Beranda Tiket Wisata

CURUG SIBEDIL Pemalang Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Curug Sibedil
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Kyai Abdurrosyid Rt.01 / Rw.03, Dusun Karangbulu, Sima,Moga,Pemalang,Jawa Tengah,Indonesia,52354.

Objek wisata alam dapat menjadi pilihan menenangkan diri sejenak dari kepenatan aktivitas harian. Apalagi, umumnya tiket masuk objek wisata alam sangatlah terjangkau untuk semua kalangan. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah objek wisata Curug Sibedil. Seperti namanya, tempat ini merupakan objek wisata berupa air terjun.

Berada di Pemalang, membuatnya dapat diakses dari berbagai arah. Baik dari arah Slawi, dari arah Purwokerto, maupun dari arah Tegal. Alamnya yang masih asri membuat pengunjung betah berlama – lama menghabiskan waktu di sini. Apalagi, untuk menuju objek wisata, sudah ada akses yang lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Curug Sibedil Pemalang

Objek wisata ini menerapkan tiket masuk yang sangat terjangkau. Khas wisata alam yang lainnya, meskipun menawarkan keindahan pemandangan memukau. Dan tiket masuk pun tidak dibedakan baik bagi pengunjung dewasa maupun anak – anak. Serta di hari biasa maupun hari libur harga tiket pun sama.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000

Baca: Tempat-tempat wisata Terbaik di Pemalang

Jam Operasional Curug

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari. Dan sebaiknya, pengunjung sudah kembali sebelum petang datang.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Menikmati Secuil Surga dari Pemalang

Pengunjung sedang menikmati keindahan air terjun
Pengunjung sedang menikmati keindahan air terjun. Foto: Gmap/Ruslani Lani

Objek wisata Curug Sibedil seringkali disebut sebagai secuil surga dari Pemalang. Pasalnya, tempat ini tersembunyi dan menyimpan keindahan yang dapat dinikmati langsung oleh pengunjung. Lokasi air terjunnya melingkupi sebuah kolam, yang mengalir di bebatuan. Tampak dinding batuan ini juga dipenuhi oleh tanaman rambat yang tampak sudah lama sekali tumbuh.

Warna hijau menghiasi dinding batuan hitam air terjun. Dimana, air terjun mengalir dengan sangat jernih hingga tampak airnya berwarna putih. Turun bebas di sela – sela semak hijau dan langsung memenuhi kolam di bawahnya. Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian 10 meter, cukup tinggi namun tidak terlalu deras.

Uniknya, air terjun di Curug Sibedil tidak hanya satu, melainkan ada beberapa. Satu air terjun sebagai air terjun utama, mengalir paling deras di tengah – tengah batuan. Sementara di sekitarnya terdapat air terjun lain yang alirannya tampak lebih pelan. Sehingga justru membuatnya tampak seperti tirai air alami yang indah.

Berenang di Kolam Curug yang Biru

Berenang Santai di Kolam Toska
Berenang Santai di Kolam Toska. Foto: Gmap/DAWAI MAZAYA SYIFA

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung di sini adalah bermain air. Karena aliran air terjun yang tidak terlalu deras, pengunjung dapat bermain air di bawahnya. Segar dan sejuk akan langsung pengunjung rasakan tatkala air membasahi tubuh. Dengan guyuran airnya yang sangat jernih dan bahkan pengunjung bisa langsung meminumnya.

Di bawah air terjun terdapat kolam yang tidak terlalu dalam. Sehingga pengunjung dapat dengan aman bermain di kolam ini. Berenang adalah hal wajib yang dapat dilakukan pengunjung. Bahkan kolam ini juga aman untuk anak, yang terpenting tetap berada dalam pengawasan orang dewasa.

Baca: Widuri Water Park Pemalang Tiket & Wahana

Kolam ini berasal dari aliran air terjun, sehingga airnya sangat jernih. Bahkan uniknya, ada bagian kolam yang berwarna biru toska. Sangat indah, apalagi ketika terkena sinar matahari yang membuatnya tampak berkilau. Pengunjung pun dapat membawa pelampung untuk berfoto – foto dengan objek air terjun dan kolam ini.

Asal Usul Nama Curug Sibedil

Pemandangan Indah Curug Sibedil
Pemandangan Indah Curug Sibedil. Foto: Gmap/kHOIRUL Fikri

Curug Sibedil yang berada di lembah Gunung Slamet ini memiliki panorama alam yang memukau. Selain itu, dibalik nama “Sibedil” pun tersimpan misteri yang dituturkan secara turun – temurun. Yaitu dimana tidak jauh dari air terjun, terdapat sebuah batu yang unik. Bentuknya mirip moncong meriam atau senapan, yang oleh warga disebut bedil.

Lambat laun, nama bedil mulai akrab diucapkan untuk menyebutkan lokasi air terjun ini. Hingga kini, nama Sibedil tetap digunakan untuk penyebutan air terjun ini. Terlepas dari bentuk batu tersebut, ada kisah lain yang mengikuti penamaan air terjun ini. Ada kejadian misterius yang diyakini oleh warga setempat terjadi di batu yang berbentuk senapan ini.

Menurut sesepuh desa, pada masa lalu batu yang mirip senapan ini mengeluarkan suara. Suaranya mirip sekali dengan dentuman senapan atau meriam. Dan ini terjadi di waktu – waktu tertentu, misalnya seperti pada malam Jum’at. Namun kebenarannya belum dibuktikan secara ilmiah, yang terpenting selalu sopan dan menjaga sikap saat berkunjung.

Berfoto dengan Latar Belakang Air Terjun

Aktivitas Pengunjung Menikmati Curug Sibedil
Aktivitas Pengunjung Menikmati Curug Sibedil. Foto: Gmap/Bintang Multimedia

Selain bermain air dan berenang di kolam, hal lain yang tidak boleh ketinggalan adalah berfoto. Pengunjung dapat dengan mudah mengambil foto dengan latar belakang air terjun. Di mana, di depan air terjun terdapat batu – batuan yang dapat digunakan sebagai pijakan.

Dari batuan ini, pengunjung dapat mengambil foto latar belakang air terjun dan kolam toska-nya. Tanpa khawatir kamera atau handphone terkena cipratan air terjun. Karena alirannya yang tidak terlalu deras. Ditambah lagi, dari sini pengunjung bisa mendapatkan keseluruhan pemandangan batuan air terjunnya.

Fasilitas

Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Diantaranya area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, dan warung makan.

Lokasi Curug Sibedil Pemalang

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Kyai Abdurrosyid RT.01/RW.03 Dusun Karangbulu. Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Berjarak 44 Kilometer dari pusat kota Pemalang. Air terjun ini bisa dicapai dalam waktu 1,5 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini