Beranda Tiket Wisata

BUKIT KUKUSAN Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Bukit Kukusan : Rp3.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No. Telepon: -Alamat: Jl. Raya Moga - Guci No.6020, Gn. Sambung, Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, 52355

Jika ingin mencari tempat wisata dengan banyak area foto yang instagramable, Bukit Kukusan di Pemalang dapat menjadi salah satu pilihannya. Hal itu karena terdapat beragam area foto yang menarik berdiri di kawasan wisata ini. Selain sebagai menawarkan spot berfoto, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Slamet.

Pembangunan Kawasan wisata Bukit kukusan merupakan gagasan sekelompok anak muda yang tergabung ke dalam Forum Komunikasi Pemuda Kukusan (FOKUS). Karena melihat potensi wisata dari kawasan perbukitan kaki Gunung Slamet ini. Meski sempat kesulitan mencari dana namun akhirnya para pemuda FOKUS dapat mengumpulkan dana dan perlahan membangun fasilitas di sini. Saat ini, pengelolaan area wiastanya di bawah BUMDes dengan tetap melibatkan para pemuda FOKUS.

Harga Tiket Masuk Bukit Kukusan

Untuk dapat menikmati wisata di Bukit Kukusan, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebanyak Rp3.000 untuk tiket masuknya. Jika ingin berfoto di area yang sudah tersedia ada biaya tambahan Rp2.000 per area. Selain itu, biaya lainnya yaitu tarif parkir jika membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Anak-anak / Dewasa Rp 3.000
Aneka Spot Foto Rp 2.000/spot foto
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Malang

Waktu Terbaik Mengunjungi Bukit Kukusan

Apabila ingin mengunjungi Bukit Kukusan, pengunjung perlu memerhatikan cuaca pada hari tersebut. Hal ini karena, pemandangan di sini akan terlihat lebih indah jika cuaca sedang cerah. Baik pada saat pagi, siang atau malam hari menawarkan keindahannya masing-masing.

Pada pagi dan siang hari, panorama Gunung Slamet, langit yang cerah, dan hamparan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Kemudian, pada malam hari, pemandangan akan berubah menjadi lautan cahaya lampu dari rumah penduduk yang berlokasi di bawah.

Jam Operasional
Setiap Hari 07.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Menarik di Bukit Kukusan

Aktifitas paling menarik dan wajib yang tidak boleh terlewat di Bukit Kukusan yaitu berfoto. Beragam area foto yang instagramable siap menghibur pengunjung. Selain itu, jika cuaca sedang cerah pemandangan Gunung Slamet akan terlihat jelas dari gardu pandang. Selain panorama Gunung Slamet, rimbunnya pepohonan dan rumah warga di bagian bawah juga ikut melengkapi bentang alam. Sebelum pulang, jangan lupa untuk mencicipi makanan ringan seperti ceker mercon, seblak, dan minuman kopi galling yang ada di sini.

Wisata Foto di Bukit Kukusan

Jembatan Kayu di Bukit Kukusan
Salah satu area berfoto yang menarik yaitu di Jembatan Kayu yang berwarna-warni. Foto: Instagram bukit_kukusan

Tak lengkap rasanya jika datang ke Bukit Kukusan tanpa berfoto di area yang sudah tersedia. Hal itu karena pengelola sudah membuat area foto tersebut seunik mungkin. Beberapa area foto tersebut yaitu seperti ayunan tresno, rumah kukusan, jembatan kayu, gardu pandang, menara bambu, dan masih banyak lagi.

Memang terdapat biaya tambahan untuk setiap spot foto. Namun harganya masih murah. Biaya tersebut akan digunakan oleh pengelola untuk perawatan dan pengembangan area wisata Bukit Kukusan. Untuk mendapatkan pencahayaan terbaik, pengunjung sebaiknya mengambil waktu berfoto sekitar pukul 08.00-10.00 WIB.

Pemandangan Gunung Slamet

Gunung Slamet dari Gardu Pandang Bukit Kukusan
Selain untuk berfoto, dari gardu pandang pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Slamet ketika cuaca sedang cerah. Foto: Instagram bukit_kukusan

Selain berfoto, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Slamet dari kejauhan melalui gardu pandang. Selain Gunung Slamet, terdapat juga pemandangan rimbunan pohon yang sangat menyejukkan mata. Ditambah dengan hamparan sawah dan rumah-rumah warga di sekitar kawasan wisata.

Gardu pandang sendiri merupakan area foto yang sengaja dibangun lebih tinggi dibandingkan dengan area foto lainnya. Pengelola ingin membuat pengunjung merasakan pengalaman yang tak terlupakan dengan berfoto dari tempat yang tinggi.

Menikmati Jajanan

Pemandangan dari salah satu area di Bukit Kukusan
Pengunjung dapat mencicipi jajanan sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Foto: Instagram bukit_kukusan

Setelah lelah berjalan-jalan dan berfoto, pengunjung bisa menikmati jajanan ringan di sini. Banyak kedai warga sekitar berdiri di sini, salah satunya yaitu Kedai Mantap Jiwa. Di kedai ini, pengunjung bisa mencicipi pedasnya ceker mercon yang menggugah selera.

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba gurihnya seblak dan segarnya kopi galing. Kopi galling itu sendiri merupakan kopi khas dari Gunung Slamet yang produksinya masih menggunakan metode tradisional. Aroma dan rasanya kuat sangat cocok diminum di daerah dataran tinggi.

Fasilitas di Bukit Kukusan

Selama berada di Bukit Kukusan, pengunjung tidak perlu khawatir soal fasilitas umum yang ada. Pengelola sudah menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti toilet, musala, rumah makan, dan lahan parkir yang memadai. Selain itu, jika masih ingin berlama-lama di wilayah Pemalang, pengunjung juga dapat menyewa penginapan yang letaknya sekitar 4 kilometer dari sekitar kawasan wisata.

Lokasi dan Rute Menuju ke Bukit Kukusan

Bukit Kukusan berlokasi di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah. Lokasinya tergolong strategis dan dilalui oleh jalur alternatif Moga-Guci, sehingga mudah untuk ditemukan.

Untuk sampai ke lokasi pengunjung dapat berkendara melalui jalan Randudongkal-Guci-Moda. Dari Alun-alun Pemalang, pengunjung akan berkendara sejauh 8 kilometer selama 1 jam 30 menit untuk sampai di sini.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 12

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini