Beranda Tiket Wisata

BUKIT TANGKEBAN Tiket & Wahana Oktober 2021

Bukit TangkebanHarga Tiket: Rp10.000 - Rp200.000Jam Buka: 09.00 - 17.00No Telp: +62 823 2655 9688Alamat: Jl. Bukit Tangkeban, Tangkeban, Nyalembeng, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, 52355

Bukit Tangkeban adalah kawasan wisata di dataran tinggi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet. Menghadirkan area bermain dan berkemah di alam terbuka. Pengunjung bisa menikmati aneka kegiatan rekreasi berselimut udara yang sejuk.

Selain itu, Bukit Tangkeban juga populer karena ‘Taman Langit’-nya. Taman Langit adalah sebuah taman yang penuh dengan dekorasi kreatif. Taman ini menjadi arena swafoto yang sejauh ini mengundang banyak wisatawan lokal. Salah satu spot favorit ialah Jembatan Langit dengan pemandangan Gunung Slamet.

Tiket Masuk Bukit Tangkeban Pemalang

Bukit Tangkeban merupakan salah satu tempat wisata yang terjangkau bagi semua kalangan. Pengunjung tidak perlu membayar mahal untuk rekreasi di sini. Selain tiket masuk, ada juga tiket terpisah untuk wahana lainnya.

Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Tiket Taman LangitRp10.000
Tiket Tangkeban ParkRp20.000
Tiket CampingRp20.000
Sewa Tenda Kapasitas 3-4 OrangRp75.000
Gubuk/Shelter Kapasitas 8-10 OrangRp200.000
Tiket Kendaraan
Tiket Parkir MotorRp2.000
Tiket Parkir MobilRp5.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Pemalang

Jam Buka

Bukit Tangkeban terbuka untuk wisatawan umum setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Jika ingin mendapatkan panorama terbaik untuk foto, bisa datang sebelum pukul 9 pagi. Registrasi untuk berkemah berada di sekretariat Bukit Tangkeban mulai sore hingga menjelang tengah malam.

Jam Operasional
Jam Operasional Wisata09.00 – 17.00 WIB
ARCafe10.00 – 20.00 WIB
Registrasi Camping16.00 – 23.00 WIB

Bukit Tangkeban

pengunjung berfoto di Jembatan Langit dengan panorama Gunung Slamet
Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet memberikan Bukit Tangkeban panorama spesial yang hanya bisa didapat di spot tertentu, salah satunya spot Jembatan Langit ini – Foto: Google Maps / Marifatul Khikmi

Jika bosan dengan rekreasi yang itu-itu saja, tempat yang satu ini bisa jadi pilihan. Adalah Bukit Tangkeban, area wisata yang berawal dari lahan kosong biasa yang kemudian berubah menjadi objek wisata cantik. Berada di ketinggian 1.250 mdpl, taman wisata ini menyediakan area bermain dengan konsep outdoor. Lahannya yang luas menawarkan berbagai pilihan aktivitas rekreasi.

Meski pengelolaan oleh warga setempat, namun fasilitas di Bukit Tangkeban bisa diadu. Area bermain anak, aktivitas outbond, kafe yang nyaman, hingga spot foto semua tertata rapi. Bagi wisatawan yang menyukai destinasi instagrammable, objek wisata ini merupakan jawaban. Tempatnya yang nyaman cocok untuk bersantai bersama keluarga di akhir pekan.

Baca: Widuri Water Park Pemalang Tiket & Wahana

Taman Bermain Outdoor

aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama keluarga
Wahana sepeda gantung adalah salah satu aktivitas seru yang bisa dicoba bersama keluarga dan kerabat – Foto: Google Maps / Burhanudin Udin

Memasuki kawasan Bukit Tangkeban, pengunjung tidak akan langsung menemukan keramaian. Hal ini karena Jarak dari gerbang hingga pusat rekreasi sekitar 200 meter. Selanjutnya Pengunjung bisa berjalan kaki atau menaiki angkutan off-road dari area parkir depan. Namun, bisa juga memarkirkan kendaraan di dalam agar lebih dekat.

Kawasan pertama yang bisa ditemui adalah taman bermain anak dan sirkuit ATV. Di sini, tersedia sejumlah wahana bermain anak yang menarik. Dari ayunan hingga bermain bianglala kecil ada di sini. Area ini juga sudah lengkap dengan kolam renang anak-anak yang nyaman.

Baca: CURUG SIBEDIL Pemalang Tiket & Ragam Aktivitas

Taman Langit

jembatan langit berbahan kaca spot selfie berlatar gunung slamet
jembatan langit berbahan kaca spot selfie berlatar gunung slamet. Foto: Google Maps/ Ade Koerniawan Waluyo

Taman Langit adalah wahana paling populer dari Bukit Tangkeban. Seperti namanya, Taman Langit menghadirkan taman cantik di area dataran tinggi. Di antara barisan bunga yang indah, terdapat dekorasi-dekorasi unik. Setiap ornamen bisa jadi spot foto yang menarik.

Selanjutnya ada Jembatan Langit yang merupakan spot foto paling ramai antrian. Meski namanya ‘jembatan’, namun sebenarnya wahana ini merupakan sebuah dek. Lantainya yang terbuat dari kaca membuat tampilannya menarik sekaligus menguji nyali. Pada hari cerah, pengunjung bisa mendapatkan latar belakang langsung menghadap Gunung Slamet dari spot ini.

Masih di area taman langit untuk menunjang kegiatan swafoto, tersedia pula penyewaan kostum di sini. Pilihannya yaitu pakaian a la Negeri Sakura atau Negeri Ginseng. Pengunjung bisa berfoto di spot dengan nuansa Jepang. Ada juga ‘halte’ yang dihiasi foto-foto aktor dan aktris Korea Selatan, lho.

ARCafe

Gunung Slamet dilihat dari area ARCafe Bukti Tangkeban
Nikmati waktu santai di akhir pekan dengan bercengkerama di ARCafe yang berada di dalam kawasan Bukit Tangkeban – Foto: Google Maps / Sulistiyanto SST

Setelah lelah berfoto, waktunya untuk mengisi perut. Bukit Tangkeban juga memiliki sebuah cafe dengan suasana yang nyaman. Pengunjung bisa datang ke ARCafe yang secara khusus mengusung konsep outdoor.

Di sini, wisatawan dapat mencicipi berbagai menu penganan khususnya khas Pemalang. Sedangkan untuk tempat duduknya sendiri berada di area teras dan luar ruangan. Sambil menyeruput kopi panas, nikmati juga sajian panorama Gunung Slamet yang menawan. Kafe ini juga bisa jadi lokasi acara gathering yang seru, lho.

Campground  / Area Berkemah

Daya tarik Bukit Tangkeban yang lain tidak boleh terlupa yaitu area berkemahnya. Campground yang tersedia menempati lahan luas dalam bentuk terasering. Bahkan area ini bisa menampung lebih dari 20 tenda berkapasitas 4 orang. Selanjutnya Wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang tersedia.

Berkemah adalah salah satu cara untuk menikmati suasana alam sepuasnya selama di Bukit Tangkeban. Wisatawan bisa menyaksikan sunset dan sunrise tanpa perlu terburu jam operasional. Sementara itu pada malam hari, tidak jarang diadakan acara musik live. Dinginnya udara Pemalang pun langsung akan terlupakan berkat suasana yang semarak.

Fasilitas Bukit Tangkeban

Taman Langit dan spot-spot selfie di area pegunungan Bukit Tangkeban
Bunga-bunga cantik menghiasi Taman Langit dengan beragam spot swafoto kreatifnya – Foto: Google Maps / ardi diver

Bukit Tangkeban memberikan fasilitas penunjang yang lengkap. Pengunjung tidak akan sulit menemui area parkir, toilet, dan mushola di sini. Kios makanan dan kafe dengan jaringan wi-fi juga ada di sini. Tersedia juga aula pertemuan yang luas dan panggung terbuka untuk acara khusus.

Selain itu ada juga fasilitas hiburan antara lain taman bermain dan taman swafoto. Taman swafoto juga dilengkapi dengan jasa penyewaan kostum a la Jepang dan Korea Selatan. Tidak ketinggalan ada juga area berkemah dan outbond yang luas. Terdapat wahana permainan flying fox dan sepeda gantung untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Akses & ALamat Bukit Tangkeban

Bukit Tangkeban terletak di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 48 kilometer ke arah selatan Kota Pemalang. Pengunjung bisa berkendara menggunakan motor atau mobil selama kurang lebih 1 jam. Bukit ini berada di kawasan kaki Gunung Slamet yang memiliki banyak destinasi wisata lainnya.

Untuk mencapai lokasi objek wisata tidaklah sulit. Jalannya memang tergolong sempit untuk ukuran bus besar. Namun, kondisi jalannya sudah beraspal dan sebagian dicor. Sehingga motor ataupun mobil bisa melaluinya dengan aman.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini