Semuanya terbagi menjadi dua tema, yaitu Extreme Rides dan Selfie Trends. Selfie Trends menyediakan spot cantik seperti Bird Nest, Flying Lounge, hingga Up House yang ikonik. Sementara di Extreme Rides terdapat Aladdin Carpet, Sky Bike, Pirates Ship, dan sebagainya.

Taman ini juga menyediakan arena bermain untuk semua usia. Ada kolam pemancingan, ATV ride, kolam bola Pine House, hingga Flying Fox. Ingin bertarung di arena terbuka dengan aman? Ikuti battle Paintball, Jon Wik, atau panahan.

Dago Dream Park juga memiliki fasilitas lainnya. Ada berbagai penginapan, restoran, serta arena outbond untuk acara gathering. Semuanya ada di kawasan area hutan dan perbukitan yang sejuk dan asri.

Lebih lanjut: DAGO DREAM PARK Tiket & 10 Wahana Terbaik

16. Pemandian Air Panas Ciater

Ciater tempat wisata di Bandung yang menyediakan kolam pemandian air panas
Menyegarkan tubuh dari kelelahan di Pemandian Air Panas Ciater – Foto: Google Maps/Azir Hasibuan

Sedikit ke atas Lembang, ada kawasan sumber air panas alami Ciater. Tempat Wisata di Bandung yang satu ini berada di Jalan Raya Ciater arah Subang. Ciater tidak hanya menawarkan variasi kolam pemandian air panas. Tempat ini juga memiliki fasilitas rekreasi seperti waterpark dan curug alami.

Ada beberapa kolam air panas di kawasan Ciater. Kolam tersebut di antaranya Kolam Pulosari, Leuwisari, Mayangsari, dan Wangsa Dipa. Semuanya menampung air panas alami dari mata air Gunung Tangkuban Parahu. Suhunya berkisar antara 39-46 derajat celcius dan sebagian mengandung belerang.

Tersedia juga kolam renang untuk anak-anak berupa waterpark. Suhunya lebih hangat dan kolamnya sudah lengkap dengan sarana permainan. Area bermain dengan wahana seperti sepeda air dan trampolin juga tersedia. Jangan lupa kunjungi Curug Jodo yang memiliki aliran air panas alami.

Baca: Pemandian Air Panas Ciater Tiket & Ragam Aktivitas

17. Tebing Keraton

Tebing Keraton tempat wisata di Bandung dengan panorama pegunungan memukau
Menyaksikan pesona Bandung dari Tebing Keraton – Foto: Google Maps/Saepul Fadli

Tebing Keraton adalah spot wisata alam bagian dari Tahura Djuanda. Kawasan tebing ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Dari spot ini, pesona lembah patahan Lembang tampak terlihat jelas.

Ada sejumlah aktivitas wisata di Tebing Keraton. Beberapa di antaranya adalah trekking, bersepeda, dan berkemah. Kawasan ini memiliki trek yang tertata rapi melintasi area hutan pinus. Sehingga, pengunjung dapat berjalan kaki maupun gowes ria dengan nyaman.

Di area tebing, dibuat spot yang sudah dipagari agar lebih aman. Spot ini menghadap langsung ke hamparan hutan alami di bawahnya. Spot ini juga jadi tempat favorit untuk berfoto karena panoramanya yang indah. Bagi yang ingin bermalam, terdapat camping ground dengan fasilitas yang memadai.

Selengkapnya: TEBING KERATON Bandung Tiket & Aktivitas

18. Kolam Renang Karang Setra

Kolam renang karang setra salah satu tempat wisata di Bandung bertemakan waterpark
Karang Setra adalah salah satu kolam renang yang sudah lama hadir di Kota Bandung – Foto: Google Maps/Benny Sudaryanto

Tidak banyak tempat wisata di Bandung bertemakan kolam renang dengan konsep waterpark. Namun, ada Kolam Renang Karang Setra yang sudah ada sejak lama. Kolam renang ini bahkan menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sirnagalih No. 15, Sukajadi, Kota Bandung.

Meski usianya sudah cukup tua, Karang Setra tidak pernah sepi pengunjung. Jenis kolamnya variatif dan sarana permainan airnya terbilang cukup lengkap. Karang Setra tidak hanya memiliki kolam renang standar. Ada Kolam Pantai, Kolam Arus, bahkan Kolam Atletik sebagai sarana berlatih para atlet.

Wahana permainannya juga beragam. Terdapat seluncuran Naga, seluncuran sepanjang 82 dan 86 meter, serta ember tumpah. Di samping itu, tersedia wahana lain seperti Sepeda Udara, Balon Air, hingga Mini Cinema. 

Selengkapnya: Kolam Renang Karang Setra Tiket & Wahana

19. Taman Tegallega

"<yoastmark

Taman Tegallega adalah salah satu taman kota sekaligus objek wisata Kota Bandung. Lokasinya memang berada di pusat keramaian kawasan Regol, Bandung. Taman ini bertempat di Jalan BKR, tepatnya di seberang Museum Sri Baduga. Fasilitas publik serta banyaknya transportasi umum yang melintas menjadikan lokasinya strategis.

Taman ini memiliki area olahraga yang luas untuk berbagai macam olahraga. Sepak bola, atletik, hingga skateboard dan parkour bisa dilakukan di sini. Selanjutnya di salah satu sisi taman terdapat Monumen Bandung Lautan Api. Pada saat pagi hari di akhir pekan, kawasan sekitar taman akan ramai oleh pasar kaget.

Selain itu, Taman Tegallega juga memiliki area Taman Lampion Dinosaurus. Di malam hari, kawasan ini tampak semarak dengan lampion berbagai bentuk. Di sekitar area ini, banyak penyedia sewa wahana permainan untuk anak-anak. 

Lebih Lanjut: Taman Tegallega Bandung Tiket & Ragam Aktivitas

20. De Ranch

De Ranch tempat wisata di Bandung bertemakan peternakan kuda
De Ranch menawarkan pengalaman berkuda berselimut suasana ala Amerika – Foto: Google Maps/Fakhrial Ihsan Triansyah

Tempat wisata di Bandung selanjutnya ada di Di Lembang. Yaitu De Ranch yang menawarkan suasana peternakan ala Amerika. Objek wisata ini berada di Jalan Maribaya No. 17, Lembang. Memiliki bentang alam yang hijau, tempat ini tertata layaknya lahan peternakan di Amerika. Aktivitas rekreasi utamanya yaitu kegiatan menunggangi kuda. 

Terdapat sekitar 20 ekor kuda yang bisa untuk ditunggangi. Wisatawan bisa memilih paket kursus belajar berkuda atau sekadar berkeliling saja. Untuk melengkapi pengalaman ini, tersedia juga penyewaan kostum ala koboi.

Di samping itu, ada berbagai aktivitas edukasi dan rekreasi lainnya. Di antaranya adalah bersepeda, memancing, dan meluncur di flying fox. Pengunjung juga bisa coba memberi makan atau menyusui anak sapi dan kambing di sini. Rasakan pengalaman dunia peternakan yang seru hanya di De Ranch, Lembang. 

Baca: DE RANCH Bandung Tiket & Wahana

21. Rabbit Town

Rabbit town tempat wisata di Bandung dengan area selfie unik
Menikmati instalasi selfie unik di Rabbit Town – Foto: Google Maps/Daniel Asri Moi Asg

Dapatkan pengalaman wisata swafoto unik di Rabbit Town Ciumbuleuit, Bandung. Tempat wisata di Bandung yang satu ini menghadirkan belasan instalasi seni kontemporer sebagai arena selfie. Rabbit Town mengusung kelinci sebagai tema utamanya. Selain selfie, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beberapa jenis hewan menggemaskan.

Objek wisata ini terdiri dari sejumlah studio mini yang didesain out-of-the-box. Setiap studio menggunakan objek dan warna yang mencolok. Salah satunya spot Pink Ice Cream yang jadi ikon tempat ini. Studio ini penuh dengan ornamen bertema es krim dengan warna-warni yang manis. 

Spot foto lainnya juga bertebaran di seluruh area Rabbit Town. Dari gerbang hingga halaman belakang memiliki warna dan desain dengan kesan tersendiri. Ada spot Axion yang penuh patung tokoh seperti Spiderman dan Superman. Spot Love Light menyajikan susunan pilar-pilar dengan lampu yang romantis.

Untuk pengunjung anak-anak, terdapat wahana Cookie Monster dan Lala Town Playground. Anak-anak bisa belajar kerajinan tangan hingga memasak. Arena ini juga memiliki wahana permainan seperti flying fox dan balap mobil. Selain itu, ada arena bagi pengunjung agar berinteraksi langsung dengan kelinci hingga kancil.

Selengkapnya: Rabbit Town Bandung Tiket & Wahana

22. D’Dieuland

Kawasan wisata D'Dieuland Lembang Bandung malam hari.
Kawasan wisata D’Dieuland Lembang Bandung malam hari.

Nongkrong di Bandung pada akhir pekan memang asyik. Lebih seru lagi jika nongkrongnya di D’Dieuland, taman rekreasi di kawasan Lembang. Taman ini memadukan beberapa restoran dan kafe dengan arena bermain dalam satu lokasi.

D’Dieuland mengusung konsep sebagai tempat rekreasi untuk seluruh anggota keluarga. Area bermain indoor dan outdoor-nya sangat seru untuk anak-anak. Di area ini juga terdapat seluncuran dan kolam bola. Selanjutnya ada juga flying fox yang tidak terlalu tinggi dan terjamin keamanannya.

Sementara anak-anak bermain, orangtua maupun pengunjung remaja bisa bersantai sejenak. Tersedia berbagai tempat duduk nyaman dan spot dengan panorama instagrammable. Nikmati beragam menu Sunda hingga Barat yang tersaji di kafe dan restorannya. Ada juga wahana Giant Swing, ayunan ekstrem bagi pengunjung dewasa. 

Selengkapnya: D’Dieuland Bandung Tiket & Ragam Aktivitas

23. Taman Balai Kota Bandung

Tempat wisata di Bandung yang murah datang saja ke Taman Balai Kota
Taman Balai Kota jadi salah satu opsi wisata murah-meriah yang menyenangkan – Foto: Google Maps/Agung Kurniawan

Jika ingin rekreasi di Tempat wisata di Bandung yang murah, kunjungi saja Taman Balai Kota. Taman ini berada di Jalan Wastukencana No. 2, beberapa langkah saja dari pusat kota. Taman Balai Kota merupakan fasilitas kota untuk warga masyarakat. Wisatawan dapat menghabiskan waktu yang menyenangkan di sini tanpa perlu biaya tiket. 

Ada banyak tempat bersantai di taman ini. Salah satu daya tarik utamanya adalah sebuah labirin sederhana di sekeliling pohon besar. Selain itu, ada kolam tempat bermain air dan arena bermain anak. 

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas olahraga di sini. Ada spot dengan sarana olahraga yang bisa digunakan siapa saja. Di sisi lain, terdapat kebun kecil dengan beragam koleksi tanaman, seperti sayur dan tanaman hias. Beberapa satwa seperti ayam, kelinci, dan kambing terpelihara dengan baik di sini.

Lebih Lengkap: Taman Balai Kota Bandung Wisata Gratis

24. Bandung Indah Waterpark

Bandung Indah Waterpark tempat wisata di Bandung bertemakan permainan air
Serunya bermain air bersama keluarga di Bandung Indah Waterpark – Foto: Google Maps/ Ardian Tania

Alternatif wisata renang di Bandung lainnya adalah Bandung Indah Waterpark. Taman permainan air ini berada di Komplek Bandung Indah Golf, tepatnya di Jalan Terusan Kopo KM 8,4. Areanya luas dan memiliki pilihan kolam serta wahana yang cukup beragam.

Bandung Indah Waterpark memiliki kolam renang standar dengan kedalaman variatif. Tersedia kolam sedalam 1,2 meter hingga 1,7 meter untuk berolahraga. Kolam khusus anak-anak dengan kedalaman lebih rendah pun ada. Kolam ini menyediakan wahana ember tumpah dan pancuran yang berwarna-warni.

Ada tiga seluncuran yang tersedia di sini. Ketiganya memiliki ketinggian bervariasi dengan maksimal mencapai 20 meter. Jika ingin bersantai, ada kolam arus yang mengelilingi area taman. Pengunjung dapat menggunakan pelampung untuk menikmati aliran arus buatannya.

Selengkapnya: BANDUNG INDAH WATERPARK Tiket & Wahana

25. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali tempat wisata di Bandung yang menawarkan area berkemah nyaman
Camping dengan nyaman di Glamping Lakeside Rancabali – Foto: Google Maps/Hendra Pardin

Glamping Lakeside Rancabali tempat wisata di Bandung yang menawarkan area berkemah nyaman. Glamorous camping ini bertempat di area tepi Situ Patengan, Kabupaten Bandung. Selain pengalaman glamping, objek wisata ini juga menawarkan fasilitas rekreasi penunjang lainnya.

Bermalam di glamping memberikan pengalaman berkemah dengan fasilitas ala hotel berkualitas. Ada 4 jenis tenda yang tersedia dengan biaya mulai dari 1.100.000 rupiah per malam. Keong dan Family Tent menampung hingga 4 orang. Sementara Lakeside dan Sayang Heulang tent memiliki kapasitas 2 orang. 

Keempat tenda ini berada di sekitar Situ Patengan dan sekelilingnya area perkebunan teh. Wisatawan dapat melakukan trekking sekitar kebun atau berperahu di danau. Selain itu, ada restoran berbentuk kapal yaitu Pinisi Resto dengan jembatan gantungnya. Fasilitas rekreasi lainnya meliputi taman kelinci, spot foto Teras Bintang, dan Golesat Circuit.

Baca: GLAMPING LAKESIDE Rancabali Tiket & Aktivitas

26. Panghegar Waterboom

Panghegar Waterboom tempat wisata di Bandung dengan wahana permainan air lengkap
Selain waterpark, Panghegar Waterboom juga terdapat kolam air panas – Foto: Google Maps/Panghegar Waterboom Bandung

Panghegar Waterboom tempat wisata di Bandung yang menawarkan kolam renang dan taman rekreasi air lainnya yang ada di Kota Bandung. Kolam renang ini bertempat di Jalan Mengger Tengah No. 37 Buah Batu, Bandung. Panghegar Waterboom bisa jadi alternatif untuk wisata keluarga di akhir pekan.

Ada beberapa jenis kolam yang bisa menjadi arena permainan. Beberapa diantaranya adalah kolam ombak, kolam renang prestasi, kolam arus, dan kolam air panas. Kolam air panas ini adalah salah satu tambahan sarana terbaru di objek wisata ini. Pengunjung dapat memanfaatkannya untuk berendam.

Sebagai taman rekreasi air, tentunya ada berbagai wahana permainan yang tersedia. Terdapat water slide yang bisa bagi anak-anak maupun orang dewasa. Selanjutnya ada wahana ember tumpah dan air terjun. Sedangkan di sudut lain, terdapat foodcourt yang teduh dan nyaman untuk beristirahat.

Baca: PANGHEGAR WATERBOOM Tiket & Wahana

27. Perkebunan Teh Rancabali

Tempat wisata di Bandung yang menyegarkan datang saja ke Kebun Teh Rancabali
Menghirup udara segar di kawasan Perkebunan Teh Rancabali – Foto: Google Maps/Tommy Wijaya

Bagi yang ingin mencari kesegaran dan hijaunya pegunungan tempat wisata di Bandung yang satu ini sangat tepat. Kebun Teh Rancabali menawarkan sensasi berwisata di tengah hawa sejuk Perkebunan Teh. Objek wisata ini berada di kawasan Glamping Lakeside Rancabali. Hamparan kebun teh yang hijau jadi daya tarik utama tempat ini. Beberapa kegiatan juga disiapkan untuk menikmati wisata kebun teh secara maksimal.

Aktivitas utama yang ada di sini adalah tur kebun teh atau tea walk. Tur ini bisa dilanjutkan dengan tur ke Pabrik Teh Walini. Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari wisata edukasi seputar dunia teh. Pengunjung akan mendapat wawasan seputar teh oleh pemandu yang berpengalaman.

Di samping itu, ada kegiatan seru yang bisa keseruan bersama keluarga. Beberapa di antaranya yaitu glamping dan balapan di Golesat Circuit. Golesat menawarkan pengalaman meluncur dengan wahana roda tiga tanpa mesin. Wisatawan akan meluncur di sirkuit dengan kemiringan yang landai serta aman.

Lebih lengkap: 6 Aktivitas Seru di Perkebunan Teh Rancabali

28. Museum Geologi

Museum geologi Tempat wisata di Bandung yang menyimpan koleksi kerangka hewan
Belajar berbagai hal tentang dunia geologi di Museum Geologi – Foto: Google Maps/Hatta

Museum Geologi adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang populer bagi wisatawan. Museum ini terletak di jantung Kota Bandung, tepatnya Jalan Diponegoro No. 57. Lokasinya menempati salah satu gedung peninggalan masa kolonial. Selain sebagai museum, tempat ini juga merupakan pusat penelitian geologi.

Sesuai namanya, museum ini memamerkan beragam koleksi geologi. Koleksi ini meliputi kerangka fosil, berbagai jenis batuan, sedimen mineral, dan sebagainya. Hal yang menjadi daya tarik utama adalah fosil T-Rex yang berukuran asli. Kerangka manusia dan hewan purba serta batuan unik juga menjadi koleksi utama museum.

Selain itu, terdapat ruangan-ruangan edukasi seputar geologi. Pengunjung dapat mempelajari tentang gunung berapi, proses gempa bumi, hingga minyak bumi. Tersedia media 3D yang membuat kegiatan belajar semakin menyenangkan.

Selengkapnya: MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Tiket & Atraksi

29. Hutan Pinus Cikole

Hutan Pinus Cikole tempat wisata di Bandung berhawa sejuk
Nongkrong, ngopi, dan selfie di Hutan Pinus Pal Cikole 16 – FOto: Google Maps/rikrik sunaryadi

Bentang alam Bandung yang asri menjadikannya kota yang unik. Tempat nongkrong atau wisata tidak sebatas mall atau kafe saja. Nongkrong di kawasan hutan pinus pun bisa dilakukan di sini, salah satunya di Hutan Pinus Cikole Pal 16. Hutan ini terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang. 

Tempat wisata di Bandung yang satu ini menempati area hutan pinus yang luas dan teduh. Suasana hutan yang masih asri berpadu dengan udara segar dataran tinggi. Awalnya, tempat ini hanya berfungsi sebagai rest area. Seiring waktu, Pal 16 berkembang menjadi destinasi wisata keluarga.

Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan di alam terbuka seperti berkemah dan outbond. Beberapa spot foto kreatif juga tersedia untuk melengkapi keseruan wisata di sini. Selain itu, ada cafe bernuansa alam yang nyaman untuk tempat bersantai. Pengunjung hanya perlu membayar 10.000 rupiah untuk memasuki kawasan ini.

Selengkapnya: Hutan Pinus Cikole Pal 16 Tiket & Ragam Aktivitas

30. Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas tempat wisata di Bandung pusat oleh-oleh
Belanja suvenir dan oleh-oleh dengan nyaman di Teras Cihampelas – Foto: Google Maps/Ivan Fadhilla

Bicara tentang tempat wisata di Bandung, banyak orang tentu sudah mengenal kawasan Cihampelas. Di sinilah berkembangnya pusat perbelanjaan berbagai komoditas Bandung, terutama pakaian. Kini, Jalan Cihampelas telah tertata menjadi area wisata bernama Skywalk Cihampelas. Di sini, pengunjung dapat lebih leluasa berbelanja tanpa perlu terganggu kemacetan.

Skywalk Cihampelas merupakan jalan layang yang berfungsi sebagai area belanja. Wisatawan dapat menemukan berbagai kios cinderamata maupun oleh-oleh. Jalan yang terkenal juga sebagai Teras Cihampelas ini terbagi menjadi tiga zona.

Zona suvenir menghadirkan kios-kios khusus cinderamata seperti kaos dan aksesori tradisional Sunda. Zona kuliner menawarkan berbagai street food khas Bandung seperti cilok, es goyobod, dan sebagainya. Sementara zona taman adalah area di mana pengunjung dapat duduk dan beristirahat. Beberapa sudut juga memiliki dekorasi instagenik dan cocok untuk swafoto. 

Lebih lengkap: JALAN CIHAMPELAS: 5 Aktivitas Wisata Asik

31. Kolam Renang Siliwangi

Kolam Renang Siliwangi tempat wisata di Bandung dengan berbagai permainan air seru
Berenang dan bermain air di Kolam Renang Siliwangi – FOto: Google Maps/Kolam Renang Siliwangi

Punya rencana staycation di Kota Bandung? Segarkan diri dengan bermain di Kolam Renang Siliwangi. Kolam renang dan waterpark ini berada di Jalan Lombok No. 10 Kota Bandung. Lokasinya relatif dekat dari pusat kota dan satu kawasan dengan hotel.

Kolam Renang Siliwangi memiliki fasilitas waterpark dan beberapa jenis kolam. Area waterpark dilengkapi seluncuran spiral dan wahana ember tumpah. Arena bermain tersedia untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Sarana kolam renang dewasa tersedia dengan kedalaman bervariasi. Pengunjung dapat memilih kedalaman yang sesuai, mulai dari 1,4 hingga 1,8 meter. Suhu airnya sengaja diatur tidak terlalu dingin agar mudah menyesuaikan dengan temperatur tubuh. Selain itu, terdapat Whirlpool yang memiliki tekanan air untuk untuk relaksasi. 

Lebih lanjut: KOLAM RENANG SILIWANGI Tiket & Aktivitas

32. Glamping Legok Kondang Ciwidey

Glamping legok kondang Tempat wisata di Bandung yang menawarkan area berkemah mewah
Tipe Luxury Storm dengan kolam renang – Foto: Google Maps/Glamping legok Kondang Lodge

Alternatif lain untuk merasakan pengalaman glamping di Bandung terdapat di Legok Kondang Ciwidey. Glamping ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 39, Ciwidey. Area wisata ini menawarkan sensasi glamping dengan berbagai aktivitas penunjang yang menarik.

Legok Kondang memiliki lebih dari 10 jenis tenda. Harganya bervariasi mulai dari 1 jutaan hingga 5 jutaan. Setiap tenda memiliki daya tampung dan pemandangan yang berbeda-beda. Tenda terbesar yaitu Luxury Sunrise dapat menampung hingga 8 orang.

Fasilitas yang tersedia yaitu tempat tidur nyaman, sofa, serta kamar mandi dengan air hangat. Ada juga tenda yang dilengkapi jacuzzi air panas dan kolam renang pribadi. Wisatawan akan mendapatkan pemandangan perkebunan hingga citylights Bandung yang romantis.

Untuk menambah keseruan, terdapat sejumlah aktivitas outdoor yang disediakan. Di malam hari, ada barbekyu dan api unggun. Sementara pagi hingga sore hari bisa melakukan kegiatan trekking dan tangkap ikan untuk anak-anak. Kegiatan menantang pun tersedia mulai dari paint ball, off road, hingga rafting di sungai.

Lebih lengkap: GLAMPING LEGOK KONDANG Ciwidey

33. Museum 3D Bandung Amazing Art World

Museum 3D Bandung Amazing Art World tempat wisata di Bandung dengan berbagai lukisan 3D unik
Serunya wisata selfie di Museum 3D Amazing Art World Bandung – Foto: Google Maps/yaminse riviera

Museum 3D Bandung Amazing Art World, tempat wisata di Bandung yang menawarkan sensasi foto 3D unik. Museum unik ini bisa ditemui di Jalan Setiabudhi No. 293, Bandung. Terdapat 6 galeri yang menempati area seluas 2 hektare. Tidak hanya mengapresiasi dengan mata, pengunjung dapat melakukan wisata selfie di sini.

Secara keseluruhan, terdapat 13 zona yang menawarkan beragam tema. Beberapa di antaranya adalah zona Winter, Aqua, Roma Italia, dan Dinosaurus. Winter Zone menyajikan suasana musim dingin, sementara Aquazone mengusung tema dunia bawah laut. 

Di Roma Italia Zone, pengunjung dapat berfoto seolah sedang berada di Venezia. Sedangkan Dinosaurus Zone menyajikan suasana zaman purba dengan berbagai dinosaurusnya. Hasilkan foto yang unik dan berkesan di setiap zonanya. Museum ini bisa dikunjungi dengan harga tiket mulai dari 55 ribu rupiah.

Lebih Lengkap: Amazing Art Wold Tiket & Wahana

 34. Garden Ice Rink

Garden Ice Rink arena bermain ice skating
dapatkan pengalaman berseluncur di arena ice skating Garden Ice Rink – Foto: Google Maps/Garden Ice Rink

Bandung juga memiliki destinasi wisata unik yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Rasakan pengalaman meluncur di atas arena ice skating Garden Ice Rink. Arena ini berada di kawasan Mall Paris Van Java Sky Level, Jalan Sukajadi No. 137-139. Garden Ice adalah satu-satunya arena ice skating di Kota Kembang ini.

Gelanggang olahraga ini menggunakan lapisan es asli. Pengunjung akan disambut oleh dinginnya temperatur udara saat memasuki arena. Oleh karena itu, pengunjung harus mengenakan jaket dan bisa melengkapinya dengan kaus kaki serta sarung tangan. 

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki perlengkapan ataupun pengalaman. Garden Ice Rink menyediakan penyewaan sepatu skating dan alat bantu untuk meluncur. Kursus seluncur juga dibuka khusus untuk pengunjung anak-anak. Arena ini juga jadi lokasi berbagai acara pertunjukan ice skating profesional yang menawan.

Selengkapnya: Main Ice Skating Seru Di Gardenice Rink Bandung

35. Amped Trampoline Park

Pengunjung melompat dari satu trampolin ke trampolin lainnya
Menguras keringat dengan cara asyik di Amped Trampoline Park – Foto: Google Maps/kurilink wae

Selain bermain ice skating, ada alternatif lainnya untuk menikmati olahraga dengan cara menyenangkan. Kota Bandung punya Amped Trampoline Park yang cocok untuk bermain sambil berolahraga. Tempat rekreasi ini berada di 23 Paskal Shopping Center Mall, Jalan Pasir Kaliki No. 25-27. 

Di sini, pengunjung dapat melompat di hamparan trampolin dengan leluasa. Biasanya, wahana trampolin identik sebagai wahana bermain anak-anak. Amped Trampoline Park justru bisa dijajal oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tiket masuknya dibandrol dengan harga mulai dari 80 hingga 125 ribu per jam. 

Selain melompat-lompat dari satu trampolin ke trampolin lainnya, ada fasilitas tambahan yang bisa dicoba. Pengunjung bisa bermain trampolin sambil menggabungkannya dengan rock wall climbing, basket, hingga dodge ball. Ada juga foam pit yang diisi busa berwarna-warni dan arena khusus pemain trampolin ahli. Yuk, bakar lemak dengan cara yang asyik di arena Amped Trampoline Park!

Lebih lengkap: Tiket AMPED TRAMPOLINE Park 2 Kota

36. Upside Down World

Jungkir balik tanpa takut jatuh
Tambah koleksi foto dengan wisata ke Upside Down World – Foto: Google Maps/Dani Afessa

Masih haus dengan destinasi wisata yang tidak biasa di Kota Bandung? Coba kunjungi Upside Down World yang ada di Jalan H. Wasid No. 31. Objek wisata selfie ini terinspirasi dari film Hollywood berjudul sama. Pengunjung akan diajak berpetualang ke dunia yang ‘jungkir balik’ di sini.

Upside Down World menyajikan sepuluh ruangan yang didesain terbalik. Setiap ruangan merupakan bagian-bagian rumah tinggal pada umumnya. Ruangan tersebut di antaranya keluarga, ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi. Tidak perlu khawatir karena pemasangan setiap furniture telah terjamin keamanannya.

Memasuki setiap ruangan, pengunjung akan disambut oleh furnitur yang dipasang di langit-langit. Jika pengunjung berfoto dan memutar hasilnya sejauh 180 derajat, terlihat ilusi dunia yang terbalik. Wahana rekreasi ini sangat cocok untuk wisatawan yang mencari lokasi swafoto dengan latar unik.

Selengkapnya: Upside Down World Bandung Tiket & Atraksi

37. Centrum Million Balls

Bermain mandi bola tanpa batas usia
Seru-seruan di kolam bola estetik Centrum Million Balls – Foto: Google Maps/asep sutandi

Siapa bilang orang dewasa tidak boleh bermain mandi bola? Hidupkan kembali nostalgia masa kecil di Centrum Million Balls. Wahana rekreasi dan wisata selfie ini berada tak jauh dari pusat kota. Alamat tepatnya yaitu Jalan Belitung No. 10 Bandung. 

Centrum Million Balls adalah arena kolam bola terbesar di Indonesia. Daya tarik utamanya yaitu kolam bola dangkal seluas 500 meter persegi. Di tepinya, terdapat seluncuran untuk menambah pengalaman berenang yang lebih nyata. Karena luasnya yang masif, orang dewasapun bisa turut bermain di sini.

Selain sebagai arena bermain bola, kolam ini juga merupakan arena ‘bermain’ swafoto. Tampilan bola yang serba oranye menjadikannya unik dan tampak instagrammable. Ornamen tambahan seperti pelampung angsa dan bantal aneka bentuk jadi pelengkap foto yang menarik.

Di samping kolam bola raksasanya, Centrum juga menyediakan wahana rekreasi lain. Ada kolam bola khusus bayi dan balita yang lebih aman bagi pengunjung di bawah umur. Tersedia juga spot-spot foto seru dengan berbagai tema. Salah satu yang paling menarik adalah Story of My Life dan Disco Darling.

Baca: CENTRUM MILLION BALLS Tiket & Spot Foto

38. Gedung Sate

Ikon Kota Bandung yang sudah populer
Wisata akhir pekan menjelajahi bagian-bagian Gedung Sate – Foto; Google Maps/soffie gusniza

Wisata ke Bandung belum lengkap rasanya jika belum bertandang ke ikon kotanya yang tersohor. Apa lagi kalau bukan Gedung Sate, gedung pemerintahan yang bersejarah. Bangunan ini merupakan jantung kota yang menempati Jalan Diponegoro No. 22. 

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan bersejarah yang berfungsi sebagai kantor pemerintahan. Namun, kawasan ini terbuka secara terbatas untuk para wisatawan. Wisatawan masih dibolehkan untuk mengeksplorasi beberapa bagian gedung. Bagian tersebut antara lain halaman, atap menara, dan museum.

Di halaman, pengunjung bisa berkeliling menikmati keindahan taman dan arsitektur luar gedung. Terdapat prasasti bersejarah yang mengenang gugurnya tujuh pemuda di masa Agresi Militer Belanda. Pindah ke menara, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Bandung melalui teropong yang tersedia. 

Selanjutnya salah satu sudut terbaru di Gedung Sate adalah Smart Museum. Museum ini menempati area basement sayap timur. Pengunjung dapat belajar sejarah dengan media interaktif yang memanfaatkan berbagai teknologi. Wahana yang wajib dicoba adalah virtual reality mengelilingi Gedung Sate dari balon udara.

Lebih lengkap: Gedung Sate Tiket & 9 Daya Tarik Utama

39. Pandora Experience

Permainan asah otak dan otot
Destinasi wisata unik yang membutuhkan ketangkasan otak dan otot, Pandora Experience – Foto: Google Maps/Imam Santoso

Pandora Experience adalah arena bermain teka-teki yang memang khusus untuk orang dewasa. Wahana ini berlokasi di Jalan Sukajadi No. 173A, Kota Bandung. Di sini akan mengajak pengunjung bermain peran sebagai detektif. Berbalut plot cerita menarik, beragam teka-teki dengan tingkat kesulitan bervariasi harus dipecahkan. 

Berwisata kemari memang memberikan pengalaman seolah tengah membuka kotak pandora yang tiada akhir. Ada beberapa cerita yang bisa dicoba oleh wisatawan. Setiap cerita menempati ruangan yang didesain sesuai tema dan konsep yang diusung. Pengunjung dituntut memecahkan teka-teki diiringi oleh sejumlah aktivitas fisik.

Layaknya bioskop, Pandora Experience memiliki jam ‘tayang’ untuk setiap cerita. Rata-rata membutuhkan 4 hingga 10 peserta untuk dimainkan. Pengunjung bisa mencoba tema horor melalui kisah The Dutchman  atau Amityville. Pacu adrenalin tema petualangan di kisah Temple of Doom atau The Howling Catacomb.

Selengkapnya: Pandora Experience Bandung Tiket & Cerita Misteri

40. Taman Love Soreang

Taman Love Soreang
Taman Love Soreang

Jika ingin melihat keindahan Kota Bandung dari ketinggian, kunjungilah Taman Love Soreang. Taman cantik ini berada di Jalan Cijengkol Selarwi, Sadu, Soreang, Kabupaten Bandung. Seperti namanya, Taman Love mungkin akan membuat para pengunjung jatuh cinta. Tidak hanya dengan panorama alam di sekelilingnya, tetapi juga wahana rekreasi di dalamnya.

Memasuki Taman Love, pengunjung hanya perlu membayar 10 ribu rupiah per orang. Taman ini memiliki sejumlah fasilitas rekreasi seperti kolam renang, arena swafoto, dan kafe. Semuanya mengandalkan latar panorama Kota Bandung yang cantik. Karenanya, waktu berkunjung paling tepat adalah pagi atau malam hari.

Pengunjung dapat menikmati panorama alam sambil berenang di kolam infinity-nya. Kolam ini berada tepat di sisi jurang dan bisa dinikmati semua kalangan usia. Di sisi kolam, terdapat pesawat berjenis Casa 212 Srikandi yang sudah tidak beroperasi. Pesawat ini jadi spot foto sekaligus daya tarik tersendiri.

Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto sepuasnya di spot-spot yang tersedia. Salah satu spot yaitu dermaga I Love You yang menawarkan suasana romantis. Jangan lupa hangatkan tubuh dengan ngopi di cafe-nya. Seruput kopi sambil menikmati panorama alam yang menyegarkan mata.

Lebih lengkap: TAMAN LOVE Soreang Bandung Tiket & Aktivitas

41. Forest Walk Babakan Siliwangi

Sejuknya pepohonan di Forest Walk Babakan Siliwangi
Menjajal sebagian hutan kota Siliwangi di Forest Walk Babakan Siliwangi – Foto: Google Maps/Rina Olistiana

Lepaskan penat dan segarkan pikiran di Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung. Tempat wisata di Bandung ini merupakan taman yang menempati sebagian hutan kota. Penataannya yang tak biasa jadi daya tarik tersendiri. Forest Walk Babakan Siliwangi bisa ditemui di Jalan Tamansari No. 73, tak jauh dari kampus ITB. 

Taman ini didesain dengan jalan layang dari kayu yang mengelilingi hutan. Jalur jalan layang melintasi beberapa pepohonan besar sehingga teduh dan nyaman. Pepohonan yang rindang dengan akar yang menggantung membentuk terowongan alami. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berjalan kaki melalui jalan layang ini.  

Di beberapa titik jalan layang, terdapat perhentian berupa teras yang luas. Teras-teras ini dilengkapi meja dan bangku untuk beristirahat. Pengunjung dapat berpiknik dengan leluasa di sini. Sebelum pulang, jangan lupa untuk berfoto di spot-spot ademnya, ya.

Selengkapnya: Forest Walk Babakan Tiket & Ragam Aktivitas

42. Curug Cimahi

Pada malam hari, curug akan disulap jadi 'curug pelangi'
Wisata curug ke Curug Cimahi yang tidak jauh dari pusat kota – Foto: Google Maps/Kang Reysal

Tak terlalu jauh dari Kota Bandung, ada objek wisata alam yang masih asri. Ialah Curug Cimahi, salah satu air terjun tertinggi di wilayah Kabupaten dan Kota Bandung. Sesuai namanya, lokasi curug ini memang masuk dalam kawasan Cimahi. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi No. 325 dan hanya sekitar satu jam waktu tempuh dari Kota Bandung.

Curug Cimahi memiliki tinggi hingga mencapai 87 meter. Karena berada di ketinggian 1.050 mdpl, kawasan curug memiliki udara yang cenderung dingin dan sejuk. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus menuruni 587 anak tangga. 

Keindahan Curug Cimahi hanya bisa dilihat dari jarak jauh. Pengunjung dapat melihatnya dari dek yang juga menjadi spot foto favorit. Di malam hari, air terjun ini disulap menjadi ‘air terjun pelangi’. Sorot lampu warna-warni di sekitarnya membuat curug ini jadi tampak lebih menarik.

Baca: CURUG CIMAHI Bandung Tiket & Pesona Keindahan

43. Kampoeng Tulip

Miniatur kincir angin
Replika pedesaan Belanda yang cantik di Kampoeng Tulip – Foto: Google Maps/Khansa Adila Khairunnisa

Kampoeng Tulip tempat wisata di Bandung yang menawarkan suasana khas negeri Belanda. Objek wisata ini bisa berlokasi di Komplek Perumahan Pasir Pogor, tepatnya di Jalan Banyu Biru H-17, Ciwastra. Kampoeng Tulip menyajikan taman cantik dengan beragam wahana dan arena foto.

Memasuki tempat ini, pengunjung akan merasakan suasana pedesaan ala Belanda. Bangunan dari kayu berwarna-warni tampak berjejer di kanan-kiri jalan berbatu yang rapi. Ditambah dengan bunga-bunga cantik yang menghiasi di sepanjang jalan semakin menambah keindahan taman ini. Setiap sudut terlalu sayang jika terlewat sebagai spot foto.

Selanjutnya ornamen khas Belanda seperti sepeda dan kincir angin juga ada di sini. Abadikan kunjungan dengan berfoto mengenakan pakaian ala Belanda di studio fotonya. Di sisi lain, terdapat danau yang menawarkan wahana sepeda air. Bagi yang menyukai gaya shabby chic, ada toko perabot yang wajib dikunjungi. 

Selengkapnya: Kampoeng Tulip Bandung Tiket & Aktivitas

44. Wot Batu

Mengagumi instalasi batu unik di Wot Batu
Wot Batu adalah galeri seni yang memajang hasil karya seniman Sunaryo – Foto: Google Maps/Adira Oktaroza

Tempat wisata di Bandung memang sangat kreatif. Berbagai galeri seni terdapat di sini, salah satunya Wot Batu. Galeri ini memamerkan karya seni berbahan dasar batu dari seniman Sunaryo. Wot Batu bertempat di Jalan Bukit Pakar Timur No. 98, Bandung.

Mengusung konsep alam terbuka di lahan seluas 2.000 meter persegi. Alih-alih galeri, pengunjung mungkin akan lebih merasakan suasana taman di sini. Tak kurang dari 135 bebatuan dipajang di seluruh area yang memiliki 11 instalasi. Setiap batu ditata sedemikian rupa agar tampak menyatu dengan suasana alam sekitarnya.

Setiap batu memiliki cerita dan latar belakang masing-masing. Ukurannya beragam, mulai dari batu kecil dari Gua Hira hingga batu vulkanik besar. Pengunjung dapat berkeliling mengapresiasi seluruh karya sambil ditemani sejuknya udara kawasan Dago. Tidak ada larangan untuk berfoto, namun pengunjung hanya boleh menggunakan kamera ponsel.

Selengkapnya: WOT BATU Monumen Pengabadian Nilai Yang Memukau

45. Bandung Treetop Adventure Park

Uji keberanian di Treetop Adventure Park
Melatih ketangkasan di Bandung Treetop Adventure Park – Foto: Google Maps/Diary Aqilla

Rasakan sensasi bermain di antara pepohonan seperti Tarzan di Bandung Treetop Adventure. Tempat wisata di Bandung ini merupakan franchise wisata outbond yang sudah ada di berbagai negara. Lokasinya menempati kawasan hutan di Cikole Jaya Giri Resort, Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang. Asyiknya, aktivitas rekreasi outbond di sini bisa dinikmati kalangan anak-anak hingga orang dewasa, lho.

Treetop Adventure menawarkan serangkaian arena atau ‘sirkuit’ yang terdiri dari beberapa wahana. Wahana tersebut diantaranya flying fox, jembatan kayu, dan panjat jaring. Setiap wahana memiliki ketinggian dan kesulitan yang berbeda. Sedangkan ketinggian wahana pun bervariasi, mulai dari 2 meter hingga 20 meter.

Sebelum memulai, pengunjung akan mendapat peralatan khusus untuk menjamin keamanan dan keselamatan. Pengunjung juga akan mendapatkan arahan dari pemandu yang berpengalaman. Ada 6 sirkuit yang bisa dimainkan dalam waktu kurang lebih 150 menit. Selain sebagai arena rekreasi keluarga, Treetop Adventure Park juga cocok untuk acara gathering.

Lebih lengkap: Bandung Treetop Tiket & Ragam Aktivitas

46. Dusun Bambu

Syahdu di Dusun Bambu
Belajar beragam budaya tradisional Sunda di Dusun Bambu – Foto: Google Maps/dusun bambu

Jika ingin menikmati tempat wisata di Bandung yang lengkap dan nyaman untuk keluarga, Dusun Bambu bisa jadi pilihan. Destinasi wisata ini sudah sangat populer terutama di kalangan wisatawan luar daerah. Dusun

Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Di sini, wisatawan bisa melakukan rekreasi sekaligus wisata edukasi budaya tradisional Sunda.

Dusun Bambu adalah taman rekreasi yang mengusung konsep ecotourism. Tersedia berbagai aktivitas rekreasi dengan tema Sunda tradisional yang bisa dinikmati bersama keluarga. Pengunjung akan diajak belajar kesenian, permainan tradisional, kuliner, hingga warisan budaya. Semuanya dilakukan di arena terbuka yang berbalut sejuknya suasana alam pegunungan.

Selanjutnya Dusun Bambu juga menyediakan pilihan penginapan dan glamping untuk bermalam. Sejumlah restoran dan kafe bertema alam juga tersedia. Rasakan pengalaman lingkungan Sunda yang otentik bersama keluarga di sini.

Selengkapnya: DUSUN BAMBU Lembang Tiket & 8 Aktivitas Pilihan

47. Orchid Forest Cikole

Barisan bunga anggrek di Orchid Forest
Melihat berbagai koleksi anggrek d Orchid Forest – Foto: Google Maps/Dian Novia Ranjaini

Bagi yang tergila-gila dengan kecantikan bunga anggrek, Orchid Forest Cikole bisa menjadi pilihan tepat tempat wisata di Bandung. Destinasi wisata ini memadukan suasana alam yang masih asri dengan konsep wisata kekinian. Wisatawan bisa mengunjunginya di Jalan Genteng, Cikole, Lembang. 

Orchid Forest merupakan kawasan hutan konservasi yang menjadi tempat budidaya anggrek. Beragam jenis anggrek dari berbagai penjuru dunia bahkan bisa dilihat dan dibeli di sini. Tidak kurang dari 157 jenis dibudidayakan, mulai dari anggrek endemik hingga yang langka. Selain itu, penggemar anggrek juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya di sini.

Di lahan seluas setidaknya 12 hektare ini, pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh ragam tanaman anggrek. Ada wahana rekreasi berupa aktivitas outbond, camping ground, hingga spot foto cantik. Wahana ikoniknya adalah jembatan kayu dan Garden of Light. Kedua tempat ini jadi spot favorit karena menawarkan suasana romantis terutama di malam hari. 

Lebih Lengkap: ORCHID FOREST Cikole Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

48. Stone Garden

Bebatuan kapur tersebar di area Stone Garden
Panorama Kabupaten Bandung terlihat dari kawasan Stone Garden – Foto: Google Maps/Srsly Brah

Stone Garden adalah destinasi wisata berupa hamparan bebatuan kapur alami. Taman batu ini bisa ditemui di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Puluhan batu berbagai ukuran tersebar di area seluas kurang-lebih 2 hektare. Bukan sembarang batu, melainkan jejak prasejarah wilayah Bandung yang masih tersisa.

Kawasan Stone Garden merupakan bukti kawasan Bandung sebagai laut di zaman purba. Menurut peneliti, bebatuan ini dulunya merupakan batu karang. Terdapat sebuah bekas gua bawah laut bernama Gua Pawon di bagian bawah kawasan taman ini. Keunikannya membuat Stone Garden didapuk sebagai situs batuan kapur terbesar di dunia.

Selain menyaksikan bukti prasejarah yang langka, wisatawan juga dapat berkemah di sini. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat Stone Garden menyajikan panorama langit yang cantik. Selain itu, bentang alamnya membuat taman ini cocok jadi lokasi wisata swafoto yang eksotis.

Lebih lengkap: Stone Garden Bandung Tiket & Aktivitas

49. Fairy Garden

Taman bunga dan istana yang manis
Biarkan si kecil berimajinasi dan bermain bersama para peri di Fairy Garden – Foto: Google Maps/Prima T. Anugrah

Kota Bandung juga punya objek wisata alam yang ditujukan bagi wisatawan anak-anak. Yaitu Fairy Garden, taman rekreasi dengan tema dunia dongeng yang manis. Taman rekreasi ini berada di Jalan Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ditemani udara sejuk Lembang, anak-anak dapat bermain sekaligus belajar dengan menyenangkan di sini.

Beragam wahana dan aktivitas menarik disajikan untuk menghibur anak-anak. Ada Art Factory, Florania, Lola’s Library, Wood Land, dan Gopher Maze. Fasilitas penunjang berupa restoran dengan tema senada juga tersedia di sini.

Anak-anak akan diajak berkreasi di Art Factory dan Florania ditemani para peri. Di Lola’s Library, ada pendongeng yang akan menceritakan kisah-kisah menarik secara langsung. Hidupkan keceriaan dengan bermain di arena Wood Land dan Gopher Maze. Sebelum pulang, jangan lupa berfoto dengan para peri menggunakan kostum dunia peri. (Q)

Lebih lengkap: Fairy Garden Bandung Tiket & Wahana

Tempat Wisata Di Bandung Menarik Lainnya

Itulah sejumlah tempat wisata di Bandung yang sangat menarik sebagai destinasi liburan. Selain itu masih banyak objek wisata memukau lainnya di Bandung. Tak kurang dari 100 lebih tempat wisata di Bandung bisa dikunjungi.

2 KOMENTAR

  1. Saya punya usulan, selain info 49 tempat wisata di bandung ini, kami sarankan agar memberi informasi tempat tempat ziarah yang ada di wilayah bandung dan kabupaten bandung karena banyak sekali orang yang membutuhkan informasi tempat tempat sakral dan keramat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini