Beranda Tiket Wisata

CAMPUHAN RIDGE WALK Ubud Jalur Trekking Eksotik - April 2021

Campuhan Ridge Walk Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571.

Campuhan Ridge Walk atau Bukit Campuhan merupakan jalan setapak di perbukitan Desa Sayan, Ubud. Memiliki jalur kurang lebih 2 Kilometer dengan padang ilalang dan jurang di kiri dan kanannya. Karena keindahannya jalur ini belakangan sangat populer bagi wisatawan yang berwisata ke Ubud. Baik untuk sekedar trekking maupun mengambil foto-foto panorama eksotik.

Wisatawan bisa memulai trekking setidaknya melalui 2 jalur. Pertama dari Pura Gunung Lebah yang tak jauh dari The Blanco Renaissance Museum. Serta bisa juga memilih jalur dari arah utara Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang.

Harga Tiket Masuk Campuhan Ridge Walk Gianyar

Untuk memasuki objek wisata ini tidak diperlukan tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Daya Tarik Wisata di GOA GAJAH Ubud

Jam Operasional Campuhan Ridge Walk Gianyar

Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun, ada waktu tertentu untuk mendapatkan pemandangan indah dan kenyamanan berwisata. Yaitu saat pagi dan sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Panorama Indahnya Campuhan Ridge Walk

Panorama Indah Bukit Campuhan
Jalan setapak area trekking dengan Panorama Indah Campuhan Ridge Walk. Foto: Gmap/Yan Pur

Campuhan Ridge Walk sendiri membentuk bangun prisma dengan jurang di bagian kanan dan kirinya. Sementara di tengah bukit, terdapat jalan setapak sebagai pembelahnya. Jalan setapak inilah yang dijadikan jalan untuk para pendaki menjelajahi bukit campuhan

Sejauh mata memandang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan rumput ilalang kecil yang luas. Tidak banyak pohon di rerumputan, hanya tampak beberapa pohon kelapa yang berjarak beberapa meter. Sementara di luar area sabana, pepohonan yang rimbun tampak bergerombol membentuk warna hijau yang pekat.

Baca: Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan

Sedangkan medan jalurnya cukup mudah. Meski sedikit menanjak dan sedikit jalur setapak curam. Selanjutnya di tengah bukit ini, merupakan spot foto favorit bagi pengunjung. Foto sambil memegangi floppy hat menjadi gaya andalan pengunjung perempuan. Dari atas sini juga, angin bertiup sepoi-sepoi, yang menjadikan efek foto menjadi lebih keren.

Jalur Trekking Campuhan Ridge Walk

Awal trekking campuhan ridge walk dari Pura Gunung Lebah
Awal trekking campuhan ridge walk dari Pura Gunung Lebah. Foto: Google Maps/Putu Wirya Atmaja

Untuk mencapai ke lokasi bisa melalui 2 jalur. Pertama melalui jalur yang berawal dari Pura Gunung Lebah. Pura yang letaknya tak jauh dari Museum Blanco. Selanjutnya berbelok memasuki jalan paving block di Ibah Villa & Luxury Spa. Kemudian cukup mengikuti jalan setapak hingga ke area jalur Bukit Campuhan.

Jika mengawali melalui jalur Gunung Lebah Temple wisatawan akan langsung menemukan area padang rumput. Dengan jurang di kanan dan kiri. Tidak perlu terburu-buru berfoto karena spot terbaik berada di tengah jalur.

Sedangkan jika mengawali dari Desa Keliki, Kec. Tegalalang akan terasa lebih santai. Karena selain terdapat banyak cafe dan villa juga terdapat hamparan petak sawah. Selanjutnya dari area persawahan dan cafe ini jalur trekking kurang lebih berjarak 800 meter.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbit dan Terbenam

Matahari Terbit di Bukit Campuhan
Matahari Terbit di Campuhan Ridge Walk. Foto: Gmap/YH Shin

Waktu yang tepat untuk berkunjung di sini adalah ketika pagi hari dan sore hari. Pagi sebelum matahari muncul, dan sore hari jelang matahari terbenam. Karena berada di atas bukit, tidak ada penghalang untuk menyaksikan keindahan alam tersebut.

Di hari yang cerah, tampak beberapa pengunjung yang sudah siap menanti munculnya mentari pagi. Menyembul perlahan menyeka kabut dari kejauhan. Pancaran sinarnya mulai menyinari bumi dan menghangatkan diri.

Baca: Pura Besakih Tiket & Ragam Atraksi Menarik

Kala sore hari, pengunjung juga memadati dengan kamera untuk mengabadikan momen. Matahari terbenam yang begitu indah, berpamitan dengan mega orangenya. Mengisyaratkan bahwa tugasnya hari itu telah usai, dan berpamitan untuk kembali esok hari.

Mendaki Campuhan Ridge Walk

Pemandangan di bawah Bukit
Pemandangan di bawah Bukit. Foto: Gmap/Mathias Giraldi

Untuk mendaki Campuhan Ridge Walk sangatlah mudah, bahkan bagi pemula pun tidak akan kesusahan. Jalur trekking jelas dan sudah rata, serta lebarnya mencapai 1,5 meter. Sementara jarak menuju puncak bukit kurang lebih hanya 2 kilometer.

Jarak ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit perjalanan saja. Di pagi atau sore hari, tampak beberapa pengunjung tengah berolahraga lari dengan santai. Beberapa pengunjung ada juga yang membawa anjing peliharaan untuk berjalan-jalan.

Baca: Pantai Pandawa Tiket & Daya Tarik

Dengan trekking, pengunjung dapat menuju Golden Spot, area favorit para pengunjung. Letaknya berada di tengah bukit, dengan hamparan padang rumput tanpa pepohonan. Bahkan, beberapa pengunjung sengaja trekking menuju Golden Spot dan kemudian pulang kembali.

Bersepeda

Karena jalannya yang cukup lebar, sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk bersepeda. Untuk mendatangi spot-spot keren dapat ditempuh juga dengan bersepeda. Bagi wisatawan, dapat menggunakan jasa sewa sepeda yang ada di sekitar Ubud.

Fasilitas

Di sepanjang jalur tidak terdapat fasilitas umum seperti toilet ataupun warung. Untuk perbekalan sendiri, pengunjung dapat mempersiapkan sebelumnya. Sedangkan untuk cafe dan warung terdapat di desa Keliki ujung utara jika memulai perjalanan dari area Pura Gunung Lebah.

Lokasi Campuhan Ridge Walk

Objek wisata ini berada di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 35 Kilometer dari kawasan Kuta Bali. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan dalam waktu 1 jam. Jika wisatawan berada di pusat Ubud, tempat wisata ini hanya berjarak 1 Kilometer.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,80 | 5 Pembaca