Beranda Tiket Wisata

PURA SARASWATI Tiket & Berbagai Atraksi Wisata - November 2020

Pura Saraswati
Harga Tiket: Gratis - Rp80.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Kajeng, Ubud,Ubud,Gianyar,Bali,Indonesia,80571.

Pura Saraswati merupakan pura yang didirikan untuk pemujaan Dewi ilmu Pengetahuan, Dewi Saraswati. Dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seniman terkenal Ubud,  pura ini berlokasi di Gianyar.

Keunikan Pura Taman Saraswati di antara pura Bali lainnya adalah adanya kolam teratai. Teratai yang mekar di kolam yang mengelilinginya membuat objek wisata ini begitu megah. Pura ini juga memiliki panggung pementasan tari Bali yang rutin mementaskan Tari Kecak.

Harga Tiket Masuk Pura Saraswati

Bagi wisatawan yang ingin datang ke pura ini tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya jika ingin menonton pentas tarian khas Bali

Harga Tiket & Atraksi
TiketGratis
Pentas Tari BaliRp80.000

Baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Ubud

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Senin – Minggupukul 07.00 – 17.00 WITA

Berbagai Daya Tarik Wisata Pura Saraswati

"Keunikan

Mengunjungi pura ini wisatawan akan disuguhi pesona arsitekturnya yang menakjubkan. Sebuah kolam teratai menjadi keunikan sekaligus salah satu daya tarik wisata pura ini.

Baca: Daya Tarik Wisata di GOA GAJAH Ubud

Memasuki area area, wisatawan wajib mengenakan selempang dan sarung di sekitar pinggang. Hal tersebut untuk menghormati objek wisata yang merupakan tempat pemujaan Dewi Saraswati ini.

1. Kemegahan Arsitektur Pura

Patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun di dalam area pura
Patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun di dalam kawasan Pura – Foto : GoogleMaps/Przemyslaw Kielbowicz

Memasuki kompleks pura, wisatawan akan disambut oleh kemegahan pura yang indah dan asri. Keindahan arsitektur bangunan puranya merupakan daya tarik utama objek wisata ini. Di dalam kawasan pura, terdapat patung Dewi Saraswati yang berdiri anggun.

Baca: Museum Puri Lukisan Tiket & Daya Tarik Wisata

Pura Taman Saraswati dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seorang maestro seni terkenal Bali. Pembangunannya dimulai pada tahun 1951 dan selesai pada 1952. Pembangunan pura pemujaan Dewi Ilmu Pengetahuan umat Hindu ini merupakan perintah langsung pangeran Ubud.

Di sini, wisatawan diajak mengagumi atsmofer pura yang menenangkan. Relief dasar batu pasir dengan ornamen seni ukir sangat artistik menambah keindahan pura. Sebuah pelataran dibuat, dikelilingi oleh kolam teratai sebagai panggung pementasan tarian Kecak.

2. Keindahan Kolam Teratai

kolam teratai mengelilingi area pura
Kolam Teratai yang mengelilingi Pura menambah keindahan pesona artisiknya – Foto: Instagram/julia.andreev_

Pura Taman Saraswati adalah sebuah pura air yang indah di pusat Gianyar. Pura ini didesain sangat cantik dengan taman-taman yang asri dan alami.

Baca: Tirta Empul Wisata Pemandian Dalam Pura

Tempat ini menjadi buruan wisatawan karena kolamnya dipenuhi hamparan bunga Teratai yang menggelilingi pura. Saat Teratai berbunga, pura ini terlihat semakin cantik dan memesona.

Kolam Teratai berpadu serasi dengan keindahan pura yang penuh dengan ornamen seni dan ukir. Sebuah jalan membelah tengah kolam menjadi dua bagian membuatnya terlihat menembus pura air ini. Wisatawan akan menemukan suasana yang arsitik, cantik, dan sangat indah.

3. Berfoto Instajenik dan Prewedding

"Berfoto

Pura Taman Saraswati didesain indah dengan taman-taman yang memesona dan kolam teratai. Latar khas pura dengan relief, ukir, dan deretan seni artisitiknya menjadi daya tarik utama.

Baca: BUKIT CAMPUHAN Ubud, Area Trekking Menakjubkan

Pura Saraswati dengan segala perpaduan pesonanya menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk berfoto. Arsitektur candi Bali klasik dan serambi indah menjadi latar instajenik. Dipadu dengan tampilan kolam yang dipenuhi bunga Teratai merah muda, menjadikan hasil gambar yang indah.

Berbagai sudut pura menawarkan spot foto indah nan megah. Pura ini juga mempersilakan wisatawan yang ingin melakukan sesi foto pranikah. Namun, untuk hal tersebut, diperlukan ijin khusus dan biaya tertentu untuk keperluan pura.

4. Pementasan Tari Bali

pementasan tari bali di dalam pura
Pementasan tarian tradisional Bali di pelataran arena panggung terbuka – Foto: Instagram/carpediemblondie

Gianyar, khususnya Ubud menjadi salah satu tempat terkenal untuk menyaksikan tari kecak di Bali. Pura Taman Saraswati menjadi salah satu tempat pementasan tari kecak yang terkenal di Ubud. Pagelaran tari menambah daya tarik pura ini bagi wisatawan.

Baca: Puri Saren Agung Istana Ubud Masa Lampau

Pertunjukan tari tradisional di Pura Taman Saraswati rutin dipentaskan. Sebuah pelataran dengan arena panggung terbuka yang dikelilingi kolam teratai menjadi panggung pementasannya. Suguhan pertunjukkan tarian tradisional reguler diadakan malam hari pada tanggal 19-30 setiap bulannya.

Sedangkan pertunjukan Tari Kecak di pura ini hanya dipentaskan setiap hari Selasa dan Kamis. Pagelaran pentas tari Kecak dimulai sejak pukul 19.30 WITA dengan biaya Rp75.000 per orang.

5. Wisata Religi

kegiatan keagamaan di pura saraswati
Pelaksanaan peribadatan sebagai bagian dari wisata religi di pura ini – Foto : GoogleMaps/ABDULLAH ALKAISY

Pura Saraswati merupakan tempat peribadatan umat hindu Bali, yang dikhususkan untuk memuja Dewi Saraswati. Dewi Saraswati adalah sosok yang diyakini umat Hindu sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni.

Baca: Pura ULUN DANU Keindahan Berbalut Kesejukan

Pura Hindu ini penuh dengan aura spiritual. Ornamen-ornamen religi terlihat di setiap sudut Pura Taman Saraswati. Kegiatan peribadatan pun dilakukan oleh para pemeluk agama Hindu, khususnya yang berasal dari Bali.

Sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati, pura ini turut menjadi tempat pelaksanaan upacara keagamaan khusus. Waktu perayaan yang disebut dengan Hari Saraswati, jatuh pada setiap hari Sabtu Legi wuku Watugunung. Perayaan Hari Saraswati dilakukan setiap 210 hari (7 bulan menurut kalender Bali).

Lokasi Pura Saraswati

Wisata pura ini terletak di Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Berlokasi tepat di pusat Ubud. Terdapat berbagai pura-pura unik di sekitar pura ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini