BUKIT SAUNG GEULIS Tiket, Berkemah & Aktivitas Maret 2024

BUKIT SAUNG GEULIS

  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000 - Rp30.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: 082246074916
  • Alamat: Kampung Joglo RT/RW 04/05, Desa Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750

Bukit Saung Geulis Joglo adalah area berkemah yang terletak di kawasan Cisarua, Bogor. Lokasinya berada di kaki Gunung Pangrango dan tepat di atas Taman Safari Indonesia Bogor

Camping ground ini ditujukan bagi wisatawan yang mencari tempat berkemah untuk segala usia. Selain fasilitas yang lengkap dan terjaga, pengunjung dapat mencapai lokasi dengan kendaraan tanpa harus banyak berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Bukit Saung Geulis

Terdapat dua jenis tiket masuk bagi pengunjung Bukit Saung Geulis Joglo. Tiket reguler sebesar 30 ribu rupiah untuk pengunjung umum, sedangkan tiket pelajar sebesar 25 ribu rupiah.

Tempat wisata ini juga menyediakan paket camping yang sudah termasuk tiket masuk, perlengkapan camping, hingga welcome drink. Pengunjung bisa memesan paket atau menyewa perlengkapan camping satuan secara terpisah. 

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp30.000
Tiket Masuk Khusus PelajarRp25.000
Parkir Motor, MobilRp5.000, Rp20.000
Campervan /mobilRp150.000
MotocampRp15.000
Sewa TendaRp100.000 – Rp120.000
Sewa flysheetRp25.000 – Rp30.000
Sewa Sleeping BagRp10.000 – Rp20.000
Extra BedRp60.000
Sewa Perlengkapan Lainnya (Kompor, lampu, kursi, matras, kompor dsb)Mulai dari Rp5.000 – Rp40.000
Paket Camping (untuk 2-6 orang, sudah termasuk tiket masuk dan perlengkapan camping standar)Mulai dari Rp280.000 – Rp700.000
Harga Tiket Masuk

Baca: Puncak Halimun Camp Tiket Murah Panorama 2 Gunung

Jam Buka

Tempat perkemahan ini buka 24 jam setiap harinya. Akan tetapi, pengunjung harap melakukan reservasi sebelum datang ke lokasi jika ingin berkemah. Waktu kunjungan paling ramai biasanya di hari Sabtu.

Daya Tarik Bukit Saung Geulis

Bukit Saung Geulis merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Bogor, Jawa Barat. Berada di ketinggian 1.375 Mdpl, kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama Gunung Pangrango yang menjulang di hadapannya.

Selain itu kawasan Bukit Saung Geulis juga merupakan salah satu camping ground terbaik di Bogor. Dengan luas lahan 6.000 meter persegi, kawasan ini mampu menampung hingga 400 tenda.

Baca: Bukit Pinus Paseban: Tiket, Jam Buka, Daya Tarik dan Lokasi

Suasana Camping Ground

Bukit Saung Geulis Joglo
Kondisi pagi hari di Bukit Saung Geulis- Foto: Gmaps/Alit Ummayah

Saat tiba di lokasi, pengunjung akan disambut oleh area parkir mobil yang cukup luas. Terdapat tempat pembelian tiket dan musala juga di sini. Untuk ke area perkemahan, pengunjung masih harus berjalan ke dalam menyusuri jalan yang bisa dilalui mobil dan motor. Pengunjung yang ingin mengadakan motocamp atau campervan tidak perlu khawatir karena jalan ke area camping cukup untuk dilalui 1 mobil.

Camping ground ini berdiri di lahan miring dengan ketinggian 1300 mdpl. Lahan ini dibuat menjadi teras-teras yang luas serupa terasering. Setiap teras memiliki lahan mendatar yang aman untuk mendirikan tenda. Semua area menghadirkan pemandangan langsung ke arah lembah dan Kota Bogor.

Bentang alam ini akan menjadi pemandangan ciamik di malam hari. Lampu-lampu kota menghampar bagaikan bintang-bintang di daratan. Sedangkan di pagi hari, pemandangan matahari terbit akan segera memanjakan mata.  Jika beruntung, pengunjung bisa mendengar suara beragam hewan yang ada di Taman Safari yang letaknya tepat di bawah camping ground ini.

Sejuknya udara pegunungan akan menjadi teman selama berkemah di sini. Pastikan untuk membawa pakaian hangat seperti jaket dan sarung tangan. Saat cuaca lebih lembap, kawasan berkemah ini mungkin akan berselimut kabut. 

Baca: LEMBAH PASIR SUMBUL PARABON Tiket dan Daya Tarik

Aktivitas Camping

playground
Ayunan, kolam renang, dan deretan gazebo di belakangnya – Foto: Gmaps/Almer Andika

Selama berkemah di Bukit Saung Geulis Joglo, pengunjung bisa mengadakan berbagai aktivitas. Beberapa kegiatan yang lazim di antaranya menyalakan api unggun dan barbeku. Tidak perlu repot membawa dari rumah karena seluruh perlengkapannya sudah tersedia di sini. Beberapa paket camping sudah termasuk perlengkapan ini, dan pengunjung juga bisa menyewanya secara terpisah.

Untuk anak-anak, terdapat arena bermain yang bisa dijajal. Playground ini tidak terlalu luas dan memiliki fasilitas ayunan serta kolam renang berukuran sedang. Pengunjung bebas bermain dan berenang di sini sepuasnya. 

Di samping area bermain, terdapat deretan gazebo berukuran cukup besar. Gazebo ini terbuat dari kayu dan difungsikan untuk lesehan. Asyiknya, setiap gazebo dibangun menghadap ke arah lembah sehingga mendapatkan pemandangan hijau yang akan menyegarkan mata. Pengunjung bisa menggelar acara makan-makan atau sekadar bersantai dan mengambil foto.

Baca: CAMP HULU CAI Harga Menginap, Alamat & Wahana

Trekking ke Curug

curug cibogo
Bergaya di sekitar Curug Cibogo yang berlokasi dekat camping ground – Foto: Gmaps/Soengadi Indonesia

Kegiatan lain yang dapat dinikmati ialah trekking. Bukit Saung Geulis Joglo menyediakan paket trekking ke Curug Cibogo yang lokasinya tak jauh dari area perkemahan. Jaraknya sekitar 800 meter hingga 1 kilometer berjalan kaki. Kegiatan ini bisa jadi alternatif aktivitas sekaligus olahraga.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Bukit Saung Geulis misalnya area parkir luas, musala, kamar mandi dalam jumlah banyak, gazebo, listrik, dan kios makanan. Di sini juga terdapat fasilitas rekreasi seperti kolam renang dan playground kecil untuk anak-anak bermain. 

Lokasi Bukit Saung Geulis Joglo

Camping ground ini berada di kaki Gunung Pangrango dan tepat di atas Taman Safari Indonesia Bogor. Lokasi tepatnya di Kampung Joglo Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Patokan paling mudah adalah belok ke jalan sebelah kanan tepat sebelum masuk mencapai gerbang Taman Safari Indonesia. 

Kondisi jalan agak sempit dan beberapa titik dalam kondisi tidak rata. Kemiringannya menanjak cukup curam. Sebaiknya pilih transportasi mobil atau motor yang kuat untuk menanjak. Bus berukuran besar tidak memungkinkan untuk melewati jalan ini.

Akses Jalan

area parkir
Area parkir kendaraan – Foto: Gmaps/Almer Andika

Bukit Saung Geulis terletak di kawasan Cisarua, Bogor. Tempat berkemah ini berjarak sekitar 28 kilometer atau 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bogor. Wisatawan bisa mengarahkan kendaraan ke Taman Safari Indonesia sebagai patokan utama.

Sebelum mencapai gerbang masuk Taman Safari, belokkan kendaraan ke kanan dan ikuti jalan. Sekitar 3 kilometer jarak dari titik ini hingga mencapai lokasi. Wisatawan perlu mengingat bahwa jalan akan menyempit dan menanjak cukup curam. Pastikan kendaraan dalam keadaan layak dan prima untuk melewatinya.

Berikan Rating

0 - 0 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: