Pantai Anyer
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp800.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Anyer,Bandulu,Serang,Banten,Indonesia,42112.

Pantai Anyer merupakan obyek wisata tepi laut yang terletak di sisi timur propinsi Banten. Pasir pantainya bersih, dengan panorama laut menjadi daya tariknya. Berbagai wahana serta fasilitas mendukung beragam aktivitas wisata di lokasi ini.

Lokasi ini selalu dipadati wisatawan yang kebanyakan adalah wisatawan domestik terutama dari kawasan ibu kota. Padatnya kunjungan wisata seringkali membuat lalu lintas di kawasan sekitar pantai macet. Namun para wisatawan ini rela bermacet-macet ria untuk mencapai kawasan wisata Anyer.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Anyer

Di kawasan wisata anyer terdapat beberapa pantai. Namun yang paling ramai di kunjungi adalah Pantai Sambolo Anyer. Harga tiket masuk ke kawasan pantai relatif mahal untuk ukuran tempat wisata pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Sambolo Anyer
Tiket Masuk Tanpa Kendaraan per orangRp10.000
Sepeda Motor Temasuk OrangRp20.000
Mobil Pribadi Termasuk OrangRp75.000
Elf Termasuk OrangRp250.000
Bus Kecil Termasuk OrangRp500.000
Bus Besar Termasuk OrangRp800.000

 

Baca: Pantai Tanjung Lesung Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Kawasa wisata Anyer memiliki waktu operasional selama 24 jam setiap harinya.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas dan Wahana Di Pantai Anyer

wisatawan bermain di pantai anyer
Keindahan pantai ini layak menjadi destinasi liburan keluarga atau sekedar menghabiskan akhir pekan. Foto: Google Maps/ ISKANDAR COD

Pasca gelombang pasang di Selat Sunda, berbagai kalangan gencar melakukan pembenahan dan pemulihan. Termasuk upaya mendukung kebangkitan pariwisata kawasan Pantai Anyer yang terdampak aktivitas Gunung Kratau tersebut. Berbagai kegiatan diselenggarakan, seperti Fun Bike pada gelaran Anyer Urban Festival.

Kini, rata-rata 1000 orang wisatawan per hari mengunjungi kawasan pantai ini. Aktivitas wisata telah berjalan normal seperti sediakala. Puluhan orang life guard mengamankan kawasan dan memasang rambu-rambu di sepanjang area pantai.

Menyusuri Kawasan Pantai

Bersantai menikmati keindahan kawasan Pantai Anyer, wisatawan dapat memanfaatkan jasa penyewaan sepeda yang tersedia. Wisatawan juga dapat berjalan kaki menyusuri kawasan pantai memandang eksotisnya panorama pantai. Para pedagang juga menawarkan tempat bersantai dengan saung maupun tikar-tikar pada pasir pantai.

Di kawasan wisata ini terdapat sebuah mercusuar setinggi 16 lantai. Dari puncaknya, wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar pantai dari atas ketinggian. Di sini, akan terlihat hamparan luas laut lepas dengan latar Anak Gunung Krakatau.

Selain itu, wisatawan juga dapat bersantai mengarungi perairan tepi lautnya dengan perahu.

Berenang, Menyelam, dan Snorkeling

wisatawan sedang melakukan kegiatan snorkeling di laut pantai anyer
Jernihnya air laut membuat wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling di laut sekitar Ayer. Foto : Instagram/nizafebrisa

Air laut di kawasan Pantai Anyer masih bersih dan alami. Jernihnya air laut membuat wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling di area pantai ini.

Di area perairan tepi pantai yang aman, wisatawan juga dapat berenang. Pada bagian pantai yang berkarang, tentu kegiatan renang tidak diperbolehkan demi keamanan dan keselamatan. Perairan kawasan ini juga banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menyelam.

Baca: Coconut Island Carita Tiket & Wahana

Bermain Air dan Pasir

Bagi wisatawan yang ingin bersantai menikmati area tepi pantai, aktivitas bermain pasir menjadi pilihan. Terutama untuk wisatawan bersama keluarga dengan anak-anak. Kegiatan bermain air dan berkejaran dengan ombak juga menjadi salah satu permainan yang digemari.

Berselancar

ombak yang cukup tinggi memudahkan pengunjung yang ingin berselancar
Deburan ombak yang cukup tinggi sangat mendukung aktivitas surfing di area Pantai sekitar Anyer. Foto : Instagram/mohammad_hashemi_rafsanjani

Pantai Anyer memiliki deburan ombak yang cukup besar. Hal itu sangat mendukung untuk aktivitas surfing di area pantai. Berselancar menjadi salah satu aktivitas pemcu adrenalin yang dapat dilakukan di sini.

Berjemur

Layaknya wisata pantai lainnya, Pantai Anyer menjadi lokasi pilihan wisatawan untuk berjemur di area bibir pantainya. Aktivitas menyerap manfaat cahaya matahari ini terutama dilakukan oleh wisatawan asing.

ATV

bermain ATV di tepi pantai
Wisatawan dapat menyusuri kawasan berpasir tepi pantai dengan menggunakan ATV. Foto : Instagram/tuty7899

Pantai  Anyer menyediakan berbagai wahana, salah satunya yaitu ATV. Wahana ini digunakan sebagai sarana menambah keseruan aktivitas berlibur. Wisatawan dapat menyusuri kawasan berpasir tepi pantai dengan menggunakan kendaraan beroda empat ini.

Banana Boat

Wahana Banana Boat cukup populer di kalangan wisatawan yang datang ke sini. Wahana pemicu adrenalin ini berkapasitas rata-rata enam orang. Bersama-sama, wisatawan dapat merasakan sensasi mengarungi perairan laut.

Pesona Sunset

sunset di pantai anyer
Pantai Anyer menjadi salah satu tempat untuk menikmati keindahan momen sunset. Foto : Instagram/keykochaniago

Pantai Anyer menjadi salah satu tempat untuk menikmati keindahan terbenamnya matahari. Di penghujung hari, pantai ini menyajikan keindahan senja dengan pemandangan semburat jingganya. Panorama laut lepas termasuk Anak Gunung Krakatu pun nampak dalam siluet.

11 Pantai di Kawasan Wisata Anyer

Sunset di Pantai Florida Anyer
Suasana Sunset di Pantai Florida Anyer. Foto: Google Maps/Dian Ratna

Anyer memiliki banyak pantai dengan ciri khasnya masing-masing, antara lain :

  1. Pantai Marbella, menyajikan pemandangan rindang dengan saung-saung dan pondok untuk wisatawan bersantai. Di sekitar pantai ini terdapat sebuah hotel dengan nama yang sama untuk menikmati pemandangan lautnya.
  2. Pantai Jambu, merupakan pantai yang bersih dengan akses yang mudah dilalui. Keindahan momen sunset di sini dapat dinikmati dari bebatuan karang.
  3. Pantai Karang Bolong, memiliki karang raksasa berlubang di tengah yang bisa dilewati layaknya terowongan. Pantai ini memiliki spot di ketinggian dengan tangga-tangga untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah.
  4. Pantai Florida, memiliki beraneka ragam objek wisata, dan pasir lembut dengan pantai biru.
  5. Pantai Marina, menyediakan banyak wahana sport, seperti parasailing, thundercats boat, banana boat, dan mable.
  6. Pantai Cibereum, dikenal sangat nyaman karena banyaknya pohon kelapa yang rindang.
  7. Pantai Sambolo, merupakan tempat yang sangat ramai didatangi wisatawan. Sajian pemandangan pantainya eksotis untuk dinikmati dengan Parasailing, banana boat, dan ATV.
  8. Pantai Carita, populer di kalangan wisatawan karena pasir pantainya yang putih. Pantai ini menjadi salah satu yang selalu penuh dengan wisatawan.
  9. Pantai Pulau Merak, dengan vegetasi pantai rimbun, dapat dicapai dengan perahu menyeberang ke Pulau Merak.
  10. Pantai Pulau Sangiang, berada di Selat Sunda, wisatawan dapat menaiki perahu untuk menyeberang dan mengelilinginya.
  11. Pantai Pulau Umang, sangat eksotis dengan akses speedboat dan perahu. Di pantai ini, wisatawan dapat berenang dan snorkeling.

Baca: TN Ujung Kulon Tiket & Aktivitas

Menginap

Di sekitar kawasan pantai memiliki sejumlah penginapan yang tersedia di kawasannya. Tersedia berbagai pilihan penginapan seperti, home stayresortcottage, wisma, dan hotel.

Pada musim liburan, penginapan-penginapan tersebut dipadati wisatawan. Terutama pada perayaan menyambut tahun baru, banyak paket wisata disiapkan.

Event Wisata di Kawasan Pantai Anyer

Pada periode puncak kunjungan wisatawan, kawasan wisata sekitar pantai acap kali menggelar kegiatan dan pertunjukan. Sejumlah kesenian dan budaya tradisional Banten ditampilkan untuk menyambut wisatawan. Di antaranya Rampak Bedug, Debus, dan tari-tarian Banten dan ”jamaican beach party’ serta band lokal.

Dalam upaya mendorong wisata, Dinas Budaya dan Pariwisata Banten juga menggelar ‘Media Fam Trip’. Hal ini bertujuan untuk memantau sejumlah objek wisata di Banten.

Akses Menuju Pantai Anyer

Pantai Anyer berjarak sekitar 160 km dari Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan dari kota Serang, jaraknya hanya sekitar 35 km. Jalurnya melalui tol Jakarta-Merak, keluar melewati tol Cilegon Barat lalu arah Anyer.

Setiap musim liburan, kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dengan bus atau kendaraan pribadi. Hal tersebut membuat wilayah ini identik  dengan kemacetan saat musim liburan.

Sebagi antisipasi, salah satu solusinya yaitu menggunakan moda transportasi kereta untuk memangkas waktu perjalanan. Dari Jakarta, wisatawan dapat menggunakan KRL rute Tanah Abang-Rangkasbitung lalu dilanjutkan kereta api lokal Rangkasbitung-Merak. Wisatawan lalu turun di Stasiun Krenceng dilanjutkan naik angkot arah sekitar 10 menit ke kawasan pantai.

Fasilitas

Sebagi destinasi wisata populer, Pantai Anyer telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan. Seperti Pusat Informasi, area parkir, bumi perkemahan, pondok wisata, restoran, dan toko cinderamata.

Tersedia juga puluhan lifeguard dan pemandu wisata. Di kawasan ini juga disiapkan ‘sea pool’, lapangan futsal, voli pantai, dan wahana flying fox.

Lokasi Wisata Pantai Anyer

Wisata alam pantai ini berada di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten 42112.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,71 | 7 Pembaca

5 KOMENTAR

    • Dari informasi yang kami dapat, anak di bawah 5 tahun diperbolehkan berkunjung ke Pantai Anyer asal dalam kondisi sehat dan menggunakan masker. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, Pantai Anyer sudah kembali beroperasi seperti biasa. Pengunjung yang datang wajib menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini