The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya tempat wisata bernuansa aktivitas alam

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata yang berkonsep Instagramable di daerah wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat. The Lodge Lembang memiliki pemandangan Alam yang sangat eksotis dengan jejeran pohon pinusnya. Hawanya yang sejuk sangat mendukung kegiatan pariwisata di daerah ini.

Dengan konsep wisata yang instagramable, The Lodge Maribaya hadir untuk menjawab tantangan tempat wisata kekinian. Namun konsep wisata yang kekinian, tetap memerhatikan keasrian lingkungan dan SDM warga sekitar. Jadi kehadiran tempat wisata ini secara tidak langsung membawa dampak juga bagi warga sekitar. Dampaknya pun sangat luas hingga mencakup berbagai bidang, terutama bidang ekonomi masyarakat sekitar.

Sejarah Singkat The Lodge Maribaya

Pada awalnya, The lodge Maribaya merupakan sebuah lahan di lereng lembah di patahan Lembang. Hingga pada tahun 2006 seorang pengusaha dari Garut membelinya dan mendirikan vila untuk istirahat. Seperti kebanyakan vila di pegunungan, tempat ini sering kosong karena pemiliknya tidak tinggal di sana.

Baca: Curug Maribaya Tiket & Aktivitas Wisata

Untuk mengisi kekosongan inilah, pemilik membuka tempat ini untuk acara kebersamaan perusahaan atau Intansi. Sejak saat itu, tempat ini diberinama The Lodge Escape To Nature. Ketika zaman milenial dimulai, orang dengan sangat mudah mengunggah foto di media sosial. Cerita dari chat, postingan di media sosial dan berita tentang tempat ini terus berkembang.

Hingga pada tahun 2016, tempat ini viral. Hampir semua pengguna medsos tahun dan ingin berkunjung ke tempat ini. Para pengunjung rata-rata adalah orang-orang yang memang eksis di media sosial. Latar pemandangan dan suasana tempat ini, sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong dan eksis di dunia maya.

wisata the lodge maribaya
The Lodge Maribaya beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di Bandung

Informasi Tiket masuk The Lodge Maribaya

Berikut informasi harga tiket masuk area dan wahana di The Lodge Maribaya Lembang.

Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya
Tiket masuk Area WeekdayRp20.000
Tiket masuk Area WeekendRp25.000
Tiket masuk Area Libur NasionalRp35.000
Sky TreeRp15.000-Rp20.000
Bamboo SkyRp15.000
Zip BikeRp20.000
AyunanRp20.000
GantoleRp35.000
Balon udaraRp20.000
Penginapan Paket kempingRp525.000 – Rp1.125.000
Gathering : Fun GamesRp250.000
Team buildingRp425.000
Morning TrekkingRp100.000

Aktivitas & Wahana The Lodge Maribaya

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan wisatawan di The Lodge? Pasti penasaran kan? Baik, mari bahas wahana di The Lodge. Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya, The Lodge merupakan wisata alam kekinian. Kegiatan utama di tempat ini adalah foto selfie atau pemotretan profesional.

Namun, pengelola The Lodge tidak menghilangkan konsep awal yaitu, Gathering dan kemping. Kedua aktivitas tersebut masih bisa dilakukan di sini, ditambah dengan kegiatan lainnya seperti prosesi pernikahan.

1. Hasilkan Foto Unik

Sebagai tempat yang memiliki pemandangan eksotis, The Lodge merupakan tempat yang sangat cocok untuk pemotretan. Lanscape alam yang baik dari berbagai sudut bisa dieksplore menjadi karya seni foto yang bernilai tinggi. Begitu pun dengan foto selfie untuk eksis di media Sosial, tempat ini pasti bisa mendongrak jumlah follower atau like. Jangankan foto Profesional, foto amatir pun akan terlihat baik jika lokasi fotonya di The Lodge.

the lodge maribaya
The Lode Maribaya

Ada beberapa spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola untuk kebutuhan pemotretan para wisatawan. apa saja spot foto tersebut berikut penulis berikan informasinya.

Balon Udara

Wahana ini merupakan wahana terbaru yang ada di area wisata The Lodge. Sebenarnya, balon udara ini tidak terbang sama sekali, hanya untuk keperluan foto saja. Pengunjung bisa menaiki balon ini kemudian difoto seakan-akan sedang terbang dengan balon udara.

Jika pengunjung ke tempat ini pada akhir pekan atau high season antriannya bisa sangat panjang. Jadi usahakan datang ke tempat ini di hari biasa saja agar bisa kebagian naik balon udara.

Zip Bike

Sama dengan Sky Bike di Dago Dream Park, Zip Bike di The Lodge juga merupakan sepeda yang digantung di ketinggian. Bukan hanya digantung, sepeda ini bisa dikayuh seperti sepeda pada umumnya.

Pengunjung bisa mengayuh sepeda ke tengah lintasan dan berhenti di spot yang cocok untuk berfoto. Jika sudutnya tepat, gambar yang diambil akan sangat terlihat baik dan keren tentunya.

Baca: Orchid Forrest Cikole Tiket & Berbagai Aktivitas Wisata

Gantole

Pengunjung bisa berfoto seolah-olah sedang terbang dengan pesawat sederhana Gantole ini. Sama seperti Balon Udara, Gantole di sini diam tidak terbang ke mana-mana, Gantole dinaiki hanya untuk keperluan berfoto saja.

Jika diambil di sudut yang pas, hasil dari foto dengan gantole ini akan terlihat ekstrim. Wih tentunya keren, pengunjung yang tidak akrab dengan olah raga ini pun bisa terlihat sangat akrab.

Ayunan Sky Wing

Tentu para wisatawan sangat akrab dengan permainan ayunan yang sering dijumpai di tempat bermain anak. Nah di The Lodge, ayunan ini justru tidak disarankan untuk anak-anak. Jika ada pertanyaan “kenapa?” jawabannya adalah sangat berbahaya.

Ayunan ini bukan ayunan biasa, tapi ayunan yang menggantung di ketinggian yang sangat tinggi. Ayunan ini bisa berfungsi namun fungsinya terbatas untuk sekali ayun dan pengambilan foto.

Sky Tree dan Bamboo

Berfoto di atas ketinggian pohon adalah salah satu kegiatan foto yang bisa dilakukan di The Lodge. Ada beberapa pohon yang bisa dipakai untuk berfoto di sini. Lagi, hamparan hutan pinus di lembah menjadi latar foto yang sangat luar biasa di sini. Tidak hanya pohon terdapat juga kumpulan bamboo yang membentuk menara untuk dijadikan tempat berfoto.

sepeda gantung
Sepada Gantung salah satu aktivitas wisata favorit di The Lodge Maribaya

2. Kemping dan Gathering

Kembali pada awalnya, The Lodge adalah tempat untuk melakukan kegiatan luar ruangan. Di antaranya Kemping dan acara kebersamaan keluarga, perusahaan atau instansi pemerintahan. Tempatnya yang sejuk dengan pepohonan yang menjulang tinggi adalah alasan utama memilih tempat ini sebagai lokasi acara.

Jika wisatawan hendak membawa saudara atau teman kantor berpetualang di The Lodge, wisatawan bisa memilih paket sesuai kebutuhan. Ada tiga paket Gahtering yang ditawarkan yaitu, Fun Games, Team Building dan Morning Trekking. Bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana alam di malam hari, The Lodge telah menyediakan area kemping lengkap dengan peralatannya.

Baca: Situ Patenggang Rancabali Tiket & 5 Aktivitas Wisata

Wisatawan hanya membawa diri untuk menginap di dalam tenda yang berbentuk botol warna oranye. Tipe kemping di sini adalah Kemping yang mewah, karena tidak perlu menyiapkan apa-apa. Pengunjung tinggal tidur dengan nyaman dan menikmati suasana alamnya.

3. Wisata Kuliner

Melakukan aktivitas Ghatering, kemping dan berfoto di sini tentunya membutuhkan energi yang besar. Nah, untuk memfasilitasi pasokan energi wisatawan, di dalam kawasan the Lodge terdapat dua tempat makan yaitu Dapur hawu dan Café Pines.

Wisatawan tinggal pilih menu yang cocok dengan lidah atau makanan khas tanah parahyangan seperti Surabi, Combro dan lain-lain. pilihan tempat makan tidak hanya sebatas itu, ada beberapa stand makanan dan minuman yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya tempat wisata bernuansa aktivitas alam

Fasilitas The Lodge Maribaya

Semaikin berkembang dan tersebarnya berita melalui berbagai media, pengelola terus membenahi fasilitas yang ada. Di antara fasilitas yang sudah ada di antaranya tempat parkir yang luas, toilet dan mushola. Beberapa fasilitas khusus seperti fasilitas tempat pernikahan juga sudah tersedia di sini. Stand-stand makanan dan minuman ringan dan jasa foto juga mudah ditemukan di The Lodge.

Transportasi Angkutan Umum Ke The Lodge Maribaya

Untuk bisa mencapai lokasi ini pengunjung harus beberapa kali naik angkutan umum. Dari pusat kota Bandung, wisatawan bisa menggunakan transportasi bus kota DAMRI menuju terminal Ledeng. Kemudian lanjutkan naik angkutan umum ke Lembang turun di jalan Maribaya. Selanjutnya pengunjung bisa naik ojek atau naik angkutan pedesaan hingga Cibodas dan turun di gerbang The Lodge.

Baca: De Ranch Bandung Wisata Koboi Tiket, Wahana & Fasilitas

Namun, untuk akses angkutan pedesaan dari pusat Lembang ke Cibodas sangat jarang. Mungkin satu jam sekali. Saran yang terbaik angkutan dari Pusat Lembang adalah menggunakan Ojek, Taksi atau mobil Carteran. Jika wisatawan kemalaman di lokasi, wisatawan lebih baik mencari penginapan terdekat dari pada kegelapan di jalan Maribaya. Akomodasi penginapan sudah ada tersedia di Cibodas, walaupun jarang.

Lokasi & Alamat The Lodge Maribaya

Area The Lodge ini terletak di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,25/44 Pembaca
Loading...