Bandung sebagai destinasi wisata tak pernah ada habsnya. Didukung dengan lanskap yang cantik, kawasan Bandung mampu menarik perhatian wisatawan. Baik dari segi alam, budaya, kuliner, dan seni kreatif secara bersamaan. Dari sekian banyak tempat wisata yang tersedia, Bukit Moko Bandung menjadi salah satu yang cukup populer namanya dalam beberapa tahun belakangan.

Berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl, Bukit Moko memiliki cuaca yang sejuk. Bagi pengunjung yang tidak biasa di cuaca ini, ada baiknya membawa jaket tebal apaagi jika datang saat musim penghujan.

Harga Tiket Masuk Bukit Moko Bandung

Untuk bisa merasakan dan menikmati suasana alam di kawasan wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk kawasan. Namun tenang saja harga tiket masuk Bukit Moko Bandung cukup murah.

Harga Tiket Masuk Bukit Moko
Hari Biasa Rp15.000
Akhir Pekan Rp25.000
Berkemah/orang Rp25.000

Baca: Ciwangun Indah Camp Bandung Tiket & Berbagai Aktivitas

Jam Buka Bukit Moko

Kawasan wisata perbukitan ini buka 24 Jam. Namun perlu diperhatikan bagi pengunjung yang ingin datang malam hari harap berhati-hati mengingat medan jalan yang tidak terlalu mudah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Daya Tarik Wisata Bukit Moko

Bukit Moko Bandung
Kawasan Wisata Bukit Moko. foto: Hendra Yudha Pratama

Sebagaimana namanya bukit ini adalah kawasan perbukitan yang memiliki keunggulan berupa pemandangan alam yang indah dari mulai hijaunya bukit sampai pemandangan Kota Bandung dari atas.

Potensi karakter fisik dan pemandangan alam yang dimiliki menawarkan beberapa daya tarik wisata seperti Trekking Hutan Pinus, Menikmati Pemandangan Sunset di Puncak Bintang, Melihat City Light Bandung, hingga berkemah. Berikut 5 aktivitas yang bisa dilakukan.

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket, Aktivitas & Penginapan

1. Hutan Pinus

hutan pinus bukit moko
Trekking di Hutan Pinus yang menyegarkan. foto: gmap/Zah Hardiyanti

Hutan Pinus di kawasan wisata ini berhasil mencuri perhatian. Mengingatkan pada film Twilight, deratan menjulangnya batang pinus sangat menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Jalur trekking juga sengaja dibuat untuk memudahkan pengunjung untuk berjalan menyusuri hutan.

Didukung cuaca yang sejuk, perjalanan trekking di tengah hutan pinus dan semburat cahaya yang menembus ranting dedaunan akan semakin sulit dilupakan.

2. Sunset dan Sunrise di Bukit Moko

sunset di bukit moko bandung
Menikmati sunset romatis dari atas bukit. foto: gmap/hasan sadiq

Datang saat sore adalah waktu yang paling digemari pengunjung. Setelah trekking melewati hutan pinus, pengunjung akan disuguhkan indahnya pemandangan alam dari atas bukit. Jika cuaca cerah, pesona matahari terbenam akan tersaji di depan mata.

Tak hanya sunset, pengunjung yang datang dan menginap di camping ground tentu bisa juga menikmati indahnya matahari terbit. Menikmati semua pemandangan ini sangat cocok dilakukan bersama pacar, teman, atau orang-orang terdekat.

Baca: Taman Hutan Raya Djuanda TAHURA Bandung Tiket & Aktivitas

3. City Light Kota Bandung

pemandangan lampu kota bandung dari bukit moko
Tidak ketinggalan keindahan panorama kerlip kota Bandung. foto: muhammad raihan yahya

Selepas menikmati indahnya sunset, maka suguhan berikutnya adalah gemerlap lampu dari Kota Bandung yang ada di bawahnya. Tak perlu ragu atau takut tidak puas memandang city light ini karena dari atas bukit tersebut, panoramanya sangat luas dan lebar.

4. Puncak Bintang

puncak bintang
Mendaki Puncak Bintang menjadi salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan. foto: Yehudha Artha

Jangan lewatkan pula untuk mendaki menuju Puncak Bintang. Lokasinya memang lebih tinggi dari Bukit Moko, sekitar 200 meter perjalanan menanjak. Namun, pemandangannya tentu juga tak mengecewakan. Hamparan luas ladang perbukitan akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk memandang bintang di langit atau keindahan Kota Bandung saat malam.

Di tempat ini juga sudah dibangun spot fotogenik yaitu dermaga bintang. Berupa dek kayu yang luas, spot ini menjadi titik terbaik melihat panorama pegunungan yang sejajar dengan puncak dari pepohonan pinus.

5. Camping Ground

tenda berkemah
Berkemah di kawasan Bukit Moko Bandung menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan. foto: Yuwono Anaklangit

Ingin merasakan sensasi berkemah di atas bukit? Pengelola juga menyediakan arena Camping Ground yang menyewakan tenda dan kayu bakar. Tarifnya juga terbilang murah sehingga bisa menjadi alternatif untuk berkumpul bersama teman-teman terdekat.

Fasilitas Pendukung

Bukit Moko merupakan objek wisata alam yang memang sudah dikelola secara khusus sehingga sudah dilengkapi dengan fasilitas standar sebuah tempat wisata. Area parkir, Toilet, dan Musholla sudah tersedia dengan baik. Termasuk tempat makan juga tersedia di sejumlah warung lesehan yang menyediakan berbagai menu hidangan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi Bukit Moko

Lokasi Kawasan Wisata ini berada di Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, hanya sekitar 15 km dari pusat Kota Bandung. Tempat ini juga dilalui angkutan umum sehingga pengunjung yang tidak membawa kendaraan bisa dengan mudah menyambanginya.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,73 / 66 pembaca