Beranda Tiket Wisata

Museum Puri Lukisan Tiket & Daya Tarik Wisata - Juni 2021

Museum Puri Lukisan Harga Tiket: Rp85.000 Jam Buka: 12.00 - 18.00 | 21.00 - 24.00 No. Telepon: 0361971159 Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571.

Mempelajari seni budaya suatu tempat untuk dapat mengenal tempat tersebut dapat dilakukan di museum. Museum Puri Lukisan, dapat menjadi tempat yang tepat bagi pengunjung untuk mempelajari karya seni lukis. Di sini wisatawan dapat mempelajari sejarah perjalanan seni lukis di Bali.

Hingga saat ini, Museum Puri Lukisan masih aktif dengan beberapa seniman dan karya – karyanya. Koleksinya pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Sehingga, pengunjung tidak akan bosan untuk melihatnya.

Harga Tiket Masuk Museum Puri Lukisan Bali

Untuk masuk ke objek wisata ini diperlukan biaya yang tidak murah. Namun, hal ini setimpal untuk menghargai hasil karya seni yang bernilai tinggi.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp85.000

Baca: Daya Tarik Wisata di GOA GAJAH Ubud

Jam Operasional Museum

Waktu kunjungan Museum Puri Lukisan dapat dilakukan dari pagi hingga malam hari. Namun, ada waktu istirahat diantara jam operasional tersebut.

Jam Operasional
Setiap hari12.00 – 18.0021.00 – 00.00

Karya Seni yang Menyatu dengan Alam nan Indah

taman dan kolam di museum puri lukisan
Kolam yang ada di depan Museum. Foto: Gmap/Anima E SALUTE

Sebelum memasuki ruang pamer lukisan, pengunjung akan masuk ke kawasan wisata melalui gapura. Gapura ini terbuat dari batu, dengan desain khas Bali, dimana memilikit tiga pintu. Pintu di bagian tengah, dan dua pintu di kanan kirinya.

Setelah memasuki gapura, pengunjung akan disuguhi pemandangan taman yang rapi dan indah. Rerumputan yang terhampar hijau berpadu dengan jalan setapak yang berundak – undak. Diselingi dengan beberapa pohon di sekitarnya sebagai peneduh.

Baca: BUKIT CAMPUHAN Ubud, Area Trekking Menakjubkan

Di area taman, juga terdapat kolam yang dipenuhi dengan teratai. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya daun teratai yang mengambang di permukaan kolam. Kolam ini akan terlihat begitu indah kala sang bunga memperlihatkan keelokan bunganya ketika mekar.

Mengenal Museum Puri Lukisan

Ruang Pamer Museum Puri Lukisan
Ruang Pamer Museum Puri Lukisan. Foto: Gmap/Hans Kleijn

Museum Puri Lukisan merupakan museum tertua yang ada di Bali. Museum ini telah dirintis sejak tahun 1953 dan diresmikan pada tahun 1956 oleh Muh Yamin. Selain Museum Puri Lukisan, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Marketing 3.0.

Karya lukisan di sini diantaranya lukisan Bali tradisional, ukiran kayu, dan karya seni Bali kontemporer. Sebagian besar karya difokuskan pada seni, budaya, dan sejarah Bali. Meski begitu, seniman yang menghasilkan karya seni tidak hanya dari Bali, ada juga dari Eropa.

Baca: Bali Pulina Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Bangunannya sendiri dibedakan menjadi empat bangunan galeri. Dimana dipisahkan menurut tahun pembuatannya. Mulai dari masa sebelum perang dunia, era perang dunia, hingga lukisan modern.

Karya Seniman Indonesia hingga Mancanegara

Melalui karya seni lukisan yang dipamerkan, pengunjung dapat mempelajarai sejarah seni di Bali. Yaitu perkembangan sejarah seni rupa di Bali dari waktu ke waktu. Dan tentunya, bagi penikmat seni akan mengetahui letak perbedaan dan keunikan di setiap masa.

Seni lukisan di museum ini dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Diantaranya batuan painting, Sanur painting, Ubud painting, wood carving, dan young artis painting. Yang mana memiliki ciri khas dan keunikan tertentu.

Sementara seniman yang membuat karya seni tersebut berasal dari Indonesia dan mancanegara. Dari Bali ada I Gusti Nyoman Lempad, I Gusti Made Deblog, dan Ida Bagus Made. Dari Eropa terdapat Rudolf Bonnet, Walter Spies, dan Arie Smith.

Informasi dari Sang Seniman

Karya Seni selain Seni Lukis
Karya Seni selain Seni Lukis. Foto: Gmap/Bob van Velzen

Museum Puri Lukisan Bali sangat mengedukasi pengunjung. Di setiap lukisan, terdapat informasi dan penjelasan mengenai lukisan tersebut. Sehingga, pengunjung dapat memahami meskipun bukan dari kalangan pecinta seni.

Selain itu, di sini masih banyak seniman aktif, yang mana karyanya juga ditampilkan di museum. Sang seniman akan dengan senang hati menjelaskan karya seni yang ada di museum. Pengunjung dapat bertanya apapun supaya memahami arti dari karya seni.

Baca: Dtukad River Club Resto Asik Tepi Sungai

Bahkan, jika pengunjung bertemu dengan seniman yang disukai, dapat sekalian berfoto bersama. Merupakan suatu keuntungan bagi pengunjung.

Pameran Seni di Museum Puri Lukisan

Museum ini tidak hanya menampilkan karya koleksi lukisan saja. Tapi, juga seringkali diadakan pameran seni lukis oleh seniman yang biasanya ada di museum ini. Salah satunya adalah pameran karya seni oleh Wayan Wartayasa pada 29 April 2019 lalu.

Dalam pameran ini ditampilkan berbagai hasil karya dari Wayan Wartayasa. Di sini, Wayan juga menampilkan kepiawaiannya dalam melukis. Pengunjung pun dapat membeli lukisan dari sang seniman.

Lokasi Museum Puri Lukisan

Museum ini berlokasi di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi museum di no. telepon (0361) 971159.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca