Beranda Tiket Wisata

Wisata Sejarah di BENTENG SPEELWIJK Serang September 2021

Benteng Speelwijk BantenHarga Tiket: Rp. 5.000 - Rp. 10.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Kampung Pamarican, Kasemen, Serang, Banten, Indonesia, 42191

Benteng Speelwijk merupakan situs bersejarah semasa penjajahan Belanda yang terletak di Serang, Banten. Benteng ini telah berdiri sejak tahun 1684. Mulanya, benteng ini dibangun oleh penjajah Belanda untuk tempat berlindung dan mengintai musuh. Saat ini, kawasan bentang beralih fungsi sebagai destinasi wisata bersejarah.

Objek wisata benteng ini memiliki wilayah yang luas dan cukup nyaman untuk dikunjungi. Dengan ketinggian dinding mencapai 3 meter. Namun, usia benteng yang semakin tua membuat bangunannya tidak utuh seperti dahulu kala. Tetapi, masih terdapat bagian-bagian benteng yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Harga Tiket Masuk di Benteng Speelwijk Serang

Situs Benteng Speelwijk seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar kota. Situs bersejarah ini sangat cocok dikunjungi untuk menggali informasi mengenai sejarah Kerajaan Banten. Walaupun objek wisata ini merupakan situs bersejarah, tetapi pengunjung tidak dipungut biaya masuk.

Harga Tiket Masuk
Anak/Dewasa
MotorRp. 5.000/unit
MobilRp. 10.000/unit
Sewa Fasilitas
Becak Wisata (20 menit)Rp. 20.000

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Menarik di Serang Banten

Jam Buka

Di masa pandemi Covid 19, benteng ini masih tetap beroperasi dengan protokol kesehatan.

Bagi pengunjung yang hendak berwisata ke benteng ini, sebaiknya datang pada hari biasa. Karena pada saat akhir pekan biasanya benteng ini akan lebih ramai dari biasanya. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang cocok dikunjungi karena matahari tidak terlalu panas.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Aktivitas di Benteng Speelwijk Banten

Meskipun Benteng Speelwijk merupakan peninggalan bersejarah, namun banyak aktivitas yang tersedia di sini. Benteng ini sering menjadi tujuan objek wisata edukasi untuk mengenal sejarah Kerajaan Banten. Selain itu, pengunjung juga dapat berswafoto di spot foto tertentu, bersepeda, dan sebagainya. Sejauh ini area sekitar Benteng Speelwijk lebih tertata baik dan bersih.

Edukasi Sejarah

Peninggalan Kerajaan Banten Benteng Speelwijk
Pesona Benteng dengan Tembok yang Cukup Tinggi dan Tampak Masih Kokoh. Foto: Google Maps/H Mudjiono

Pengunjung yang ingin lebih mengenal Kerajaan Banten wajib mengunjungi Benteng Speelwijk. Benteng ini merupakan sisa peninggalan bersejarah pada masa penjajahan Belanda. Serta salah satu bukti Belanda berhasil menguasai Kerajaan Banten.

Saat memasuki kawasan ini, akan terlihat halaman yang luas berpagar tembok-tembok benteng. Bangunan benteng berbentuk persegi panjang dan terdapat ruang jaga pada setiap sudutnya. Sedangkan bagian ruangan di dalam benteng hanya menyisakan pondasinya saja. Di samping itu, bagian luar dari benteng ini terdapat kompleks makam orang Belanda.

Baca Juga: Taman Wisata MBS Serang Tiket, Wahana & Aktivitas

Taman Cantik Lokasi Berfoto

Taman Di Benteng Speelwijk Serang
Pemandangan Benteng yang Dihiasi dengan Taman Di Sekitarnya. Foto: Google Maps/DwiputrabayuWorld

Di objek wisata ini, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berswafoto sambil beredukasi. Kompleks benteng yang cukup luas ini menawarkan berbagai spot foto yang menarik. Pemandangan dengan latar belakang pintu dan tembok benteng merupakan spot foto favorit.

Selanjutnya taman yang menghiasi sekitaran benteng ini juga dapat dijadikan spot foto. Pada beberapa bagian benteng, terdapat tangga untuk menaiki tembok benteng. Pengunjung juga sering mengabadikan foto pada spot tangga tersebut yang terlihat bersejarah. Pada saat memasuki kompleks benteng akan terlihat tulisan Benteng Speelwijk.

Baca Juga: PANTAI ANYER Serang: Tiket, Aktivitas & Wahana

Bersepeda di Benteng Speelwijk Banten

Pengunjung sedang melakukan kegiatan bersepeda di sekitar benteng
Pengunjung yang Tampak Bersepeda Bersama Dalam Kawasan Benteng. Foto: Google Maps/Teddy Tribintoro

Kompleks Benteng Speelwijk yang cukup luas sering digunakan untuk bersepeda. Biasanya pengunjung yang berasal dari sekitar Kota Serang sering berkeliling benteng menggunakan sepeda. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang sering pengunjung gunakan untuk bersepeda.

Pengunjung yang bersepeda dapat menikmati indahnya benteng dengan melewati jalur-jalur yang mengitari benteng. Tidak hanya bersepeda, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lari pagi di sini. Terlebih lagi, pengunjung dapat bersantai di kursi taman yang tersedia sekitar benteng. Saat ini, sudah banyak terdapat pohon rindang yang menghiasi kompleks benteng.

Baca Juga: AQUALAND Serang Tiket & 5 Wahana Keren

Lokasi Prewedding

Tembok benteng yang mulai usang
Pesona Benteng dengan Matahari yang Menyinari. Foto: Google Maps/Ikhsan Faozi

Benteng Speelwijk dapat menjadi pilihan sebagai tempat prewedding yang indah. Benteng ini tidak hanya menawarkan situsnya yang bersejarah, tetapi juga spot foto menarik. Banyak pasangan yang menggunakan benteng ini untuk mengusung konsep prewedding bertema kolonial. Aksesnya yang mudah dan tempatnya yang menarik membuat benteng ini cocok untuk prewedding.

Selain tempat prewedding, benteng ini juga sering menjadi pilihan untuk melangsungkan berbagai acara. Untuk menggunakan sebagai lokasi acara pengunjung perlu mengurus perijinan ke BPCB Banten. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten merupakan unit kemendikbud yang mengurus perihal benteng.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di wisata benteng, yaitu toilet yang bersih dan tempat parkir. Bagi wisatawan yang menggunakan bus, juga terdapat tempat parkir khusus bus yang memadai. Selain itu, tersedia fasilitas mushola untuk melaksanakan ibadah bagi pengunjung muslim. Di samping itu, terdapat pedagang makanan di sisi luar benteng ini.

Rute & Lokasi

Kompleks benteng ini terletak di kawasan Banten Lama atau Kecamatan Kasemen, Serang, Banten. Di seberang benteng terdapat Vihara Avalokitesvara dan pengunjung dapat berkunjung ke Vihara tersebut. Untuk mempermudah pencarian lokasi dapat menggunakan aplikasi Google Maps. Untuk menuju lokasi benteng ini, pengunjung dapat keluar gerbang Tol Serang Barat.

Jarak dari gerbang Tol Serang Barat menuju ke Benteng Speelwijk sekitar 12 kilometer. Perjalanan dari Tol Serang Barat menuju benteng lebih singkat daripada Tol Serang Timur. Apabila tidak ada kemacetan, estimasi waktu dari Tol Serang Barat menuju benteng sekitar 22 menit.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini