CARTIL Caringin Tilu Meski Gratis Tetap Indah April 2024

  • Harga Tiket Masuk Caringin Tilu: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Cimenyan, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40197

Bandung tidak pernah kehilangan pesonanya, wisata alamnya selalu membius wisatawan untuk berkunjung. Caringin Tilu atau terkenal juga dengan sebutan Cartil salah satunya, wisata dengan pemandangan alam yang indah. Pemandangan Kota Bandung yang terhampar 180 derajat.

Tempat favorit wisatawan di kawasan wisata ini yaitu Bukit Moko. Di mana di sana tersedia banyak kafe dan tempat makan yang siap menemani libur santai wisatawan. Siang hari, sajian pemandangan alam indah sedangkan malam hari saatnya berganti pemandangan lampu kota.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke objek wisata ini, Pengunjung tidak terkena tiket masuk. Namun, di sini juga terdapat kafe jika pengunjung ingin menikmati pemandangan sambil bersantap kuliner. Di kafe ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang jika memesan makanan atau minuman saja.

Baca: Bukit Moko Bandung Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Wisata Alam

Jam Buka

Kawasan wisata ini sendiri buka setiap hari dan pengunjung bebas datang kapan saja. Namun, untuk kafe ada jam operasional khusus.

  • Area Wisata 24 jam
  • Kafe 10.00 – 00.00 WIB

Daya Tarik Bukit Hijau

Pemandangan perbukitan caringin tilu
Keindahan pemandangan kawasan perbukitan hijau di Caringin Tilu. Foto: Google Maps/Toto Rosso

Bukit Moko di Caringin Tilu berada pada ketinggian 1.800 mdpl. Tentu menjadi tempat yang sejuk dan penuh akan pesona keindahan alam. Pengunjung bisa datang saat matahari belum menampakkan dirinya, sehingga dapat menyaksikan negeri di atas awan.

Di mana awan-awan putih tebal masih menyelimuti, membuat daratan tidak terlihat. Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan matahari mulai menampakkan diri sedikit demi sedikit. Mega oranyenya perlahan muncul membelah awan putih, seolah menyuruhnya berganti tugas.

Pemandangan matahari terbit di sini begitu memesona. Banyak yang memang sengaja datang untuk mengabadikan momen istimewa ini. Hingga matahari menampakkan diri dengan bentuk bulat sempurna dan sinarnya yang mencerahkan bumi.

Baca: TEBING KERATON Bandung Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Alam Menarik

Pesona Keindahan Caringin Tilu

Pemandangan di pada saat Siang Hari. Foto: Gmap/rocky baraya

Nama Caringin Tilu sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya tiga beringin. Hal ini karena dulunya terdapat tiga pohon beringin yang tumbuh di daerah ini. Namun, seiring berjalannya waktu, hanya tersisa satu pohon beringin yang bertahan.

Sejauh mata memandang, hamparan pemandangan hijau akan menyejukkan mata. Kebun-kebun dan pepohonan mendominasi alam dengan pesonanya. Ditambah dengan pegunungan dan gumpalan awan putih yang berlatar langit biru melengkapi keindahan.

Sementara udara sejuk pun turut menemani pengunjung yang menghabiskan waktu di sini. Meski di siang hari, pengunjung tidak akan merasa kepanasan. Apalagi, sesekali angin gunung meniup dengan lembut.

Baca: Pesona Keindahan Puncak Bintang Bandung Dengan Beragam Aktvitias Seru

Menanti Matahari Terbenam

Tidak hanya matahari terbit yang menjadi pesona Caringin Tilu. Matahari terbenam pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat sore. Mengantarkan matahari pulang ke peraduan berganti dengan malam.

Di ufuk barat, matahari perlahan turun. Tak ketinggalan pancaran meganya, memancar ke segala penjuru. Membuat seluruh langit tampak oranye bercampur dengan gelap senja.

Bentuk bulat sempurna matahari menjadi pemandangan indah yang tak terbantahkan. Apalagi, bumi seolah menjadi oranye karena pancaran sinarnya.

Menikmati Romantisme Malam di Caringin Tilu

Romantisme Malam di Caringin Tilu. Foto: Gmap/Adi Unbox

Tak kehabisan ide untuk selalu menyuguhkan pemandangan indah yang membius wisatawan. Di malam hari, pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan indah Caringin Tilu. Bukan pemandangan alam lagi yang disajikan, melainkan pemandangan lampu kota yang begitu indah.

Dari atas bukit, tampak kerlap-kerlip lampu kota Bandung. Suasana begitu romantis dan membius wisatawan untuk berlama-lama di sini. Sangat tepat dijadikan tujuan untuk bersantai, terlebih bersama pasangan.

Meski dingin mulai menusuk, namun keindahan tidak juga luntur. Semakin malam, semakin menambah romantisnya keadaan.

Mengisi Perut di Dapur Caringin Tilu

Menu Masakan Tradisional Caringin Tilu. Foto: Gmap/Turnad Lenggo Ginta

Di sini ada sebuah kafe bernama Dapur Caringin Tilu. Lokasinya berada di ketinggian 700 Mdpl. Di sini, selain kuliner yang disuguhkan juga pemandangan alam memesona menjadi daya tariknya.

Kafe ini buka dari pagi hingga malam hari. Sehingga, pengunjung dapat menikmati pemandangan di waktu kapan pun. Pagi, siang, sore, atau malam hari, di mana malam menjadi favorit para muda mudi.

Untuk menu kulinernya sendiri, lebih menonjolkan makanan tradisional. Harganya pun terbilang murah dan terjangkau, mengingat lokasinya yang cukup jauh. Untuk minuman mulai dari harga Rp15.000-Rp65.000, sementara makanan mulai dari harga Rp15.000-Rp100.000.

Lokasi Caringin Tilu

Objek wisata ini berlokasi di desa Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40197. Berjarak kurang lebih 10 Kilometer dari kota Bandung. Bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Berikan Rating

4.6 - 11 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *